Sponsors Link

22 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat yang Hitam Membandel dengan Cepat

Sponsors Link

Setelah jerawat, masalah berikut yang muncul adalah bekas yang ditinggalkan. Bekas jerawat biasanya berwarna merah dan hitam. Namun tetap saja kemunculannya sangat mengganggu penampilan Anda. Bagaimana cara menghilangkan bekas jerawat yang hitam secara efektif? Ini dia!

Sponsors Link

Baca juga:

Penggunaan Bahan Alami

Karena efek jangka panjang penggunaan krim kecantikan yang tidak baik, banyak wanita mulai beralih ke perawatan yang alami saja. Selain ekonomis, perawatan dengan menggunakan bahan alami tidak mempunyai efek samping yang berbahaya. Apa saja cara alami untuk menghilangkan bekas jerawat yang hitam? Yuk, kita simak.

1. Lemon

Sari lemon atau jus lemon berkhasiat untuk mencerahkan kulit secara alami dan mengurangi noda hitam bekas jerawat. Karena sifat lemon yang sangat asam, jangan mengoleskan lemon secara langsung ke kulit karena akan membuat kulit sangat kering. Bahkan jika didiamkan terlalu lama akan menimbulkan rasa seperti terbakar di kulit karena pH pada jus lemon berbeda dengan pH alami kulit kita. Encerkan jus lemon dengan air untuk menghilangkan bekas jerawat yang hitam. Campurkan jus lemon dan air dengan komposisi 1:1. Kompreskan ke wajah yang berjerawat, lalu diamkan selama 20 menit sebelum dibilas dengan air bersih.

2. Lidah buaya

Gel pada lidah buaya bisa menjadi alternatif yang tepat untuk menghilangkan bekas jerawat yang hitam. Manfaat yang didapatkan dari lidah buaya adalah memudarkan noda hitam bekas jerawat, melembabkan kulit dan merawat elastisitas kulit wajah.

Siapkan lidah buaya segar, lalu potong secukupnya. Anda bisa menempelkan gel lidah biaya yang masih segar langsung ke bekas. Diamkan saja hingga kering dan meresap di kulit tanpa perlu dibilas. Jika jerawat Anda meradang dan parah, tambahkan setetes minyak pohon teh (tea tree oil) pada gel lidah buaya.

Baca juga:

3. Baking soda

Bagi kulit yang berjerawat dan bernoda hitam karena jerawat, baking soda bekerja sebagai eksfoliator yang akan mengangkat sel kulit mati, membantu regenerasi kulit, dan menghilangkan noda hitam dengan cepat. Namun tidak semua orang cocok menggunakan baking soda. Jika muncul tanda iritasi seperti gatal dan kemerahan, segera hentikan pemakaian.

Cara menghilangkan bekas jerawat yang hitam cukup mudah. Ambil 1 sendok baking soda, campurkan dengan air secukupnya hingga membentuk pasta. Setelah itu, dengan gerakan melingkar, usapkan pasta baking soda sebagai scrub di area bekas jerawat. Lakukan proses ini selama 1 menit sebelum dibilas dengan air hingga bersih.

4. Es batu

Cara yang satu ini memang sangat ampuh dan hemat untuk menghilangkan bekas jerawat yang hitam. Es batu berfungsi untuk menenangkan dan menyegarkan kulit, mengurangi peradangan akibat jerawat dan mencegah munculnya kemerahan pada bekas jerawat. Anda bisa memodifikasi es batu dengan mengganti air dengan teh hijau atau campuran jus lemon.

Baca juga:

Ambil satu kotak kecil es batu, lalu bungkus dengan kain tipis, tisu, atau kapas. Tempelkan ke area bekas jerawat yang hitam hingga kulit mati rasa. Hindari menempelkan es batu langsung ke kulit wajah tanpa pembungkus. Suhu es batu yang beku akan merusak jaringan kapiler halus yang ada di kulit wajah.

5. Tomat

Kandungan vitamin C dalam jumlah besar yang ada pada buah tomat sangat baik sebagai anti oksidan untuk tubuh. Anti oksidan berfungsi untuk menangkal radikal bebas dan mendetoksifikasi tubuh dari racun. Dengan buah tomat tanda-tanda penuaan dini seperti kerutan dan flek hitam di wajah juga dapat teratasi. Efek mencerahkan yang dimiliki tomat sangat baik untuk menghilangkan bekas jerawat yang hitam.

Untuk menambah khasiatnya, Anda bisa mencampurkan buah tomat dengan susu murni agar kulit terasa halus dan lembab. Haluskan buah tomat lalu campur dengan susu. Jangan sampai adonan terlalu encer sehingga tidak bisa ditempelkan ke wajah sebagai masker. Agar terasa segar di kulit, simpan masker di dalam kulkas selama 1-2 jam. Oleskan secara menyeluruh agar semua bagian wajah mendapatkan manfaat secara maksimal. Biarkan selama 15 menit sebelum dibilas dengan air bersih. Sekalipun Anda tidak berjerawat, masker tomat dan susu sangat baik untuk merawat kesehatan kulit.

Sponsors Link

6. Madu

Sebagai bahan alami yang mampu merawat kesehatan tubuh manusia, madu memiliki sifat anti bakteri yang juga baik untuk merawat kulit wajah. Madu memiliki efek menenangkan dan melembabkan kulit secara alami. Untuk Anda yang punya kulit sensitif, madu sangat disarankan karena bisa mencegah kemerahan. Pilih madu yang alami tanpa campuran pemanis atau bahan lain agar manfaatnya terasa maksimal untuk kulit.

Oleskan madu alami langsung ke bekas jerawat yang hitam. Madu alami dapat memberikan hasil yang lebih efektif dibandingkan dengan madu yang telah diberi campuran. Jika jerawat Anda masih meradang dan merah, madu dapat meredakan kemerahan tersebut dengan segera dan mengeringkan jerawat tanpa membuatnya meninggalkan bekas yang hitam.

7. Kunyit

Bumbu dapur yang satu ini memiliki manfaat lengkap untuk merawat kulit berjerawat dan bekasnya. Kunyit bersifat anti bakteri, anti inflamasi, dan mengandung anti oksidan yang tinggi. Bakteri yang ada pada jerawat dapat dibunuh oleh kunyit karena bisa berfungsi sebagai antiseptik alami. Wajah juga akan terasa segar dan cerah alami dengan kunyit.

Kunyit memang bisa meninggalkan bekas kekuningan pada kulit yang cukup sulit dihilangkan. Untuk menghindarinya, campurkan kunyit dengan susu pembersih yang Anda gunakan sehari-hari. Oleskan pada bekas jerawat atau ke seluruh wajah sekaligus untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Diamkan selama 15 menit sebelum dibilas dengan air hingga bersih. Susu pembersih akan mencegah kunyit meninggalkan bekas kuning pada kulit tanpa mengurangi khasiatnya.

Baca juga:

8. Kayu cendana

Kayu cendana juga baik untuk merawat noda bekas jerawat yang hitam. Sifat dari bahan alami ini adalah melembutkan kulit, mencerahkan, dan menghilangkan noda hitam. Kayu cendana juga bisa menyembuhkan jerawat yang masih bertumbuh.

ads

Gunakan kayu cendana yang sudah menjadi bubuk untuk menghilangkan bekas jerawat yang hitam. Campurkan dengan beberapa tetes air hingga membentuk pasta masker. Anda bisa mengganti air biasa dengan air mawar, susu murni, madu, atau minyak zaitun. Oleskan pada bekas jerawat yang hitam, lalu diamkan selama 30 menit sebelum dibilas dengan air. Lakukan perawatan ini maksimal seminggu dua kali hingga bekas jerawat benar-benar hilang.

9. Kentang

Umbi kentang mengandung banyak vitamin yang membuatnya sangat bermanfaat untuk merawat kulit. Vitamin A dan C yang ada di dalam kentang mampu bekerja sebagai anti oksidan alami yang akan menyembuhkan peradangan para jerawat dan kulit yang berjerawat, serta mempercepat penyembuhan pada kulit. Selain itu kentang memiliki kandungan kolagen yang bisa menjaga keremajaan kulit.

Baca juga:

Secara teratur, gunakan kentang sebagai masker untuk wajah. Kombinasikan dengan bahan-bahan lain seperti madu untuk melipat gandakan manfaatnya. Meskipun Anda sudah tidak lagi berjerawat, menggunakan kentang untuk perawatan kulit juga sangat dianjurkan.

10. Putih telur

Putih telur sudah sangat terkenal khasiatnya untuk menyamarkan noda hitam di wajah. Senyawa albumin di dalam putih telur secara efektif akan membunuh bakteri penyebab jerawat. Dapat juga berfungsi sebagai eksfoliator, putih telur mampu mengangkat sel kulit mati dan meregenerasi kulit secara efektif. Untuk Anda yang punya masalah minyak berlebih di wajah, putih telur adalah sumber asam amino yang akan mengontrol produksi minyak di kulit.

Gunakan telur ayam kampung agar khasiat yang Anda rasakan bisa maksimal. Gunakan putih telur sebagai masker dengan mengocoknya hingga kaku terlebih dahulu. Dengan menambahkan lemon dan madu, ketiga bahan alami ini menjadi senjata yang sangat ampuh dalam melawan noda bekas jerawat yang hitam.

Melakukan Tindakan Medis

Tidak semua wanita bisa sabar menunggu hasil dari perawatan yang alami. Penggunaan bahan yang alami memang membutuhkan waktu lama untuk menunjukkan hasilnya. Tetapi jangan khawatir, teknologi kecantikan sudah berkembang dengan sangat pesat sehingga mampu memenuhi kebutuhan Anda yang ingin menghilangkan bekas jerawat yang hitam dengan cepat. Berikut beberapa alternatif yang bisa Anda pilih:

1. Dermabrasi

Tindakan ini dilakukan untuk mengangkat jaringan kulit terluar tempat bekas jerawat yang hitam bersarang. Dapat digolongkan ke dalam operasi kecil yang bisa selesai dalam waktu 30 menit hingga 1 jam. Jika bekas jerawat tidak terlalu parah, cukup dengan satu kali tindakan saja bekas jerawat yang hitam akan menghilang.

Proses ini terasa cukup sakit pada bekas jerawat, oleh karena itu biasanya pasien akan diberi bius lokal. Cara kerjanya adalah dengan mengikis kulit terluar dengan sikat yang bernama dermabrator. Setelah tindakan ini, wajah biasanya akan sedikit bengkak dan memerah selama kurang lebih 1 minggu. Namun setelah itu bopeng, kulit parut, dan lubang bekas jerawat di wajah dijamin menghilang.

Baca juga:

2. Mikro dermabrasi

Proses dari tindakan ini memiliki fungsi yang sama dengan dermabrasi. Namun bedanya mikro dermabrasi lebih ringan dan membutuhkan waktu yang lebih singkat. Tanpa menggunakan alas, wajah Anda hanya disemprot oleh zat mikro kristal kemudian divakum. Hanya membutuhkan waktu 10 menit saja untuk menyelesaikan proses ini. Anda mungkin harus mengulang tindakan hingga beberapa kali sebelum mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Chemical peeling

Metode ini biasanya banyak disediakan oleh klinik kecantikan. Peeling ini menggunakan bahan kimia yang bekerja langsung pada bekas jerawat. Jika Anda punya kulit yang sensitif, cara ini tidak disarankan karena akan membuat kulit sangat memerah. Anda perlu melakukan chemical peeling secara rutin untuk merasakan manfaat yang maksimal.

Baca juga:

4. Mineral peeling

Selain chemical peeling, Anda bisa mencoba alternatif mineral peeling. Tidak semua wanita suka dengan banyaknya bahan-bahan kimia yang digunakan untuk merawat kulit mereka. Mineral peeling banyak menggunakan mineral seperti air, chamomilla recatita, sodium hyaluronate, aloe barbadensis, dan leaf extract.

5. Laser wajah

Cara ini disebut-sebut yang paling aman dan nyaris tanpa efek samping. Selama prosesnya, Anda juga tidak akan merasakan sakit sama sekali. Alat yang digunakan pun beragam, namun yang paling banyak dan paling terkenal adalah Blue Light Rays yang dinilai paling aman.

aca juga:

Laser mampu membunuh bakteri dalam jerawat secara menyeluruh dan merangsang pertumbuhan kolagen di kulit Anda. Selain itu, jika Anda punya masalah dengan kulit berminyak, laser bisa mengurangi produksi minyak berlebih di wajah Anda.

Menggunakan Suplemen Kulit

1. Tablet Spirulina

Spirulina disebut-sebut sebagai makanan yang paling bernutrisi di seluruh dunia. Spirulina banyak diekstrak menjadi tablet sehingga lebih mudah untuk dikonsumsi. Banyak manfaat kesehatan dan kecantikan yang bisa Anda dapatkan dari spirulina. Selain bisa menghilangkan bekas jerawat yang hitam, spirulina bisa merawat kecantikan kulit dan menjaga kesehatan kulit serta tubuh Anda.

2. Nourish Skin

Suplemen kulit ini terbuat dari berbagai ekstrak vitamin yang sangat baik untuk merawat kesehatan dan keremajaan kulit. Bahan yang terkandung di dalam Nourish Skin di antaranya adalah vitamin E, lycopene, dan rosemary. Ketiga bahan ini akan menghilangkan bekas jerawat yang hitam secara efektif dan cepat. Obat ini juga akan menjaga kelembaban dan elastisitas kulit sehingga membuat kulit tampak awet muda.

Baca juga:

Sponsors Link

3. Natur E

Natur E secara alami akan melindungi kulit Anda dari serangan jerawat dan bekasnya. Kandungan vitamin E pada obat ini sangat tinggi, dipadukan dengan ekstrak biji buah delima yang akan meningkatkan produksi kolagen dalam kulit. Kulit wajah menjadi lebih muda dan terhindar dari tanda penuaan dini. Buat Anda yang sering beraktivitas di luar ruangan, obat ini akan melindungi kulit dari sinar UV A dan UV B.

Menggunakan Salep Hitam

Alternatif terakhir untuk menghilangkan bekas jerawat yang hitam adalah dengan menggunakan salep yang dijual di apotik. Salep memang terbuat dari berbagai kandungan kimia yang bisa menyembuhkan bekas jerawat dengan cepat.

1. Melanox

Bahan aktif dalam Melanox adalah hydroquinon 2%. Bahan ini akan bekerja untuk menghilangkan jerawat sekaligus mencegahnya datang kembali, menyamarkan noda hitam bekas jerawat, serta mencegah hyper pigmentasi pada kulit. Oleskan salep pada bekas jerawat 2 kali sehari, setiap pagi dan malam hingga bekas jerawat menghilang sama sekali.

2. Vitacid

Bahan aktif Vitacid adalah benzoyl peroxide yang bisa membunuh bakteri akibat jerawat secara aktif. Noda bekas jerawat yang merah atau menghitam pun bisa dihilangkan dengan mudah dengan salep ini. Vitacid juga mampu menyamarkan kerutan pada wajah.

3. Dermatix Ultra

Dermatix Ultra sangat efektif dalam menghilangkan berbagai noda hitam, baik akibat jerawat maupun tidak, di kulit Anda. Noda hitam bekas jerawat pun dengan mudah dapat dihilangkan dengan salep ini.

4. Freederm Gel

Salep berbentuk gel ini juga sangat ampuh dalam menghilangkan bekas jerawat yang hitam. Bahan-bahan yang ada di dalam Freederm antara lain adalah nicotinamide, hydrogel, ethanol, dan air.

Itulah berbagai cara yang bisa dipilih untuk menghilangkan noda bekas jerawat yang hitam. Cara apapun yang Anda pilih, pastikan cocok dan tidak menimbulkan efek samping membahayakan buat kulit Anda.

Artikel terkait:

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

Oleh :
Kategori : Pengobatan