Sponsors Link

15 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Lemon Paling Ampuh

Sponsors Link

Munculnya jerawat menandakan terjadinya peradangan pada lapisan kulit. Jerawat biasanya selalu meninggalkan bekas setelah sembuh. Bekas jerawat biasanya menghitam dan mengganggu penampilan Anda. Jerawat juga bisa merusak jaringan kulit wajah dan meninggalkan bekas parut yang sangat mengganggu. Bagaimana cara menghilangkan bekas jerawat agar kulit mulus kembali

Sponsors Link

Cara menghilangkan bekas jerawat sangat banyak, baik alami maupun medis. Salah satu cara menghilangkan bekas jerawat yang populer adalah dengan buah lemon. Kandungan vitamin C dan asam yang tinggi pada buah lemon sangat ampuh dalam menyembuhkan jerawat dan menghilangkan bekasnya. Untuk menggandakan khasiat lemon, Anda bisa mencampurnya dengan bahan alami lainnya.

Baca juga:

Berikut cara menghilangkan bekas jerawat dengan lemon yang bisa Anda coba sendiri di rumah.

1. Sari Lemon

Tanpa dicampur dengan bahan apapun, sari lemon juga ampuh menghilangkan bekas jerawat secara alami. Caranya mudah, ambil 1 buah lemon segar lalu potong menjadi 2 bagian. Peras sari lemon dari 1/2 bagian lemon tadi. Celupkan kapas bersih ke dalam sari lemon lalu kompreskan pada jerawat selama 15 menit. Setelah itu cuci muka hingga bersih.

2. Es Batu dari Lemon

Es batu memiliki efek menenangkan pada kulit dan jerawat. Anda bisa membuat es batu dari perasa sari lemon untuk mempercepat proses menghilangkan bekas jerawat. Ambil kain tipis bersih atau tisu lalu bungkuskan pada es batu. Tekan lembut pada area berjerawat hingga es batu habis. Lakukan proses ini hingga bekas jerawat menghilang.

Baca juga:

3. Lidah Buaya dan Lemon

Gel lidah buaya bermanfaat untuk menghaluskan dan menutrisi kulit. Ambil gel dari daging lidah buaya segar, lalu campurkan dengan sari lemon secukupnya. Oleskan pada jerawat, tunggu sampai 15 menit. Setelah terasa kering dan meresap, cuci muka hingga bersih. Lakukan proses ini tiap malam.

4. Baking Soda dan Lemon

Tidak hanya berguna sebagai bahan pembuat roti, baking soda dikenal sebagai eksfolian alami di kalangan ahli kecantikan. Baking soda dapat menjadi scrub alami untuk kulit. Ambil 1/2 bagian lemon lalu celupkan ke dalam baking soda. Oleskan pada jerawat dengan gerakan memutar yang halus. Lakukan selama 3 menit dan bilas wajah hingga bersih setelahnya.

Baca juga:

5. Madu dan Lemon

Madu dapat berfungsi sebagai antibakteri yang mampu menenangkan dan melembabkan kulit. Bahan ini aman bahkan bagi Anda yang berkulit sensitif. Ambil 1 sdm jus lemon, campur dengan 1 sdm madu asli hingga membentuk pasta. Oleskan masker pada bekas jerawat dan diamkan selama 15 menit. Cuci wajah dengan air dingin hingga bersih.

6. Tomat dan Lemon

Salah satu Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Lemon dan dicampur Tomat. Tomat memiliki khasiat memperbaiki sel-sel kulit yang rusak akibat jerawat dalam waktu singkat. Vitamin pada buah tomat juga mampu merangsang pertumbuhan sel kulit baru yang lebih sehat. Siapkan 1 buah tomat segar, lalu haluskan. Campur dengan 2 sdm jus lemon. Aduk hingga menjadi pasta. Tempelkan masker ke bekas jerawat dan diamkan selama 30 menit. Untuk hasil maksimal, lakukan perawatan ini secara rutin.

Sponsors Link

Baca juga:

7. Kentang dan Lemon

Kandungan vitamin dalam kentang mampu menangkal radikal bebas dan merangsang peningkatan produksi kolagen. Kentang juga zat eksfolian alami yang mampu mengangkat sel kulit mati. Ambil satu buah kentang, lalu parut atau blender hingga halus. Peras sari kentang, dan tambahkan 5 sdm jus lemon ke dalamnya. Dengan menggunakan kapas, tempelkan campuran tadi ke bekas jerawat. Diamkan selama 30 menit sebelum dicuci bersih.

8. Kunyit dan Lemon

Kunyit mampu mencegah kemerahan atau inflamasi pada kulit yang berjerawat. Kunyit mampu mempercepat proses penghilangan bekas jerawat karena mampu mengangkat sel kulit mati. Ambil 1 sdt bubuk kunyit, lalu campur dengan jus lemon hingga membentuk pasta kental. Oleskan masker ke area bekas jerawat, diamkan selama 20 menit. Lakukan perawatan secara rutin untuk hasil yang maksimal.

9. Lemon dan Putih Telur

Vitamin B kompleks yang ada dalam putih telur mampu merangsang regenerasi sel kulit sehingga bekas jerawat akan cepat sembuh. Putih telur juga mampu mengangkat sel kulit mati dengan maksimal. Siapkan putih telur dari 1 butir telur. Campur dengan 1 sdm jus lemon lalu kocok hingga mengembang. Oleskan secara merata pada wajah untuk hasil maksimal. Diamkan hingga wajah terasa kencang dan ketat, baru bilas dengan air. Anda bisa melakukan perawatan ini setiap hari.

Baca juga:

10. Pisang dan Lemon

Buah pisang memang terkenal akan khasiatnya melembutkan dan menghaluskan kulit. Wajah yang berjerawat cenderung agak kering setelah jerawat sembuh. Mencampur pisang dengan lemon memberi manfaat ganda yakni menghilangkan bekas jerawat sekaligus memperbaiki tekstur kulit wajah. Ambil 1 sdm buah pisang yang sudah dihaluskan, campur dengan 1 sdm jus lemon. Oleskan campuran masker ke wajah secara merata, tunggu selama 20 menit. Lakukan proses ini setiap hari untuk hasil maksimal.

ads

11. Mentimun dan Lemon

Mentimun adalah astringent alami kulit yang mampu mengangkat sel kulit mati dan mengecilkan pori. Silika yang terkandung dalam mentimun mampu menyegarkan kulit. Ambil 1/2 bagian timun ukuran sedang lalu haluskan dan ambil sarinya saja. Campur air mentimun dengan jus lemon, gunakan sebagai toner alami untuk kulit secara rutin. Perpaduan kedua bahan ini akan mempercepat proses menghilangkan jerawat di wajah Anda.

Baca juga:

12. Kulit Jeruk dan Lemon

Kalau Anda makan buah jeruk, jangan buang kulitnya. Kulit jeruk mengandung vitamin C yang sama tingginya dengan buahnya. Mencampur kulit jeruk dengan lemon memberikan manfaat vitamin C yang berlipat ganda. Keringkan kulit jeruk, lalu haluskan hingga menjadi bubuk. Campur bubuk kulit jeruk dengan jus lemon hingga membentuk pasta masker. Oleskan pada wajah dan diamkan selama 15 menit. Anda bisa menambahkan sedikit madu sebagai pelembab, karena kandungan vitamin C yang berlebihan akan membuat kulit tampak kering.

13. Cuka Apel dan Lemon

Cuka apel memiliki manfaat untuk mengembalikan dan menyeimbangkan pH alami kulit dan mengurangi inflamasi atau kemerahan pada kulit yang berjerawat. Pilih cuka apel yang organik agar tidak menimbulkan efek samping pada kulit. Ambil 5 ml sari apel lalu campurkan dengan 1 sdm jus lemon. Dengan menggunakan kapas, tempelkan kedua campuran tersebut ke area bekas jerawat. Diamkan selama 15 menit dan lakukan proses ini secara rutin.

Baca juga:

14. Pepaya dan Lemon

Kandungan enzim papain dalam pepaya berfungsi untuk mengangkat sel-sel mati pada kulit. Antioksidan di dalamnya juga mencegah kemerahan pada kulit. Ambil 1 sdm buah pepaya matang yang sudah dihancurkan, lalu campur dengan 1 sdm jus lemon. Pastikan tekstur pepaya halus seperti masker. Oleskan pada wajah dan diamkan selama 15 menit. Lakukan proses ini cukup 2 kali seminggu saja.

15. Scrub Gula dan Lemon

Gula telah lama dikenal sebagai scrub alami untuk mengikis sel kulit mati. Buat pasta gula dengan campuran 1 sdm gula dan 1 sdt jus lemon. Anda bisa menambah madu atau minyak zaitun ke dalamnya. Oleskan scrub pada wajah dan pijat lembut dengan gerakan memutar. Lakukan proses ini selama 3 menit. Perawatan yang rutin akan memberikan hasil yang maksimal.

Baca juga:

Cukup mudah bukan menghilangkan jerawat secara alami dengan lemon? Bahan-bahannya pun mudah didapatkan dengan harga yang murah. Jadi tidak perlu pusing lagi dong dengan bekas jerawat yang mengganggu di wajah?

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan