Sponsors Link

5 Cara Mengeringkan Jerawat yang Sudah Pecah dengan Aman dan Cepat

Sponsors Link

Segala sesuatu tentang jerawat memang sering membuat resah, terutama jika jerawat yang tumbuh di kulit anda sudah matang. Jika anda memiliki jerawat yang sudah matang memang perlu untuk waspada sewaktu-waktu, karena jerawat matang dapat pecah kapan saja. Kondisi tersebut pastinya membuat anda resah dan takut apabila jerawat pecah saat anda sedang beraktivitas di luar, maka akan ada dampak psikologis akibat jerawat yang anda rasakan seperti malu dan tidak percaya diri kembali. Oleh sebab itu, berikut ini ada beberapa cara mengeringkan jerawat yang sudah pecah dengan aman dan cepat, sehingga anda tidak perlu khawatir kembali.

Sponsors Link

Jerawat Pecah

Jerawat pecah merupakan salah satu fase dimana jerawat sudah matang dan akan mengeluarkan isi jerawat agar jerawat kempes dan mengecil. Proses tersebut merupakan salah satu proses atau ciri-ciri jerawat akan sembuh. Pada jerawat normal biasanya saat jerawat pecah maka akan ada darah yang keluar, namun pada jerawat batu atau jerawat parah lainnya maka isi yang akan keluar juga biasanya disertai dengan nanah.

Jerawat pecah sendiri memiliki dua kemungkinan selain dikarenakan jerawat sudah matang, kedua kemungkinan tersebut adalah jerawat pecah karena tidak sengaja dan jerawat pecah karena sengaja di pencet. Jerawat dipencet atau dibiarkan, pasti anda sering juga mendengar pertanyaan seperti ini. Untuk jerawat sendiri sebenarnya memang tidak disarankan untuk dipencet secara sengaja atau dipecahkan secara sengaja, karena dapat meninggalkan bekas luka maupun luka terbuka nantinya. Namun apabila jerawat pecah karena tidak sengaja ataupun karena memang jerawat sudah matang, maka anda tidak perlu khawatir karena anda dapat mengeringkan jerawat yang pecah tersebut dengan beberapa cara berikut.

Mengeringkan Jerawat Pecah

Jika anda mengalami jerawat yang tiba-tiba pecah, baik karena jerawat sudah matang maupun karena tidak sengaja pecah, maka anda perlu melakukan beberapa hal berikut untuk mengeringkan jerawat anda. Beberapa hal yang perlu dilakukan sesegera mungkin diantaranya seperti:

  1. Keluarkan darah sepenuhnya

Jika jerawat anda sudah pecah, maka segeralah mengeluarkan darah sepenuhnya agar jerawat cepat kering. Hal ini disebabkan karena dara yang keluar tidak akan berhenti sebelum seluruh isi jerawat keluar. Anda dapat menekan dengan lembut daerah sekitar jerawat untuk mengeluarkan isi jerawat sepenuhnya, dan jangan ditekan terlalu keras.

  1. Segera cuci wajah

Setelah isi jerawat berhasil dikeluarkan sepenuhnya, maka anda perlu untuk segera mencuci wajah anda dengan cara mencuci wajah yang benar untuk kulit berjerawat. Gunakanlah air bersih dan jangan gunakan sabun wajah, karena dapat menimbulkan rasa perih hingga menimbulkan iritasi berlanjut pada jerawat yang sudah pecah tersebut. Aliran air juga dapat membantu anda menghentikan pendarahan pada jerawat yang sudah pecah.

  1. Bersihkan dengan kain bersih

Setelah anda selesai mencuci wajah anda dan mengeluarkan isi jerawat sepenuhnya, anda dapat membersihkan jerawat yang sudah pecah dengan kain atau tisu bersih. Jika darah masih keluar sedikit maka biarkan terlebih dahulu agar meresap di kain atau tisu yang anda gunakan, dan bisa dibasuh sedikit dengan air bersih kembali.

  1. Gunakanlah Toner

Cara selanjutnya adalah dengan membersihkan jerawat yang sudah pecah dengan toner atau alkohol. Karena dengan membersihkan kembali jerawat yang sudah pecah dengan toner dapat mencegah penyebaran bakteri penyebab jerawat yang dapat menyebabkan munculnya jerawat di sekitar jerawat yang sudah pecah. Sehingga nantinya jerawat yang sudah pecah dapat kering lebih cepat.

Sponsors Link

  1. Kompres air batu

Anda juga dapat melakukan kompres air batu agar tidak terjadi inflamasi maupun pembengkakan di sekitar jerawat akibat jerawat yang sudah pecah. Kompres air batu pada jerawat yang sudah pecah juga dapat menghambat dan membantu pendarahan jerawat yang terjadi serta mencegah jerawat berubah warna menjadi kemerahan, sehingga jerawat yang sudah pecah bisa kering dengan cepat dan mengurangi risiko timbulnya bekas jerawat.

Itulah beberapa cara mengeringkan jerawat yang sudah pecah dengan aman dan cepat. Anda dapat melakukan cara-cara diatas sesegera mungkin setelah jerawat anda pecah, agar jerawat bisa kering secepatnya. Selain itu ada baiknya juga jika anda melakukan hal-hal berikut apabila jerawat anda sudah pecah:

  • Jangan menyentuh jerawat atau area sekitar jerawat yang sudah pecah terlebih dahulu, hal ini untuk mencegah berpindahnya bakteri atau kotoran yang menempel pada tangan ke jerawat yang sudah pecah.
  • Kurangi penggunaan makeup, jerawat yang sudah pecah dan kering belum berarti sudah benar-benar tertutup sehingga lebih baik mengurangi penggunaan makeup terlebih dahulu agar tidak ada kotoran atau bahan makeup yang masuk ke pori-pori kulit kembali, dan justru menyebabkan peradangan kembali pada jerawat yang sudah pecah.
  • Jaga kebersihan kulit dan jerawat selalu, atur pola makan dan hidup sehat terlebih dahulu agar jerawat tidak muncul kembali.

ads
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan
Search
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.