Sponsors Link

13 Cara Mengecilkan Pori Pori Wajah Akibat Jerawat Secara Alami

Sponsors Link

Cara mengecilkan pori-pori wajah akibat jerawat banyak dilakukan para wanita yang memiliki masalah dengan hal itu. Pori-pori wajah biasanya muncul pada tempat bekas jerawat. Jerawat yang sudah sembuh dan hilang meninggalkan lubang pada pori-pori. Pori-pori yang besar berpotensi menjadi sarang berkumpulnya bakteri yang bisa menyebabkan jerawat kembali lagi.

Sponsors Link

Menghilangkan jerawat dapat dilakukan dengan berbagai cara. Baik secara langsung dengan merawat wajah atau dari dalam tubuh. Cara mengecilkan pori pori bekas jerawat seperti berikut :

Baca juga:

1. Perbanyak konsumsi buah dan sayur

Sudah jadi rahasia umum bahwa memakan banyak buah dan sayur sangat menyehatkan untuk tubuh. Bukan hanya tubuh saja yang sehat, lho. Kesehatan kulit pun akan senantiasa terjaga jika Anda rajin makan banyak buah dan sayur. Buah dan sayur menjadikan kulit tampak sehat, cerah alami, segar dan tidak kusam, awet muda, serta kencang. Perbanyak makan buah dan sayur agar pori-pori mengecil dan kulit tampak lebih sehat.

2. Rajin membersihkan kulit wajah

Kebersihan wajah adalah kunci dari pori-pori yang sehat. Pori-pori menjadi tempat berkumpulnya debu dan bakteri. Jika tidak dibersihkan, debu dan bakteri akan menyumbat pori dan menjadi jerawat. Bersihkan wajah secara rutin dengan susu pembersih. Wajah yang rajin dibersihkan akan tampak awet muda dan pori-pori kulitnya menghalus. Pilih pembersih ringan yang mengandung pelembab dan tidak membuat kulit kering.

Baca juga:

3. Melakukan eksfoliasi kulit secara rutin

Eksfoliasi adalah sebuah metode perawatan kulit untuk mengangkat sel kulit mati, debu, kotoran, komedo, hingga minyak berlebih pada wajah. Eksfoliasi kulit dapat dilakukan dengan scrubbing. Anda bisa menggunakan berbagai bahan alami seperti gula, oatmeal, ampas teh hijau, dll. Salah satu bahan tersebut dengan minyak zaitun, lalu aplikasikan pada wajah dan dipijat dengan gerakan memutar lembut. Lakukan eksfoliasi kulit minimal seminggu sekali.

4. Menggunakan tabir surya dengan SPF

Sinar UVA dan UVB sangat buruk untuk kulit. Pada siang hari, kulit harus dilindungi dengan tabir surya atau sunblock. Jangan pernah lupa menggunakan tabir surya saat akan keluar rumah, dan lapisi lagi setiap 4 jam sekali selama Anda terpapar sinar matahari. Sinar matahari akan membuat kulit tidak sehat, kusam, dan memperbesar pori-pori.

Baca juga:

Sponsors Link

5. Membersihkan minyak di wajah secara rutin

Jika Anda punya wajah yang sangat berminyak, itu juga disebabkan pori-pori yang besar. Jangan lupa bawa tisu dan kertas penyerap wajah kemana saja Anda pergi. Setiap kali Anda merasa wajah berkeringat atau berminyak, segera lap dengan tisu atau kertas tersebut. Dengan berkurangnya minyak berlebih, pori-pori dapat mengecil dengan sendirinya.

6. Menggunakan infused water

Infused water banyak diminum oleh orang-orang yang ingin menerapkan gaya hidup sehat. Infused water adalah air biasa yang diberi potongan buah segar seperti lemon, kiwi, mentimun, strawberry, dan lainnya. Minum infused water ini 1×24 jam setelah dibuat agar sari buah dapat larut di dalam air. Gunakan infused water untuk mencuci muka secara rutin. Infused water dapat menyehatkan kulit wajah dan mengecilkan pori-porinya.

Baca juga:

7. Rajin membersihkan make up

Setelah selesai beraktivitas, jangan biarkan make up menempel lama-lama. Segera bersihkan setelah Anda sampai dirumah. Make up yang menutupi kulit membuat kulit susah bernafas dan akan menyebabkan jerawat muncul. Rajin membersihkan make up akan membuat kulit menjadi lebih sehat dan pori-pori bisa menjadi lebih kecil.

ads

8. Menggunakan masker dari bahan alami

Untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit, menggunakan bahan alami adalah yang paling aman. Selain tidak mengandung bahan kimia, bahan alami tidak menyebabkan efek samping berlebih untuk kulit. Gunakan masker dari bahan alami untuk mengecilkan pori-pori kulit wajah.

Baca juga:

9. Mengurangi makanan berminyak

Kesehatan kulit sangat tergantung dari makanan apa yang Anda konsumsi. Terlalu banyak makan makanan berminyak tidak baik untuk kesehatan kulit. Makanan berminyak menyebabkan kulit juga berminyak dan menimbulkan banyak masalah baru bagi kulit, terutama pori-pori yang semakin membesar. Hindari makanan berminyak sebisa mungkin untuk kulit yang sehat.

10. Berolahraga secara rutin

Olahraga tidak hanya besar manfaatnya untuk kesehatan dan kebugaran tubuh, tetapi juga untuk kulit Anda. Olahraga dapat mengencangkan kulit dan membuat kulit tampak awet muda. Kulit yang kencang adalah salah satu tanda bahwa pori-pori kulit rapat dan tidak besar.

Baca juga:

11. Perbanyak minum air putih

Air putih sangat besar manfaatnya bagi tubuh, termasuk meningkatkan kesehatan kulit. Banyak dokter dan ahli kecantikan menyarankan untuk memenuhi kebutuhan air putih setiap harinya. Dengan banyak minum air putih, pori-pori kulit juga bisa semakin kecil dan rapat.

12. Menggunakan produk oil-free

Agar minyak wajah tidak semakin berminyak, pilih produk yang bebas minyak. Usahakan untuk selalu menggunakan produk yang bisa menyerap kelebihan di wajah Anda. Produk yang tidak oil-free justru akan membuat minyak semakin menumpuk di wajah Anda.

Baca juga:

Sponsors Link

13. Mengatur pola makan yang sehat

Untuk mencegah pori-pori kulit yang semakin membesar, makanlah makanan sehat yang mengandung banyak vitamin. Hindari makanan jenis fast food dan makanan berminyak karena sangat tidak baik untuk berlebihan. Hindari juga meminum terlalu banyak susu karena lemak dalam susu bisa menyebabkan wajah semakin berminyak.

Baca juga:

Penyebab Pori-Pori Kulit Membesar

Berikut beberapa penyebab pori-pori kulit menjadi besar:

  • Faktor genetik

Pori-pori besar dapat disebabkan faktor genetik, dimana keluarga Anda memiliki masalah yang sama. Seseorang dengan gen pori-pori besar memiliki resiko untuk mengalami hal yang sama 2 kali lipat dari orang biasa.

  • Kelebihan minyak pada wajah

Minyak pada wajah sebenarnya berguna untuk melembabkan wajah secara alami. Namun kelebihan minyak wajah justru semakin melebarkan pori dan menyebabkan pori-pori kulit membesar.

  • Kotoran pada kulit

Pori-pori kulit adalah tempat menumpuknya kotoran dan debu pada wajah. Jika kotoran ini tidak segera dibersihkan maka akan semakin menumpuk di wajah dan menyebabkan pori-pori kulit semakin membesar.

  • Bakteri pada kulit

Bakteri, kuman, dan jamur yang dibawa oleh jerawat bisa menjadi penyebab semakin melebarnya pori-pori. Rajinlah membersihkan wajah, terutama ketika sedang dan setelah berjerawat.

  • Penggunaan produk kecantikan

Penggunaan krim wajah pada kulit bisa menyebabkan pori-pori kulit semakin membesar dan merusak kulit wajah jika tidak cocok. Berhati-hatilah dalam memilih produk perawatan kecantikan akan pori-pori kulit tidak semakin membesar.

Itulah dia cara mengecilkan pori-pori bekas jerawat paling ampuh. Menjaga kebersihan kulit sangat penting untuk mendapatkan kulit sehat dan pori-pori yang rapat. Selamat mencoba!

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Tuesday 15th, August 2017 / 04:57 Oleh :
Kategori : Pencegahan