Sponsors Link

15 Cara Menghentikan Darah Jerawat Paling Aman dan Cepat

Sponsors Link

Segala sesuatu tentang jerawat memang seringkali menjadi topik hangat yang dibicarakan oleh masyarakat baik itu perempuan atau laki-laki, anak-anak atau remaja maupun orang dewasa. Mengapa hal ini terjadi? karena jerawat bisa menyerang siapa saja, tak peduli umur bahkan jenis kelaminnya. Jerawat yang muncul pada kebanyakan orang ini sering dianggap sebagai biang kerok dari masalah-masalah lain dan mempunyai berbagai dampak seperti dampak psikologis akibat jerawat seperti halnya menurunnya rasa percaya diri seseorang. Selain karena disebabkan oleh faktor pubertas, beberapa kebiasaan penyebab jerawat yang dilakukan seseorang dapat menimbulkan seeorang lebih mudah terkena jerawat.

Sponsors Link

Jerawat yang muncul di salah satu bagian anggota tubuh ini bisa saja memicu penderitanya untuk memencet atau memecahkannya dengan harapan jerawat ini bisa cepat sembuh. Godaan itu memang selalu ada namun tahukah kamu bahwa memencet jerawat yang tidak benar hanya akan menyebabkan luka parut terbentuk di wajah. Topik kali ini kita akan membahas tentang jerawat dengan ulasan mengenai cara menghentikan darah jerawat di wajah.

Cara Menghentikan Darah Jerawat Secara Cepat dan Aman

1. Menggunakan es batu

Bahan baku pertama untuk menghentikan darah jerawat berlebihan adalah menggunakan es batu. Es batu adalah salah satu bahan yang efektif, efisien serta mudah kamu temukan di rumah. Rasa dingin yang dimiliki oleh es batu akan membuat darah menjadi cepat beku sehingga menghambat mengalirnya darah ke luar daerah. Kamu hanya perlu menyediakan es batu, handuk, dan tisu atau lap bersih. Kegunaan tisu atau lap bersih ini adalah untuk membantu jerawatmu mengeluarkan darah dengan cepat. Usahakan jangan menggunakan tangan kosong karena hal ini malah akan mentransfer berbagai kuman dan bakteri dari tanganmu.

Setelah kamu memastikan bahwa seluruh darah jerawatmu keluar segeralah ambil handuk yang sudah dicelupkan ke dalam air berisi es batu. Kemudian tempelkan ke jerawat yang mengeluarkan darah sambil tekan ke sumber pendarahan selama 10-15 menit, atau hingga pendarahan berhenti. Setelah kamu rasa darah jerawat telah berhenti keluar, ambil air bersih dan basuhkan ke jerawat tadi serta gunakan sabun muka untuk kulit berjerawat yang cocok agar bakteri penyebab jerawat tidak menyebar ke bagian kulit yang lain.

2. Menggunakan obat/bahan kimia

-Dengan hidrogen peroksida

Hidrogen peroksida yang berfungsi sebagai pembunuh kuman dan bakteri juga dipercaya dapat menghentikan darah jerawatmu. Tak banyak langkah yang dilakukan, cukup saja langsung mengoleskan hidrogen peroksida sambil menekannya ke bagian jerawat yang berdarah. Bila kamu lebih senang hal-hal yang steril kamu bisa membasahi tisu terlebih dahulu dengan hidrogen peroksida, kemudian tekan lembut ke permukaan jerawat yang berdarah. Akan tetapi kamu juga harus berhati-hati karena hidrogen peroksida akan membuat kulit kering. Jadi pastikan untuk melembapkan kulit setelah pendarahan berhasil dihentikan.

-Dengan astringen

Obat selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk mengehntikan darah jerawat adalah astringen. Sejak dari dulu astringen dipercaya sebagai bahan yang bisa mempercepat pembekuan darah. Cukup dengan membasahi korek kuping dengan astringen kemudian tekan kuat di sumber pendarahan selama beberapa menit. Setelah beberapa saat  aliran darah yang keluar terhenti. Pengganti astringen yang lebih mudah kamu temukan adalah produk cuka apel.

Sponsors Link

-Dengan benzoil peroksida

Benzoil peroksida tentu sudah tak asing lagi karena bahan ini biasa terkandung dalam obat jerawat yang dijual di pasaran. Sama seperti bahan yang lain, kamu bisa langsung mengoleskannya pada bagian jerawat yang berdarah atau dengan membasahi korek kuping dan tisu dengan benzoil peroksida terlebih dahulu, kemudian tekan secara langsung ke permukaan jerawat. Setelah darah berhenti segera berikan air bersih pada jerawatmu kemudian oleskan pelembab karena benzoil peroksida juga berpotensi membuat kulit kering.

-Dengan tawas batangan

Selain es batu, bahan lain yang efektif dan mudah kamu temukan di rumah adalah tawas batangan. Tawas batangan bisa menghentikan aliran darah jerawat yang keluar secara cepat. Cara menggunakannya cukup mudah, kamu hanya perlu membasahi tawas dan tempelkan dengan lembut ke jerawat atau daerah yang terinfeksi hingga pendarahannya berhenti. Yang perlu kamu perhatikan pula bahwa tawas bila diterapkan akan memberikan sensasi terbakar sedikit sehingga berhati-hatilah dalam menggunakannya.

ads

3. Menggunakan bahan alami

-Dengan irisan kentang

Bahan alami pertama yang sering kamu konsumsi adalah irisan kentang. Ini adalah salah satu manfaat kentang untuk jerawat, yaitu membekukan darah pada jerawat yang pecah dengan cepat. Kenapa kentang sangat berkhasiat untuk menghentikan darah jerawat? Karena kandungan pati dalam kentang cepat menyerap air dan plasma darah, sehingga darah akan membeku lebih cepat. Cukup dengan mengambil kentang lalu iris kemudian tekan irisan kentang di sumber pendarahan. Setelah beberapa saat pendarahan akan berhenti.

-Dengan kunyit

Alternatif lain yang biasa kamu temukan di dapur adalah kunyit. Selain menjadi bahan masakan, kunyit juga mempunyai manfaat membantu untuk menghentikan pendarahan jerawatmu. Kamu bisa mengambil beberapa bubuk kunyit dan menerapkannya langsung pada bagian jerawat yang pecah. Setelah beberapa menit pendarahan akan berhenti.

-Dengan kantong teh celup

Bahan alami berikutnya yang tidak kalah manjurnya adalah kantong teh celup. Bersyukurlan bahwa segala kantong teh celup yang kamu tempelkan di bagian jerawat yang berdarah dapat segera menghentikan pendarahan. Untuk hasil yang lebih maksimal, kamu harus terlebih dahulu merendam kantong teh ke dalam air dingin. Setelah itu baru aplikasikan dengan lembut ke jerawatyang berdarah.

-Dengan tepung

Kemampuan tepung yang dapat menyerap semua yang lembab sehingga dapat membentengi darah untuk keluar dari jerawat yang pecah menjadi salah satu bahan alternatif alami lain yang bisa kamu percaya untuk menghentikan darah jerawatmu. Yang harus dilakukan adalah segera taburi tepung pada daerah jerawat yang berdarah. Dengan begitu secara cepat darah akan berhenti keluar.

-Dengan garam laut dan air

Kamu hanya perlu menyiapkan air dan tambahkan sedikit garam di dalamnya, kemudian rendam bagian jerawat yang berdarah ke dalam campuran air tersebut dan tunggu beberapa menit. Sensasi terbakar juga akan kamu  rasakan sesaat setelah mengoleskannya ke jerawatmu.

4. Kunjungi dokter

Segera kunjung dokter apabila pendarahan jerawatmu yang biasanya dapat berhenti dalam waktu 1-9 menit. Dokter akan membantumu untuk menangani masalah pendarahan ini.

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Bila kamu tidak ingin terlalu ribet maka cara yang terbaik adalah dengan mengantisipasi datangnya jerawat  salah satunya dengan mengetahui cara mencegah jerawat pada kulit berminyak.  Bila memang ada, biasakan dirimu untuk tidak memencet jerawat karena kebiasaan ini akan menyebabkan banyaknya jerawat yang muncul. Memencet jerawat hanya perlu dilakukan ole tenaga medis dan bukanlah tindakan yang tepat.

ads
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan