Sponsors Link

10 Cara Mengempeskan Jerawat Yang Meradang Dengan Cepat

Sponsors Link

Dampak psikologis akibat jerawat ketika anda mendapati jerawat di kulit anda adalah menurunnya tingkat kepercayaan diri anda secara seketika. Nah, untuk itu, diperlukan segala cara untuk mencegah penyebab timbulnya jerawat di wajah, penyebab jerawat di hidung, penyebab jerawat di punggung, penyebab jerawat batu, dan lain-lain.

Sponsors Link

Ketika anda memiliki jerawat yang ringan, maka mungkin anda tidak terlalu ambil pusing karena proses penyembuhannya hanya akan memakan waktu beberapa hari saja. Nah, namun bagaimanakah jika jerawat yang muncul justru mengalami peradangan? Tentu saja kulit anda menjadi membengkak dan menjadi semakin parah. Namun tenang, karena dalam artikel ini akan dijelaskan bagaimana cara mengempeskan jerawat yang meradang dengan cepat, sehingga kulit anda menjadi cepat mulus kembali.

Penyebab Jerawat Meradang

Sebelum anda mengetahui berbagai macam cara mengempeskan jerawat meradang dengan cepat, maka ada baiknya anda mengetahui berbagai macam penyebab jerawat meradang terlebih dahulu. Berikut ini merupakan beberapa penyebab jerawat meradang.

  • Memencet atau Memegang Jerawat. Salah satu faktor paling sering yang dapat menyebabkan peradangan jerawat adalah memencet jerawat. Seringkali ketika anda jerawat yang menempel di kulit, maka kita akan gemas dan memiliki perasaan ingin memegangnya. Nah, ketika kita memegang jerawat dengan tangan, maka anda akan mengalami bahaya memencet jerawat, yaitu kotoran dan bakteri pada tangan akan berpindah ke jerawat, yang kemudian akan menimbulkan efek akibat jerawat dipencet, yaitu peradangan jerawat.
  • Faktor Genetik. Tak bisa dipungkiri jika faktor genetik memegang peranan penting dalam terbentuknya jerawat meradang. Ketika memang kita memiliki keluarga yang memiliki kulit yang berminyak, maka kemungkinan besar anda juga akan memiliki tipe kulit berminyak. Minyak berlebih pada kulit akan menyebabkan peradangan jerawat akan rentan terjadi.
  • Faktor Hormon. Hormon juga memegang peranan penting yang menyebabkan jerawat meradang. Ketika anda stress, kurang istirahat, atau sedang dalam periode menstruasi, maka akan terjadi ketidakseimbangan hormon di dalam tubuh anda. Ketidakseimbangan jenis hormon penyebab jerawat akan menyebabkan produksi minyak berlebih di kulit anda. Minyak yang berlebih tentu saja akan menyebabkan peradangan jerawat di kulit anda.
  • Infeksi Bakteri. Bakteri juga merupakan salah satu faktor penyebab jerawat meradang. Nah, jika kita beraktivitas sehari-hari, maka tidak bisa dipungkiri jika kotoran, debu menyebabkan jerawat, dan bakteri akan menempel di kulit anda. Nah, bakteri yang menempel di kulit anda akan menyebabkan peradangan jerawat jika bercampur dengan minyak di kulit anda.

Nah, setelah anda mengetahui berbagai faktor penyebab jerawat meradang, maka sekarang saatnya anda mengetahui berbagai macam cara mengempeskan jerawat yang meradang dengan cepat. Berikut ini ulasannya.

1. Campuran Madu dan Putih Telur

Ketika mendapati jerawat yang meradang, maka mencampurkan bahan herbal yang telah terbukti ampuh untuk mengobati jerawat meradang seperti madu dan putih telur. Berikut ini beberapa manfaat masker madu untuk jerawat dan manfaat putih telur untuk wajah berjerawat meradang beserta cara membuatnya.

  • Sifat asam pada madu akan menghambat perumbuhan bakteri penyebab jerawat sehingga dapat menyembuhkan jerawat meradang dengan cepat. Selain itu, sifat anti-inflamasi pada madu akan mengempeskan jerawat meradang dengan cepat.
  • Madu dapat melepeaskan hidrogen peroksida, suatu antiseptik yang akan sangat bermanfaat untuk membunuh bakteri penyebab jerawat dan mengempeskan jerawat meradang dengan cepat.
  • Putih telur memiliki kandungan enzim bernama Lysozyme yang bermanfaat untuk membunuh bakteri penyebab jerawat sehingga jerawat meradang cepat kempes.
  • Putih telur memiliki berbagai macam kandungan vitamin dan asam amino yang akan bermanfaat untuk kesehatan kulit anda secara keseluruhan.

Cara mengempeskan jerawat meradang dengan campuran madu dan putih telur

  • Pertama, siapkan putih telur dan madu murni terlebih dahulu. Nah, kemudian pisahkan putih telur dan kuning telur.
  • Kemudian campurkan putih telur dengan 1 sendok teh madu murni, kemudian aduk hingga campurannya merata.
  • Setelah itu, oleskan campuran tersebut ke area kulit anda yang terdapat jerawat meradang.
  • Ada baiknya anda mengoleskan campuran ini pada malam hari sebelum anda tidur. Kemudian, pada pagi harinya segera cuci kulit anda dengan air bersih.
  • Untuk hasil yang maksimal, maka anda disarankan untuk menggunakan masker ini sehari sekali secara rutin.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Putih Telur dan Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat dengan Madu

ads

2. Daun Sirih

Jika berbicara tentang jerawat meradang, maka salah satu cara paling ampuh untuk mengempeskan sekaligus menghilangkannya secara keseluruhan adalah dengan menggunakan daun sirih. Tidak percaya? Berikut ini beberapa manfaat daun sirih untuk jerawat batu dan jerawat meradang, serta cara menghilangkan jerawat dengan menggunakan daun sirih.

  • Daun sirih memiliki kandungan Vitamin C yang sangat tinggi, dimana kandungan Vitamin C ini akan memicu produksi kolagen kulit yang akan menghaluskan kulit dan juga akan mengempeskan jerawat meradang dengan cepat.
  • Daun sirih memiliki kandungan betlephenol yang merupakan senyawa anti-bakteri alami, sehingga jangan heran jika daun sirih ini dpaat mengempeskan jerawat eradang yang diakibatkan bakteri penyebab jerawat dengan cepat.

Cara mengempeskan jerawat meradang dengan daun sirih

  • Pertama, siapkan 4 hingga 5 helai daun sirih, kemudian tumbuk halus daun sirih tersebut hingga halus, kemudian tambahkan dengan sedikit air.
  • Setelah itu, oleskan tumbukan daun sirih tadi ke area kulit anda yang terdapat jerawat meradang.
  • Kemudian diamkan daun sirih tersebut di jerawat anda selama kurang lebih20 menit, kemudian segera cuci kulit anda dengan menggunakan air bersih dan keringkan dengan segera.
  • Jangan lupa gunakan pelembab kepercayaan aanda setelah menggunakan daun sirih agar kulit anda tidak menjadi terlalu kering.
  • Untuk hasil yang maksimal, maka anda disarankan untuk menggunakan masker daun sirih ini cukup 3 kali dalam seminggu saja.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Daun Sirih

3. Es Batu

Jika berbicara tentang cara mengempeskan jerawat yang meradang, maka salah satu cara paling simpel yang dapat segera anda lakukan untuk mengempeskan jerawat tersebut adalah dengan menempelkan es batu. Nah, es batu mampu mengempeskan jerawat meradang karena efek dingin pada es batu memang memiliki sifat anti-inflamasi yang akan sangat bermanfaat untuk meredakan jerawat meradang serta dapat digunakan sebagai cara mengurangi pembengkakan jerawat. Maka jangan heran jika jerawta meradang anda akan cepat mengempis.

Berikut ini merupakan cara menghilangkan bekas jerawat dengan menggunakan es batu dan juga cara mengempeskan jerawat meradang dengan es batu.

  • Pertama, siapkan beberapa kubus es batu, kemudian siapkan juga kain bersih atau handuk yang bersih. Ingat, jangan menggunakan kain atau handuk yang kotor.
  • Setelah itu, segera bungkus bongakahan es batu yang telah anda siapkan ke dalam kain atau handuk bersih yang telah anda siapkan.
  • Setelah itu, tempelkan kain berish atau handuk bersih berisi es batu tadi ke area kulit anda yang terdapat jerawat meradang selama 15 menit. Namun, yang harus anda lakukan adalah jangan terlalu dalam menyentuhkan kain bersih tadi ke jerawat meradang anda, karena hal itu justru akan membuat jerawat anda pecah dan menyebar ke area kulit di sekitarnya.
  • Untuk hasil yang maksimal, maka anda dapat melakukannya berulangkali dalam sehari secara rutin hingga jerawat meradang mengempes.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Akibat Dipencet

4. Lemon

Salahs atu bahan alami dan herbal yang juga akan snagat bermanfaat untuk mengempeskan berbagai jenis jerawat meradanga dalah dengan menggunakan lemon. Nah, apakah anda penasaran dengan manfaat lemon untuk jerawat? Berikut ini ulasannya untuk anda.

  • Lemon sudah pasti memiliki kandungan Vitamin C yang sangat tinggi, dimana hal ini akan memicu produksi kolagen pada kulit. Manfaat kolagen untuk jerawat meradang adalah akan mengempeskan jerawat meradang dengan cepat karena kolagen akan menghaluskan kulit serta akan menutrisi kulit yang tentu akan mengempeskan jerawat meradang.
  • Lemon memiliki kandungan asam sitrat yang merupakan peeling alami bagi kulit anda, sehingga jerawat meradang akan semakin kempes karenanya. Selain itu, asam sitrat ini mampu menyingkirkan berbagai sel-sel kulit mati yang menumpuk sehingga dapat mencegah terjadinya jerawat di kemudian hari.

Cara mengempeskan jerawat meradang dengan menggunakan lemon.

  • Pertama, siapkan 1 buah lemon yang masih fresh. Kemudian campurkan air perasan lemon ke dalam air sehingga kulit anda tidak akan terlalu perih anntinya.
  • Setelah itu anda dapat mengoleskan lemon tersebut ke area kulit anda yang terdapat jerawat meradang dengan menggunakan jari telunjuk anda dan dengan gerakan memijat lembut.
  • Diamkan masker lemon ini selama 20 menit atau bisa juga anda biarkan semalaman.
  • Setelah 20 menit, atau pada pagi hari setelah anda bangun tidur, segera cuci kulit anda dengan menggunakan air bersih.
  • Untuk hasil yang maksimal, maka anda dapat menggunakan bahan natural ini sehari sekali secara rutin.

Baca Juga: Manfaat lemon untuk Bekas Jerawat

5. Pasta Gigi

Tahukah anda bahwa ternyata selain dapat memutihkan dan menyehatkan gigi anda, pasta gigi juga dapat digunakan untuk mengempeskan jerawat meradang di kulit anda secara cepat? Ya, ternyata pasat gigi memiliki kandungan yang luar biasa untuk mengempeskan jerawat di kulit anda. Berikut ini beberapa manfaat pasta gigi untuk jerawat meradang di kulit anda serta cara menghilangkan jerawat dengan pasta gigi.

  • Pasta gigi mengandung senyawa bernama tricloasan yang berperan sebagai anti-bakteri yang membunuh berbagai bakteri penyebab jerawat. Maka jangan heran jika pasta gigi ini mampu mengempeskan jerawat meradang.
  • Pasta gigi juga mengandung sedikit hidrogen peroksida yang juga memiliki sifat anti-bakteri yang akan membunuh bakteri penyebab jerawat sehingga jerawat meradang akan cepat mengempes. Selain itu, kandungan silika pada pasta gigi memiliki kandungan anti-inflamasi yang akan menyembuhkan jerawat meradang. Tak heran jika pasta gigi merupakan salah satu obat jerawat meradang.

Cara mengempeskan jerawat meradang dengan menggunakan pasta gigi

  • Pertama anda perlu menyiapkan pasta gigi, kemudian tuangkan pasta gigi ke jari telunjuk anda yang sudah anda bersihan sebelumnya.
  • Setelah itu, oleskan pasta gigi ke area kulit anda yang terdapat jerawat meradang dengan menggunakan jari telunjuk anda tadi.
  • Ingat bahwa anda tidak disarankan untuk mengoleskan pasta gigi ini ke seluruh area kulit anda.
  • Diamkan pasta gigi tersebut meresap pada jerawat meradang anda kurang lebih 1 higga 2 jam, atau anda juga bisa membiarkannya semalaman penuh.
  • Nah, pada pagi harinya anda dapat mencuci kulit anda dengan menggunakan air bersih.
  • Untuk hasil yang maksimal, maka anda dapat menggunakan pasta gigi ini sekali dalam sehari.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Komedo Hitam dengan Pasta Gigi

6. Obat Tetes Mata

Mungkin anda terkejut bahwa ternyata obat tetes mata yang biasanya digunakan untuk mencegah atau mengobati iritasi pada mata juga memiliki fungsi yang luar biasa untuk mengempeskan jerawat meradang. Tidak percaya?

Kandungan Tetrahydrozoline yang terdapat pada obat tetes mata akan berperan sebagai anti-inflamasi yang akan mengobati dan mengempeskan segala jenis jerawat yang meradang serta dapat dipakai sebagai cara menghilangkan kemerahan pada jerawat. Selain itu, kandungan ini juga akan menyebabkan penyempitan di pembuluh darah anda. Berikut ini merupakan cara mengempeskan jerawat meradang dengan menggunakan obat tetes mata.

Cara mengempeskan jerawat yang meradang dengan menggunakan obat tetes mata

  • Pertama, pastikan anda memiliki obat tetes mata yang mengandung Tetrahydrozoline. Jika obat tetes mata yang anda miliki tidak memiliki kandungan tersebut, maka jerawat meradang anda tidak akan kempes.
  • Setelah itu, teteskan beberapa tetes obat tetes mata tersebut ke kapas atau bisa juga ke cotton bud.
  • Setelah itu, anda dapat mengoleskan cotton bud atau kapas ke area kulit anda yang terdapat jerawat meradang.
  • Dalam sehari, lakukan cara tersebut secara berulang kali dan jangan heran jika jerawat meradang anda dapat segera kempes dalam waktu yang relatif cepat.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Jerawat dengan Alkohol 70%

7. Bawang Putih

Salah satu bahan herbal selain madu, putih telur, dan lemon yang juga akan sangat ampuh untuk mengempeskan jerawat meradang adalah dengan menggunakan bawang putih. Nah, berikut ini beberapa manfaat bawang putih untuk jerawat serta cara menghilangkan jerawat dengan bawang putih.

  • Bawang putih memiliki drying agent alami melalui senyawa sulfur bernama thiacremonon yang akan mengeringkan jerawat serta mengempeskan segala jenis jerawat meradang.
  • Senyawa allicin pada bawang putih juga mampu berperan sebagai anti-bakteri yang akan membunuh bakteri penyebab jerawat di kulit anda secara cepat.

Cara mengempeskan jerawat meradang dengan menggunakan bawang putih

  • Pertama, siapkan 4 siung bawang putih, kemudian tumbuk halus 4 siung bawnag putih tersebut hingga halus dan campurkan dengan seidikit air bersih agar cocok untuk dijadikan masker.
  • Setelah itu, oleskan masker bawang putih ke area kulit anda yang terdapat jerawat meradang.
  • Diamkan selama kurang lebih 20 menit di kulit anda, kemudian segera cuci kulit anda dengan menggunakan air bersih  dan jangan lupa untuk keringkan dengan segera.
  • Untuk hasil yang maksimal, maka anda dapat menggunakan bawang putih ini sekali sehari secara rutin hingga jerawat meradang anda mengempes dan memudar.

Baca Juga: Bahaya Menghilangkan Jerawat dengan Bawang Putih

Sponsors Link

8. Gunakan Antibiotik

Selain dengan cara menggunakan bahan-bahan yang sangat dekat dengan kehidupan kita sehari-hari, cara mengempeskan jerawat meradang dengan menggunakan pengobatan medis patut dicoba. Nah, cara yang paling umum digunakan adalah dengan menggunakan obat antibiotik, baik itu antibiotik oral atau antibiotik topikal.

Bagaimana obat antibiotik dapat mengempeskan jerawat meradang?

Seperti yang telah kita ketahui bersama, salah satu faktor utama mengapa jerawat dapat menjadi meradang adalah karena adanya infeksi dari bakteri penyebab jerawat. Nah, obat antibiotik memiliki kemampuan yang sangat luar biasa untuk membunuh bakteri penyebab peradangan jerawat. Maka, tak heran jika jerawat meradang di kulit anda akan cepat mengempes dan antibiotik dapat digunakan sebagai cara menghilangkan jerawat bernanah.

Yang perlu diperhatikan adalah bahwa anda harus memperhatikan dosis yang harus anda konsumsi perihal obat antibiotik ini. Untuk itu, sebaiknya anda meminta rekomedasi seberapa besar-kah dosis antibiotik yang cocok untuk anda jika anda tidak ingin merasakan bahaya antibiotik jerawat.

Baca Juga: Manfaat Obat Jerawat Cindala dan Manfaat Amoxicillin untuk Jerawat

9. Gunakan Isotretinoin

Jika anda memiliki jerawat meradang yang tergolong parah dan menggunakan antibiotik sama sekali tidak membantu, maka ada baiknya anda beralih menggunakan isotretinoin untuk mengempeskan dan juga menghilangkan jerawat meradang di kulit anda. Hal ini dikarenakan isotretinoin memang merupakan obat yang cukup ‘kuat’, sehingga obat ini biasanya hanya akan digunakan jika memang anda memiliki jerawat yang paling berbahaya dan parah.

Bagaimana Isotretinoin dapat mengempeskan jerawat meradang?

Sama seperti antibiotik, obat isotretinoin akan secara ampuh membunuh berbagai macam bakteri penyebab jerawat sehingga jerawat meradang di kulit anda akan cepat mengempes. Selain itu, isotretinoin ini memiliki kemampuan yang juga sangat luar biasa untuk menyingkirkan berbagai minyak berlebih serta sel-sel kulit mati yang menumpuk di kulit anda, sehingga jerawat pun akan semakin cepat diobati dan jerawat meradang akan mengempes secara seketika.

Yang perlu diperhatikan adalah anda memerlukan rekomendasi dari dokter sebelum menggunakan obat ini karena efeknya yang cukup kuat. Nah, karena efeknya yang snagat ampuh, maka semakin besar resiko anda terkena berbagai efek samping yang akan dihasilkan oleh isotretinoin ini.

Baca Juga: Manfaat Bioplacenton untuk Jerawat dan Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Caladine

10. Menggunakan Laser

Cara ini merupakan teknologi yang paling baru sekaligus merupakan cara yang instan jika anda memang ingin mengempeskan jerawta meradang di kulit anda atau bahkan menghilangkannya secara seketika. Namun, tentu saja anda harus merogoh kantong dalam-dalam jika and aingin menggunakan cara ini. Berikut ini beberapa manfaat menggunakan metode laser untuk mengempeskan jerawat meradang di kulit anda.

Bagaimana metode laser akan mengempeskan jerawat meradang?

  • Metode laser memiliki daya vakum yang dapat mengangkat dan menyingkirkan berbagai penumpukan sel-sel kulit mati, debu, kotoran, dan berbagai polusi yang menutup pori-pori kulit, sehingga jerawat meradang tidak akan semakin meradang dan akan semakin cepat untuk diobati.
  • Metode laser tentu saja akan menggunakan sinar laser. Sinar laser akan memicu produksi kolagen pada kulit secara cepat. Nah, kolagen kulit ini akan snagat bermanfaat untuk menghaluskan kulit, sehingga tidak heran jika jerawat meradang anda akan cepat mengempes dan juga metode ini merupakan cara menghilangkan jerawat tanpa bekas.

Baca Juga: Efek Samping laser Wajah Jerawat yang Perlu Diketahui

Tips Mempercepat Proses Pengempesan Jerawat

Setelah anda mengetahui berbagai macam cara mengempeskan jerawat meradang, maka sekarang saatnya anda mengetahui juga berbagai macam tips pendukung untuk mempercepat proses pengempesan jerawat meradang. Berikut ini merupakan tips-tipsnya.

  • Konsumsi Makanan Yang Tepat. Jika anda memiliki jerawat meradang di kulit anda, maka sebaiknya anda mengkonsumsi makanan penghilang jerawat seperti sayuran dan buah-buahan. Hindari mengkonsumsi makanan penyebab jerawat di wajah muncul terus seperti makanan berminyak, makanan pedas, makanan bersantan, junk-food, dan kacang-kacangan.
  • Istirahat Yang Cukup. Jika anda memiliki jerawat meradang di kulit, maka pastikan bahwa anda memiliki waktu istirahat yang cukup. Memiliki waktu istirahat yang cukup akan membuat kulit anda memiliki waktu untuk meregenarsi sel-sel kulit yang rusak dan hasilnya, jerawat meradang anda akan mengempes dalam waktu yang cepat dan juga cara ini bermanfaat sebagai cara mencegah jerawat secara alami.
  • Rutin Membersihkan Wajah. Membersihkan wajah sebanyak plaing tidak 2 kali dlaam sehari akan snagat membantu dalam mempercepat proses pengempesan jerawat anda. Nah, membersihkan wajah secara rutin akan menyingkirkan berbagai debu dan kotoran yang menempel, sehingga jerawat meradang tidak akan menjadi semakin menjadi. Gunakan sabun wajah yang mengandung asam salisilat saat membersihkan wajah anda dan jangan lupa aplikasikan cara mencuci wajah yang benar untuk kulit berjerawat.
  • Hindari Stress. Saat ingin jerawat di kulit anda mengempes dengan cepat, maka anda perlu menghindari stress. Stress akan menyebabkan ketidakseimbangan jenis hormon penyebab jerawat yang akan membuat produksi minyak atau sebum di kulit anda menjadi semakin menjadi. Tentu saja minyak yang berlebih akan menyebabkan ciri-ciri jerawat karena hormon, yaitu jerawat meradang yang tidak kunjung mengempes.

Baca Juga Artikel Tentang Jerawat Lainnya:

Nah, itulah tadi berbagai macam cara mengempeskan jerawat yang meradang serta berbagai tips untuk mempercepat proses pengempesan jerawat meradang. Jangan lupa aplikasikan cara hidup sehat agar terhindar dari jerawat dan semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Thursday 21st, July 2016 / 09:34 Oleh :
Kategori : Pengobatan