Sponsors Link

11 Cara Mengeringkan Luka di Wajah Dengan Cepat Paling Mudah

Sponsors Link

Adanya luka di anggota tubuh dapat dialami oleh siapa saja, baik itu anak-anak, remaja, dewasa dan usia tua. Luka juga terdiri dari beberapa jenis antara lain luka ringan dan luka berat. Luka ringan adalah luka yang biasanya lebih cepat kering dan mudah disembuhkan. Sedangkan apabila luka yang Anda alami adalah luka yang berat atau relatif parah misalnya karena luka akibat kecelakaan yang serius, maka luka yang berat tersebut tidak dapat kita biarkan begitu saja sebab membutuhakn perawatan luka yang serius. Seperti kita ketahui, kulit merupakan bagian terluar dari anggota tubuh kita. Oleh karena itu, kulitlah yang paling rentan terkena goresan benda tajam atau benda asing. Dimanapun letak luka tentulah sangat mengganggu, terlebih jika luka tersebut terdapat di wajah. Hal ini akan menimbulkan masalah karena akan sangat mengganggu penampilan kita.

Sponsors Link

Pada dasarnya kemampuan seseorang dalam menyembuhkan luka adalah berbeda-beda. Namun, Anda tak perlu khawatir sebab selain obat di apotik, ada berbagai cara yang dapat kita lakukan untuk membuat kulit di wajah lebih cepat kering. Yakni dengan pengobatan tradisional. Mari, kita simak bersama-sama :

  1. Basuh luka dengan air bersih

Cara yang pertama ketika Anda mendapatkan luka di wajah adalah basuh luka tersebut dengan air bersih. Air bersih ini akan membantu Anda untuk membunuh kuman dan bakteri yang terdapat pada luka di wajah. Kuman dan banteri yang terbunuh akan membuat luka Anda lebih cepat kering.

  1. Biarkan luka terbuka

Selanjutnya adalah selalu biarkan kulit Anda terbuka. Perlu Anda ketahui, luka di wajah yang Anda alami biasanya mengandung bakteri anaerob. Bakteri tersebut merupakan bakteri yang akan mati bila terkena oksigen. Apabila Anda ingin membunuh bakteri tersebut, maka jangan menutup luka Anda. Sebab, menutup luka bukan malah membuat luka lebih cepat kering, namun akan bertambah parah

  1. Hindari gesekan

Tahap yang harus Anda hindari selanjutnya untuk membuat luka lebih cepat kering adalah hindari gesekan pada luka. Jika luka yang Anda alami adalah luka di wajah, maka hindari gesekan yang mungkin terjadi antara luka dengan saat Anda memakai pakaian. Usahakan untuk memakai pakaian yang tidak memungkinkan Anda untuk bergesekan secara langsung dengan luka di wajah. sebab, gesekan ini akan membuat kulit Anda menjadi parah dan lebih lama kering.

  1. Mengkonsumsi makanan yang kaya akan protein

Cara untuk membuat kulit wajah lebih cepat kering juga bisa dilakukan dari dalam, yaitu dengan banyak mengkonsumsi makanan yang menagndung protein tinggi. Makanan yang menagndung protein bisa Anda dapatkan pada syur-syuran dan buah-buahan. Dengan mengkonsumsi makanan yang kaya protein, maka luka Anda akan lebih cepat mengering.

Sponsors Link

  1. Jangan mengelupas dan menggaruk luka

Ketika luka Anda mulai mengering, Anda akan terlihat gemas untuk segera mengelupasnya. Padahal hal ini sama sekali tidak dianjurkan. Apabila Anda samapai mengelupas kulit di wajah yang mulai mengering, maka akan membuat kulit Anda menjaid terluka kembali. Anda cukup membiarkan luka yang mulai mengering, sebab luka ini akan mengelupas dnegan sendirinya. Kemudian hindari untuk menggaruk luka dengan tangan. Tangan adalah media terbaik untuk pertumbuhan bakteri. Oleh karena itu,jika Anda menggaruknya dengan tangan, bakteri akan berpindah ke wajah Anda sehingga luka menjadi mudah terinfeksi.

  1. Hindar memakai pembersih wajah dan kosmetik

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, walaupun Anda diperbolehkan untuk membasuh luka dengan air bersih, namun hentikan sementara penggunaan pembersih wajah Anda. Sebenarnya hal ini memang sangat sulit untuk dilakukan. Sebab, di satu sisi Anda harus menjaga kelembaban kulit Anda dengan selalu membersihkannya menggunakan pembersih wajah, namun di sisi lain Anda harus mengupayakan untuk meminimalisir penggunaan pembersih wajah. Karena semakin Anda paksakan untuk tetap memakai pembersih di area wajah yang tidak terluka, maka area wajah yang terluka akan ikut basah dan lebih lama mengering. Kemudian, hindari pula untuk memakai kosmetik terlebih dahulu. Bahan kimia yang terdapat dalam kosmetik akan membuat luka Anda mengering lebih lama.

7. Gunakan madu

Anda tak perlu meragukan khasiat madu bagi tubuh Anda. Selain manfaat masker madu untuk menghilangkan jerawat, madu juga memberikan khasiatnya untuk membantu proses pengeringan luka di wajah. Selain cepat mengeringkan luka, madu juga dipercaya dapat menghilangkan bekas luka tersebut. Cara yang harus Anda lakukan juga relatif mudah yaitu :

  • Sediakan madu dan air hangat
  • Oleskan madu langsung ke luka di wjaah Anda
  • Tunggu beberapa saat
  • Bilas dengan air hangat
  • Lakuka tahap ini secara rutin hingga luka kering dan bekas luka menjadi hilang
Sponsors Link

  1. Gunakan minyak tawon

Bahan selanjutnya yang bisa Anda pakai untuk mnegringkan luka adalah minyak tawon. Minyak tawon selain berkhasiat untuk mengobati gatal di kulit Anda, juga dapat membuat luka di wajah Anda lebih cepat mengering. Keunggulan lain ketika Anda menggunakan minyak tawon tidak akan menimbulkan rasa perih dan efek kaku di kulit wajah Anda. Caranya cukup oleskan minyak tawon dan lakukan secara rutin hingga luka benar-benar kering.

  1. Gunakan rivanol

Penggunaan rivanol disini adalah untuk membunuh bakteri dan kuman serta mencegah infeksi pada luka yang membuat luka Anda menjadi lebih parah. Caranya adalah cukup denagn meneteskan rivanol ke kain kasa lalu tempelkan ke luka yang terdapat di kulit wjah Anda.

  1. Gunakan bubuk kopi

Manfaat lain dari kopi selain dapat dijadikan sebagai minuman, juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk membuat luka lebih cepat kering. Walaupun, pengobatan dengan bubuk kopi sedikit menimbulkan rasa perih, namun dengan penggunaan rutin setiap 3 kali sehari akan membuat kulit Anda lebih cepat kering. Caranya, cukup dengan menaburkan bubuk kopi ke luka di wajah Anda.

  1. Gunakan gula atau air tebu

Cara terkahir yang bisa Anda lakuakn untuk membuat kulit Anda lebih cepat kering adalah dengan menggunakan gula atau air tebu. Penggunaan kedua bahan ini mampu membunuh kuman dan bakteri sehingga mempercepat pengeringan pada luka. Anda cukup menaburkan gula atau meneteskan air tebu pada luka di wajah Anda lalu diamkan sebentar. Lakukan secara rutin maka luka akan lebih cepat kering.

Demikian cara yang dapat Anda lakukan untuk mengeringkan luka di wajah dengan cepat. Jika memang Anda masih meragukan cara-cara diatas, Anda bisa langsung mengkonsultasikannya ke dokter kulit untuk mendapatkan perawatan yang lebih maksimal. Semoga bermanfaat.

ads
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan
Search
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.