Sponsors Link

2 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Cuka Apel Secara Aman

Sponsors Link

Bagian dari segala sesuatu tentang jerawat yang satu ini memang tidak dapat dilupakan begitu saja, yaitu bekas jerawat. Bagi anda yang sering mengalami masalah jerawat juga pasti tidak asing lagi dengan yang namanya bekas jerawat. Selain dapat mengganggu penampilan dan menurunkan rasa percaya diri, ternyata bekas jerawat juga sudah lama dikenal sebagai masalah kulit yang membutuhkan waktu lama untuk dihilangkan. Bahkan terkadang lebih lama menghilangkan bekas jerawat dibandingkan dengan menghilangkan jerawat itu sendiri. Walaupun begitu, bagi anda yang sedang mengalami masalah bekas jerawat yang tak kunjung hilang tidak perlu khawatir lagi. Karena berikut ini ada cara menghilangkan bekas jerawat dengan cuka apel secara aman dalam menghilangkan bekas jerawat.

Sponsors Link

Manfaat Cuka Apel

Sebelum membahas mengenai cara menghilangkan bekas jerawat dengan cuka apel, anda juga perlu mengetahui terlebih dahulu apa saja manfaat cuka apel bagi jerawat. Cuka apel memang belum terbukti secara studi ilmiah dapat menghilangkan jerawat maupun bekas jerawat secara efektif, namun bukan berarti bahwa bahan alami yang satu ini tidak memiliki manfaat baik bagi jerawat dan bekas jerawat. Beberapa manfaat utama cuka apel untuk jerawat dan bekas jerawat diantaranya adalah:

  • Membasmi Bakteri Jerawat

Manfaat cuka apel yang pertama bagi jerawat adalah dapat membantu membasmi bakteri penyebab jerawat. Cuka apel sendiri mengandung kandungan asam organik seperti asam asetat, sitrat, asam laktat, dan suksinat yang mana telah terbukti secara efektif dapat membasmi bakteri penyebab jerawat. Oleh sebab itulah cuka apel juga dianggap bermanfaat dalam membasmi bakteri penyebab jerawat.

  • Mengurangi Jaringan Parut

Dalam menghilangkan bekas jerawat memang penting sekali untuk mengurangi jaringan parut atau luka bekas jerawat yang ada di kulit. Bagi cuka apel, kandungan asam organiknya juga berperan aktif dalam mengurangi jaringan parut atau luka bekas jerawat. Dimana sifat asam dapat menghilangkan lapisan kulit luar yang rusak seperti bekas jerawat dan mempercepat proses regenerasi sel kulit. Asam suksinat didalam cuka apel juga mampu menekan adanya peradangan pada jerawat sehingga dapat mencegah munculnya jaringan parut pada kulit.

Itulah dua manfaat utama cuka apel bagi jerawat dan bekas jerawat. Walaupun belum ada studi ilmiah yang menyatakan kebenaran manfaat cuka apel bagi jerawat dan bekas jerawat, tetapi tidak ada salahnya untuk mencoba bahan alami yang satu ini untuk menghilangkan bekas jerawat di kulit anda. Lalu bagaimana cara menghilangkan bekas jerawat dengan cuka apel? Berikut ulasan lebih lanjutnya.

Menghilangkan Bekas Jerawat

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa cuka apel mengandung asam organik yang menjadikan  cuka apel lebih bersifat asam. Oleh sebab itu, sebelum menggunakan cuka apel untuk menghilangkan bekas jerawat ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan terlebih dahulu. Salah satu yang paling penting adalah untuk memastikan bahwa kulit anda tidak sensitif atau tidak alergi terhadap cuka apel. Anda dapat mencoba menggunakan cuka apel sedikit di kulit bagian belakang telinga, dan diamkan selama kurang lebih 15 menit. Jika tidak ada hal aneh atau rasa perih yang terjadi maka anda dapat menggunakan cuka apel pada wajah atau bekas jerawat anda secara perlahan-lahan, namun jika kulit anda memberikan reaksi alergi maka jangan sekali-kali menggunakan cuka apel pada kulit wajah anda untuk menghilangkan bekas jerawat.

Cuka apel memang dapat sangat mengiritasi kulit atau bahkan memberikan sensasi terbakar pada kulit. Oleh sebab itu mengecek kecocokan terhadap kulit anda terlebih dahulu sangatlah penting. Jika sudah aman, maka anda dapat melakukan beberapa cara menghilangkan bekas jerawat dengan cuka apel berikut ini.

  1. Cuka Apel dan Air

Cara menghilangkan bekas jerawat dengan cuka apel yang pertama adalah dengan mencampurkan cuka apel dengan air.

  • Campurkan cuka apel dan air dengan perbandingan 1:4 (cuka apel:air)
  • Aduk hingga tercampur merata.
  • Gunakan kapas untuk mengoleskan campuran tersebut pada bekas jerawat anda.
  • Diamkan selama kurang lebih 15 menit, dan bilas hingga bersih.

Dianjurkan pula untuk menggunakan pelembab kulit setelah menggunakan cuka apel pada bekas jerawat anda.

  1. Cuka Apel dan Madu

Manfaat madu untuk jerawat dan bekas jerawat memang tidak perlu diragukan lagi. Oleh sebab itu, campuran kedua bahan alami ini juga efektif dalam menghilangkan bekas jerawat.

  • Campurkan 1 sdm cuka apel dengan 1 sdm madu.
  • Tambahkan air secukupnya dan aduk hingga tercampur rata.
  • Oleskan campuran tersebut pada bekas jerawat anda hingga merata.
  • Diamkan selama 20 menit, dan bilas dengan air hangat hingga bersih.

Itulah dua cara menghilangkan bekas jerawat dengan cuka apel secara aman.  Jangan lupa untuk mengetes kecocokan cuka apel dengan kulit anda terlebih dahulu sebelum benar-benar menggunakannya pada bekas jerawat anda. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

ads
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan
Search
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.