Sponsors Link

15 Cara Mengecilkan Pori Pori Bekas Jerawat dengan Cepat Super Ampuh

Sponsors Link

Masalah yang muncul pada wanita setelah jerawat pergi adalah pori-pori kulit yang semakin membesar setelah ditinggalkan oleh jerawat. Para wanita biasanya melakukan berbagai cara mengecilkan pori-pori bekas jerawat dengan cepat. Pori-pori besar memang tidak disukai wanita karena membuat penampilan jadi kurang oke.

Sponsors Link

Pori-pori sebenarnya adalah bagian yang penting pada wajah. Dengan adanya lubang-lubang kecil ini, kulit jadi bisa bernapas dan melakukan sistem metabolisme dengan cepat. Proses regenerasi kulit juga akan berjalan lancar dengan adanya pori-pori. Secara medis, munculnya pori-pori besar pada kulit wajah tidak akan berdampak bagi kesehatan. Tapi pori-pori yang besar akan beresiko menyebabkan jerawat dan komedo.

Baca juga:

Bagaimana sih cara mengecilkan pori pori bekas jerawat dengan cepat dan aman? Yuk kita simak!

1. Es Batu

Solusi mengecilkan pori-pori bekas jerawat dengan mudah, cepat, dan aman adalah menggunakan es batu! Yap, es batu sangat sering digunakan untuk mengecilkan pori-pori kulit bekas jerawat. Suhu dingin pada es batu mampu melancarkan sirkulasi darah pada wajah dan menjadikan kulit wajah sehat. Es batu juga bisa menutup pori-pori yang terbuka akibat aktivitas sepanjang hari tanpa menyumbatnya, lho. Ambil satu cube es batu segar, lalu bungkus dengan kapas atau kain yang tipis. Menyentuhkan es batu secara langsung di kulit wajah akan merusak pembuluh kapiler alaminya. Gosokkan perlahan pada wajah sampai Anda sudah tidak tahan dengan dinginnya. Wajah Anda akan terlihat bersih dan segar seketika.

2. Madu

Di dalam madu terdapat kandungan kalium yang tinggi. Kalium ini akan membersihkan bakteri penyumbat pori. Gunakan madu alami untuk hasil terbaik. Oleskan madu ke bagian wajah yang berpori besar, diamkan 15 menit lalu bilas dengan air bersih. Madu juga bisa melembutkan wajah secara alami, jadi Anda juga bisa mengoleskan madu ke seluruh permukaan wajah.

Baca juga:

3. Putih Telur 

Mengecilkan pori-pori bekas jerawat dengan cepat bisa menggunakan putih telur. Di dalam putih telur terdapat kandungan asam amino membantu proses regenerasi kulit. Putih telur juga bisa mengencangkan kulit dan mengecilkan pori-pori sehingga kulit tampak lebih muda. Oleskan putih telur secara merata ke seluruh wajah, lalu lapisi dengan tisu agar komedo juga terangkat. Diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air hingga bersih.

Sponsors Link

4. Uap

Uap air adalah cara terbaik buat Anda yang ingin membersihkan pori-pori secara menyeluruh. Sebelum mengecilkan pori, Anda harus membersihkannya dulu biar sisa kotoran tidak terpendam dan justru menjadi jerawat. Rebus air bersih hingga mendidih, lalu angkat dari kompor. Posisikan wajah di atas wadah air kurang lebih 30 cm di atasnya. Uapi wajah selama 3 menit, lalu segera bilas dengan air dingin setelahnya.

Baca juga:

5. Baking Soda

Bahan pembuat kue ini ternyata sangat bermanfaat bagi kulit wajah. Baking soda dikenal berkhasiat mengangkat sel kulit mati dan membersihkan kotoran pada kulit. Manfaat lain baking soda adalah menyerap kelebihan minyak pada wajah dan memperkecil pori-pori agar tidak muncul jerawat. Gunakan baking soda organik yang aman untuk kulit. Ambil 2 sdm baking soda, larutkan dengan air hingga membentuk pasta. Oleskan pada wajah sambil dipijat dengan gerakan memutar selama 3 menit. Bilas dengan air bersih.

6. Susu mentah

Susu mentah atau raw milk adalah ramuan kecantikan yang sangat terkenal di mancanegara. Susu sendiri dikenal mampu mencerahkan kulit dan melawan bakteri yang tumbuh di kulit. Selain itu susu mentah juga bisa membersihkan kulit secara alami. Ambil susu mentah hasil perasan secukupnya. Oleskan pada wajah dengan menggunakan kapas. Pijat ringan selama 30 menit agar susu meresap dengan sempurna, lalu bilas wajah dengan air hingga bersih.

ads

Baca juga:

7. Lemon

Buah yang satu ini sudah sangat terkenal memiliki banyak manfaat dan kandungan yang dibutuhkan oleh kulit. Lemon kaya akan vitamin C yang mampu mencerahkan kulit secara alami dan melawan bakteri penyebab jerawat. Jus lemon juga bisa mengecilkan pori-pori akibat jerawat, lho. Ambil 1/2 bagian buah lemon, peras airnya. Oleskan jus lemon pada wajah dengan menggunakan kapas. Jangan sampai terkena mata ya. Pijat ringan wajah selama 3 menit agar lemon meresap. Bilas wajah dengan air hangat, lanjutkan dengan air dingin hingga bersih.

8. Tawas

Tawas biasanya dikenal sebagai bahan penjernih air. Namun siapa sangka hasil reaksi kimia dari alumunia dengan kalium sulfat ini sangat bermanfaat bagi kecantikan kulit wajah dan mampu mengecilkan pori-pori kulit yang membesar. Tawas biasanya berbentuk kristal padat. Haluskan terlebih dahulu tawas sampai menjadi bubuk sebelum menggunakannya. Ambil sejumput tawas bubuk, larutkan dengan air hingga membentuk pasta. Kemudian oleskan pada bagian wajah yang berpori besar. Diamkan selama 10 menit sebelum dibilas dengan air dingin hingga bersih.

9. Tomat

Senyawa alami yang ada di dalam tomat adalah vitamin C dan potassium. Kedua bahan ini sangat bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah pada kulit wajah, termasuk mengecilkan pori-pori bekas jerawat. Gunakan masker tomat secara teratur agar pori-pori dapat mengecil dengan cepat. Ambil buah tomat secukupnya, lalu haluskan. Oleskan masker pada wajah secara merata, diamkan 15 menit sebelum dibilas hingga bersih.

Baca juga:

10. Mentimun

Bahan alami yang satu ini terkenal akan khasiatnya untuk menyegarkan kulit dan menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata. Tidak hanya itu saja, mentimun bisa mengurangi kelebihan minyak pada wajah dan mengecilkan pori-pori yang membesar. Anda bisa mengiris timun tipis-tipis atau menghaluskannya. Oleskan pada wajah secara merata dan diamkan selama 15 menit. Bilas dengan air hingga bersih. Agar wajah terasa lebih segar, Anda bisa menyimpan mentimun di dalam kulkas terlebih dulu.

Baca juga:

11. Sabun bayi

Karena sabun ini diformulasikan untuk bayi, tidak banyak bahan kimia yang terkandung di dalamnya. Sabun bayi sangat aman digunakan untuk wajah, termasuk Anda yang bermasalah dengan pori-pori besar. Ganti sabun wajah Anda dengan sabun bayi. Selain mampu mengecilkan pori-pori wajah, sabun bayi juga bisa membantu mengangkat sel kulit mati.

Baca juga:

12. Jeruk Nipis

Berasal dari rumpun yang sama dengan lemon, jeruk nipis punya khasiat yang tidak kalah hebatnya. Kandungan vitamin C dan antoksidan di dalam jeruk nipis membantu menjaga kulit tetap sehat dan terhindar dari jerawat. Ambil 1/2 buah jeruk nipis segar, pijat pelan agar sarinya terkumpul, tetapi jangan sampai keluar dari buah. Oleskan langsung ke wajah secara merata. Diamkan selama 15 menit sebelum dibilas dengan air bersih.

Sponsors Link

13. Oatmeal

Oatmeal dikenal sebagai bahan eksfolian alami untuk kulit yang mampu mengangkat sel kulit mati, mengecilkan pori dan membersihkan secara menyeluruh. Gunakan oatmeal sebagai masker. Anda bisa mencampurnya dengan madu dan susu mentah untuk hasil maksimal. Lakukan perawatan ini maksimal 2 hari sekali.

Baca juga:

14. Yogurt

Yogurt adalah hasil fermentasi susu yang mengandung banyak bakteri baik. Penggunaan yogurt secara rutin akan menghasilkan kulit yang cerah alami, lembut, dan kencang. Pilih yogurt rasa plain yang tidak mengandung gula. Oleskan pada wajah secara merata dan diamkan selama 15 menit.

15. Cuka Apel

Cuka apel mengandung banyak anti bakteri dan senyawa asam yang mampu mengecilkan pori-pori. Cuka apel juga mengandung anti bakteri yang mampu melawan jerawat. Campurkan 50 ml air dengan 1 sdm cuka apel, lalu gunakan untuk mencuci muka. Biarkan air cuka apel meresap dengan sendirinya ke dalam kulit.

Itu dia berbagai cara mengecilkan pori-pori bekas jerawat dengan cepat. Jangan lupa untuk melakukan perawatan secara rutin untuk hasil yang maksimal ya!

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Monday 14th, August 2017 / 14:51 Oleh :
Kategori : Pencegahan