Sponsors Link

10 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat di Punggung Dengan Cepat – Alami dan Medis

Sponsors Link

Segala sesuatu tentang jerawat memang menyebalkan karena sekeras apapun kita mencegahnya, jerawat tersebut akan tetap saja timbul karena memang ada banyak penyebab jerawat berdasarkan faktor internal dan eksternal. Selain itu, jerawat juga bisa timbul dimana saja, walaupun penyebab jerawat di hidung, penyebab timbulnya jerawat di wajah, dan penyebab jerawat di punggung memiliki penyebab yang relatif sama dan juga jerawat-jerawat tersebut pasti akan meninggalkan bekas jika tidak ditangani dengan benar. Nah, mungkin anda bertanya-tanya sebenarnya apa saja hal yang harus dilakukan ketika bekas jerawat membandel menempel di punggung anda? Pada artikel ini, anda akan menemukan berbagai cara menghilangkan bekas jerawat di punggung dengan berbagai cara.

Sponsors Link

Penyebab Timbulnya Jerawat di Punggung

Sebelum anda mengetahui berbagai macam cara menghilangkan bekas jerawat di punggung, maka ada baiknya anda mengetahui berbagai penyebab timbulnya jerawat di punggung terlebih dahulu. Nah, berikut ini merupakan hal-hal yang menjadi penyebab timbulnya jerawat di punggung anda:

  • Pakaian yang Kurang Tepat. Menggunakan pakaian yang kurang pas, semisal menggunakan pakaian yang terlalu ketat dan memiliki bahan yang tidak menyerap keringat membuat kulit punggung anda menjadi kesulitan bernapas, yang tentu saja dapat menyebabkan jerawat di punggung.
  • Menggunakan Tas. Menggunakan tas dengan beban yang berlebih dapat juga memicu pertumbuhan jerawat. Tas dengan beban yang berlebih akan menekan kulit punggung kita, yang menyebabkan kulit punggung kita terluka dan rawan terkena bahaya infeksi jerawat akibat iritasi.
  • Keringat. Ketika anda menghabiskan banyak aktivitas di luar ruangan, sudah pasti punggung anda akan berkeringat. Punggung yang berkeringat tentu saja akan membuat punggung anda menjadi lembab dan sangat rentan terkena jerawat.
  • Pelembut dan Pewangi Pakaian. Beberapa pelembut dan pewangi pakaian bisa juga memicu timbulnya jerawat di kulit punggung anda. Kulit punggung anda mungkin mengalami alergi terhadap pewangi dan pelembut pakaian tertentu, sehingga membuat kulit punggung anda rentan mengalami iritasi jerawat.

Nah, setelah anda mengetahui berbagai macam faktor dan penyebab timbulnya jerawat di punggung anda, maka sekarang saatnya anda mengetahui berbagai macam cara menghilangkan bekas jerawat di punggung. Berikut ini merupakan cara menghilangkan bekas jerawat di punggung:

1. Aspirin

Aspirin ternyata merupakan salah satu cara mennghilangkan bekas jerawat di punggung yang cukup ampuh. Nah, mengapa aspirin cukup ampuh adalah mengobati bekas jerawat di punggung? Berikut ini alasannya.

  • Aspirin memiliki kemampuan sebagai exfoliate, yaitu aspirin ini dapat mengangkat sel-sel kulit mati dan memicu pertumbuhan sel baru, sehingga akan mempercepat proses penghilangan bekas jerawat di punggung.
  • Kandungan utama dari aspirin adalah asam salisilat, yang tentu saja membuat aspirin sangat cocok digunakan untuk mencegah proses peradangan jerawat di punggung dan juga dapat digunakan sebagai cara mengurangi pembengkakan jerawat dengan cepat.

Cara menghilangkan bekas jerawat dipunggung dengan aspirin

  • Pertama, anda perlu menyiapkan sekitar 15 butir aspirin, kemudian tumbuk hingga menjadi bubuk halus.
  • Kemudian tambahkan sedikit air sehingga teksturnya akan layak digunakan sebagai masker.
  • Setelah itu, anda dapat mengoleskan campuran aspirin dan air tersebut ke area punggung anda yang terdapat bekas jerawat dan diamkan hingga campuran tersebut hingga mengering.
  • Setelah itu segera bilas dengan menggunakan air bersih. Anda dapat menggunakan aspirin ini kira-kira 3 kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal.

Baca Juga: Manfaat Obat Jerawat Cindala dan Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Caladine

2. Minyak Zaitun

Selain digunakan sebagai salah satu bahan masakan, minyak zaitun memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita, tak terkecuali kulit kita. Selama ini, cara menghilangkan jerawat dengan minyak zaitun telah dikenal sangat ampuh dalam menghilangkan bekas jerawat di punggung anda, karena:

  • Sama seperti aspirin, minyak zaitun memiliki sifat exfoliate, dimana hal ini membuat minyak zaitun memiliki kemampuan untuk mengangkat sel kulit mati secara cepat dan mempercepat proses penghilangan bekas jerawat.
  • Minyak zaitun mengandung antioksidan yang sangat bermanfaat untuk mempercepat proses penyembuhan luka, yang membuat minyak zaitun ini mampu menyembuhkan bekas jerawat di punggung secara cepat dan juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat berlubang dengan cepat.

Cara menghilangkan bekas jerawat dipunggung dengan minyak zaitun:

  • Pertama, anda perlu meneteskan minyak zaitun ke kain bersih yang anda miliki.
  • Kemudian, anda tinggal mengoleskan saja kain bersih yang telah ditetesi minyak zaitun tersebut ke area punggung anda yang memiliki bekas jerawat.
  • Kemudian biarkan minyak zaitun tersebut selama kurang lebih 10 menit agar minyak tersebut dapat meresap ke bagian permukaan kulit anda.
  • Kemudian segera bilas dengan menggunakan air hangat yang bersih. Nah, untuk hasil yang maksimal, anda dapat menggunakan minyak zaitun ini sehari sekali secara rutin.

Baca Juga: Manfaat Minyak Ular Untuk Jerawat dan Manfaat Minyak Biawak Untuk Jerawat

ads

3. Lemon

Nah, untuk yang satu ini tentu saja anda telah mengetahui manfaatnya untuk kulit anda bukan? Lemon memang telah dikenal secara luas akan segala kebaikannya untuk mengobati berbagai macam masalah di kulit anda, termasuk bekas jerawat di punggung. Berikut ini manfaat lemon untuk bekas jerawat di punggung anda.

  • Lemon memiliki kandungan Vitamin C, yang sangat bermanfaat untuk memicu produksi kolagen. Manfaat kolagen untuk jerawat sendiri adalah untuk menghaluskan dan menghilangkan bekas jerawat dengan cepat.
  • Vitamin C pada lemon juga dapat bermanfaat untuk memicu proses regenerasi kulit dan memicul sel-sel kulit baru untuk mengganti sel-sel kulit yang telah mati dan juga rusak.

Cara menghilangkan bekas jerawat di punggung dengan menggunakan lemon.

  • Pertama-tama, anda perlu untuk mempersiapkan perasan lemon dan mencampurkannya dengan menggunakan air, sehingga nantinya perasan lemon tidak akan terlalu mengiritasi kulit anda.
  • Setelah itu, anda dapat mengoleskan campuran antara perasan lemon dan air tersebut ke area punggung anda yang terdapat bekas jerawat dengan menggunakan kain bersih.
  • Kemudian diamkan selama kurang lebih 10 hingga 15 menit. Setelah itu, segera bilas kulit punggung anda dengan menggunakan air bersih.
  • Untuk hasil yang maksimal, anda dapat menggunakan perasan lemon ini sehai sekali secara rutin.

Baca Juga: Manfaat Lemon Untuk Wajah Berjerawat dan Manfaat Jeruk Nipis Untuk Jerawat

4. Cuka Apel

Cuka apel, selain digunakan sebagai bumbu masakan, ternyata memiliki berbagai macam khasiat yang sangat bermanfaat untuk mengobati bekas jerawat di punggung. Tidak jauh berbeda dengan manfaat cuka untuk mengatasi jerawat, berikut ini merupakan beberapa manfaat cuka apel untuk bekas jerawat di punggung:

  • Cuka apel memiliki kandungan alpha hidroxi dan juga asam amino yang akan mempercepat proses penyingkiran sel-sel kulit mati sehingga tak heran jika bekas jerawat cepat menghilang.
  • Cuka apel mengandung asam malat dan asam laktat yang akan membantu dalam menghaluskan kulit dan mempercepat proses penghilangan bekas jerawat dan juga dapat secara ampuh berperan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat berwarna hitam.

Cara menghilangkan bekas jerawat di punggung dengan menggunakan cuka apel

  • Pertama anda perlu menyiapkan air, cuka apel, dan juga air bersih.
  • Kemudian campurkan cuka apel ke dalam air bersih, kemudian aduk hingga campuran tersebut merata, sehingga cuka apel tidak akan terlalu mengiritasi kulit anda.
  • Dengan menggunakan air bersih, oleskan campuran cuka apel dan air ini ke area punggung anda yang terdapat bekas jerawat. Kemudian diamkan selama kurang lebih 1 hingga 2 jam.
  • Bilas kulit anda dengan menggunakan air bersih. Untuk hasil yang maksimal, anda dapat menggunakan campuran ini sekali dalam sehari.

Baca Juga: Manfaat Asam Jawa untuk Jerawat dan Manfaat Mastin untuk Kulit Jerawat

 5. Lidah Buaya

Lidah buaya memang selama ini lebih dikenal sebagai tanaman hias yang akan membuat tampilan eksterior rumah anda semakin cantik. Namun, ternyata bagian gel dari lidah buaya akan mendatangkan banyak sekali manfaat untuk kulit anda, termasuk untuk mengobati bekas jerawat di punggung anda. Berikut ini manfaat lidah buaya jerawat serta cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya:

  • Lidah buaya memiliki sifat yang dapat meredakan rasa sakit akibat jerawat, serta dapat menyamarkan bekas jerawat anda secara cepat dan juga dapat mempercepat proses penyembuhan luka, termasuk bekas jerawat di punggung anda.
  • Lidah buaya memiliki akndungan antioksidan yang akan memperbaiki sel kulit yang mati dan rusak. Selain itu, kandungan zinc, Vitamin C, dan Vitamin E akan mempercepat proses penyembuhan bekas jerawat di punggung anda.

Cara menghilangkan bekas jerawat dengan menggunakan lidah buaya

  • Pertama-tama anda harus menyiapkan lidah buaya, kemudian anda potong lidah buaya tersebut sehingga anda dapat melihat gel di dalamnya.
  • Setelah itu, anda dapat mengoleskan gel lidah buaya tersebut ke area punggung anda yang terdapat bekas jerawat. Setelah itu, biarkan selama kurang lebih 20 menit sehingga gel lidah buaya meresap ke pori-pori kulit anda.
  • Kemudian, setelah mengering anda dapat mencuci kulit punggung anda dengan menggunakan air bersih.
  • Untuk hasil yang maksimal, anda dapat menggunakan gel lidah buaya ini paling tidak 2 hingga 3 kali dalam seminggu.

Baca Juga: Manfaat Daun Seledri untuk Jerawat dan ManfaatBinahong untuk Jerawat

6. Timun

Selain digunakan sebagai lalapan dalam berbagai jenis masakan, mentimun juga memiliki banyak manfaat untuk mengobati bekas jerawat di area punggung anda. Nah, berikut ini merupakan berbagai macam manfaat timun bagi jerawat di punggung anda serta langkah cara membuat masker timun dengan mudah.

  • Timun dapat mengusir berbagai macam debu, kotoran, dan juga bakteri yang menempel di kulit punggung, sehingga tentu saja akan menghindarkan anda dari jerawat di punggung.
  • Timun memiliki sifat astringent yang sangat bermanfaat untuk mempercepat proses penyembuhan jerawat dan juga dapat menyamarkan bekas jerawat di punggung anda secara cepat.

Cara menghilangkan bekas jerawat di punggung dengan menggunakan timun

  • Pertama, anda dapat menyiapkan 1 buah mentimun, kemudian iris secara tipis-tipis mentimun tersebut.
  • Selanjutnya, anda dapat menempelkan irisan mentimun tersebut ke area kulit punggung anda yang terdapat bekas jerawat.
  • Diamkan irisan mentimun tersebut selama kurang lebih 15 hingga 20 menit sehingga mentimun tersebut dapat meresap ke pori-pori kulit punggung anda.
  • Bilas dengan menggunakan air bersih. Anda dapat menggunakan irisan mentimun ini sehari sekali secara rutin untuk hasil yang maksimal.

Baca Juga: Manfaat Cengkeh untuk Jerawat dan Cara Menghilangkan Jerawat dengan Daun SIrih

7. Kentang

Nah, selain sangat lezat untuk dikonsumsi dalam kehidupan sehari-hari, tahukah anda bahwa ternyata kentang akan sangat bermanfaat untuk digunakan sebagai penghilang bekas jerawat di punggung anda secara ampuh? Ya, kentang memiliki beberapa alasan yang membuat salah satu sumber karbohidrat ini sangat bermanfaat untuk menghilangkan bekas jerawat di punggung anda, yaitu:

  • Kentang memiliki kandungan Vitamin C. Manfaat Vitamin C untuk bekas jerawat adalah untuk memicu produksi kolagen, dimana kolagen ini memiliki manfaat untuk menghaluskan kulit anda dan mempercepat proses penyembuhan bekas jerawat di punggung.
  • Kentang memiliki kandungan Vitamin B dan niacin yang akan sangat bermanfaat untuk meregenerasi sel-sel kulit yang telah rusak ataupun yangtelah mati, kemudian menggantinya dengan sel kulit yang baru.

Cara menghilangkan bekas jerawat di punggung dengan menggunakan kentang

  • Pertama, anda perlu mempersiapkan 1 buah kentang, kemudian kelupas kulitnya. Setelah itu anda harus menumbuk kentang tersebut hingga teksturnya halus.
  • Nah, setelah itu, anda dapat mengoleskan tumbukan kentang tadi ke area kulit punggung anda yang terdapat bekas jerawat.
  • Diamkan tumbukan kentang tersebut selama kurang lebih 5 hingga 7 menit. Kemudian anda dapat mulai membilas kulit anda dengan menggunakan air bersih.
  • Untuk hasil yang maksimal, anda dapat menggunakan tumbukan kentang ini sekali dalam sehari secara rutin.

Baca Juga: Manfaat Kopi untuk Wajah Berjerawat dan Manfaat Gula untuk Menghilangkan Jerawat

8. Menggunakan Sabun Antibakteri

Bagi anda yang tengah melakukan cara-cara herbal diatas untuk menyembuhkan bekas jerawat di punggung anda , maka anda dapat mempercepat proses penghilangan bekas jerawat tersebut dengan menggunakan sabun antibakteri khusus yang memiliki pH yang aman digunakan untuk kulit badan anda.

Sabun antibakteri yang mengandung antiseptik biasanya memiliki kemampuan khusus untuk menghilangkan segala debu menyebabkan jerawat, kotoran, maupun bakteri yang dapat menyumbat pori-pori di kulit punggung anda secara lebih maksimal jika dibandingkan dengan sabun biasa. Cara menggunakannya pun sama dengan sabun biasa, dimana anda tinggal mengusapkan sabun antibakteri ke area punggung anda yang terdapat bekas jerawat, kemudian diamkan kurang lebih 1 menit, setelah itu segera bilas dengan menggunakan air bersih.

Sponsors Link

9. Teknologi Dermabrasi

Cara berikut ini merupakan cara medis yang akan sangat bermanfaat dan layak anda coba dan pertimbangkan ketika anda ingin memperoleh hasil dalam waktu yang relatif cepat. Nah, teknik dermabrasi ini dilakukan melalui metode berikut ini:

  • Pertama, biasanya anda akan dibius lokal pada area kulit anda yang akan didermabrasi, dalam hal ini adalah area kulit punggung anda.
  • Kemudian dokter akan melakukan pengikisan permukaan kulit dengan menggunakan alat sejenis sikat yang dinamakan dengan dermabrator. Alat ini akan berputar dan mengikis lapisan permukaan kulit punggung anda hingga ke lapisan yang diinginkan.
  • Setelah melakukan teknik ini, kulit anda mungkin akan memerah dan membengkak, serta akan terasa gatal atau nyeri. Oleh karena itu, setelah melakukan teknik ini, anda sebaiknya membatasi kegiatan anda di luar ruangan selama kurang lebih 2 minggu dan juga mengaplikasikan cara-cara mengatasi jerawat bernanah dan gatal.

Baca Juga: Bahaya Chemical Peeling untuk Wajah Jerawat

10. Teknologi Injeksi Kolagen

Cara ini juga merupakan cara medis yang dapat anda coba ketika anda menginginkan bekas jerawat di punggung anda menghilang secara cepat. Menggunakan teknologi injeksi kolagen ini memungkinkan bekas jerawat untuk naik ke permukaan kulit anda dan membuat bekas jerawat di punggung menjadi terseamarkan. Teknologi injeksi kolagen ini biasanya dilakukan dengan cara menyuntikkan Vitamin C yang telah dikombinasikan dengan kolagen ke area kulit anda yang terdapat bekas jerawat.

Nah, proses menyuntikkan Vitamin C dan kolagen ini mememrlukan keahlian khusus sehingga akan berlangsung aman dan anda tidak akan terkena dampak bahaya injeksi jerawat. Berikut ini langkah yang harus anda lakukan sehingga mendapatkan proses penyuntikkan yang aman.

  • Pilih Dokter Berkualitas. Hal ini sangat penting mengingat hanya dokter yang memiliki keahlian khusus-lah yang diperbolehkan melakukan suntikan ini.
  • Produk terdaftar di BPOM. Nah, sebelum dokter anda melakukan proses suntikan Vitamin C dan kolagen ini, anda dapat menanyakan apakah produk yang digunakan sudah terdaftar di BPOM atau belum. Pastikan bahwa produk yang akan digunakan terdaftar di BPOM.

Baca Juga: Obat Jerawat Batu Yang Ada di Apotik dan Ciri-Ciri Obat Jerawat Berbahaya

Tips Menghindari Munculnya Bekas Jerawat di Punggung

Nah, setelah anda mengetahui berbagai macam cara menghilangkan bekas jerawat di punggung, maka tentu saja anda ingin mengetahui juga bukan bagaimana cara yang dapat dilakukan untuk menghindari munculnya bekas jerawat di punggung di kemudian hari? Tentu saja bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati, oleh karena itu, berikut ini merupakan tips untuk menghindari timbulnya bekas jerawat di punggung dan anda terbebas dari bahaya jerawat di punggung.

  • Gunakan Pakaian yang Longgar. Karena jerawat di punggung merupakan salah satu faktor utama penyebab timbulnya jerawat di punggung, maka lebih baik anda menggunakan pakaian yang longgar dan tidak ketat, sehingga memungkinkan pori-pori kulit punggung anda untuk bernapas.
  • Jangan Bawa Tas dengan Beban Berat. Beban yang berlebihan di punggung yang biasanya disebabkan oleh tas dapat berpotensi menyebabkan timbulnya jerawat di punggung karena akan membuat permukaan kulit kita menjadi luka. Oleh karena itu, sebisa mungkin bawa barang yang ringan sehingga tas tidak akan melukai kulit kita.
  • Mandi Lebih Sering. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, keringat merupakan penyebab utama timbulnya jerawat di punggung. Oleh karena itu, setelah anda berolahraga atau anda mendapati keringat berlebih di punggung anda setelah beraktivitas, jangan ragu untuk segera mandi.
  • Gunakan Sunscreen. Sinar UVA dan UVB akan sangat berbahaya untuk kulit punggung anda yang berjerawat karena sinar matahari akan memicu timbulnya bekas jerawat berawarna hitam di punggung anda yang tentu saja akan sangat sulit untuk dihilangkan. Oleh karena itu, selalu gunakan sunscreen saat anda keluar rumah karena sunscreen juga bermanfaat sebagai cara mencegah flek hitam di wajah secara alami
  • Aplikasikan Gaya Hidup Sehat. Anda juga perlu mengaplikasikan cara hidup sehat agar terhindar dari jerawat, seperti mencukupi kebutuhan tubuh anda akan cairan dengan meminum air mineral 8 gelas per hari, kemudian memilih makanan penghilang jerawat yang menyehatkan dan hindari makanan berminyak dan berlemak, kemudian rutin berolahraga.
  • Cuci Rambut Anda Secara Berkala. Tips terakhir yaitu cuci rambut anda secara berkala, apalagi jika anda memiliki rambut yang panjang. Rambut panjang yang berminyak dan tidak rutin dibersihkan pasti akan menempel di punggung anda dan minyak pada rambut tersebut dapat menutup pori-pori kulit punggung anda.

Baca Juga Artikel Tentang Jerawat Lainnya:

Nah, sekarang anda telah mengetahui segala hal mengenai cara menghilangkan bekas jerawat di punggung beserta cara mencegahnya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda semua.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan