Sponsors Link

7 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Jeruk Nipis Yang Ampuh

Sponsors Link

Segala sesuatu tentang jerawat memanglah sangat menyebalkan segala lapisan usia, mulai dari bayi hingga dewasa karena memang ada banyak sekali penyebab jerawat berdasarkan faktor internal dan eksternal. Selain itu, jerawat juga bisa timbul dimana saja dengan berbagai penyebab. Penyebab timbulnya jerawat di wajah dan penyebab jerawat di punggung tentu saja memiliki beberapa perbedaan, namun timbulnya jerawat tentu saja akan memperbesar kulit kita akan dihiasi oleh bekas jerawat yang sulit dihilangkan di kemudian hari.

Sponsors Link

Namun, anda tidak perlu khawatir ketika kulit anda dihiasi oleh bekas jerawat membandel, karena saat ini sudah banyak bahan herbal yang dapat secara ampuh mengatasi berbagai masalah bekas jerawat, termasuk jeruk nipis. Penasaran apa sajakah manfaat jeruk nipis untuk mengatasi masalah jerawat beserta berbagai macam cara menghilangkan bekas jerawat dengan jeruk nipis? Berikut ulasannya untuk anda.

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Jerawat

Sebelum anda mengetahui berbagai cara menghilangkan bekas jerawat dengan menggunakan jeruk nipis, maka pertama-tama ada baiknya jika anda mengetahui berbagai manfaat jeruk nipis untuk jerawat di kulit anda. Penasaran apa sajakah hal yang membuat jeruk nipis layak untuk anda coba sebagai bahan herbal untuk menghilangkan bekas jerawat? Berikut ini beberapa manfaat jeruk nipis untuk masalah jerawat.

  • Jeruk nipis memiliki kandungan Vitamin C yang sangat tinggi. Manfaat Vitamin C untuk bekas jerawat adalah vitamin ini akan memicu produksi kolagen, dimana kolagen ini akan menghaluskan kulit anda secara cepat dan mempercepat proses penyembuhan bekas jerawat di kulit anda.
  • Kandungan Vitamin C pada jeruk nipis akan memicu pertumbuhan sel-sel baru sehingga kulit anda akan cerah serta sehat secara alami.
  • Jeruk nipis memiliki kandungan antioksidan yang sangat bermanfaat untuk menangkal radikal bebas dan juga membunuh berbagai macam bakteri penyebab jerawat.
  • Jeruk nipis merupakan agen pencerah yang tentu saja akan mempercepat penyembuhan bekas jerawat dan juga sangat bermanfaat untuk menyamarkan bekas jerawat dan flek hitam di kulit anda dengan seketika.
  • Jeruk nipis mengandung asam sitrat yang akan sangat bermanfaat untuk menyingkirkan debu menyebabkan jerawat, kotoran, maupun minyak berlebih yang menempel di kulit anda.
  • Jeruk nipis memiliki zat astringen, dimana hal ini akan membuat jeruk nipis memiliki manfaat untuk mengencangkan kulit anda secara keseluruhan dan juga berperan untuk menghaluskan kulit anda.

Setelah anda mengetahui berbagai macam manfaat jeruk nipis untuk mengatasi berbagai masalah jerawat di kulit anda, sekarang saatnya anda mengetahui berbagai variasi menghilangkan bekas jerawat dengan memanfaatkan jeruk nipis. Apakah anda penasaran? Berikut ini merupakan bermacam-macam cara menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis di kulit anda.

1. Masker Jeruk Nipis

Nah, masker jeruk nipis merupakan salah satu cara yang paling sering digunakan ketika anda ingin memanfaatkan jeruk nipis sebagai bahan herbal untuk menghilangkan bekas jerawat anda. Setelah anda mengetahui berbagai manfaat jeruk nipis untuk mengatasi jerawat diatas, tentu tidak perlu dipertanyakan bukan seperti keampuhan masker jeruk nipis untuk mengobati bekas jerawat anda?

Cara membuat masker jeruk nipis untuk menghilangkan bekas jerawat

  • Pertama-tama, anda perlu menyiapkan 2 hingga 3 buah jeruk nipis, dan juga air bersih namun tidak usah terlalu banyak.
  • Setelah itu, anda dapat campurkan perasan jeruk nipis tersebut ke dalam air bersih, kemudian campur hingga campuran tersebut merata.
  • Nah, setelah itu anda dapat mengoleskan campuran jeruk nipis dan air tersebut ke area kulit anda yang terkena bekas jerawat dengan menggunakan jari telunjuk anda atau bisa juga dengan menggunakan cotton bud.
  • Setelah itu, biarkan masker jeruk nipis tersebut meresap selama 30 menit di kulit anda, kemudian segera cuci dengan menggunakan air bersih dengan mengaplikasikan cara mencuci wajah yang benar untuk kulit berjerawat.
  • Untuk hasil yang maksimal, anda dapat menggunakan campuran jeruk nipis yang dicampur ini sehari sekali secara rutin.
  • Anda tidak dianjurkan untuk meneteskan langsung perasan jeruk nipis ke area kulit anda karena hal tersebut berpotensi akan mengiritasi kulit anda dan menimbulkan efek perih di kulit anda.

Baca Juga: Manfaat Lemon untuk Bekas Jerawat dan Cara Menghilangkan Jerawat dengan Lemon dan Madu

ads

2. Mencampurkan Jeruk Nipis dengan Madu

Pasti anda telah mengetahui bukan bahwa jeruk nipis akan memiliki khasiat yang luar biasa untuk bekas jerawat anda ketika dicampurkan dengan madu? Nah, madu memang memiliki banyak manfaat untuk mengatasi jerawat dan manfaat masker madu untuk jerawat memang sudah tidak bisa dibantah lagi. Berikut ini beberapa hal yang membuat madu sangat layak untuk anda campurkan dengan jeruk nipis untuk menghilangkan bekas jerawat beserta cara membuat masker madu.

  • Madu mengandung antioksidan yang dapat memperbaiki sel kulit yang rusak secara cepat, sehingga tentu saja akan mempercepat proses penghilangan bekas jerawat di kulit anda.
  • Menggunakan madu akan memicu produksi hidrogen peroksida yang akan sangat bermanfaat untuk membunuh bakteri penyebab jerawat dan juga dapat mempercepat proses penyamaran bekas jerawat di kulit anda.

Cara membuat masker jeruk nipis dan madu untuk menghilangkan bekas jerawat

  • Pertama tentu saja anda wajib menyiapkan madu murni dengan beberapa buah jeruk nipis. Kemudian anda dapat mencampurkan 2 sendok teh madu murni dengan 1 sendok teh perasan jeruk nipis. Kemudian aduk hingga campuran tersebut merata.
  • Setelah itu, anda dapat mengoleskan campuran tersebut ke area kulit anda yang terkena bekas jerawat dengan menggunakan jari telunjuk anda atau bisa juga dengan bantuan cotton bud.
  • Kemudian anda tinggal menunggu masker jeruk nipis dan madu tersebut mengering di kulit wajah anda. Setelah mengering, maka anda dapat mencuci kulit wajah anda dengan menggunakan air bersih.
  • Untuk hasil yang maksimal, maka anda dapat menggunakan masker jeruk nipis dan madu ini paling tidak 2 kali dalam sehari.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Jerawat dengan Madu

3. Mencampurkan Jeruk Nipis dengan Putih Telur

Campuran antara jeruk nipis dengan putih telur juga pasti telah anda kenal selain campuran antara jeruk nipis dan madu. Memang putih telur memiliki khasiat dan manfaat yang luar biasa untuk menyembuhkan berbagai macam masalah jerawat di kulit anda. Nah, penasaran apa manfaat masker putih telur untuk wajah berjerawat? Berikut ini ulasan beberapa manfaat putih telur unruk jerawat beserta cara menghilangkan bekas jerawat dengan putih telur:

  • Putih telur memiliki sifat eksfoliate, yang berarti bahwa putih telur memiliki kemampuan untuk mengusir berbagai macam sel kulit mati, kemudian debu, kotoran, maupun bakteri penyebab jerawat. Hasilnya tentu saja kulit anda menjadi segara secara natural dan bekas jerawat semakin tersamarkan.
  • Putih telur merupakan sumber alami dari Vitamin B, yang akan menjaga kesehatan sel kulit anda dan juga dapat memperbaiki sel kulit yang rusak, sehingga bekas jerawat akan semakin cepat menghilang dari kulit anda.
  • Putih telur dapat menyerap minyak berlebih di wajah anda, sehingga mencegah terjadinya jerawat parah di kemudian hari akibat tersumbatnya pori-pori kulit oleh minyak berlebih.

Cara membuat masker jeruk nipis dan putih telur untuk menghilangkan bekas jerawat

  • Pertama-tama, anda tentu saja perlu untuk menyiapkan 1 buah jeruk nipis dengan 1 butir telur. Jika sudah, langkah selanjutnya adalah pisahkan bagian kuning dan bagian putih dari telur tersebut.
  • Setelah itu, campurkan air perasan jeruk nipis ke dalam putih telur yang telah dipisahkan dengan kuningnya, kemudian aduk hingga campuran tersebut tercampur secara merata.
  • Setelah itu, anda dapat mengoleskan campuran jeruk nipis dan putih telur tersebut ke area kulit anda yang terdapat bekas jerawat dengan jari telunjuk anda yang telah dicuci bersih sebelumnya.
  • Nah, ada baiknya anda mengoleskan campuran ini pada malam hari sbeelum anda tidur di malam hari, dan biarkan masker jeruk nipis dan putih telur ini meresap semalaman di kulit anda.
  • Pagi harinya, segera bilas kulit anda dengan menggunakan air bersih dan keringkan dengan segera.
  • Untuk memperoleh hasil yang maksimal, anda dapat menggunakan masker jeruk nipis dan putih telur ini sehari sekali secara rutin.

Baca Juga: Cara Membuat Masker Putih Telur dan Manfaatnya

 4. Mencampurkan Jeruk Nipis dengan Baking Soda

Selama ini mungkin anda beranggapan bahwa baking soda merupakan suatu bahan untuk membuat kue, namun ternyata baking soda juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai masalah jerawat di kulit anda, lho. Mungkin anda bertanya-tanya apa sebenarnya manfaat baking soda bagi masalah jerawat anda? Nah, berikut ini merupakan beberapa manfaat baking soda untuk mengatasi masalah jerawat anda beserta cara menghilangkan jerawat dengan soda kue.

  • Sama seperti putih telur, baking soda memiliki sifat eksfoliate, yang berarti bahwa baking soda dapat mengusir minyak berlebih, debu, kotoran, maupun sel kulit mati di kulit anda, sehingga akan mempercepat proses penyembuhan bekas jerawat.
  • Baking soda dapat memicu pertumbuhan kolagen. Manfaat kolagen untuk jerawat adalah untuk menghaluskan kulit dan juga akan memicu perumbuhan sel kulit baru, sehingga tentu saja bekas jerawat di kulit anda akan cepat menghilang.

Cara membuat masker jeruk nipis dan baking soda untuk menghilangkan bekas jerawat

  • Pertama-tama, tentu saja anda perlu menyiapkan baking soda dan juga jeruk nipis. Kemudian campurkan perasan dari 2 buah jeruk nipis ke dalam 2 sendok teh baking soda, kemudian aduk hingga strukturnya cocok untuk digunakan sebagai masker.
  • Nah, setelah itu anda dapat mengoleskan campuran jeruk nipis dan baking soda ke area kulit anda yang terkena bekas jerawat dengan menggunakan jari telunjuk anda ataupun juga dengan menggunakan cotton bud.
  • Diamkan hingga campuran tersebut mengering di kulit anda. Setelah mengering, anda dapat segera membilas kulit anda dengan menggunakan air bersih, kemudian keringkan dengan segera.
  • Anda bisa menggunakan campuran jeruk nipis dan baking soda ini paling tidak 2 kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Caladine

5. Mencampurkan Jeruk Nipis dengan Timun

Timun mungkin selama ini anda manfaatkan sebagai sumber lalapan dalam berbagai makanan yang anda sajikan untuk keluarga, namun tahukah anda bahwa ternyata timun memiliki banyak manfaat untuk mengatasi masalah jerawat di kulit anda? Jika anda belum mengetahuinya, berikut ini merupakan beberapa manfaat timun bagi jerawat di kulit anda beserta langkah cara membuat masker timun dengan mudah:

  • Timun memiliki sifat astringent yang dapat secara ampuh membunuh bakteri penyebab jerawat dan juga dapat mempercepat proses penyembuhan bekas jerawat di kulit anda.
  • Timun sangat kaya akan kandungan Vitamin E yang membuat timun ini memiliki manfaat yang sangat luar biasa sebagai antioksidan yang akan mencegah oeradangan jerawat dan membantu proses penyembuhan bekas jerawat di kulit anda.

Cara membuat masker jeruk nipis dan timun untuk menghilangkan bekas jerawat

  • Pertama-tama, anda perlu mempersiapkan jeruk nipis dan juga mentimun, kemudian anda potong tipis-tipis mentimun tersebut hingga terbentuk irisan-irisan mentimun.
  • Letakkan potongan mentimun ke dalam blender, kemudian blender hingga halus.
  • Nah, kemudian anda dapat mencampurkan mentimun yang telah dihaluskan tadi dengan perasan air jeruk nipis, kemudian aduk hingga merata.
  • Setelah itu, anda dapat mengoleskan campuran mentimun dan jeruk nipis tersebut ke area kulit anda yang terkena bekas jerawat dengan menggunakan jari telunjuk anda atau dengan menggunakan cotton bud.
  • Diamkan campuran tersebut selama kurang lebih 20 menit, kemudian segera bilas dengan menggunakan air dingin bersih dan keringkan dengan segera.
  • Untuk memperoleh hasil yang maksimal, anda dapat menggunakan campuran jeruk nipis dan timun ini sehari sekali secara rutin.

Baca Juga: Manfaat Daun Seledri untuk Menghilangkan Jerawat dan Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Daun Sirih

Sponsors Link

 6. Mengkonsumsi Jeruk Nipis

Nah, selain memanfaatkan jeruk nipis sebagai masker pada area kulit anda yang terdapat bekas jerawat, ada alternatif lain yang juga akan sangat ampuh untuk mempercepat proses penyembuhan bekas jerawat. Ya, mengkonsumsi jeruk nipis tentu saja merupakan alternatif yang cukup bagus mengingat mengkonsumsi jeruk nipis akan memberikan efek yang menyehatkan bukan hanya bagi kulit anda, namun juga tubuh anda secara keseluruhan.

Mengkonsumsi jeruk nipis akan memberikan efek detoksifikasi dalam tubuh anda, dimana jeruk nipis ini akan secara ampuh mengeluarkan zat-zat berbahaya dari tubuh anda, yang tentu saja akan akan sangat ampuh sebagai cara menghindari jerawat di kemudian hari dan juga akan mempercepat proses penyembuhan bekas jerawat dari dalam. Cara mengkonsumsinya pun mudah, anda dapat langsung memakan daging buah jeruk nipis secara langsung atau sebagai alternatif, anda dapat mencampurkan perasan jeruk nipis ke air mineral dan kemudian tinggal anda minum saja.

 7. Mengoleskan Daging Buah Jeruk Nipis

Cara terakhir memanfaatkan jeruk nipis yang pastinya sangat ampuh untuk menghilangkan bekas jerawat di kulit anda adalah dengan memanfaatkan daging buahnya, kemudian anda tinggal mengoleskannya saja ke area kulit anda yang terkena bekas jerawat. Nah, ketika anda memilih untuk menggunakan cara ini, maka jangan kaget ya jika nantinya akan terasa sedikit perih di kulit anda dikarenakan hal ini merupakan pertanda bahwa Vitamin C pada jeruk nipis sedang bekerja di kulit anda.

Namun, yang perlu diperhatikan adalah ketika anda memiliki kulit yang sensitif, maka sebaiknya anda menggunakan cara lain yang telah disebutkan diatas, yaitu mengkombinasikan jeruk nipis dengan bahan lainnya sehingga tidak akan terlalu mengiritasi kulit anda. Ketika anda memiliki kulit sensitif kemudian anda mengoleskan secara langsung air perasan jeruk nipis ke kulit anda, maka anda akan mengalami gatal-gatal, kulit kemerahan, maupun rasa perih yang berlebihan. Jika sudah terlanjur mengalami hal tersebut, maka ada baiknya anda mengaplikasikan cara menghilangkan jerawat karena alergi

Baca Juga Artikel Tentang Jerawat Lainnya:

Tips Memanfaatkan Jeruk Nipis Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Nah, setelah anda mengetahui berbagai cara menghilangkan bekas jerawat dengan jeruk nipis, maka sekarang saatnya anda mengetahui berbagai tips perihal penggunaan jeruk nipis ini untuk menghilangkan bekas jerawat di kulit anda, sehingga proses penyembuhan bekas jerawat anda dengan jeruk nipis bisa semakin maksimal. Penasaran dengan tips-tipsnya? Berikut ini ulasannya untuk anda.

  • Untuk menghindari kulit anda menjadi kering dan gatal-gatal setelah penggunaan jeruk nipis ini, maka sebaiknya anda langsung menggunakan pelembab kulit kepercayaan anda setelah membilas bersih jeruk nipis dari kulit anda. Ada baiknya anda menggunakan pelembab dan pembersih untu kulit berjerawat dan berminyak jika memang anda memiliki tipe kulit yang berjerawat.
  • Jeruk nipis biasanya akan membuat kulit anda menjadi sensitif terhadap sinar matahari. Oleh karena itu, ada baiknya anda tetap berada dalam ruangan paling tidak selama 30 menit setelah menggunakan jeruk nipis di kulit anda.
  • Jika anda termasuk orang yang memiliki kulit sensitif, maka sebaiknya jangan mengaplikasikan perasan jeruk nipis secara langsung ke kulit anda karena berpotensi akan menyebabkan iritasi dan sensasi perih yang berlebih di kulit anda. Lebih baik kombinasikan jeruk nipis dengan bahan lain seperti yang telah dijelaskan diatas.
  • Segera hentika penggunaan jeruk nipis ini jika kulit anda menunjukkan tanda-tanda alergi terhadap jeruk nipis seperti gatal-gatal dan juga kulit kemerahan. Jika sudah terlanjur, maka anda dapat mengaplikasikan cara menghilangkan bekas jerawat merah.
  • Jangan pernah mengaplikasikan jeruk nipis pada luka di kulit anda karena akan menyebabkan sensasi perih yang berlebih di kulit anda.
  • Sembari memanfaatkan jeruk nipis, jangan lupakan juga cara hidup sehat agar terhindar dari jerawat dan juga jangan lupa memakan makanan penghilang jerawat, sehingga bekas jerawat akan semakin cepat menghilang dari kulit anda.
  • Untuk memperoleh hasil yang maksimal pada bekas jerawat anda, maka anda harus mengaplikasikan jeruk nipis ini secara rutin dan kontinu selama kurang lebih 8 minggu.

Nah, sekarang anda sudah mengetahui berbagai manfaat serta cara menggunakan jeruk nipis untuk menghilangkan bekas jerawat di kulit anda. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda dan jagalah selalu kesehatan kulit anda dengan gaya hidup yang sehat.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Oleh :
Kategori : Herbal