Sponsors Link

5 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam dengan Air Beras

Sponsors Link

Segala sesuatu tentang jerawat memang meresahkan setiap orang. Tidak ada yang ingin berhubungan dengan jerawat. Baik saat jerawat sedang tumbuh, meradang, hingga sembuh. Kehadiran jerawat memang akan menurunkan kepercayaan diri seseorang. Hal ini adalah salah satu dampak psikologis akibat jerawat karena membuat wajah terlihat tidak mulus.

Sponsors Link

Menyembuhkan jerawat memang tidak mudah. Namun setelah jerawat sembuh, akan ada masalah lain yang muncul yaitu bekas jerawat yang menghitam. Bekas jerawat hitam ini muncul karena salah satu kebiasaan buruk, yaitu suka memencet jerawat. Segera lakukan cara kebiasaan memencet jerawat yang tidak baik ini.

Jika bekas jerawat hitam sudah muncul, Anda pasti akan pusing dengan cara bagaimana menghilangkan bekas jerawat ini dengan tepat. Banyak orang memilih menghilangkan bekas jerawat dengan metode canggih dan mutakhir karena menginginkan hasil yang cepat dan instan. Padahal metode perawatan seperti ini menggunakan bahan kimia yang efek jangka panjangnya tidak baik untuk kulit. Salah satunya adalah penggunaan cream pemutih. Cream pemutih justru akan meninggalkan jerawat baru jika Anda sudah tidak lagi menggunakannya. Ketahui cara menghilangkan jerawat akibat cream pemutih untuk penanganan tepat.

Kalau Anda ingin perawatan yang alami tanpa bahan kimia, gunakan saja air beras untuk menghilangkan bekas jerawat yang hitam. Anda mungkin sudah mengetahui tentang manfaat masker beras untuk bekas jerawat. Ternyata tidak hanya beras saja yang bisa menutrisi kulit. Air beras juga memiliki manfaat yang sama.

Manfaat air beras untuk bekas jerawat yang hitam

Air beras mengandung banyak zat alami yang bermanfaat untuk kecantikan kulit seperti zat oryzanol, vitaminB1, vitamin C, vitamin E, dan squalane oil alami. Zat-zat alami inilah yang mampu menghilangkan bekas jerawat hitam dengan sangat efektif. Berikut beberapa manfaat air beras untuk bekas jerawat:

  • Menghilangkan flek hitam bekas jerawat dan mencerahkan kulit secara alami
  • Membersihkan wajah dari debu, kotoran, dan minyak berlebih.
  • Membunuh bakteri penyebab jerawat
  • Mengobati peradangan pada kulit akibat jerawat

Cara membuat air beras untuk menghilangkan bekas jerawat

Air beras biasanya dihasilkan dari air cucian terakhir sebelum Anda memasak nasi. Selain dengan cara itu, Anda juga bisa membuat air beras sendiri untuk menghilangkan bekas jerawat hitam.

  • Siapkan 100 gram beras, cuci sebentar untuk menghilangkan debu dan kotoran yang ada pada beras.
  • Tempatkan beras pada baskom beras, tambahkan air bersih sebanyak 500 ml.
  • Aduk-aduk beras dengan spatula bersih, lalu diamkan selama 1 jam agar nutrisi beras merasuk ke dalam air.
  • Setelah itu, tiriskan air dari beras dan air beras pun siap untuk digunakan.
Sponsors Link

Cara menghilangkan bekas jerawat hitam dengan air beras

Ada banyak cara menghilangkan bekas jerawat hitam dengan air beras yang bisa dilakukan sendiri di rumah dengan mudah. Ini dia caranya:

1. Mencuci muka dengan air beras

Air beras bisa diambil dari air cucian terakhir beras ketika Anda akan memasak nasi. Pastikan air cucian ini bersih dan sudah tidak ada kotoran lagi. Gunakan air ini untuk mencuci muka setiap hari. Cara sederhana ini jika dilakukan secara rutin dan teratur akan membuahkan hasil yang maksimal. Siramkan air beras ke wajah Anda, jangan siram dengan air. Biarkan air beras meresap dan mengering di wajah dengan sendirinya. Lakukan cara mencuci wajah yang benar untuk kulit berjerawat untuk hasil yang optimal.

2. Es batu dari air beras

Tahukah Anda bagaimana cara menghilangkan bekas jerawat dengan es batu? Cara ini sudah sangat terkenal, lho. Selain mampu menghilangkan bekas jerawat hitam, es batu mampu mengecilkan pori-pori kulit wajah dengan efektif. Manfaat es batu adalah mencegah iritasi dan peradangan pada kulit wajah. Dibekukan pada suhu yang sangat rendah, es batu mempunyai efek yang menenangkan kulit wajah.

Anda juga bisa membuat es batu dari air beras. Dengan demikian, Anda bisa menggunakan air beras selama beberapa kali dalam satu kali membuatnya. Nutrisi dalam air beras tidak akan hilang karena dibekukan dalam bentuk es batu. Oleskan es batu ke bekas jerawat yang hitam. Lapisi dengan tisu atau kain tipis yang bersih. Lakukan cara ini secara rutin setiap hari hingga bekas jerawat hitam menghilang.

ads

3. Kompres wajah dengan air beras

Mungkin Anda merasa jika mencuci wajah dengan air beras membuang banyak air beras yang sebenarnya masih bisa dimanfaatkan lagi. Ada cara lain untuk menghemat air beras selain menjadikannya es batu, yaitu dengan mengompreskan air beras ke wajah Anda. Untuk Anda yang juga tidak tahan dengan suhu dingin es batu, cara ini adalah alternatif yang tepat.

Gunakan kapas atau kasa khusus untuk wajah, lalu celupkan ke dalam air beras dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu, tempelkan kapas atau tisu tersebut ke bekas jerawat hitam di wajah. Biarkan hingga air beras meresap ke dalam wajah dan mengering dengan sendirinya.

4. Air beras, olive oil, dan madu

Jika Anda ingin mendapatkan manfaat ganda dari air beras, campurkan dengan minyak zaitun dan madu. Tidak hanya kulit putih bebas bekas jerawat hitam saja yang Anda dapatkan. Dengan menambahkan minyak zaitun dan madu, Anda akan mendapatkan kulit yang juga lembut dan bebas jerawat. Anda bisa mencuci muka dengan air beras, mengompres wajah dengan campuran tersebut, atau membentuknya menjadi es batu. Jika jerawat Anda sudah hilang, lakukan cara merawat wajah agar tidak berjerawat lagi ya.

5. Air beras dan jus lemon

Cara menghilangkan bekas jerawat dengan lemon pasti sudah tidak asing untuk Anda. Buah yang satu ini memang memiliki kandungan vitamin C yang bisa menyamarkan bekas jerawat dengan cepat dan aman. Ambil jus dari satu buah lemon segar, lalu campurkan dengan air beras yang sudah Anda buat.

Oleskan pada wajah dengan 3 cara diatas, yaitu untuk mencuci wajah, dibekukan menjadi es batu, atau digunakan untuk mengompres wajah. Lakukan cara ini secara rutin setiap hari hingga bekas jerawat menghilang.

Itulah berbagai cara menghilangkan bekas jerawat hitam dengan air beras yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Anda juga bisa melakukan pengobatan dari dalam dengan mengonsumsi buah penghilang jerawat yang alami dan ampuh. Tetapi mencegah tetap lebih baik daripada mengobati bukan? Sebelum jerawat muncul di wajah dan meninggalkan bekas hitam yang tidak diinginkan, lakukan cara merawat wajah agar terhindar dari jerawat dan komedo karena kedua masalah ini memang sangat mengganggu penampilan Anda.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan