Sponsors Link

7 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Akibat Facial Paling Ampuh

Sponsors Link

Kita semua pasti tidak bisa membantah bahwa kita mendambakan kulit yang sehat, bersih, mulus, sehat, dan tanpa cela. Namun, sering dengan pertumbuhan kita dan berbagai kondisi yang kita alami sehari-hari, kehadiran jerawat di kulit kita seakan tidak bisa dihindari, karena memang ada sekitar penyebab timbulnya jerawat di wajah. Untuk mengatasi hal ini, seringkali kita rela mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk melakukan perawatan kulit, salah satunya yaitu facial. Facial dianggap sebagai cara yang ampuh untuk mengatasi jerawat dan masalah-masalah kulit lainnya.

Sponsors Link

Namun, masalah yang sering kita hadapi adalah setelah melakukan facial, kulit kita bukannya menjadi terbebas dari jerawat dan bekasnya, tetapi malah menambah jerawat dan bekasnya. Nah, dalam artikel ini anda menemukan penyebab timbulnya jerawat dan bekasnya setelah facial dan berbagai cara mengatasinya.

Penyebab munculnya jerawat setelah facial

Pertama-tama, mungkin anda bertanya-tanya apa saja hal yang menyebabkan jerawat dan bekasnya masih saja muncul sesaat setelah anda melakukan perawatan kulit semacam facial. Berikut ini kami jabarkan berbagai alasan mengapa jerawat dan bekasnya tetap setia menghiasi wajah anda walaupun anda telah melakukan facial.


1. Pori-Pori Tersumbat

Ini merupakan sutu penyebab paling wajar mengapa anda dapat mengalami jerawat dan mendapat bekas jerawat walaupun anda telah melakukan facial. Jadi, penyebab utama mengapa segala sesuatu tentang jerawat dan bekasnya selalu menghiasi wajah anda adalah karena penyumbatan pori-pori sehingga sebum atau minyak alami yang diproduksi oleh kulit anda tidak dapat keluar ke permukaan wajah.

Kulit memang perlu untuk memproduksi sebum demi menjaga kulit anda tetap lembab secara alami dan menghindarkan kulit anda dari serangan bakteri maupun iritasi kulit. Nah, dalam kasus ini, minyak alami yang diproduksi kulit anda tidak bisa keluar ke permukaan kulit karena penyumbatan pori-pori kulit. Hal ini kemudian memaksa sebum tersebut mengendap di bawah permukaan kulit dan memelihara bakteri yang dapat menyebabkan jerawat.

Terkadang, melakukan facial merupakan suatu langkah yang ampuh untuk membuka pori-pori kulit anda. Namun memang terkadang walaupun pori-pori anda telah dibuka dengan metode facial, minyak alami yang terlanjur mengendap dan memelihara  bakteri penyebab jerawat tersebut tetap tidak mau keluar ke permukaan kulit sehingga pori-pori tetap tersumbat dan hasilnya, terbentuklah jerawat parah yang dapat meninggalkan bekas jerawat.


2. Folikel Pecah

Penyebab lainnya yang menyebabkan timbulnya jerawat dan bekas jerawat setelah anda melakukan facial adalah karena folikel kulit yang pecah dan kemungkinan terjadinya hal ini cukup besar juga. Jadi, ketika anda memutuskan untuk melakukan facial, biasanya ahli medis yang melakukan facial ini akan membuka pori-pori kulit anda untuk melakukan ekstraksi jerawat dan mengeluarkan sebum yang tersumbat dan tidak mau keluar ke permukaan kulit.

Nah, hal yang sering terjadi adalah ahli medis yang melakukan proses facial menekan terlalu keras kulit anda ketika ingin melakukan proses pengeluaran sebum ke permukaan kulit wajah anda, dan hal ini dapat membuat folikel kulit anda menjadi pecah. Pecahnya folikel ini membuat bakteri penyebab jerawat akan menginfeksi folikel-folikel lain di sekitarnya dan hasilnya, jerawat dan bekasnya tetap akan muncul dan menghiasi wajah anda walaupun anda telah melakukan facial.

3. Iritasi Kulit

Salah satu penyebab lain mengapa anda dapat berjerawat setelah melakukan facial adalah dikarenakan iritasi kulit anda. Selama ini, facial memang dikenal memiliki efek samping yang membuat kulit anda menjadi lebih sensitif terhadap debu, kotoran, dan bakteri penyebab jerawat sehingga tidak heran jika beberapa hari setelah facial anda akan mendapati kulit kemerahan dan jerawat pada kulit anda. Untuk meminimalisir bahaya infeksi jerawat dan kulit kemerahan tersebut, anda lebih baik mencuci kulit anda dengan air dingin 2 kali sehari dengan air dingin, sehingga pori-pori anda akan mengecil. Namun ingat bahwa anda tidak dianjurkan untuk mencuci kulit terlalu sering.

Baca Juga: Facial Jerawat: Efek, Cara Pemakaian, Fungsi, Info Lengkapnya


Nah, setelah anda mengetahui berbagai penyebab mengapa jerawat dan bekasnya bisa timbul sesaat setelah anda melakukan facial, pasti anda penasaran bukan bagaimana cara mengatasi jerawat yang diakibatkan oleh facial? Berikut ini akan diberikan tips-tips untuk mengatasi berbagai masalah jerawat dan bekas jerawat yang ditimbulkan akibat facial.

ads
  1. Menggunakan Bahan Herbal

Langkah pertama dan paling aman dalam mengusir dan menindaklanjuti jerawat dan bekas jerawat yang terlanjur menghiasi wajah anda adalah menggunakan bahan-bahan herbal yang mudah anda dapatkan dan juga relatif aman terhadap berbagai efek samping yang dapat membahayakan kulit anda di kemudian hari. Anda dapat menggunakan bahan herbal ini sebagai masker alami untuk wajah berjerawat. Banyak bahan-bahan herbal yang terkenal ampuh dalam menangani masalah jerawat, contohnya lemon, putih telur, madu, timun, minyak kelapa, minyak zaitun, lidah buaya, hingga tomat sekalipun. Untuk ulasan lebih lengkapnya, anda dapat membaca cara-cara serta metode pengaplikasian metode herbal ini pada artikel cara menghilangkan bintik hitam bekas jerawat ini ya.

Baca Juga: Cara Alami Menghilangkan Jerawat Karena Alergi

  1. Menggunakan Es Batu

Cara ini merupakan cara yang paling mudah jika anda ingin cepat-cepat menyingkirkan jerawat yang muncul setelah anda telah melakukan facial. Es batu ini merupakan langkah yang tepat untuk mengatasi jerawat yang baru muncul karena es batu ini memiliki sifat anti-inflamasi. Sifat anti-inflamasi yang dimiliki es batu ini sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya peradangan pada jerawat anda sehingga jerawat tidak akan meninggalkan bekas di kulit anda. Untuk anda yang terlanjur telah memiliki bekas jerawat, mengusapkan secara lembut es batu yang dibungkus kain basah dan bersih secara rutin juga dapat membantu untuk menyamarkan bekas jerawat anda.

  1. Menggunakan Cream Jerawat

Cream obat penghilang bekas jerawat yang ada di apotik juga merupakan solusi yang dapat anda pertimbangkan untuk mengatasi jerawat dan bekasnya setlah anda melakukan facial. Ketika anda memilih cream jerawat, pastikan anda membeli cream jerawat yang mengandung benzoyl peroksida, karena senyawa benzoyl peroksida ini akan sangat bermanfaat dalam membunuh bakteri penyebab jerawat. Untuk cara menggunakannya, pertama-tama anda harus mencuci kulit anda yang terkena jerawat dengan air yang tidak panas dan juga tidak dingin, kemudian setelah dikeringkan, anda tinggal mengoleskan cream jerawat pilihan anda ke area kulit anda yang terdapat jerawat atau bekas jerawat secara lembut dengan gerakan melingkar. Ingat, gunakan cream jerawat ini maksimal 2 kali sehari saja, dan jangan lebih dari itu.

  1. Menggunakan Toner

Toner merupakan salah satu alternatif lain yang sangat layak untuk anda gunakan ketika anda ingin membasmi jerawat dan bekas jerawat setelah anda melakukan facial. Toner merupakan pembersih wajah yang selain dapat menyegarkan kulit anda, juga dapat memberikan beragam manfaat bagi kulit anda secara keseluruhan, apalagi jika anda memiliki jerawat dan bekas jerawat yang diakibatkan karena facial. Berikut ini adalah manfaat yang akan anda dapatkan setelah menggunakan toner bagi jerawat anda.

  • Toner dapat menstabilkan pH kulit anda yang seringkali labil akibat pencucian kulit secara berlebihan yang dapat menyebabkan kulit anda rentan terhadap infeksi bakteri penyebab jerawat.
  • Toner dapat bertindak sebagai humektan, yaitu sebagai media yang tepat untuk melembabkan kulit anda sehingga kulit anda terhindar dari iritasi yang diakibatkan oleh kotoran maupun bakteri penyebab jerawat

Lalu, bagaimanakah cara untuk mengaplikasikan toner ini pada kulit anda?

  • Jika kulit anda berminyak: Gunakan toner yang mengandung zat astringent. Zat astringent ini biasanya mengandung asam salisilat yang sangat bemanfaat untuk menyingkirkan minyak berlebih di kulit anda sekaligus juga dapat memperkecil pori-pori kulit anda sehingga kotoran tidak akan menyebabkan munculnya noda-noda hitam bekas jerawat di kulit anda.
  • Jika kulit anda kering: Gunakan toner yang mengandung banyak air dan mengandung Vitamin B, seperti panthenol misalnya, dan jangan membeli toner yang mengandung asam salisilat ataupun benzoyl peroksida, karena hal ini dapat membuat kulit anda malah bertambah kering dan rentan terhadap iritasi kulit. Menggunakan toner yang mengandung banyak air dapat melembabkan kulit anda dan melindungi kulit anda dari bakteri penyebab jerawat.

Baca Juga: Manfaat Obat Jerawat Cindala dan Manfaat Amoxicillin untuk Jerawat

  1. Hindari Sauna Setelah Facial

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa salah satu penyebab jerawat yang anda alami setelah melakukan facial adalah karena proses penekanan di pori-pori kulit yang terbuka sehingga mengakibatkan folikel pecah. Nah, hal yang hampir mirip akan terjadi bila anda mengunjungi sauna.

Mungkin setelah facial anda berpikir bahwa sauna merupakan langka yang tepat untuk mengusir semua kotoran-kotoran maupun racun yang mengendap di kulit anda yang tidak mampu diselesaikan dengan facial. Namun, ini merupakan cara yang salah. Setelah pada proses facial pori-pori kulit anda dibuka, sesi sauna juga akan membuka proi-pori anda dalam waktu yang lama dengan cara penguapan. Proses ini jika dibiarkan terlalu lama akan merusak folikel dan juga membuat kulit anda semakin sensitif terhadap infeksi bakteri penyebab jerawat.

Sponsors Link

  1. Selalu Gunakan Sunblock Saat Bepergian

Hal yang harus anda lakukan untuk mngatasi jerawat dan bekas jerawat setelah facial adalah dengan menggunakan sunblock saat anda akan bepergian. Seperti yang telah dijelaskan, sesaat setelah anda melakukan facial, kulit anda akan menjadi lebih sensitif daripada biasanya, dan sinar matahari dapat memicu sensitivitas kulit anda yang membuat kulit anda menjadi sangat rentan terhadap infeksi baik dari kotoran, bakteri, dan debu penyebab jerawat dan hasilnya, jerawat dan bekasnya kemungkinan besar akan menghiasi kulit anda. Selalu gunakan sunblock saat bepergian untuk mengurangi sensitivitas kulit anda terhadap sinar matahari sehingga kulit anda tetap halus dan terbebas dari jerawat.

  1. Jangan Menggunakan Make-Up Setelah Facial

Menggunakan make-up sesaat setelah anda melakukan facial merupakan langkah yang salah karena hal ini juga merupakan salah satu penyebab mengapa anda dapat memiliki jerawat dan bekas jerawat setelah melakukan facial. Anda harus menghindari penggunaan make-up setidaknya 3 hari setelah anda melakukan facial. Jika memang dalam kurun waktu tersebut anda harus merias wajah anda, maka lebih baik anda melihat daftar kosmetik untuk wajah berjerawat atau menggunakan skin perfecting lotion yang akan membuat kulit anda lembab, bercahaya secara alami, dan halus tanpa menyebabkan efek samping berupa iritasi kemerahan pada kulit anda.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Jerawat Akibat Salah Kosmetik

Beberapa Hal Yang Sebaiknya Anda Lakukan Setelah Facial

Nah, setelah anda mengetahui berbagai hal yang dapat membantu anda dalam mengatasi jerawat dan bekas jerawat yang ditimbulkan akibat facial, maka pasti anda akan berpikir bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati bukan? Nah, untuk mencegah terjadinya terbentuknya jerawat dan bekas jerawat setelah facial.

  • Anda tidak diperkenankan untuk memencet wajah anda atau mengelap wajah anda dengan kain atau handuk yang tidak terjamin kebersihannya karena sesaat setelah facial, kulit anda menjadi sensitif terhadap debu dan kotoran. ( Baca: Efek Akibat Jerawat Dipencet)
  • Sesaat setelah melakukan facial, segera gunakan pelembab kepercayaan anda sehingga kulit anda menjadi semakin kebal dalam menangkal debu dan kotoran yang kemungkinan besar akan menempel di kulit anda, salah satu pelembab yang dapat anda coba yaitu skin perfecting lotion.
  • Pastikan anda mengkonsumsi makanan-makanan yang tidak berdampak buruk pada kesehatan kulit anda. Hindari makanan berminyak dan junk food seperti mi instan karena bahaya mi instan untuk jerawat sudah tidak diragukan lagi. Selain itu, perbanyaklah konsumsi makanan penghilang jerawat dan makanan dengan kandungan Vitamin A yang tinggi.
  • Pastikan bahwa anda memiliki waktu tidur yang cukup, dan hindari stress yang berlebih karena faktor-faktor ini dapat menyebabkan jerawat timbul di kulit anda, tak peduli sekalipun anda telah melakukan perawatan kulit seperti facial. Selalu aplikasikan cara hidup sehat agar terhindar dari jerawat.

Nah, sekarang anda telah mengetahui segala hal yang anda perlukan untuk mengetahui apa saja hal yang perlu anda lakukan ketika mendapati jerawat dan bekasnya sesaat setelah anda melakukan facial. Selalu ingat bahwa anda disarankan untuk menggunakan cara-cara diatas secara bijaksana. Jika memang setelah menggunakan cara-cara diatas dalam waktu yang lama namun jerawat dan bekas jerawat anda tidak menunjukkan tanda-tanda pemulihan, jangan ragu untuk konsultasikan ke dokter kepercayaan anda.

Baca Juga:

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan