Sponsors Link

6 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Merah dan Berlubang dengan Cepat

Sponsors Link

Segala sesuatu tentang jerawat memang menyebabkan rasa tidak nyaman. Ketika jerawat muncul, kita menjadi sangat tidak percaya diri dengan penampilan kita. Hal itu adalah salah satu dampak psikologis akibat jerawat yang tidak bisa dihindari. Ketika jerawat sudah hilang, masalah baru akan muncul: jerawat meninggalkan bekas merah dan berlubang. Berbagai hal akan dilakukan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat merah dan berlubang. Berhati-hatilah dalam memilih cara yang tepat agar kondisi kulit tidak semakin parah. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan:

Sponsors Link

1. Masker Tomat

Ada banyak manfaat tomat untuk menghilangkan jerawat yang sudah terbukti ampuh. Bukan hanya bekas jerawat yang hitam saja, masker tomat juga bisa digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat yang merah dan berlubang. Manfaat tomat untuk kulit berjerawat adalah:

  • Tomat adalah sumber vitamin A dan vitamin C yang sangat baik untuk kulit. Vitamin dalam buah tomat akan membantu mengecilkan pori-pori kulit sekaligus menyamarkan lubang yang muncul akibat jerawat.
  • Tomat membantu meregenerasi sel kulit dan memperbaiki sel kulit yang rusak hingga ke akarnya. Buah tomat juga bisa mengurangi peradangan pada kulit yang menyebabkan kemerahan.

Cara menghilangkan bekas jerawat merah dan berlubang dengan masker tomat:

  • Siapkan satu buah tomat segar dengan kematangan yang sempurna. Iris buah tomat tipis-tipis, atau jika Anda ingin campuran masker yang halus Anda bisa menghaluskan buah tomat dengan cara di blender.
  • Oleskan tomat ke area bekas jerawat yang merah dan berlubang, lalu diamkan selama 20 menit.
  • Cuci wajah dengan air hingga bersih, dan ulangi perawatan ini setiap hari sampai bekas jerawat hilang dan bersih.

2. Daun Sirih

Daun sirih mungkin lebih banyak dikenal ampuh untuk membersihkan area intim wanita. Daun yang satu ini memang bisa mengusir semua bakteri dan membersihkan kulit. Itulah mengapa banyak manfaat daun sirih untuk menghilangkan jerawat, termasuk manfaat daun sirih untuk jerawat batu. Manfaatnya adalah sebagai berikut:

  • Daun sirih mengandung senyawa flavonoid dan plifenol yang berfungsi sebagai anti oksidan, yaitu mencegah kemerahan pada kulit karena bekas jerawat yang meradang.
  • Kandungan vitamin C pada daun sirih dapat menyamarkan lubang bekas jerawat dan mencerahkan kulit secara alami.
  • Daun sirih mengandung zat astringent yang bisa membersihkan wajah dari minyak berlebih dan kotoran serta meningkatkan regenerasi sel kulit.

Cara menghilangkan bekas jerawat merah dan berlubang dengan daun sirih:

  • Ambil 3 lembar daun sirih yang segar, lalu cuci dengan air hingga bersih.
  • Tumbuh daun sirih hingga halus dan bisa digunakan sebagai masker.
  • Oleskan masker daun sirih ke area kulit yang merah dan berlubang karena bekas jerawat. Biarkan daun sirih hingga kering.
  • Setelah kering, cuci wajah dengan air hingga bersih. Perawatan ini sangat aman untuk dilakukan setiap hari.
Sponsors Link

3. Minyak Kelapa

Salah satu bahan alami yang bisa menghilangkan bekas jerawat merah dan berlubang adalah minyak kelapa. Minyak ini memang sudah sangat dikenal manfaatnya untuk kecantikan kulit dan rambut. Berikut manfaat minyak kelapa untuk bekas jerawat:

  • Minyak kelapa mampu mempercepat proses penyembuhan luka jerawat yang berlubang di kulit.
  • Minyak kelapa akan merangsang pertumbuhan kolagen pada kulit. Kolagen berfungsi untuk membuat kulit menjadi lebih lembut, halus, dan bebas dari bekas jerawat yang merah dan berlubang.

Cara menghilangkan bekas luka merah dan berlubang dengan minyak kelapa

  • Siapkan minyak kelapa secukupnya, boleh minyak kelapa yang cair atau minyak kelapa dalam bentuk cold pressed. Oles tipis-tipis minyak kelapa ke bekas jerawat yang berlubang dengan jari telunjuk yang bersih.
  • Pijat-pijat ringan dan lembut selama 15 menit, tetapi jangan ditekan terlalu keras. Biarkan minyak kelapa hingga meresap sempurna ke dalam kulit. Ulangi cara ini setiap hari hingga bekas jerawat memudar dan hilang.

4. Injeksi Filler

Salah satu metode yang sangat canggih di dunia kecantikan adalah injeksi filler. Tidak hanya bisa membuat hidung menjadi lebih mancung saja, injeksi filler juga bisa menyamarkan bekas jerawat yang merah dan berlubang di wajah Anda. Injeksi filler dilakukan dengan cara menyuntikkan zat khusus yaitu filler untuk mengisi bagian yang cekung dan berlubang akibat jerawat. Permukaan kulit akan tampak sehat dan baru, tanpa adanya lubang-lubang bekas jerawat seperti sebelumnya. Injeksi filler memang dibanderol dengan harga yang tidak murah dan diperlukan beberapa kali perawatan hingga bekas jerawat bisa sembuh dengan sempurna.

Sponsors Link

5. Laser

Selain injeksi filler, ada satu lagi cara yang bisa menghilangkan bekas jerawat dengan cepat. Laser wajah sebenarnya sudah populer sejak lama dan masih banyak dilakukan hingga kini. Ada dua jenis laser yang bisa dipilih:

  • Laser Ablatif: Menghilangkan bekas jerawat dengan cara menembakkan sinar laser langsung pada bekas jerawat yang merah dan berlubang. Dalam sekejap kulit akan halus dan mulus tanpa bekas jerawat. Namun hasilnya baru bisa terlihat setelah dua atau tiga kali penyinaran dilakukan.
  • Laser Non Ablatif: Teknik ini akan membantu kulit memproduksi banyak kolagen, sehingga kulit tidak akan terpapar sinar laser secara langsung. Manfaat kolagen untuk jerawat antara lain adalah menyamarkan bekasnya dan menutup bekas jerawat yang berlubang. Cara ini lebih aman dari cara sebelumnya dengan efek samping yang lebih minimal.

6. Punch Techniques

Teknik punch metode pembedahan pada bekas jerawat untuk mengeluarkan sel-sel yang ada di dalamnya. Metode ini sangat cocok untuk bekas jerawat yang merah dan berlubang. Terdapat 3 jenis teknik punch yang bisa dipilih:

  • Punch Grafting: Menghilangkan bekas jerawat yang berlubang dengan pengangkatan bekas jerawat serta mengisi lubang bekas jerawat dengan kulit yang diambil dari bagian tubuh lain. Hasilnya kulit akan tampak rata kembali dan halus tanpa lubang.
  • Punch Excision: Menghilangkan bekas jerawat dengan cara mengangkat bekas jerawat serta kembali menutup lukanya. Cara ini bisa merangsang pertumbuhan sel kulit baru yang lebih sehat.
  • Punch Elevation: Metode ini menghilangkan bekas jerawat dengan membedah dasar jerawat dan mengangkatnya sehingga sejajar dengan posisi kulit aslinya. Cara ini akan membuat bekas jerawat hilang dengan seketika.

Itulah berbagai cara aman dan cepat untuk menghilangkan bekas jerawat merah dan berlubang. Sama halnya dengan jerawat, bekas jerawat juga sulit untuk dihilangkan. Oleh karena itu sebelum jerawat tumbuh, hindari kebiasaan penyebab jerawat yang berbahaya seperti malas membersihkan wajah dan begadang. Pahami cara merawat wajah agar tidak berjerawat dan lakukan perawatan terhadap wajah secara rutin. Tapi jika sudah terlanjur berjerawat dan membekas, jangan menyerah untuk menyembuhkan jerawat Anda ya!

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 14th, November 2017 / 05:08 Oleh :
Kategori : Pengobatan