Sponsors Link

10 Cara Mengempeskan Jerawat dengan Cepat Secara Alami dan Mudah

Sponsors Link

Segala sesuatu tentang jerawat memanglah sangat menyebalkan karena dengan begitu kita akan mendapatkan dampak psikologis akibat jerawat, yaitu rasa minder dan menurunnya rasa percaya diri ketika kita bertemu orang lain. Untuk menghindari terjadinya jerawat, maka diperlukan perhatian yang ekstra karena ada banyak penyebab jerawat berdasarkan faktor internal dan eksternal. Walaupun jerawat cukup sulit untuk dicegah, namun tentu saja jerawat dapat disembuhkan. Jerawat dapat dikatakan sembuh ketika jerawat tersebut mulai mengempes lalu kemudian hilang dari kulit Anda. Nah, bagaimanakah cara mengempeskan jerawat dengan cepat? Jika Anda penasaran, berikut ini merupakan ulasan lengkapnya.

Sponsors Link

1. Es Batu

Ini merupakan cara paling mudah dan juga simpel sebagai bahan alami untuk mengempeskan jerawat Anda dengan sangat cepat. Berikut merupakan alasan mengapa es batu sangat ampuh untuk mengempeskan jerawat beserta cara menghilangkan bekas jerawat dengan es batu.

Manfaat Es Batu Untuk Mengempeskan Jerawat dengan Cepat:

  • Es batu memiliki sifat anti-inflammasi atau memiliki kemampuan menyembuhkan peradangan jerawat dengan cepat.
  • Es batu memiliki efek dingin yang dapat secara ampuh membunuh bakteri penyebab jerawat dengan cepat, sehingga dapat digunakan sebagai cara mengempeskan jerawat yang meradang.

Cara Mengempeskan Jerawat dengan Cepat Menggunakan Es Batu:

  • Pertama, siapkan beberapa bongkah es batu, kemudian siapkan juga kain atau handuk kering yang bersih.
  • Setelah itu, bungkus beberapa bongkah es batu tersebut ke dalam kain atau handuk yang bersih.
  • Usapkan kain atau handuk bersih yang berisi es batu ke area kulit Anda yang berjerawat. Anda bisa melakukan cara ini beberapa kali dalam sehari.

Baca Juga: Manfaat Masker Beras Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

2. Bawang Putih

Untuk masalah mengempeskan jerawat dengan cepat, maka menggunakan masker bawang putih bisa dibilang merupakan cara yang paling cepat. Mengapa demikian? Berikut ulasan manfaat bawang putih untuk jerawat dan cara menghilangkan jerawat dengan bawang putih untuk Anda.

Manfaat Bawang Putih Untuk Mengempeskan Jerawat dengan Cepat:

  • Bawang putih memiliki senyawa sulfur bernama thiacremonon yang memang secara khusus memiliki kemampuan untuk mengempeskan jerawat dengan sangat cepat. Maka tak heran jika bawang putih dapat secara ampuh digunakan sebagai cara mengurangi pembengkakan jerawat.
  • Bawang putih juga memiliki senyawa bernama alicin yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat dan mencegah tersumbatnya pori-pori oleh bakteri penyebab jerawat, sehingga jerawat bisa kempes dengan cepat.

Cara Mengempeskan Jerawat dengan Cepat Menggunakan Bawang Putih:

  • Siapkan 3 hingga 4 siung bawang putih, kemudian tumbuk halus bawang putih tersebut dan tambahkan dengan beberapa tetes air. Setelah itu, segera aduk hingga merata.
  • Oleskan masker bawang putih ke area kulit yang terdapat jerawat yang meradang, kemudian diamkan selama 20 menit.
  • Setelah itu, cuci bersih kulit Anda dengan menggunakan air bersih, kemudian keringkan dengan segera.
  • Ulangi langkah diatas sekali sehari untuk hasil yang maksimal.

Baca Juga: Bahaya Menghilangkan Tahi lalat dengan Bawang Putih

3. Madu

Berbicara tentang penanganan segala jenis masalah jerawat, maka belum lengkap rasanya jika tidak menyebutkan madu. Ya, madu merupakan salah satu bahan alami yang cocok untuk digunakan untuk menangani berbagai macam jenis jerawat, termasuk mengempeskan jerawat. Berikut ulasan manfaat masker madu untuk jerawat dan cara menghilangkan jerawat dengan madu untuk Anda.

Manfaat Madu Untuk Mengempeskan Jerawat dengan Cepat:

  • Madu akan memicu tubuh Anda untuk memproduksi hidrogen peroksida, dimana senyawa ini nantinya akan sangat bermanfaat untuk membunuh bakteri penyebab jerawat dan dapat mengempeskan jerawat dengan cepat.
  • Madu memiliki sifat asam yang sangat bermanfaat sebagai agen anti-inflammasi yang akan sangat ampuh untuk mengempeskan jerawat meradang dan mengurangi efek kemerahan pada jerawat.
ads

Cara Mengempeskan Jerawat dengan Cepat Menggunakan Madu:

  • Siapkan madu murni, kemudian oleskan madu murni ini ke area kulit yang terdapat jerawat meradang.
  • Sebaiknya Anda mengoleskan madu ini pada malam hari sebelum Anda tiddur. Nah, Anda dapat membilas kulit Anda dengan menggunakan air bersih pada pagi hari setelah Anda bangun tidur.
  • Untuk hasil yang maksimal, gunakan masker madu ini setiap sehari sekali secara rutin pada malam hari sebelum Anda tidur.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bopeng Jerawat dengan Madu

4. Pasta Gigi

Tahukah Anda bahwa ternyata selain dapat menjaga kesehatan dan kebersihan gigi Anda, juga dapat digunakan sebagai media pengempes jerawat dengan cepat. Ya, pasta gigi dapat mengempeskan jerawat dengan cepat. Berikut ulasan manfaat pasta gigi dan cara menghilangkan jerawat dengan pasta gigi.

Manfaat Pasta Gigi Untuk Mengempeskan Jerawat dengan Cepat:

  • Pasta gigi biasanya mengandung silika yang memiliki sifat anti-inflammasi, sehingga dapat meredakan dan mengempeskan jerawat meradang dengan cukup cepat dan dapat digunakan sebagai cara menghilangkan kemerahan pada jerawat.
  • Pasta gigi juga mengandung triclosan yang memiliki sifat anti-bakteri yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat dengan cepat, sehingga jerawat pun akan cepat mengempes.

Cara Mengempeskan Jerawat dengan Cepat Menggunakan Pasta Gigi:

  • Siapkan pasta gigi, kemudian oleskan pasta gigi pada jari telunjuk Anda.
  • Usapkan jari telunjuk Anda yang terdapat pasta gigi ke area kulit Anda yang terdapat jerawat meradang dengan gerakan melingkar dan memijat.
  • Diamkan selama kurang lebih 1 hingga 2 jam, kemudian segera bersihkan kulit Anda dengan air bersih dan keringkan dengan segera.
  • Anda dapat menggunakan pasta gigi ini untuk mengempeskan jerawat sekali dalam sehari hingga jerawat Anda benar-benar mengempes.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Komedo Hitam dengan Pasta Gigi dan Cara Menghilangkan Komedo dengan Pasta Gigi

5. Lidah Buaya

Tanaman herbal yang satu ini juga bisa diAndalkan jika Anda memiliki jerawat meradang dan ingin mengempeskannya dengan cepat. Berikut manfaat lidah buaya untuk jerawat dan cara menghilangkan jerawat dengan menggunakan lidah buaya.

Manfaat Lidah Buaya Untuk Mengempeskan Jerawat dengan Cepat:

  • Lidah buaya mengandung senyawa giberelin dan polisakarida yang memiliki sifat anti-bakteri, sehingga dapat membunuh bakteri penyebab jerawat dan dapat mengempeskan jerawat dengan cepat.
  • Lidah buaya juga memiliki sifat anti-inflammasi yang dapat bermanfaat untuk mengempeskan dan menyembuhkan jerawat yang meradang sekalipun.

Cara Mengempeskan Jerawat dengan Cepat Menggunakan Lidah Buaya:

  • Siapkan 1 buah tanaman lidah buaya, kemudian potong bagian ujungnya hingga Anda menemukan cairan gel di dalam lidah buaya tersebut.
  • Oleskan gel pada lidah buaya tersebut ke area kulit Anda yang terdapat jerawat meradang, kemudian diamkan hingga mengering.
  • Cuci kulit Anda dengan menggunakan air bersih dan keringkan dengan segera.
  • Anda dapat menggunakan gel lidah buaya ini sekali dalam sehari secara rutin.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Lidah Buaya dan Cara Menghilangkan Komedo dengan Lidah Buaya

6. Obat Tetes Mata

Selain dapat digunakan untuk mengobati iritasi pada mata, ternyata obat tetes mata juga dapat digunakan untuk mengempeskan jerawat yang meradang. Namun, satu hal yang perlu Anda ingat adalah Anda harus membeli obat tetes mata yang memiliki kandungan tetrahydrozoline, karena kandungan inilah yan menjadi faktor utama mengapa obat tetes mata dapat mengempeskan jerawat meradang.

Manfaat Obat Tetes Mata Untuk Mengempeskan Jerawat dengan Cepat:

Seperti uang telah dijelaskan diatas, obat mata biasanya akan mengandung senyawa bernama Tetrahydrozoline. Nah, senyawa ini akan sangat bermanfaat untuk menyempitkan pembuluh darah, sehingga akan membuat pembengkakan yang terjadi pada jerawat akan berkurang. Hasilnya, jerawat akan langsung mengempes hanya dalam waktu semalam saja. Tak heran jika obat tetes mata dapat digunakan sebagai obat jerawat meradang dan cara menghilangkan jerawat bruntusan.

Cara Mengempeskan Jerawat dengan Cepat Menggunakan Obat Tetes Mata:

  • Petama, cuci kulit wajah Anda terlebih dahulu hingga bersih agar tidak ada kotoran atau debu yang menempel di kulit.
  • Setelah itu, gunakan cotton bud untuk dicelupkan ke obat tetes mata, kemudian aplikasikan obat tetes mata tersebut ke area kulit yang terdapat jerawat meradang.
  • Diamkan hingga kering. Jika sudah kering, Anda dapat mengaplikasikannya lagi ke kulit Anda selama beberapa kali dalam sehari.

Baca Juga: Cream Obat Penghilang Bekas Jerawat yang Ada di Apotik

7. Jeruk Nipis

Selain madu, jeruk nipis merupakan salah satu sumber herbal yang sangat ampuh untuk menangani berbagai macam jenis jerawat yang tumbuh di kulit karena memang bahan herbal satu ini dapat dengan cepat mengempeskan jerawat. Berikut ulasan Manfaat jeruk nipis untuk jerawat dan cara menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis untuk Anda.

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Mengempeskan Jerawat dengan Cepat:

  • Jeruk nipis memilikisifat anti-mikroba dan anti-bakteri. Jadi, sudah tentu jeruk nipis dapat membunuh bakteri penyebab jerawat dengan cepat dan jerawat Anda akan cepat mengempes.
  • Jeruk nipis juga akan memicu kulit untuk memproduksi kolagen secara alami. Kolagen ini nantinya akan menghaluskan kulit Anda secara alami dan jerawat pun akan mengempes dengan cepat.

Cara Mengempeskan Jerawat dengan Cepat Menggunakan Jeruk Nipis:

  • Siapkan 3 buah jeruk nipis, kemudian peras airnya, dan campurkan dengan beberapa tetes air bersih.
  • Setelah itu, oleskan campuran perasan jeruk nipis dan air bersih tadi ke area kulit yang terkena jerawat meradang.
  • Diamkan selama kurang lebih 30 menit, kemudian cuci kulit Anda dengan menggunakan air bersih.
  • Gunakan masker jeruk nipis sehari sekali secara rutin sehingga hasilnya maksimal.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Jeruk Nipis

8. Obat Antibiotik

Obat antibiotik merupakan bentuk cara medis jika Anda ingin mendapatkan hasil pengempesan jerawat yang lebih cepat dibandingkan dengan bahan alami. Namun, tentu saja menggunakan antibiotik dapat menimbulkan efek samping, walaupun tidak akan berdampak fatal bagi diri Anda. Berikut alasan mengapa obat antibiotik dapat mengempeskan jerawat.

Manfaat Obat Antibiotik Untuk Mengempeskan Jerawat dengan Cepat:

Seperti yang telah diketahui bersama, obat antibiotik merupakan cara ampuh dalam membasmi dan mengempeskan jerawat karena obat ini bekerja dengan cara menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat meradang sekaligus membunuhnya dengan seketika. Hasilnya, jerawat di kulit Anda akan menjadi cepat mengempes.

Nah, obat antibiotik tersedia dalam 2 macam, yaitu obat antibiotik topikal dan obat antibiotik oral. Obat antibiotik topikal akan membunuh bakteri jerawat di permukaan kulit, sedangkan antibiotik oral akan membunuh bakteri jerawat hingga ke pori-pori kulit. Oleh karena itu, jika jerawat Anda tergolong parah, lebih baik gunakan obat antibiotik oral. Pastikan bahwa Anda memperoleh rekomendasi dari dokter terlebih dahulu agar Anda terhindar dari bahaya penggunaan antibiotik jerawat.

Baca Juga: Manfaat Obat Jerawat Cindala dan Manfaat Amoxicilin Untuk Jerawat

Sponsors Link

9. Isotretinoin

Obat isotretinoin ini dapat digunakan untuk mengempeskan jerawat dalam waktu yang relatif lebih singkat jika dibandingkan dengan antibiotik. Bahkan, pada beberapa kasus jerawat parah, para ahli medis merekomendasikan isotretinoin ketika pengobatan menggunakan obat antibiotik tidak membuahkan hasil yang maksimal. Penasaran mengapa obat isotretinoin dapat berperan sebagai obat jerawat parah yang dapat mengempeskan jerawat dengan cepat? Berikut ulasannya untuk Anda.

Manfaat Obat Isotretinoin Untuk Mengempeskan Jerawat dengan Cepat:

Obat isotretinoin merupakan turunan dari Vitamin A yang memiliki prinsip kerja untuk mengurangi produksi sebum atau minyak alami di kulit. Kulit yang kurang berminyak berarti bahwa kemungkinan tumbuhnya jerawat dan peradangan jerawat akibat minyak berlebih menjadi berkurang. Selain itu, berkurangnya produksi minyak tentu akan mempercepat proses pengempesan jerawat.

Namun, Anda juga perlu memperhatikan bahwa jika Anda ingin menggunakan obat ini, maka Anda harus memastikan bahwa Anda memiliki kulit yang berminyak. Jika Anda memiliki tipe kulit kering dan menggunakan obat ini, maka kulit Anda akan menjadi terlalu kering dan rentan mengalami iritasi atau peradangan akibat debu  menyebabkan jerawat dan kotoran. Selain itu, karena efek sampingnya yang lebih berbahaya dibandingkan antibiotik, maka Anda disarankan untuk meminta rekomendasi dari dokter terlebih dahulu.

Baca Juga: Ciri-Ciri Obat Jerawat Yang Berbahaya

10. Laser

Perawatan laser ini memang sangat bermanfaat untuk mengempeskan jerawat dalam waktu yang singkat dan cepat. Jika memang Anda ingin mengempeskan bahkan menghilangkan jerawat dengan cepat dan Anda memiliki dana berlebih, maka lebih baik jika Anda menggunakan metode laser ini. Berikut ulasan mengapa laser dapat mengempeskan jerawat dengan cepat.

Manfaat Metode Laser Untuk Mengempeskan Jerawat dengan Cepat:

Laser ini merupakan teknologi yang saat ini memiliki tingkat keampuhan yang tinggi dalam menangani jenis jerawat yang parah sekalipun. Metode laser memiliki daya vakum yang akan mengangkat berbagai debu, kotoran, dan bakteri yang menutup pori-pori sehingga jerawat Anda akan mengempes secara seketika dan dapat bermanfaat sebagai cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat dan cara menghilangkan jerawat bernanah. Selain itu, sinar laser yang ditembakkan ke kulit Anda akan memicu produksi kolagen di kulit secara cepat, dimana manfaat kolagen untuk jerawat ini adalah untukmenghaluskan kulit Anda seperti sedia kala sebelum kulit Anda dihiasi jerawat.

Baca Juga: Jenis-Jenis Laser Jerawat dan Efek Sampingnya

Tips Untuk Mempecepat Proses Pengempesan Jerawat

Setelah Anda mengetahui berbagai cara mengempeskan jerawat dengan cepat, maka sekarang saatnya Anda untuk mengetahui berbagai tips pendukung yang dapat Anda lakukan untuk mengempeskan jerawat di kulit Anda dengan cepat. Berikut tips-tipsnya:

  • Jangan Memencet Jerawat. Pasti Anda sudah mengetahui bahwa efek akibat jerawat dipencet akan buruk bagi kulit Anda. Namun, kebiasaan ini masih sering dilakukan oleh banyak orang dikarenakan rasa gemas yang memuncak terhadap jerawat. Memencet jerawat memang akan membuat jerawat menjadi kempes dengan sangat cepat, namun hal tersebut justru akan menimbulkanbahaya memencet jerawat, yaitu adanya luka di kulit Anda, yang membuat jerawat tersebut meninggalkan bekas yang akan sulit dihilangkan.
  • Mulai Gaya Hidup Sehat. Gaya hidup sehat merupakan aspek penting yang harus Anda perhatikan jika Anda memang ingin mempercepat proses pengempesan jerawat. Hindari stress dan tidur larut malam yang akan memicu ketidakseimbangan hormon yang akan menyebabkan produksi jenis hormon penyebab jerawat meningkat. Selain itu, mengkonsumsi makanan penyebab jerawat di wajah muncul terus seperti makanan berminyak, makanan pedas, dan junk-food akan meningkatkan produksi sebum juga.
  • Minum Air Rutin Secara Rutin. Meminum air rutin 8 gelas sehari akan mempercepat pengempesan jerawat. Hal ini dikarenakan mengkonsumsi air putih secara rutin akan membantu untuk mengeluarkan berbagai racun yang ada di dalam tubuh yang akan memicu peradangan jerawat. Selain itu, mengkonsumsi air putih juga menjadi tips membersihkan darah kotor penyebab jerawa tyang dapat menimbulkan jerawat tambahan di kemudian hari. (Baca: Cara Menghilangkan Jerawat Golongan Darah B dan Cara Menghilangkan Jerawat Golongan Darah O)
  • Istirahat Yang Cukup. Memiliki waktu untuk beristirahat yang cukup di setiap harinya juga akan sangat bermanfaat untuk mempercepat proses pengempesan jerawat. Megapa demikian? Hal ini dikarenakan ketika Anda memiliki waktu istirahat yang cukup, maka kulit Anda akan memiliki waktu untuk melakukan regenerasi sel, yang dapat mempercepat proses penyembuhan dan pengempesan jerawat.

Baca Juga:

Nah, itulah tadi berbagai cara mengempeskan jerawat dengan cepat beserta tips-tips pendukung untuk mengempeskan jerawat dengan cepat. Jangan lupa aplikasikan cara hidup sehat agar terhindar dari jerawat dan semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan