Sponsors Link

5 Cara Mengeluarkan Mata Jerawat Melalui Perawatan Rumah

Sponsors Link

Jenis jerawat memang sangat beragam, salah satunya adalah jerawat bentol merah tanpa mata. Jerawat tanpa mata merupakan salah satu ciri-ciri dari jerawat terpendam, dimana jerawat terpendam berbentuk benjolan bengkak berwarna kemerahan dan tanpa mata atau tidak ada titik putih atau hitam ditengahnya. Jerawat terpendam biasanya juga disebut sebagai papula, yang mana proses pembentukan nya sama saja dengan jerawat normal pada umumnya. Jerawat tanpa mata disebabkan karena pori-pori tersumbat, yang juga memberikan rasa sakit atau raa nyeri karena terjadinya inflamasi mendalam di bawah lapisan kulit dekat saraf. Untuk mengatasi jerawat tapa mata ini, biasanya anda perlu mengeluarkan mata jerawat terlebih dahulu. Oleh sebab itu, berikut ini ada beberapa cara mengeluarkan mata jerawat melalui perawatan rumah yang mudah dilakukan. Beberapa cara tersebut diantaranya adalah:

Sponsors Link
  1. Kompres Air Hangat

Cara yang pertama adalah dengan melakukan kompres air hangat, dimana dengan kompres air hangat dapat membantu mengeringkan jerawat terpendam. Caranya juga sangat mudah, anda hanya perlu merendam kain halus dalam air hangat atau air panas, peras dan tempelkan pada jerawat tanpa mata. Lakukan secara hati-hati jangan sampai kulit anda terbakar. Anda bisa melakukan kompres air hangat secara rutin setiap harinya, seperti tiga kali dalam sehari.

  1. Kompres Air Es

Selain kompres air hangat, anda juga dapat melakukan kompres air es yang dapat membantu mengurangi rasa sakit dan bengkak yang terjadi di area jerawat. Caranya juga mudah, anda hanya perlu membungkus potongan es balok pada kain halus dan tempelkan pada jerawat. Anda dapat melakukannya dengan menempelkan dan melepas bungkusan es balok tersebut pada jerawat selama kurang lebih 10 menit. Anda juga dapat melakukannya secara rutin setia hari, seperti tiga atau empat kali setiap hari.

  1. Masker Apel dan Madu

Cara mengeluarkan mata jerawat yang selanjutnya adalah dengan menggunakan masker apel dan madu. Manfaat madu untuk jerawat memang sudah tidak perlu diragukan lagi, dimana madu menjadi bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi berbagai macam jenis jerawat. Caranya dengan:

  • Haluskan apel yang telah dicuci bersih menggunakan blender hingga halus.
  • Masukkan kedalam wadah bersih dan tambahkan madu secukupnya.
  • Aduk hingga merata dan mengental.
  • Oleskan pada jerawat tanpa mata atau jerawat terpendam anda secara merata.
  • Diamkan selama kurang lebih 10 menit, dan bilas hingga bersih.
  1. Menggunakan Tea Tree Oil

Tree tea oil memang dipercaya mampu mengatasi berbagai macam masalah kulit,  termasuk mengatasi jerawat terpendam dan mengeluarkan mata jerawat. Anda hanya perlu mengoleskan tea tree oil pada jerawat anda setidaknya tiga kali setiap harinya. Selain itu, anda juga dapat menggunakan tea tree oil dikombinasikan dengan perawatan kulit wajah lainnya, seperti penggunaan produk eksfoliasi ataupun pembersih wajah yang biasa digunakan.

  1. Menggunakan Lidah Buaya

Manfaat lidah buaya untuk jerawat juga sudah menjadi rahasia umum, bahkan banyak juga produk-produk perawatan kulit dan wajah yang menggunakan lidah buaya sebagai bahan dasar. Lidah buaya juga dapat membantu mengeluarkan mata jerawat secara efektif, anda dapat menggunakan produk gel lidah buaya yang banyak di jual di toko-toko, maupun menggunakan lidah buaya alami dengan memotong dan mengambil gel lidah buaya nya. Cara mengeluarkan mata jerawat dengan lidah buaya adalah dengan cara:

  • Siapkan gel lidah buaya, baik dalam bentuk produk maupun yang masih alami.
  • Oleskan secara langsung pada area jerawat terpendam secara merata.
  • Diamkan kurang lebih selama 20 menit.
  • Bilas wajah dengan air hangat.
  • Lakukan secara rutin setiap harinya agar mata jerawat lebih cepat keluar.

Itulah beberapa cara mengeluarkan mata jerawat melalui perawatan rumah. Selain cara-cara diatas anda juga dapat mengeluarkan mata jerawat dengan menggunakan produk-produk perawatan kulit jerawat. Beberapa diantaranya seperti:

  • Menggunakan Produk Eksfoliasi Kulit

Anda dapat menggunakan produk yang dapat mengeksfoliasi kulit, yaitu proses pelepasan lapisan kulit luar. Dengan menggunakan produk eksfoliasi kulit, maka sel-sel kulit mati yang menyumbat pori-pori dapat diangkat, dan dapat mencegah terjadinya penyumbatan kembali. Untuk menggunakan produk eksfoliasi harus hati-hati karena jika tidak cocok atau tidak sesuai dengan kondisi kulit maka justru dapat merusak jaringan kulit. Oleh sebab itu disarankan untuk melakukan konsultasi dengan dokter kulit sebelum penggunaannya.

  • Melakukan Konsultasi dengan Dokter Kulit

Untuk mengeluarkan mata jerawat, anda juga dapat melakukan konsultasi dengan dokter kulit sehingga anda dapat mendapatkan perawatan yang sesuai dengan kondisi kulit dan jerawat anda. Hal ini juga untuk mencegah terjadinya kondisi yang semakin parah pada jerawat jika dilakukan perawatan yang tidak cocok atau tidak benar.

Demikian ulasan mengenai cara mengeluarkan mata jerawat melalui perawatan rumah, semoga dapat bermanfaat.

ads
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan
Search
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.