Sponsors Link

6 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Bolong Bolong

Sponsors Link

Jerawat memang masalah kecil yang dapat berakibat besar bila tidak ditangani dengan baik. Akibat dari jerawat seperti bengkak, noda hitam, dan bolong di kulit merupakan beberapa hal yang sering menurunkan rasa percaya diri. Dampak psikologis akibat jerawat dapat dialami oleh siapa saja, mulai dari anak-anak hingga dewasa, baik perempuan maupun laki-laki. Segala sesuatu tentang jerawat perlu diketahui penyebab jerawat berdasarkan faktor internal dan eksternal. Kegiatan sehari-hari membuat kulit wajah terpapar debu menyebabkan jerawat yang turut membuat kulit wajah tidak halus. Oleh sebab itu, diperlukan cara penanganan yang efisien dan efektif dalam mengatasi jerawat.

Sponsors Link

Bekas jerawat bolong membuat kulit wajah tidak halus dan tidak enak dipandang. Cara menghilangkan bekas jerawat berlubang perlu diperhatikan agar tidak menimbulkan bekas yang semakin parah dan susah hilang. Penasaran bagaimana cara menghilangkan bolong akibat bekas jerawat? Simaklah artikel berikut ini!

Penyebab Bekas Jerawat Bolong

Mengapa timbul bekas jerawat bolong? Hal ini sebagian besar disebabkan oleh ulah diri kita sendiri. Salah satu penyebab jerawat ialah kebiasaan menyentuh muka dengan tangan kotor, termasuk saat jerawat sudah timbul, biasanya tangan kita sering menyentuh dan memencet-mencetnya. Efek akibat jerawat dipencet ialah terjadi peradangan pada jerawat karena tangan kita merupakan rumah bagi banyak bakteri, sehingga mudah terjadi infeksi dan akibatnya akan timbul bekas luka bolong pada kulit. Hal ini terjadi karena letak jerawat ada di bagian lapisan kulit dalam.

Berikut ini ialah cara yang dapat anda lakukan untuk menghilangkan bekas jerawat bolong, mulai dari cara alami hingga obat medis.

1. Tomat

Buah tomat terkenal mampu menghilangkan bekas jerawat, termasuk bekas jerawat bolong. Manfaat tomat untuk menghilangkan jerawat ialah karena kandungan vitamin dan nutrisi yang mampu mengecilkan pori-pori sehingga akan menghilangkan bekas luka. Selain itu, tomat mampu mengangkat sel kulit mati sehingga dapat meregenerasi sel secara cepat.

Cara mengatasi jerawat dengan tomat salah satunya ialah dengan menjadikannya sebagai masker. Anda dapat membaca disini manfaat masker tomat untuk wajah berjerawat.

Cara menghilangkan bekas jerawat dengan tomat ialah sebagai berikut:

  • Siapkan satu buah tomat, kemudian diiris (jangan terlalu tebal) atau diblender.
  • Jika diiris, maka hasil potongannya dapat langsung anda gunakan ke kulit wajah dengan cara menempelkan potongan irisan tomat ke kulit wajah, terutama area yang terdapat bekas jerawat bolong.
  • Jika diblender, hasilnya dapat anda oleskan ke kulit wajah, area yang terdapat bekas jerawat bolong.
  • Diamkan selama 20 menit, kemudian bilas wajah anda menggunakan air bersih.
  • Ulangi penggunaan masker tomat ini setiap hari sebanyak satu kali hingga bekas jerawat bolong menghilang.
Sponsors Link

2. Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan salah satu tanaman yang memiliki banyak khasiat. Manfaat lidah buaya untuk jerawat ialah karena kandungan polisakarida dan giberelin di dalamnya yang mampu membunuh bakteri penginfeksi jerawat, mempercepat penghilangan bekas jerawat, serta mendukung regenerasi sel kulit baru. Selain itu, lidah buaya juga mengandung antioksidan yang mampu memperbaiki sel kulit rusak.

Berikut ini ialah cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya.

  • Siapkan daun lidah buaya, potong, lalu ambil gel di dalam lidah buaya.
  • Gel yang diperoleh dapat langsung digunakan dengan cara dioleskan ke kulit yang terdapat bekas jerawat bolong.
  • Diamkan selama kurang lebih 10 menit.
  • Bilas kulit wajah menggunakan air bersih.
  • Untuk hasil yang lebih baik, gel lidah buaya dapat dioleskan saat malam hari sebelum waktu tidur, didiamkan selama semalam, dan esok paginya dibilas.

3. Minyak Kelapa

Minyak kelapa ternyata mampu membantu cara menghilangkan bekas jerawat bolong. Minyak kelapa dapat menjadi salah satu masker alami untuk wajah berjerawat karena manfaatnya yang dapat menyembuhkan luka dan bekas luka akibat jerawat, serta mendukung produksi kolagen. Kolagen dapat membuat kulit kembali halus dan menghilangkan bekas jerawat bolong.

Cara yang perlu anda lakukan untuk memanfaatkan minyak kelapa untuk sebagai penghilang bekas jerawat bolong:

  • Siapkan minyak kelapa, kemudian minyak kelapa diteteskan ke jari telunjuk anda.
  • Jari telunjuk kemudian digunakan untuk mengoles minyak kelapa ke area kulit, terutama yang ada bekas jerawat bolong. Sambil dioleskan, bisa sambil dipijit dengan gerakan melingkar.
  • Diamkan selama kurang lebih 10 menit.
  • Bilas kulit dengan air bersih. Perhatikan juga cara mencuci wajah yang benar untuk kulit berjerawat.
  • Untuk hasil yang lebih baik, minyak kelapa dapat dioleskan saat malam hari sebelum waktu tidur, didiamkan selama semalam, dan esok paginya dibilas.
  • Untuk hasil maksimal, oleskan minyak kelapa secara rutin hingga bekas jerawat bolong menghilang.

4. Cream Wajah

Salah satu cara paling mudah dan umumnya dilakukan ialah dengan menggunakan cream wajah. Saat anda membeli cream obat penghilang bekas jerawat yang ada di apotik, pastikan bahwa yang anda beli mengandung senyawa retinoid, krim kortison, dan steroid. Jangan lupa juga untuk melakukan konsultasi dengan dokter dermatologis agar menyesuaikan dengan kondisi tipe kulit wajah anda, sehingga menghindari terjadinya reaksi alergi.

Sponsors Link

5. Metode Dermabrasi

Salah satu metode yang dipakai oleh dokter ialah metode dermabrasi. Metode ini bertujuan untuk mengangkat lapisan paling atas kulit dengan menggunakan laser. Lapisan paling atas terdapat bekas jerawat bolong, sehingga kulit wajah akan menjadi tersamarkan bekas jerawat bolongnya. Selama prosedur metode dermabrasi dilakukan, wajah biasanya akan memerah dan bengkak dalam beberapa waktu. Oleh sebab itu, ada baiknya anda membaca cara mengurangi pembengkakan jerawat.

6. Laser dan Filler Injection

Cara ini menggunakan teknologi canggih, serta teknik laser aman untuk dilakukan. Teknologi laser dan filler injection mampu merangsang terbentuknya kolagen yang diperlukan agar kulit kembali halus. Berikut ini beberapa variasi cara yang ada pada teknologi laser dan filler injection:

  • Teknologi Laser Ablatif: suatu teknik menyamarkan bekas jerawat bolong dan jerawat parah dengan menembakkan sinar laser ke bekas jerawat, dengan demikian kulit akan lebih halus dalam waktu singkat.
  • Teknologi Laser Non-Ablatif: membantu kulit memproduksi kolagen dalam jumlah banyak tanpa mengganggu permukaan kulit. Manfaat kolagen untuk jerawat ialah menghaluskan kulit wajah secara alami. Cara ini lebih aman daripada teknologi laser ablatif.
  • Filler Injection: sesuai namanya, teknologi ini mampu “mengisi” bolong pada bekas jerawat di permukaan kulit sehingga bekas jerawat akan tersamarkan dan kulit kembali halus. Suntikan yang dilakukan perlu diulang beberapa kali agar hasilnya benar-benar menghilangkan bekas jerawat bolong.

Jika anda hendak menggunakan cara ini, maka perhatikan jenis-jenis laser jerawat dan efek sampingnya, serta pilihlah tempat yang terpercaya.

Nah setelah membaca artikel ini, anda telah mengetahui berbagai cara menghilangkan bekas jerawat bolong, mulai dari cara alami, cara medis, hingga penggunaan teknologi canggih. Pilihlah dengan bijak dan semoga artikel ini bermanfaat!

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan