Sponsors Link

10 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Berwarna Hitam dengan Cepat

Sponsors Link

Jerawat memang merupakan salah satu hal yang memang tidak menyakitkan, namun keberadaan jerawat sangat mengganggu seseorang, terutama karena dampak psikologis akibat jerawat. Jerawat tersebut semakin akan mempengaruhi penampilan seseorang ketika jerawat meninggalkan bekas yang berwarna hitam, dan hal ini bukanlah hal yang bagus karena bekas jerawat berwarna hitam umumnya membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa menghilang dari kulit anda. Namun tenang karena pada artikel kali ini anda akan menemukan berbagai cara untuk menghilangkan bekas jerawat berwarna hitam anda secara cepat dan aman. Berikut ulasannya untuk anda.

Sponsors Link

Hal-Hal Yang Menyebabkan Bekas Jerawat Berwarna Hitam

Sebelum anda melihat apa saja hal-hal yang dapat anda lakukan untuk menghilangkan bekas jerawat berwarna hitam yang menghiasi kulit anda, pertama-tama anda harus melihat sebenarnya apa saja alasan bekas jerawat berwarna hitam senantiasa menghiasi kulit anda. Berikut ini ulasannya untuk anda.


1. Paparan Sinar Matahari

Penyebab pertama yang dapat menyebabkan timbulnya bekas jerawat warna hitam adalah karena paparan sinar UVA dan UVB. Ketika anda memiliki jerawat pada wajah anda kemudian anda terpapar sinar matahari dalam waktu yang lama, maka kemungkinan besar jerawat anda akan meninggalkan bekas jerawat berwarna hitam. Paparan sinar UVA dan UVB memang sangat berbahaya bagi kesehatan kulit sehingga anda perlu melakukan suatu strategi untuk menyiasatinya.


2. Menggunakan Kosmetik yang Berlebihan

Penyebab kedua yang akan membuat jerawat anda akan meninggalkan bekas jerawat berwarna hitam adalah karena penggunaan make-up yang telalu lebat. Ketika anda memiliki jerawat dan anda mengaplikasikan kosmetik pada kulit wajah anda, maka itu sama saja seperti tidak mengijinkan kulit dan jerawat anda untuk ‘bernapas ‘ sehingga hasilnya, sudah pasti kemungkinan besar jerawat anda akan segera meninggalkan bekas jerawat berwarna hitam.

Baca Juga:  Daftar Kosmetik untuk Wajah Jerawat dan Cara Menghilangkan Jerawat Akibat Salah kosmetik


3. Memencet Jerawat

Nah, ini merupakan penyebab timbulnya bekas jerawat berwarna hitam yang mungkin paling sering anda lakukan. Walaupun anda seakan sangat gemas dengan jerawat membandel yang terus menerus menghiasi kulit anda, yang harus selalu diingat adalah bahwa anda tidak boleh menyentuh jerawat tersebut apalagi memencetnya. Efek akibat jerawat dipencet akan menimbulkan peradangan pada jerawat karena tangan anda biasanya akan penuh dengan bakteri dan hasilnya, bekas jerawat berwarna hitam sudah pasti akan segera menghiasi wajah anda.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Akibat Dipencet


Nah, setelah anda mengetahui apa saja penyebab dari bekas jerawat berwarna hitam, maka anda tentu sudah tak sabar bukan untuk mengetahui sebenarnya cara apa saja yang dapat dilakukan untuk menghilangkan bekas jerawat berwarna hitam ini dari kulit anda?

Seperti pada umumnya, terdapat 2 cara untuk mengatasi bekas jerawat berwarna hitam ini, ada yang dengan menggunakan cara herbal dan ada juga yang menggunakan cara medis. Berikut ini cara-cara menghilangkan bekas jerawat berwarna hitam baik berwarna hitam baik secara herbal maupun secara medis.

1. Menggunakan Mentimun

Cara herbal pertama yang cukup ampuh dalam mengatasi bekas jerawat berwarna hitam adalah dengan menggunakan mentimun.

Mengapa menggunakan mentimun?

  • Mentimun mengandung zat kolagen yang sangat berguna sebagai pengencang kulit dan menyegarkan kulit wajah anda. Selain itu, manfaat kolagen untuk jerawat memang tak diragukan lagi  karena kolagen juga dapat membuat bekas jerawat berwarna hitam anda akan semakin tersamarkan.
  • Mentimun dapat memicu proses pengelupasan sel-sel kulit mati dan juga memicu regenerasi sel-sel kulit baru sehingga hasilnya, bekas jerawat berwarna hitam di kulit wajah anda akan semakin cepat tersamarkan.
  • Mentimun mengandung zat astringent yang sangat berpengaruh dalam mencerahkan kulit wajah anda secara cepat sehingga bekas jerawat berwarna hitam anda akan semakin tersamarkan.
  • Mentimun memiliki kandungan Vitamin E yang tinggi. Vitamin E telah dikenal sebagai sumber antioksidan yang akan mencegah radikal bebas. Radikal bebas ini memiliki pengaruh yang buruk jika terus menerus menyerang kulit anda karena akan mengakibatkan munculnya tanda-tanda penuaan dini dan membuat bekas jerawat berwarna hitam anda akan semakin sulit dihilangkan.

Cara Menggunakannya?

  • Pertama anda siapkan dulu 1 buah mentimun, kemudian iris secara tipis-tipis mentimun tersebut menjadi beberapa bagian.
  • Kemudian tempatkan irisan mentimun tersebut ke area kulit anda yang memiliki bekas jerawat berwarna hitam dan biarkan selama 20 menit.
  • Kemudian cuci wajah anda dengan air panas yang langsung diikuti dengan air dingin.
  • Untuk hasil maksimal, gunakan secara rutin sekali setiap hari.

Baca Juga: Manfaat Timun Bagi Jerawat

ads

2. Ampas Teh

Cara herbal yang kedua yang cukup ampuh dalam membasmi bekas jerawat berwarna hitam di kulit wajah kita adalah dengan menggunakan ampas teh.

Mengapa menggunakan ampas teh?

  • Ampas teh mengandung berbagai macam nutrisi yang baik untuk memicu pembentukan kulit yang sehat seperti Vitamin C, Vitamin E, Vitamin A, selenium, zinc, dan kromium sehingga bekas jerawat anda akan semakin cepta hilang dan kulit anda akan menjadi bersinar dan sehat secara alami.
  • Bagi anda yang memiliki kulit berminyak, ampas teh, terutama ampas teh hijau akan mengurangi produksi sebum hingga 50%, sehingga menghindarkan anda dari peradangan lanjutan pada bekas jerawat berwarna hitam di kulit anda yang rentan terjadi jika ada penyumbatan oleh minyak di kulit.
  • Ampas teh dapat juga melindungi kulit anda dari radiasi sinar matahari. Sinar matahari telah dikenal akan membuat bekas jerawat anda akan semakin lama dihilangkan.

Cara Menggunakannya?

  • Pertama anda perlu mempersiapkan dan mengumpulkan ampas teh yang diperlukan.
  • Jika berasa masih belum halus, maka anda perlu menumbuk ampas teh tersebut terlebih dahulu hingga benar-benar halus.
  • Oleskan ampas teh ke area kulit anda yang terdapat bekas jerawat berwarna hitam. biarkan selama 15 menit.
  • Kemudian cuci wajah anda dengan menggunakan air yang tidak dingin dan juga tidak hangat.
  • Untuk hasil maksimal gunakan secara teratur.

3. Tomat

Bahan herbal ketiga yang dapat anda gunakan untuk mengatasi bekas jerawat berwarna hitam di kulit wajah anda adalah dengan menggunakan tomat. Cara menghilangkan jerawat dengan tomat telah umum dilakukan saat ini.

Mengapa menggunakan tomat?

  • Tomat mengandung antioksidan yang luar biasa berkat kandungan berbagai macam nutrisi seperti Vitamin C dan Vitamin E sehingga dapat menangkal radikal bebas yang sangat berbahaya bagi kesehatan kulit secara keseluruhan dan tentu saja juga membuat bekas jerawat berwarna hitam.
  • Tomat memiliki kandungan potasium dan zat besi yang sangat tinggi, sehingga dapat membentuk struktur kulit wajah yang sehat dan juga, dapat menghilangkan bekas jerawat secara cepat.
  • Tomat memiliki kemampuan untuk memperbaiki sel-sel kulit yang telah rusak atau mengganti sel-sel kulit yang sudah mati dengan sel-sel kulit yang baru sehingga tentu saja bekas jerawat anda akan semakin cepat menghilang jika menggunakan tomat ini.

Cara menggunakannya?

  • Pertama anda tinggal menyiapkan 1 buah tomat, kemudian iris secara tipis-tipis.
  • Nah, setelah itu langsung tempelkan irisan tomat tersebut ke area kulit anda yang terdapat bekas jerawat berwarna hitam. Biarkan selama 20 menit. (Baca: Manfaat Masker Tomat untuk Wajah Berjerawat)
  • Kemudian cuci wajah anda dengan air dingin dan gunakan pembersih kulit yang sesuai dengan kulit anda, kemudian keringkan.
  • Untuk hasil maksimal anda harus menggunakannya secara rutin setiap hari.

Baca Juga: Cara Mengatasi Jerawat dengan Tomat dan Manfaat Tomat untuk Menghilangkan Jerawat

4. Bawang Merah

Cara herbal keempat yang dapat anda coba untuk mengatasi bekas jerawat berwarna hitam anda adalah dengan menggunakan bawang merah.

Mengapa menggunakan bawang merah?

  • Bawang merah dapat memicu pertumbuhan kolagen yang berfungsi sebagai pengencang kulit dan juga memiliki sifat menyembuhkan bekas luka pada jaringan kulit anda sehingga jangan heran bila bawang merah akan sangat ampuh untuk menghilangkan bekas jerawat berwarna hitam anda secara cepat.
  • bawang merah juga memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri sehingga dapat sangat berguna untuk mencegah peradangan lanjutan di bekas jerawat berwarna hitam anda yang diakibatkan oleh bakteri penyebab jerawat, debu, kotoran, maupun zat-at kimia berbahaya lainnya.

Cara menggunakannya?

  • Pertama anda siapkan 2 siung bawang merah saja. Jika sudah, kemudian tumbuk bawang merah tersebut hingga benar-benar halus, atau sebagai alternatif anda dapat mencampur bawang merah dan sedikit air ke dalam air, sehingga nanti teksturnya menjadi berarir.
  • Kemudian oleskan bawang putih yang telah halus tersebut ke kulit anda yang terkena bekas jerawat berwarna hitam. Biarkan selama sekitar 10 menit.
  • Kemudian cuci kulit anda dengan air yang tidak dingin dan juga tidak panas.
  • Untuk hasil maksimal gunakan camputan ini sekali setiah hari secara rutin.

Baca Juga: Manfaat Bawang Putih untuk Jerawat  dan Cara Menghilangkan Jerawat dengan Bawang Putih

5. Putih telur

Cara herbal kelima yang dpaat anda gunakan untuk mengatasi bekas jerawat berwarna hitam di kulit wajah anda adalah dengan menggunakan putih telur.Cara menghilangkan jerawat dengan masker putih telur saat ini juga telah jamak dilakukan.

Mengapa menggunakan putih telur?

  • Putih telur telah dikenal luas sebagai sumber protein, vitamin, dan asam amino yang tentunya sangat berguna untuk meregenerasi sel-sel kulit mati dan menggantinya dengan sel-sel kulit yang baru, hasilnya bekas jerawat berwarna hitam anda akan semakin cepat menghilang.
  • Putin telur memiliki kandungan Vitamin B yang sangat tinggi. Vitamin B pada putih telur ini akan sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan sel-sel kulit maupun memicu regenerasi sel jika memang ada sel yang perlu diganti seperti sel-sel kulit mati akibat bekas jerawat misalnya. Hasilnya, bekas jerawat anda akan semakin cepat hilang.
  • Putih telur mangandung suatu enzim bernama Lisozyme yang berfungsi untuk mematikan bakteri yang dapat menyebabkan peradangan pada jerawat dan berujung pada timbulnya bekas jerawat berwarna hitam pada kulit anda.

Cara menggunakannya?

  • Pertama anda harus memastikan bahwa wajah anda benar-benar bersih, sehingga anda perlu mencuci kulit anda terlebih dahulu.
  • Oleskan putih telur yang telah dipisahkan dari kuning telurnya ke permukaan kulit anda yang terdapat bekas jerawat berwarna hitam, kemudian tunggu hingga putih telur ini mengering menjadi layaknya masker bagi kulit anda.
  • Setelah mengering, maka anda dapat mencuci wajah dengan menggunakan air panas dan kemudian keringkan secara langsung.
  • Untuk hasil maksimal gunakan putih telur ini setiap hari secara rutin.

Baca Juga: Manfaat Putih Telur untuk Wajah Berjerawat dan Cara Membuat Masker Putih Telur

6. Madu

Cara keenam yang juga ampuh untuk menghilangkan bekas jerawat anda yang berwarna hitam adalah dengan menggunakan madu.Cara menghilangkan jerawat dengan madu saat ini juga telah umum dilakukan.

Mengapa menggunaan madu?

  • Madu memiliki kandungan antioksidan yang sangat luar biasa dimana kandungan antioksidan dari madu dapat meregenerasi sel-sel kulit yang rusak ataupun mengelupaskan sel-sel kulit yang telah mati, sehingga bekas jerawat berwarna hitam anda menjadi tidak tampak lagi.
  • Madu mengandung antiseptik yang akan mencegah berkembangnya bakteri penyebab jerawat dan juga mencegah peradangan maupun infeksi dari bakteri yang tentunya akan meninggalkan bekas jerawat berwarna hitam.

Cara menggunakannya?

  • Pertama, siapkan madu murni yang telah anda miliki.
  • Kemudian anda tinggal oleskan saja madu tersebut ke area kulit wajah anda yang terkena bekas jerawat berwarna hitam.
  • Setelah anda diamkan selama 15 menit, kemudian anda cuci bersih kulit anda dengan menggunakan air dingi, kemudian keringkan.
  • Untuk hasil maksimal, anda perlu untuk menggunakannya sehari sekali secara rutin.

Baca Juga: Cara Membuat Masker Madu dan 6 Manfaat Masker Madu untuk Jerawat dan Cara Membuatnya

7. Jeruk Nipis

Cara herbal ketujuh yang sangat ampuh untuk menghilangkan bekas jerawat berwarna hitam adalah dengan menggunakan jeruk nipis. Manfaat jeruk nipis untuk jerawat memang sudah tak diragukan lagi.

Mengapa menggunakan Jeruk Nipis?

  • Jeruk nipis merupakan gudangnya Vitamin D yang dapat menutrisi kulit, menangkal radikal bebas, dan juga dapat memicu pengelupasan sel-sel kulitmati.
  • Jeruk nipis merupakan bleaching agent, yang dapat mereduksi penampakan bekas jerawat dan mencerahkan kulit anda, sehingga tentu saja bekas jerawat anda akan semakin tersamarkan.
  • Asam sitrat pada jeruk nipis bermanfaat untuk memicu pengelupasan sel-sel kulit mati dan menggantinya dengan sel kulit baru dan hasilnya, bekas jerawat anda akan semakin tersamarkan.
Sponsors Link

Cara Menggunakannya?

  • Peras jeruk nipis kedalam blender dan tambahkan dengan sedikit air, kemudian blender hingga campuran tersebut menyatu.
  • Kemudian oleskan campuran tersebut ke area kulit anda yang terdapat bekas jerawat berwarna hitam, biarkan selama 5 menit.
  • Kemudian cuci wajah anda menggunakan air yang tidak panas dan juga tidak dingin, kemudian keringkan.
  • Gunakan campuran ini secara rutin sekali setiap hari untuk hasil yang maksimal.

Baca Juga: Manfaat Lemon untuk Bekas Jerawat dan Cara Menghilangkan Jerawat dengan Jeruk Nipis

8. Dengan menggunakan Chemical Peeling

Cara pengobatan medis pertama yang layak anda coba untuk menghilangkan bekas jerawat berwarna hitam tentu saja dengan menggunakan chemical peeling. Dengan chemical peeling, proses pengelupasan sel-sel kulit mati akan berlangsung dengan sangat cepat dan meregenerasinya dengan sel-sel kulit yang baru. Hasilnya, bekas jerawat berwarna hitam di wajah anda akan semakin tersamarkan.

Baca Juga: Bahaya Chemical Peeling untuk Wajah Jerawat

9. Dengan Menggunakan Laser

Teknologi laser merupakan teknologi terkini yang dikenal sangat ampuh dan instan dalam menghilangkan bekas jerawat berwarna hitam. Jadi, dengan menggunakan teknologi laser ini, daya vakum yang akan dihasilkan dari alat laser ini akan menyedot semua kotoran yang mengendap di pori-pori kulit wajah dan juga dapat menyedot komedo. Selain itu, teknologi laser ini bekerja dengan benar-benar memanfaatkan kinerja dari zat kolagen dalam kulit kita yang sangat terkenal untuk menghaluskan kulit wajah kita sehingga hasilnya, bekas jerawat berwarna hitam anda pun akan hilang secara seketika.

10. Dengan Menggunakan Sunscreen

Salah satu alasan mengapa bekas jerawat berwarna hitam dapat terbentuk adalah karena paparan sinar matahari secara langsung maupun tidak langsung. Sinar radiasi matahari baik UVA dan UVB memang sangat berbahaya bagi kesehatan kulit secara keseluruhan dan dapat menyebabkan munculnya flek hitam. Bekas jerawat berwarna hitam pun akan muncul jika kulit anda berjerawat kemudian anda menjemur kulit berjerawat anda pada sinar matahari langsung selama berjam-jam. Oleh karena itu, untuk mencegah efek buruk dari sinar UVA dan UVB, maka anda harus menggunakan sunscreen sebelum anda bepergian.

Tips-Tips Untuk Menangkal Bekas Jerawat Berwarna Hitam

Nah, setelah anda mengetahui segala hal untuk mengatasi bekas jerawat berwarna hitam baik menggunakan bahan herbal maupun melalui pengobatan medis, mungkin sekarang anda juga bertanya-tanya apa saja yang harus anda lakukan sehingga di kemudian hari anda dapat terhindar dari bekas jerawat berwarna hitam ini. Berikut ini tips-tipsnya untuk anda.

  • Mengkonsumsi Banyak Vitamin C

Nah jika anda tidak ingin mendapati bekas jerawat berwarna hitam di wajah anda, maka anda sebaiknya mengkonsumsi makanan maupun minuman yang banyak mengandung Vitamin C. Manfaat Vitamin C untuk bekas jerawat memang tak diragukan lagi karena Vitamin C terkenal kaya akan antioksidan yang membuat kulit anda senantiasa sehat secara alami dan terhindar dari bahaya radikal bebas. Radikal bebas ini juga telah diketahui sebagai pemicu peradangan pada jerawat yang tentu saja kemudian akan meninggalkan bekas jerawat berwarna hitam.

  • Menggunakan Masker Saat Bepergian Keluar

Tips kedua yang sangat layak anda coba agar terhindar dari bekas jerawat berwarna hitam adalah selalu menggunakan masker pada saat anda akan bepergian keluar rumah. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, salah satu penyebab utama peradangan jerawat yang dapat meninggalkan bekas jerawat berwarna hitam adalah karena faktor polusi semacam debu, kotoran, dan zat-zat kimia lainnya yang tanpa bisa dihindari akan selalu hinggap di kulit kita saat kita berada di luar ruangan. Maka untuk menghindari menempelnya debu dan kotoran pada kulit wajah anda, menggunakan masker merupakan cara yang ampuh untuk itu.

  • Cuci Wajah Anda Setidaknya 2 Kali Sehari

Nah tips lainnya agar anda dapat terhindar dari bekas jerawat berwarna hitam adalah dengan rutin mencuci wajah anda setidaknya 2 kali sehari. Mencuci wajah 2 kali sehari setidaknya akan secara ampuh menyingkirkan debu, kotoran, dan minyak berlebih yang menempel pada kulit wajah kita, padahal tentu kita tahu ketiga faktor tersebut merupakan pemicu peradangan jerawat yang dapat menyebabkan bekas jerawat berwarna hitam. Alangkah lebih baik jika anda mencuci wajah saat bangun tidur dan sebelum tidur, atau mungkin setelah anda beraktivitas di luar ruangan dalam waktu yang lama. Anda juga perlu memperhatikan cara mencuci wajah yang benar untuk kulit berjerawat ya.

Nah, sekarang anda sudah tahu tentang segala hal yang harus anda lakukan untuk mengatasi masalah bekas jerawat berwarna hitam ini. Walaupun harus diakui bahwa menghilangkan bekas jerawat apalagi yang berwarna hitam cukup sulit dihilangkan, namun percayalah bahwa dengan kerutinan pengobatan yang dilakukan, bekas jerawat berwarna hitam anda akan berangsur-angsur pulih.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Thursday 12th, May 2016 / 16:30 Oleh :
Kategori : Pengobatan