Sponsors Link

5 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Daun Sirih Paling Ampuh

Sponsors Link

Segala sesuatu tentang jerawat tentu saja akan sangat menyebalkan bagi semua orang, terutama kaum remaja dimana mereka sangat memperhatikan penampilan. Namun, terkadang sekeras apapun kita berusaha untuk mencegah, jerawat kemungkinan besar tetap dapat menghiasi kulit kita karena memang ada banyak penyebab timbulnya jerawat di wajah, penyebab jerawat di hidung, hingga penyebab jerawat di punggung. Selain itu, ada banyak faktor yang membuat kita tak bisa mencegah datangnya jerawat, mulai dari karena hormon, hingga siklus menstruasi yang akan mendatangkan ciri-ciri jerawat haid.

Sponsors Link

Walaupun sangat sulit untuk mencegah datangnya jerawat, namun kita tentu saja dapat membuat kulit kita sehat dan mulus seperti sedia kala. Salah satunya adalah dengan menggunakan bahan alami seperti daun sirih yang ternyata sangat ampuh untuk jerawat anda. Penasaran bagaimana cara menghilangkan bekas jerawat dengan daun sirih? Berikut ulasannya untuk anda.

Komposisi Daun Sirih yang Bermanfaat untuk Jerawat

Nah, mungkin anda bertanya-tanya sebenarnya hal apakah yang membuat daun sirih ini sangat bermanfaat untuk mengobati jerawat dan juga bekas jerawatnya. Nah, oleh karena itu, berikut ini merupakan komposisi daun sirih yang membuat tanaman herbal satu ini sangat ampuh dalam mengobati jerawat dan bekasnya.

  • Vitamin C. Daun sirih memiliki kandungan Vitamin C yang sangat tinggi. Manfaat Vitamin C untuk bekas jerawat tidak perlu diragukan lagi dimana hal ini tentu saja membuat daun sirih menjadi suatu penghasil antioksidan yang ampu untuk meredam segala peradangan yang mungkin akan ditimbulkan oleh bakteri penyebab jerawat ataupun debu dan polutan. Hasilnya, anda akan terhindar dari bahaya infeksi jerawat. Selain itu, Vitamin C pada daun sirih mampu mencerahkan kulit anda sehingga membuat bekas jerawat anda semakin tersamarkan.
  • Betlephenol. Daun sirih juga memiliki kandungan betlephenol yang membuat daun sirih ini kita kenal dengan kemampuannya yang ampuh sebagai anti-bakteri, anti-fungal, dan juga sebagai penghasil antioksidan. Hal ini tentu saja membuat daun sirih akan sangat bermanfaat untuk membunuh bakteri penyebab jerawat sehingga kulit anda akan terlindung dari munculnya jerawat atau peradangan jerawat yang dapat membentuk jerawat batu.
  • Chevicol. Daun sirih juga mengandung senyawa chevicol yang membuat daun sirih ini dapat secara ampuh membunuh baketri penyebab jerawat sehingga dengan menggunakan daun sirih, jerawat membandel maupun bekasnya yang sulir dihilangkan tidak akan mampir lagi di kulit anda.
  • Minyak Atsiri. Daun sirih dikenal kaya akan kandungan minyak atsirinya. Minyak atsiri ini-lah yang membuat daun sirih kita kenal sebagai antiseptik alami. Kandungan minyak atsiri dapat mematikan segala bakteri maupun kuman di kulit kita, serta juga dapat menyeimbangkan produksi sebum di kulit kita, sehingga daun sirih ini cocok digunakan untuk segala jenis kulit.

Baca Juga: Penyebab Jerawat Batu dan Cara Menghilangkan Jerawat Batu Secara Alami dan Cepat

Berbagai Macam Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Daun Sirih

Setelah anda mengetahui berbagai macam manfaat daun sirih untuk jerawat batu ataupun jerawat lainnya pada kulit anda, sekarang saatnya anda untuk mengetahui berbagai macam cara menggunakan daun sirih ini untuk menghilangkan bekas jerawat membandel di kulit anda. Berikut ini merupakan cara menghilangkan bekas jerawat dengan menggunakan daun sirih.

ads

1. Menumbuk Daun Sirih

Cara pertama sekaligus cara yang paling mudah dalam memanfaat daun sirih adalah dengan cara menumbuk daun sirih tersebut hingga halus. Nah, berikut ini merupakan rincian langkah-langkah menggunakan daun sirih untuk bekas jerawat anda secara lengkapnya:

  • Pertama, anda perlu untuk menyiapkan setidaknya 10 helai daun sirih yang masih muda, kemudian anda perlu untuk mencuci daun sirih tersebut dengan air mengalir selama beberapa saat sehingga debu menyebabkan jerawat ataupun bahan berbahaya lain yang berpotensi membahayakan kulit anda dapat terusir.
  • Selain itu, anda juga perlu untuk mencuci wajah anda dengan bersih. Alangkah lebih baik jika anda mencuci kulit anda dengan menggunakan air hangat sehingga pori-pori kulit anda akan terbuka. Kemudian segera keringkan kulit anda dengan menggunakan handuk bersih.
  • Setelah itu, anda dapat menumbuk daun sirih tersebut hingga daun sirih tersebut menjadi halus dan layak untuk dijadikan sebagai masker kulit. Tambahkan sedikit air jika perlu.
  • Setelah itu, anda tinggal mengoleskannya ke area kulit anda yang terkena bekas jerawat, sehingga daun sirih ini akan berperan sebagai masker alami untuk wajah berjerawat. Kemudian biarkan masker daun sirih ini meresap di kulit anda hingga masker daun sirih tersebut mengering di kulit anda.
  • Setelah tumbukan daun sirih ini mengering di kulit anda, baru anda dapat membilas kulit anda dengan menggunakan air bersih yang dingin, sehingga pori-pori kulit anda akan menutup. Jangan lupa aplikasikan cara mencuci wajah yang benar untuk kulit berjerawat.
  • Untuk hasil yang maksimal, anda dapat menggunakan tumbukan daun sirih ini cukup 3 kali selama seminggu secara rutin.

Baca Juga: Manfaat Daun Seledri untuk Jerawat

2. Merebus Daun Sirih

Cara kedua selain menumbuk daun sirih yang juga telah jamak dilakukan untuk memanfaatkan daun sirih untuk menghilangkan bekas jerawat adalah dengan merebus daun sirih tersebut. Cara ini dikenal selain simpel, juga dipercaya mampu menjadi cara menghilangkan bekas jerawat berwarna hitam secara cepat. Berikut ini langkah-langkah lengkap cara merebus daun sirih sehingga dapat digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat.

  • Pertama-tama, anda perlu menyiapkan antara 2 hingga 3 helai daun sirih, kemudian segera cuci bersih daun sirih tersebut dengan air yang mengalir sehingga debu maupun bahan berbahaya yang menempel di daun sirih dapat menghilang atau diminimalisir.
  • Setelah itu, letakkan helai-helaian daun sirih tersebut di sebuah panci kemudian langsung tuangkan juga air bersih ke panci tersebut kira-kira 2 gelas. Kemudian nyalakan kompor dan tunggu hingga air tersebut bercampur dengan ekstrak dari daun sirih sehingga menjadi berubah warna. Selain itu, tunggu juga hingga campuran tersebut mendidih.
  • Setelah dirasa campuran telah bercampur dan juga telah mendidih, segera matikan kompor, kemudian anda diamkan atau dinginkan sejenak campuran tersebut hingga temperaturnya berubah dari panas menjadi hangat.
  • Jika dirasa bahwa campuran tersebut telah berubah menjadi hangat, maka langkah selanjutnya adalah anda dapat membasuh kulit anda yang terkena bekas jerawat dengan campuran tersebut.
  • Anda dapat membasuh kulit anda dengan campuran ini sehari 2 kali untuk hasil yang maksimal, secara rutin hingga bekas jerawat benar-benar menghilang dari kulit anda.

Baca Juga: Manfaat Cuka untuk Jerawat dan Manfaat Asam Jawa bagi Wajah Jerawat

3. Meminum Rebusan Daun Sirih

Cara lain yang juga akan menjadi salah satu cara yang ampuh dan juga salah satu cara yang paling mudah dalam mengatasi bekas jerawat dengan daun sirih adalah dengan meminum daun sirih tersebut. Berbeda dengan kebanyakan cara menghilangkan bekas jerawat yang menjadikan bahan herbal sebagai masker alami, cara ini akan secara ampuh mengobati masalah bekas jerawat anda dari dalam tubuh anda, serta dapat digunakan sebagai cara mencegah flek hitam wajah secara alami. Nah, berikut ini merupakan langkah-langkah komplit cara mempersiapkan ramuan daun sirih sehingga dapat anda konsumsi.

  • Pertama-tama, anda perlu untuk menyiapkan setidaknya 3 hingga 5 helai daun sirih, kemudian cuci bersih helai-helai daun sirih tersebut.
  • Setelah itu, letakkan daun sirih tersebut ke dalam sebuah panci, yang kemudian di dalam panci tersebut juga anda tuangkan 4 gelas air. Setelah itu, rebus campuran air dan juga daun sirih tersebut hingga air berubah warna karena tercampur dengan ekstrak dari daun sirih. Tunggu hingga air mendidih dan menyusut hingga setengan bagiannya. Ketika air telah mendidih dan menyusut, maka anda diperbolehkan untuk mematikan api kompor anda.
  • Setelah itu, anda disarankan untuk menunggu agar hasil rebusan daun sirih tersebut mengalami penurunan suhu, sehingga nantinya anda dapat langsung meminumnya. Ketika dirasa suhu dari rebusan daun sirih tersebut sudah cukup layak untuk dikonsumsi, maka segera ambil dan minum hasil rebusan daun sirih tersebut dengan segera.
  • Untuk hasil yang maksimal, anda dapat meminum air rebusan daun sirih ini sekali dalam sehari secara rutin. Jika anda tidak dapat menahan rasa pahit yang akan dirasakan ketika meminum air rebusan daun sirih ini, maka tambahkanlah gula ataupun madu untuk meningkatkan kenyamanan dan kenikmatan anda saat mengkonsumi air rebusan daun sirih tersebut.

Baca Juga: Manfaat Gula untuk Menghilangkan Jerawat

4. Memanfaatkan Daun Sirih Sebagai Jus

Cara keempat sekaligus cara yang dapat menjadi alternatif untuk memanfaatkan dauns irih untuk menghilangkan bekas jerawat adalah dengan menggunakan daun sirih sebagai jus. Sama seperti meminum rebusan daun sirih, jus daun sirih ini akan mengobati bekas jerawat anda dari dalam tubuh, serta dapat digunakan sebagai cara menghindari jerawat. Namun, menjadikan daun sirih sebagai jus tentu saja dapat menjadi alternatif yang sangat menarik bagi anda yang tidak mampu menangkal rasa pahit yang ditimbulkan oleh daun sirih ini. Nah, berikut ini langkah-langkah menghilangkan bekas jerawat dengan membuatnya menjadi jus.

  • Pertama-tama, anda perlu menyiapkan kira-kira 5 helai daun sirih yang sebelumnya telah dicuci bersih dengan menggunakan air mengalir, kemudian letakkan helai-helaian daun sirih tersebut ke dalam blender. Tuangkan juga air mineral ke dalam blender tersebut, kemudian anda tinggal mem-blendernya.
  • Setelah diblender, maka jus daun sirih tersebut bisa anda tuang di gelas dan dapat anda konsumsi saat itu juga. Nah, bagi anda yang tidak mampu menangkal rasa pahit dari daun sirih, maka anda dapat mencampurkannya dengan madu, susu, ataupun gula, tergantung dari selera anda.
  • Untuk memberikan hasil yang maksimal, anda dapat mengkonsumsi jus daun sirih ini sekali setiap hari secara rutin.
  • Selain dapat menghilangkan bekas jerawat, jus daun sirih ini ternyata juga sangat bermanfaat untuk melancarkan buang air kecil dan juga mengatasi lemah syaraf.

Baca Juga: Manfaat Timun Bagi Jerawat dan Manfaat Natur E untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Sponsors Link

5. Campuran Daun Sirih dan Jahe

Cara menghilangkan bekas jerawat dengan bahan herbal kelima dengan memanfaatkan daun sirih adalah dengan mencampurnya dengan jahe. Jahe ini juga dikenal luas memiliki manfaat yang baik untuk menghilangkan bekas jerawat anda. Berikut ini merupakan langkah-langkah menghilangkan bekas jerawat dengan menggunakan campuran daun sirih dan jahe.

  • Pertama-tama, anda perlu menyiapkan 10 helai daun sirih beserta dengan 1 buah jahe. Kemudian cuci bersih daun sirih dan jahe tersebut dengan menggunakan air yang mengalir.
  • Kemudian, masukkan 10 helai daun sirih beserta 1 buah jahe tersebut ke dalam panci. Kemudian, jangan lupa juga untuk memasukkan 4 gelas air ke dalam panci tersebut. Setelah itu, nyalakan kompor.
  • Yang perlu anda lakukan berikutnya adalah menunggu air tersebut bercampur dengan ekstrak daun sirih dan juga jahe. Tunggu hinga air tersebut mendidih dan menyusut hingga tersisa sekitar 2 gelas saja. Setelah itu, segera matikan kompor anda.
  • Kemudian anda disarankan untuk menunggu campuran tersebut hingga campuran tersebut suhunya menurun dan cukup aman untuk anda konsumsi. Nah, jika suhunya sudah menurun, anda dapat segera mengkonsumsi campuran ini.
  • Untuk hasil yang maksimal, disarankan untuk meminum campuran ini 1 hingga 2 kali sehari. Campuran ini sangat cocok untuk anda konsumsi sebelum anda tidur di malam hari.

Baca Juga: Manfaat Kunyit untuk Jerawat dan Manfaat Kopi untuk Wajah Berjerawat

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Perihal Daun Sirih

Nah, setelah anda mengetahui segala hal mengenai daun sirih ini, mulai dari berbagai komposisi daun sirih sehingga membuat daun sirih ini memiliki manfaat yang sangat banyak untuk mengatasi masalah jerawat anda, serta juga telah dijelaskan langkah-langkah menghilangkan jerawat dengan menggunakan daun sirih, maka sekarang saatnya anda menyimak hal yang perlu anda perhaikan perihal penggunaan daun sirih ini. Nah, kita semua tidak membantah jika daun sirih ini merupakan cara menghilangkan bopeng bekas jerawat secara alami, namun tetap saja kita harus memperhatikan beberapa hal saat hendak mengkonsumsi daun sirih. Berikut ini informasinya.

  • Ketika anda mengkonsumsi daun sirih, sebaiknya anda tidak mengkonsumsinya dengan dosis yang terlalu sering. Hal ini dikarenakan mengkonsumsi terlalu banyak daun sirih dikhawatirkan akan berdampak pada masalah pencernaan, dimana anda akan mengalami diare. Hal tersebut dapat terjadi mengingat seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa daun sirih ini memiliki sifat antiseptik alami, sehingga ketika daun sirih kita konsumsi, maka daun sirih ini tidak hanya akan membunuh bakteri jahat di dalam tubuh kita, namun juga akan membunuh bakeri baik di dalam tubuh kita.
  • Untuk menanggulangi hal tersebut, anda perlu untuk mengimbanginya dengan mengkonsumsi probiotik untuk mengembalikan keseimbangan antara bakteri baik dan juga bakteri jahat di dalam tubuh anda.
  • Terlalu banyak mengaplikasikan daun sirih di luar tubuh anda juga akan berdampak kurang baik bagi kulit anda, dimana daun sirih ini terkadang juga akan menimbulkan iritasi bagi anda yang memiliki alergi tertentu karena daun sirih memiliki sifat basa bagi kulit tubuh. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Jerawat Karena Alergi)
  • Efek samping yang ditimbulkan daun sirih diatas sebenarnya tidak akan terjadi jika anda mengkonsumsi daun sirih ini sesuai dengan dosis yang dianjurkan diatas. Konsumsi dan pergunakanlah daun sirih dengan bijak dengan mengkonsumsi dan menggunakannya paling banyak 2 larutan daun sirih dalam sehari.

Baca Juga Artikel Tentang Jerawat Lainnya:

Nah, sekarang anda sudah mengetahui segala hal yang perlu anda ketahui mengenai daun sirih, dimulai dari komposisinya, langkah-langkah menggunakan daun sirih untuk bekas jerawat, hingga hal-hal yang perlu diperhatikan perihal penggunaan daun sirih. Jangan lupa aplikasikan cara hidup sehat agar terhindar dari jerawat dan semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.

 

ads
, , , ,
Oleh :
Kategori : Herbal