Sponsors Link

11 Cara Mengempeskan Jerawat Meradang dalam Selaman Secara Alami

Sponsors Link

Memiliki jerawat yang meradang dan berjumlah banyak sangat membuat anda tidak nyaman dan tidak percaya diri. Karena hampir semua orang selalu menilai apapun dari wajah. Dengan wajah yang penuh jerawat pasti membuat anda berpikir bahwa orang akan menilai anda jelek. Jika hal tersebut terjadi, anda akan menjadi pribadi yang pesimis dan tidak memiliki motivasi untuk lebih maju dan menyukai hal yang baru.

Sponsors Link

Tentu saja hal tersebut sangat mengganggu dan berdampak buruk untuk diri anda dan masa depan anda. Anda harus mengetahui dengan baik apa yang menjadi penyebab anda memiliki jerawat sebelum anda menyembuhkannya dengan berbagai cara. Salah satu penyebabnya adalah karena aktifnya hormon dalam tubuh anda dan salahnya pola hidup dan pola makan anda.

Kekhawatiran lain akan muncul ketika anda ingin mengobati jerawat meradang tersebut. Anda akan cenderung memilih obat-obatan kimia yang anda percaya lebih cepat menyembuhkan jerawat anda. Sayangnya, hal tersebut berbanding terbalik dan membuat wajah anda menjadi semakin banyak jerawat, memerah dan menjadi lebih sensitif. Namun jika anda memilih menggunakan obat tradisional atau memanfaatkan bahan herbal, anda akan lebih aman dalam mengobati wajah berjerawat anda.

Apa saja cara mengempeskan jerawat meradang dengan bahan herbal? Simak ulasannya berikut ini:

1. Lemon

Salah satu cara mengempeskan jerawat meradang adalah dengan memanfaatkan lemon. Tak hanya mengempeskan jerawat yang meradang, lemon juga bisa merawat kulit wajah anda menjadi lebih sehat karena kandungan Vitamin C nya yag tinggi yang mampu memicu peningkatan produksi zat kolagen pada kulit. Manfaat kolagen untuk jerawat adalah salah satunya mampu mengempeskan jerawat dan meregenerasi kulit anda yang infeksi tersebut. Selain itu, kandungan asam sitrat di dalamnya mampu mengangkat sel-sel mati yang ada di kulit wajah anda hingga bersih.

Cara menggunakannya sangat mudah yaitu dengan memotong lemon menjadi bagian kecil yang anda inginkan, lalu gosok perlahan pada wajah anda yang sudah bersih atau sudah anda cuci terlebih dahulu. Lakukan dengan sedikit pijatan agar meresap. Tunggu hingga mengering dan bersihkan wajah anda.

2. Es Batu

Jerawat yang sedang meradang pasti menimbukan rasa perih dan sakit yang tidak tertahankan. Untuk dapat mengurangi rasa sakit akibat peradangan dari jerawat adalah dengan cara menggunakan es batu. Cara yang sangat simple dan mudah namun membantu, bukan? Rasa dingin yang dimiliki oleh es batu membantu nyeri jerawat berkurang karena es baut juga memiliki peran sebagai anti inflamasi untuk kulit.

Cara yang bisa anda lakukan adalah dengan mencuci bersih wajah anda terlebih dahulu, siapkan es batu secukupnya dan bungkus dengan kain bersih. Tempelkan ke area wajah berjerawat anda dan lakukan dalam waktu sekitar 15 menit. Wajah anda akan terasa lebih segar dan dingin karena peradangan pada wajah anda sudah berkurang.

3. Ramuan Madu dan Telur

Cara mengempeskan jerawat meradang satu ini adalah yang biasanya digunakan dengan mudah karena bahan yang dibutuhkan adalah bahan yang mudah didapatkan. Ramuan ini memadukan  manfaat masker madu untuk jerawat dan manfaat putih telur untuk wajah berjerawat untuk memberikan efek mengempeskan jerawat pada jerawat yang meradang parah.

Sponsors Link

Madu memiliki zat anti inflamasi yang mampu mengempeskan jerawat secara cepat. Selain zat tersebut madu juga mampu menghasilkan hidrogen peroksida yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. Putih telur sendiri mengandung enzim Lysozyme yang juga mampu membunuh bakteri jerawat dan mengempeskan jerawat anda.

Cara membuatnya adalah dengan mencampur putih telur dengan sesendok madu alami hingga merata. Lalu aplikasikan pada wajah anda sebelum tidur. Keesokan harinya anda dapat mencuci wajah anda hingga bersih.

4. Pasta Gigi

Selain mampu membersihkan dan memutihkan gigi, pasta gigi mampu mengurangi peradangan pada kulit akibat jerawat dengan cepat. Pasta gigi memiliki senyawa tricloasan dan hidrogen peroksidasebagai anti bakteri yang mampu membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat. Kandungan silika  didalamnya juga berperan sebagai anti inflamasi yang mampu meredakan peradangan pada jerawat.

Cara menghilangkan jerawat dengan pasta gigi ini sangat mudah yaitu dengan mencuci wajah anda hingga bersih dan mengoleskan sedikit pasta gigi ke area wajah berjerawat anda. Tunggu hingga mengering dan bilas dengan air seperti biasa. Wajah anda akan merasakan sensasi yang berbeda dan segar. Itulah manfaat pasta gigi sebagai obat jerawat meradang.

5. Daun Sirih

Cara mengempeskan jerawat meradang satu ini tergolong mudah dilakukan karena untuk menemukan daun sirih juga sangat mudah. Salah satu manfaat daun sirih untuk jerawat batu dan jerawat meradang ini adalah  dengan kandungan Vitamin C nya yang mampu mengempeskan jerawat serta kandungan betlephenol yang merupakan anti bakteri alanmi yang mampu melindungi wajah anda dari bakteri jahat penyebab jerawat.

Cara yang dapat anda lakukan adalah dengan menumbuk 4-5 lembar daun sirih muda hingga halus dan lembut. Tambahkan beberapa tetes air untuk melarutkan. Jika sudah, oleskan pada wajah anda hingga merata dan diamkan hingga mengering. Selanjutnya anda dapat mencuci wajah anda hingga bersih.

Sponsors Link

6. Bawang Putih

Bawang putih memiliki senyawa sulfur bernama thiacremonon yang mampu mengempeskan jerawat secara alami dan berperan sebagai anti bakteri untuk mengusir bakteri jahat dari wajah anda. Cara mengempeskan jerawat meradang dengan bawang putih ini adalah dengan membelah bawang putih menjadi dua, dan oleskan bagian yang berlendir ke jerawat anda. Akan terasa sedikit perih, namun cara ini sangat ampuh dan aman.

7. Obat Tetes Mata

Obat tetes mata yang mengandung Tetrahydrozoline mampu berperan sebagai anti inflamasi yang mengurangi peradangan pada kulit anda dengan cepat. Cara yang anda lakukan juga sangat simple dengan menetes jerawat anda dengan obat tetes mata tersebut dan lakukan secara rutin 2 kali sehari sesudah mandi.

8. Menggunakan Laser

Laser adalah salah satu cara yang dinilai sangat aman dan modern untuk menghilangkan dan mengempeskan jerawat meradang dari wajah anda. Meskipun dapat membuat kantong anda bolong, laser ini dapat digunakan tanpa ada efek samping apapun dan terjadi sangat cepat. Anda dapt mengunjungi dokter kulit untuk mendapatkan perawatan ini.

9. Menggunakan Isotretinoin

Penggunaan isotretinoin ini dapat dijadikan alternatif akhir yang dapat anda lakukan sebagai cara mengempeskan jerawat meradang dengan cepat. Kandungan isotretinoin sendiri mampu membantu mengempeskan jerawat dan melawan bakteri jahat di wajah anda dengan baik. Namun, anda harus meminta resep dokter untuk dapat menggunakan isotretinoin  ini karena memiliki efek kuat.

10. Menggunakan Antibiotik

Cara mengempeskan jerawat meradang yang terakhir adalah dengan mengonsumsi antibiotik yang tentu saja harus diberikan oleh dokter atau harus dengan resep dokter. Penggunaan antibiotik tidak boleh digunakan secara sembarangan meskipun mampu digunakan untuk membantu pengempesan jerawat dan salah satu cara menghilangkan jerawat bernanah.

11. Soda Kue

Selain digunakan sebagai campuran kue atau pembuatan makanan lainnya, soda kue biasa dimanfaatkan sebagai cara mengempeskan jerawat meradang dengan cepat. Soda kue mengandung anti inflamasi yang sangat efektif untuk meredakan rasa panas dan perih karena peradangan jerawat. Anda dapat menggunakannya dengan cara membuat pasta dari soda kue ini yaitu dengan menambahkan dengan sedikit air dan mengoleskannya ke area wajah anda.

Itulah beberapa cara mengempeskan jerawat meradang dengan jitu yang aman dan tentu saja hemat biaya karena semua yang anda butuhkan diatas adalah bahan herbal dna bahan yang mudah anda temui disekitar anda. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan wajah anda agar selalu cantik dan terhindar dari jerawat jahat. Caranya adalah dengan memperbanyak minum air putih dan perhatikan pola makan serta pola istirahat anda.

ads
, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan
Search
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.