Sponsors Link

10 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Berlubang Dengan Cepat

Sponsors Link

Segala sesuatu tentang jerawat memanglah sangat menyebalkan dan tentu saja akan sangat mengganggu diri seseorang secara keseluruhan sehingga dampak psikologis akibat jerawat tidaklah bisa disepelekan. Kadangkala seberapa keraspun kita mencegah timbulnya jerawat, pasti akan timbul jerawat yang mampir karena ada banyak penyebab jerawat berdasarkan faktor internal dan eksternal seperti faktor genetik, siklus mentruasi yang menyebabkan ketidakseimbangan hormon, hingga debu dan kurangnya kita merawat kebersihan kulit kita. Yang paling menyebalkan adalah ketika jerawat mengalami peradangan hingga akhirnya meninggalkan flek hitam dan bekas jerawat berlubang yang sangat sulit dihilangkan. Penasaran dengan bagaimana saja cara yang ampuh untuk menghilangkan bekas jerawat berlubang? Berikut ini ulasannya untuk anda.

Sponsors Link

Penyebab Timbulnya Bekas Jerawat Berlubang

Sama seperti penyebab timbulnya bekas jerawat pada umumnya, salah satu faktor utama mengapa bekas jerawat berlubang dapat timbul adalah karena kebiasaan kita untuk ‘mengutak-atik’ jerawat atau memencet jerawat ketika jerawat tersebut sedang aktif di kulit kita yang tentu saja akan menghasilkan efek akibat jerawat dipencet. Ketika terjadi kontak dengan jerawat tersebut, apalagi dengan tangan kita yang biasanya menjadi sumber bakteri ataupun kotoran. Maka tidak heran jika yang ada kemudian adalah terjadinya peradangan pada jerawat yang parah, yang akhirnya akan menimbulkan bekas jerawat berlubang di kulit anda. Biasanya bekas jerawat berlubang akan terjadi ketika jerawat kita terletak di lapisan kulit yang dalam.

Baca Juga: Penyebab Jerawat Bayi dan Cara Mengatasinya dan Penyebab Jerawat di Usia 40

Setelah anda mengetahui penyebab bekas jerawat berlubang, maka sekarang adalah saatnya bagi anda untuk mengetahui berbagai macam cara menghilangkan bekas jerawat berlubang. Nah, dibawah ini merupakan kumpulan tips menghilangkan bekas jerawat berlubang, baik dengan metode herbal dan juga metode pengobatan medis. Berikut ini ulasan lengkapnya.

1. Menggunakan Masker Tomat

Cara herbal pertama yang sangat ampuh untuk menghilangkan bekas jerawat berlubang adalah dengan menggunakan masker tomat. Nah, manfaat tomat untuk menghilangkan jerawat ini sudah tidak diragukan lagi keampuhannya yang menjadikan bahan herbal ini pantas untuk dijadikan sebagai bahan herbal untuk menghilangkan bekas jerawat. Berikut ini adalah manfaat tomat dan cara menghilangkan bekas jerawat dengan tomat:

  • Tomat mengandung banyak Vitamin dan juga nutrisi yang membuat tomat ini dapat mengecilkan pori-pori, sehingga akan semakin menyamarkan bekas jerawat berlubang anda.
  • Tomat dapat memperbaiki kerusakan kulit hingga ke tingkat sel-nya. Hal ini terntu saja membuat tomat akan sangat bermanfaat untuk menghilangkan bekas jerawat berlubang anda secaracepat.

Cara menggunakan tomat untuk menghilangkan bekas jerawat berlubang

  • Pertama anda dapat menyiapkan 1 buah tomat, kemudian iris tomat tersebut secara tipis-tipis, atau bisa juga anda memblender tomat sehingga tomat dapat digunakan sebagai masker di kulit anda.
  • Jika anda mengiris tomat, maka anda dapat langsung menempelkan irisan tomat ke area kulit yang terdapat bekas jerawat berlubang. Namun jika anda memblendernya, anda dapat mengoleskannya ke bekas jerawat berlubang anda. Diamkan olahan tomat di kulit anda selama 20 menit.
  • Setelah itu, segera cuci kulit anda dengan menggunakan air bersih dan untuk hasil yang maksimal, anda dapat menggunakan tomat ini sehari sekali setiap hari hingga bekas jerawat berlubang anda memudar.

Baca Juga: Cara Mengatasi Jerawat dengan Tomat dan manfaat Masker Tomat untuk Wajah Berjerawat

2. Menggunakan Mentimun

Cara herbal kedua yang juga sangat ampuh untuk mengobati bekas jerawat berlubang anda adalah dengan menggunakan timun. Sama dengan tomat, manfaat timun bagi jerawat juga sudah tidak diragukan lagi  yang membuat bahan herbal ini layak untuk digunakan untuk menghialngkan bekas jerawat berlubang. Berikut ini beberapa manfaat dan langkah cara membuat masker timun :

  • Mentimun memiliki kemampuan untuk membunuh bakteri penyebab jerawat, menngangkat sel-sel kulit mati, dan juga debu maupun kotoran serta sisa make-up yang tentu saja akan menghindarkan anda dari jerawat di kemudian hari dan juga bekas jerawat yang ditimbulkan akibat jerawat meradang.
  • Mentimun memiliki sifat yang dapat mengencangkan kulit dan juga mengangkat sel-sel kulit mati yang membuat bekas jerawat berlubang menjadi semakin cepat tersamarkan.

Cara menggunakan mentimun untuk menghilangkan bekas jerawat berlubang

  • Pertama-tama, anda perlu menyiapkan 1 buah mentimun segar, kemudian potong mentimun tersebut menjadi irisan yang tipis-tipis.
  • Setelah itu, anda dapat menempelkan irisan mentimun tersebut ke area kulit anda yang mengalami bekas jerawat berlubang, dan diamkan mentimun tersebut di kulit anda selama kurang lebih 15 hingga 20 menit.
  • Setelah itu, segera cuci kulit anda dengan menggunakan air bersih, dan untuk hasil yang maksimal, anda dapat menggunakan irisan mentimun ini sekali sehari hingga bekas jerawat berlubang anda memudar.

Baca Juga: Manfaat Daun Seledri untuk Jerawat

ads

3. Menggunakan Lidah Buaya

Cara ampuh lainnya untuk mengobati bekas jerawat berlubang di kulit anda adalah dengan menggunaan lidah buaya. Manfaat lidah buaya untuk jerawat juga sudah tak diragukan lagi keampuhannya yang membuat bahan herbal ini juga layak untuk anda pertimbangkan untuk menghilangkan bekas jerawat berlubang di kulit anda. Berikut ini adalah manfaat dan cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya.

  • Lidah buaya mengandung suatu komponen bernama polisakarida dan juga giberelin yang memiliki banyak manfaat bagi masalah jerawat anda, antara lain dapat membunuh bakteri penyebab jerawat, mempercepat proses penyembuhan bekas jerawat, dan juga memicu pertumbuhan sel kulit baru.
  • Lidah buaya memiliki antioksidan yang dapat memperbaiki sel kulit yang rusak, sehingga dapat menyembuhkan bekas jerawat berlubang anda dengan aman dan cepat.

Cara menggunakan lidah buaya untuk menghilangkan bekas jerawat berlubang

  • Pertama, anda perlu menyiapkan lidah buaya, kemudian potong lidah buaya tersebut sehingga anda dapat menemukan adanya gel di dalam lidah buaya.
  • Nah, setelah itu anda oleskan gel lidah buaya tersebut ke area kulit anda yang terdapat bekas jerawat berlubang dan diamkan selama kurang lebih 10 menit.
  • Jika diperlukan, maka anda dapat mengoleskan gel lidah buaya tersebut sekali lagi ke area kulit anda yang terkena bekas jerawat berlubang.
  • Kemudian, segera cuci kulit anda dengan menggunakan air bersih.
  • Sebagai alternatif, anda dapat mengoleskan gel lidah buaya ini malam sebelum anda tidur, kemudian biarkan semalaman dan segera cuci kulit anda dengan air bersih pada pagi harinya.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Komedo dengan Lidah Buaya

4. Menggunakan Madu

Cara herbal keempat yang juga sangat ampuh dan tentunya sangat layak untuk anda coba adalah dengan menggunakan masker madu. Ya, cara menghilangkan bekas jerawat dengan madu memang  telah dikenal secara luas akan keampuhannya dalam menghilangkan bekas jerawat membandel di kulit anda. Ada beberapa alasan mengapa madu akan sangat layak untuk anda aplikasikan untuk mengobati bekas jerawat berlubang di kulit anda. Berikut ini manfaat  dan cara membuat masker madu.

  • Menggunakan madu akan memicu produksi hidrogen peroksida, suatu senyawa yang akan sangat bermanfaat untuk membunuh bakteri penyebab jerawat secara cepat dan juga aman, serta dapat menghilangkan bekas jerawat yang sangat sulit dihilangkan dengan waktu yang relatif cepat.
  • Madu memiliki sifat yang membuat bahan herbal ini dapat memperbaiki sel-sel kulit yang rusak sekaligus mencegah peradangan jerawat yang akan menimbulkan bekas jerawat berlubang.

Cara menggunakan madu untuk menghilangkan bekas jerawat berlubang

  • Pertama anda perlu untuk mencuci kulit anda terlebih dahulu dan siapkan madu murni.
  • Kemudian, anda dapat mengoleskan madu pada area kulit anda yang mengalami bekas jerawat berlubang dengan jari anda. Oleskan secara lembut dengan gerakan memijit dan melingkar.
  • Setelah itu, diamkan selama kurang lebih 10 menit hingga madu tersebut mengering di kulit anda, kemudian segera bilas kulit anda dengan menggunakan air dingin.
  • Sebagai alternatif dan juga untuk mendapatkan hasil yang terbaik, anda dpaat mengoleskan madu ini sesaat sebelum anda tidur di malam hari, kemudian biarkan semalaman dan segera bilas dengan menggunakan air dingin pada pagi harinya.
  • Untuk memperoleh hasil yang maksimal, anda dapat menggunakan madu ini sehari sekali secara rutin hingga bekas jerawat berlubang anda memudar.

Baca Juga: Manfaat Masker Madu dan cara Membuatnya dan Cara Menghilangkan Jerawat dengan Madu

5. Menggunakan Minyak Kelapa

Cara herbal kelima yang juga sangat ampuh untuk menghilangkan bekas jerawat berlubang di kulit anda adalah dengan menggunakan minyak kelapa. Jika anda meragukan kemampuan minyak kelapa untuk menyembuhkan bekas jerawat berlubang, maka anda salah besar. Nah, berikut ini adalah alasan mengapa minyak kelapa merupakan salah satu masker alami untuk wajah berjerawat yang sangat luar biasa untuk menyembuhkan bekas jerawat berlubang di kulit anda.

  • Minyak kelapa dapat menyembuhkan proses oksidasi dan juga dapat mempercepat proses penyembuhan luka, termasuk penyembuhan bekas jerawat berlubang di kulit anda.
  • Minyak kelapa dapat memicu produksi kolagen dalam kulit anda. Kolagen adalah protein kulit yang membuat kulit anda menjadi lembut, mulus, dan bebas dari bekas jerawat seperti sedia kala.

Cara menggunakan minyak kelapa untuk menghilangkan bekas jerawat berlubang

  • Pertama, anda perlu menyiapkan minyak kelapa, kemudian teteskan minyak kelapa ke jari telunjuk anda.
  • Nah, setelah itu dengang menggunakan jari telunjuk anda, anda oleskan minyak kelapa tersebut ke area kulit anda yang terdapat bekas jerawat berlubang secara lembut dengan gerakan melingkar, dan diamkan selama kurang lebih 10 menit.
  • Setelah itu, anda dapat segera mencuci kulit anda dengan menggunakan air bersih. Jangan lupa aplikasikan cara mencuci wajah yang benar untuk kulit berjerawat.
  • Sebagai alternatif dan juga untuk mendapat hasil yang maksimal, anda juga dapat mengoleskan minyak ini pada malam sebelum anda tidur dan biarkan semalaman. Pada pagi harinya segera bersihkan dengan menggunakan air bersih.
  • Untuk hasil maksimal, anda dapat mengoleskan minyak kelapa ini sehari sekali secara rutin hingga bekas jerawat berlubang di kulit anda berkurang.

Baca Juga: Manfaat Minyak Biawak untuk Jerawat dan Manfaat Minyak Ular untuk Jerawat

6. Menggunakan Cream Wajah

Cara lain yang juga layak dan patut anda pertimbangkan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat berlubang adalah dengan menggunakan cream obat penghilang bekas jerawat yang ada di apotik. Jika anda mengalami bekas jerawat berlubang, amaka gunakanlah cream obat yang mengandung retinoid, atau menggunakan krim kortison dan juga steroid. Namun, yang perlu anda perhatikan sebelum menggunakan cream wajah ini adalah anda perlu mengkonsultasikannya terlebih dahulu dengan ahli dermatologis kepercayaan anda. Mereka akan memberikan rekomendasi pada anda krim jerawat macam apakah yang akan cocok untuk bekas jerawat anda dan juga tipe kulit anda.

7. Perawatan Laser dan Filler Injection

Cara medis yang canggih dan juga akan sangat ampuh untuk menghilangkan bekas jerawat berlubang secara cepat dan aman adalah dengan menggunakan teknik laser dan juga filler injection. Teknologi-teknologi ini akan memungkinkan anda untuk mendapatkan hasil yang snagat cepat karena teknologi ini akan merangsang pembentukan kolagen kulit yang akan membuat kulit anda menjadi halus lagi. Berikut ini beragam cara menggunakan teknologi laser dan filler injection untuk mengobati bekas jerawat berlubang anda:

  • Teknologi Laser Ablatif. Teknologi laser ablatif ini merupakan suatu teknik menghilangkan bekas jerawat berlubang dan jerawat parah dengan cara menembakkan sinar laser pada bekas jerawat sehingga permukaan kulit anda akan menjadi lebih halus secara seketika.
  • Teknologi Laser Non-Ablatif. Teknologi laser non-ablatif ini bekerja dengan cara membantu kulit anda untuk memproduksi lebih banyak kolagen tanpa mengganggu permukaan kulit anda. Manfaat kolagen untuk jerawat ada banyak, diantaranya adalah akan menghaluskan kulit anda secara alami. Nah, oleh karena itu, teknologi laser non-ablatif ini merupakan cara yang relatif lebih aman jika dibandingkan dengan teknik ablatif namun efeknya bagi kulit anda akan lebih alam jika dibandingkan dengan laser ablatif.
  • Filler Injection. Teknologi filler injection akan bekerja dengan cara mengisi cekungan-cekungan atau lubang-lubang bekas jerawat di permukaan kulit anda sehingga hasilnya, permukaan kulit anda akan terlihat menjadi lebih halus daripada sebelumnya. Hanya saja, suntikan ini memerlukan beberapa kali pengulangan.

Baca Juga: Jenis-Jenis Laser Jerawat dan Efek Sampingnya

8. Metode Dermabrasi

Cara medis selanjutnya yang canggih dan juga sangat layak untuk anda coba untuk menghilangkan bekas jerawat berlubang adalah dengan menggunakan metode dermabrasi. Prosedur metode dermabrasi ini bertujuan untuk mengangkat lapisan paling atas dari kulit dengan menggunakan laser. Nah, pengangkatan lapisan paling atas ini nantinya akan membuat bekas jerawat berlubang anda akan semakin cepat tersamarkan. Namun, yang perlu dicatat adalah bahwa setelah melakukan metode dermabrasi ini, wajah anda biasanya akan memerah dan bengkak selama beberapa waktu, namun seiring berjalannya waktu kondisi wajah anda akan semakin membaik seperti sedia kala.

Baca Juga: Cara Mengurangi Pembengkakan Jerawat

Sponsors Link

9. Menggunakan Teknik Punch

Cara lain yang juga akan sangat ampuh dalam menghilangkan bekas jerawat berlubang di kulit anda adalah dengan menggunakan teknik punch. Metode ini akan sangat cocok bagi anda yang memiliki bekas jerawat yang memiliki cekungan atau lubang yang cukup dalam. Ada beberapa macam metode punch yang dapat anda pilih, dan berikut adalah macam-macam cara menghilangkan bekas jerawat berlubang dengan menggunakan metode punch.

  • Punch Excision. Metode punch excision ini adalah metode penghilangan bekas jerawat berlubang dengan cara mengangkat bekas jerawat dan menutup lukanya, sehingga nantinya akan timbul sel-sel kulit baru yang tentunya akan membuat kulit anda akan menjadi lebih halus dan rata.
  • Punch Grafting. Metode punch grafting ini adalah metode penghilangan bekas jerawat berlubang dengan cara mengangkat bekas jerawat dan setelah itu bagian lubang atau cekungan dari bekas jerawat tersebut diisi dengan potongan kulit yang dapat diambil dari bagian tubuh yang lain, sehingga hasilnya kulit anda akan menjadi halus dan rata seperti sebelumnya.
  • Punch Elevation. Metode punch elevation ini adalah metode penghilangan bekas jerawat berlubang dengan cara membedah hingga bagian dasar bekas jerawat dan menyisakan sisi-sisinya saja. Setelah itu, bagian dasar jerawat ini disatukan dengan sisi-sisinya namun lebih diangkat sehingga permukaannya menjadi sejajar dengan permukaan kulit lainnya. Hasilnya, kulit anda akan menjadi halus dan rata secara seketika.

Baca Juga: Bahaya Injeksi Jerawat dan Serum Wajah Jerawat

10. Menggunakan Metode Subscision

Cara lainnya yang juga patut untuk anda coba untuk menghilangkan bekas jerawat berlubang adalah dengan menggunakan metode subscision. Cara yang digunakan dalam metode ini adalah dengan cara mengangkat lapisan kulit atas dari jaringan bawah bekas jerawat, sehingga nantinya akan timbul luka yang membuat adanya gumpalan darah yang memenuhi daerah tersebut. Nah, gumapalan darah tersebut nantinya akan membentuk suatu jaringan ikat dan membantu mengangkat bekas luka. Hasilnya, kulit anda akan menjadi lebih halus dan lebih rata secara seketika. Pastikan anda mendapat rekomendasi dari dokter sebelum memutuskan akan menghilangkan bekas jerawat berlubang dengan menggunakan metode subscision.

Tips Menghindari Bekas Jerawat Berlubang

Nah, setelah anda mengetahui berbagai hal yang dapat menghilangkan bekas jerawat berlubang, maka pada bahasan ini akan dijelaskan juga tips-tips yang harus anda lakukan sehingga kulit anda tidak akan mengalami bekas jerawat berlubang di kemudian hari, karena ada pepatah bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati bukan? Nah, inilah tips yang kiranya dapat membuat anda terhindar dari bekas jerawat berlubang.

  • Jangan Memencet Jerawat. Ini merupakan salah satu tips yang umum namun sangat penting untuk anda lakukan jika anda tidak menginginkan bekas jerawat berlubang muncul di wajah anda. Tangan yang biasanya dipenuhi oleh kotoran justru akan membuat anda mengalami berbagai macam bahaya memencet jerawat, dimana jerawat anda semakin meradang jika anda menyentuh jerawat dengan tangan dan akan membuat bekas jerawat berlubang dan bahaya infeksi jerawat di kemudian hari.
  • Jangan Menggunakan Make-Up. Satu tips lainnya agar anda terhindar dari bekas jerawat berlubang adalah dengan menghindari pemakaian make up disaat anda mendapat jerawat sedang menghiasi kulit anda. Ketika anda memiliki jerawat dan kemudian anda menggunakan make-up, maka hal tersebut akan membuat kulit anda sulit bernapas dan akhirnya, jerawat anda semakin meradang dan akan menimbulkan bekas jerawat berlubang di kemudian hari. Ada baiknya anda menggunakan kosmetik untuk wajah berjerawat
  • Hindari Facial. Seringkali banyak orang yang menjadikan facial sebagai cara untuk menghilangan jerawat secara cepat dan tidak berbekas. Namun, yang terjadi sebenarnya adalah bahwa ketika anda melakukan facial, maka jerawat yang menghiasi kulit anda akan dikeluarkan secara paksa, yang membuat kulit anda menjadi luka dan akan meninggalkan bekas jerawat berlubang di kemudian hari. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Akibat Facial)
  • Atasi Jerawat dengan Segera. Tips terakhir yang harus anda lakukan untuk menghindari bekas jerawat berlubang di kemudian hari adalah dengan mengatasi jerawat sesegera mungkin ketika anda mendapati ada jerawat di kulit anda, walaupun jerawat tersebut tergolong jerawat yang ringan. Jerawat yang tidak kunjung diatasi akan beresiko mengalami peradangan yang akan menimbulkan bekas jerawat berlubang. Jika anda mendapat jerawat di kulit anda, gunakan masker alami untuk kulit berjerawat atau membeli obat antibiotik di apotik.

Baca Juga Artikel Tentang Jerawat Lainnya:

Nah, sekarang anda telah mengetahui segala hal yang perlu anda ketahui perihal cara menghilangkan serta menghindari bekas jerawat berlubang. Jangan lupa aplikasikan cara hidup sehat agar terhindar dari jerawat dan semoga artikel ini bermanfaat untuk anda semua.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Thursday 09th, June 2016 / 19:38 Oleh :
Kategori : Pengobatan