Sponsors Link

10 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Yang Menghitam Dengan Cepat – Alami dan Medis

Sponsors Link

Dewasa ini, segala sesuatu tentang jerawat seolah tidak ada habisnya untuk dibahas. Tidak dapat dipungkiri bahwa terdapat banyak penyebab jerawat berdasarkan faktor internal dan eksternal, sehingga akan mustahil untuk mengharapkan bahwa jerawat tidak akan mampir di kulit anda. Nah, jika jerawat langsung mengempis dan menghilang, mungkin anda tidak terlalu khawatir. Namun bagaiamana jika jerawat meninggalkan bekas jerawat menghitam? Nah, walaupun bekas jerawat menghitam umumnya memerlukan waktu yang cukup lama untuk menghilang, namun anda dapat mempercepat penyembuhan dengan berbagai metode. Penasaran bagaimana caranya? Baca artikel di bawah ini, ya.

Sponsors Link

Penyebab Timbulnya Bekas Jerawat Menghitam

Sebelum anda melihat bagaimanakah cara menghilangkan bekas jerawat berwarna hitam, maka ada baiknya anda terlebih dahulu mengetahui sebenarnya apa sajakah penyebab timbulnya jerawat menghitam. Nah, berikut ini merupakan beberapa penyebab timbulnya bekas jerawat yang menghitam di kulit anda.

  • Paparan Sinar Matahari. Paparan sinar matahari yang berlebihan tentu saja akan menimbulkan bekas jerawat menghitam. Ketika anda memiliki jerawat dan jerawat tersebut terpapar sinar matahari secara berlebihan, maka akan terjadi hiperpigmentasi yang membuat jerawat meninggalkan bekas jerawat berwarna hitam.
  • Pemakaian Kosmetik. Pemakaian kosmetik yang tidak tepat tentu saja memiliki pengaruh terhadap timbulnya bekas jerawat hitam. Hal ini karena ketika anda menggunakan kosmetik disaat anda memiliki jerawat, maka jerawat tersebut akan tertutup kosmetik dan membuat jerawat anda tidak bisa bernapas. Hasilnya, jerawat akan meradang dan meninggalkan bekas jerawat menghitam. Oleh karena itu, ada baiknya anda memperhatikan daftar kosmetik untuk wajah berjerawat.
  • Debu dan Kotoran. Debu dan kotoran yang menempel di kulit anda selama anda beraktivitas di luar ruangan akan membuat jerawat meradang dan akan menimbulkan bekas jerawat yang menghitam di kulit anda. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kebersihan kulit dengan mencuci kulit anda sehabis bepergian.
  • Minyak berlebih. Minyak yang diproduksi kulit kita, jika berinteraksi dengan jerawat yang masih aktif, akan membuat jerawat anda menjadi meradang dan berpotensi besar meninggalkan bekas jerawat menghitam di kulit anda. Oleh karena itu, jangan lupa gunakan pelembab dan pembersih untuk kulit berjerawat dan berminyak.

Nah, setelah anda mengetahui berbagai penyebab timbulnya bekas jerawat menghitam di kulit anda, maka sekarang saatnya anda mengetahui berbagai cara menghilangkan bekas jerawat yang menghitam, baik melalui bahan alami, maupun menggunakan metode pengobatan medis.

1. Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan bahan herbal yang ternyata bukan saja bermanfaat sebagai tanaman hias, namun juga bermanfaat untuk menghilangkan bekas jerawat anda yang sudah terlanjur menghitam. Tidak percaya? Berikut ini merupakan beberapa macam manfaat lidah buaya untuk jerawat serta cara menghilangkan bekas jerawat dengan lidah buaya di kulit anda.

  • Lidah buaya dapat mengeluarkan darah kotor penyebab jerawat serta dapat menstimulus pertumbuhan sel-sel kulit baru, sehingga tidak heran jika bekas jerawat menghitam anda akan semakin cepat tersamarkan.
  • Lidah buaya mengandung suatu hormon bernama giberelin yang secara ampuh dapat memperbaiki sel-sel kulit yang rusak, serta dapat memicu proses pengelupasan sel-sel kulit mati, sehingga bekas jerawat menghitam anda akan semakin tersamarkan.
  • Lidah buaya memiliki sifat yang komplit, yaitu anti bakteri, antiseptik, dan anti-inflamasi yang sangat bermanfaat untuk mencegah bahaya radikal bebas dan membunuh bakteri penyebab jerawat.

Cara menghilangkan bekas jerawat menghitam dengan menggunakan lidah buaya

  • Pertama, anda perlu menyiapkan 1 tanaman lidah buaya, kemudian potong lidah buaya tersebut hingga anda menemukan gel di dalam lidah buaya tersebut.
  • Nah, kemudian anda oleskan gel lidah buaya tersebut ke area kulit anda yang terdapat bekas jerawat yang menghitam.
  • Setelah itu, diamkan gel lidah buaya di kulit anda hingga menegring. Setelah menegring, segera cuci kulit anda dengan menggunakan air bersih dan keringkan dengan segera.
  • Untuk hasil yang maksimal, maka anda dapat menggunakan gel lidah buaya ini sehari sekali secara rutin hingga bekas jerawat menghitam di kulit anda memudar.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Komedo dengan Lidah Buaya dan Cara Menghilangkan Jerawat dengan Lidah Buaya

2. Lemon

Ketika membicarakan bekas jerawat yang telah terlanjur menghitam, maka sudah pasti cara herbal yang akan sangat bermanfaat untuk digunakan adalah lemon. Nah, mau tahu apa sajakah manfaat lemon untuk bekas jerawat di kulit anda, khususnya bekas jerawat yang sudah terlanjur menghitam? Berikut ini informasinya untuk anda.

  • Lemon memiliki kandungan Vitamin C yang sangat tinggi, dimana tentu saja akan memicu produksi kolagen di kulit anda. Manfaat kolagen untuk jerawat adalah untuk menghaluskan kulit anda dan juga dapat mempercepat proses penyembuhan bekas jerawat yang sangat sulit dihilangkan sekalipun.
  • Lemon merupakan bleaching agent alami, yang mampu mencerahkan kulit anda secara alami dengan cepat, sehingga bekas jerawat menghitam anda akan semakin tersamarkan.
  • Lemon mengandung asam sitrat yang akan menyingkirkan penumpukan sel kulit mati di kulit mati anda. Selain itu, asam sitrat juga akan berperan sebagai chemical peeling alami, sehingga bekas jerawat anda akan semakin cepat tersamarkan.

Cara menghilangkan bekas jerawat menghitam dengan menggunakan lemon

  • Pertama, siapkan 1 buah lemon dan juga sedikit air bersih. Setelah itu, campurkan perasan air lemon ke dalam air.
  • Kemudian anda dapat mengoleskan campuran lemon dan air ke area kulit anda yang terdapat bekas jerawat yang menghitam.
  • Anda tidak dianjurkan untuk mengoleskan perasan lemon ke kulit anda secara langsung karena akan menimbulkan efek perih di kulit anda karena sifat asam dari lemon.
  • Diamkan campuran lemon dan air tersebut meresap di kulit anda selama 20 menit.
  • Segera cuci kulit anda dengan menggunakan air bersih dan keringkan dengan segera.
  • Untuk hasil yang maksimal, gunakan campuran air dan perasan lemon ini secara rutin sehari sekali hingga bekas jerawat hitam memudar.

Baca Juga: Manfaat Lemon untuk Jerawat

ads

3. Minyak Zaitun

Selama ini, minyak zaitun telah dikenal secara luas memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan, salah satunya untuk kesehatan kulit anda yang sedang ‘dihiasi’ bekas jerawat menghitam. Nah, apa sajakah manfaat minyak zaitun untuk jerawat serta bagaimanakah cara menghilangkan jerawat dengan minyak zaitun? Berikut ini informasinya untuk anda.

  • Minyak zaitun mengandung senyawa polifenol, suatu antioksidan yang dapat melembabkan kulit anda sekaligus dapat menyamarkan bekas jerawat menghitam secara cepat karena senyawa polifenol ini dapat mempercepat proses penyembuhan sel kulit yang bermasalah.
  • Minyak zaitun memiliki sifat eksfoliate, dimana minyak zaitun ini dapat menyingkirkan penumpukan sel kulit mati dari pori-pori anda dan bekas jerawat menjadi semakin tersamarkan.

Cara menghilangkan bekas jerawat yang menghitam dengan menggunakan minyak zaitun

  • Pertama, tentu saja anda harus menyiapkan minyak zaitun.
  • Setelah itu, anda dapat mengoleskan beberapa tetes minyak zaitun secukupnya ke area kulit anda yang terdapat bekas jerawat menghitam dengan gerakan memijat yang lembut selama 3 menit.
  • Ada baiknya anda mengoleskan minyak zaitun ini pada malam hari sebelum anda tidur, sehingga anda dapat membiarkan minyak zaitun ini di kulit anda semalaman penuh.
  • Pagi harinya, anda dapat langsung mencuci kulit anda dengan menggunakan air bersih dan keringkan dengan segera. Jangan lupa aplikasikan cara mencuci wajah yang benar untuk kulit berjerawat.
  • Untuk hasil yang maksimal, anda dapat menggunakan minyak zaitun ini setiap hari secara rutin.

Baca Juga: Manfaat Minyak Biawak Untuk Jerawat dan Manfaat Minyak Ular Untuk Jerawat

4. Madu

Jika berbicara masalah bahan alami yang sangat cocok untuk menghilangkan segala jenis bekas jerawat, maka tanpa ragu bahwa madu adalah salah satu diantaranya. Nah, berikut ini merupakan beberapa manfaat masker madu untuk jerawat dan cara membuatnya.

  • Madu memiliki sifat alami yang akan mempercepat proses penyembuhan sel-sel kulit yang rusak, yang tentu saja akan mempercepat proses penyembuhan bekas jerawat menghitam.
  • Madu memiliki berbagai macam vitamin dan mineral yang dibutuhkan kulit anda untuk memperbaiki diri secara otomatis dan juga untuk menyehatkan kulit anda secara keseluruhan.

Cara menghilangkan bekas jerawat menghitam dengan menggunakan madu

  • Pertama, tentu saja anda harus menyiapkan madu murni.
  • Kemudian oleskan madu murni tersebut dengan gerakan memijat di area kulit anda yang terdapat bekas jerawat menghitam.
  • Ada baiknya anda mengoleskan madu ini pada malam hari sebelum anda tidur, sehingga madu ini dpaat meresap di kulit anda semalaman dan dapat mempercepat proses penyembuhan bekas jerawat.
  • Pada pagi harinya, segera bilas kulit anda dengan menggunakan air bersih dan keringkan dengan segera.
  • Gunakan masker madu ini sehari sekali secara rutin untuk hasil yang maksimal.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat dengan Madu dan Cara Menghilangkan Jerawat dengan Madu

5. Putih Telur

Selain madu, masker putih telur telah dikenal secara luas sebagai masker alami yang dapat mengatasi berbagai jenis bekas jerawat di kulit anda. Nah, berikut ini merupakan beberapa manfaat putih telur untuk wajah berjerawat di kulit anda serta cara menghilangkan bekas jerawat dengan putih telur.

  • Putih telur mengandung berbagai macam vitamin, protein, dan asam amino yang diperlukan kulit anda untuk meregenerasi sel-sel mereka secara alami, sehingga hasilnya, bekas jerawat menghitam pun akan segera menghilang dari kulit anda.
  • Putih telur merupakan sumber Vitamin B kompleks. Selama ini, Vitamin B kompleks dikenal sebagai antioksidan yang luar biasa yang akan menangkal berbagai macam radikal bebas serta dapat memicu regenerasi sel-sel kulit baru, sehingga bekas jerawat menghitam di kulit anda akan semakin cepat menghilang.

Cara menghilangkan bekas jerawat menghitam dengan menggunakan putih telur

  • Pertama, siapkan 1 butir telur, kemudian pisahkan antara bagian putih telurnya dengan bagian kuning telurnya.
  • Setelah itu, oleskan putih telur ke seluruh area kulit anda, terutama ke area kulit anda yang terdapat bekas jerawat menghitam.
  • Tunggu hingga masker putih telur tersebut mengering di kulit anda, kurang lebih 30 menit lamanya.
  • Setelah mengering, maka anda dapat mencuci kulit anda dengan air bersih dan keringkan dengan segera.
  • Gunakan masker putih telur ini sehari secara rutin untuk hasil yang maksimal.

Baca Juga: Cara Membuat Masker Putih Telur dan Manfaatnya

6. Baking Soda

Selain digunakan sebagai bahan membuat kue, ternyata baking soda memiliki manfaat yang luar bisa untuk menghilangkan bekas jerawat di kulit anda. Tidak percaya? Berikut ini merupakan manfaat baking soda untuk jerawat anda serta cara menghilangkan jerawat dengan soda kue.

  • Baking soda merupakan bahan alami yang akan sangat ampuh untuk memicu kolagen di kulit. Kolagen di kulit ini akan membantu untuk menghaluskan kulit anda, sekaligus memicu pertumbuhan sel-sel kulit baru dengan cepat, sehingga bekas jerawat menghitam anda akan segera tersamarkan. Maka tak heran jika baking soda dapat juga digunakan sebagai cara mencegah flek hitam wajah secara alami.
  • Baking soda dapat membersihkan pori-pori kulit anda, kemudian membuat lapisan kulit terluar kulit anda mengelupas, sehingga lapisan kulit yang baru dan lebih muda akan menggantikannya. Hasilnya, bekas jerawat akan semakin tersamarkan secara cepat.

Cara menghilangkan bekas jerawat yang menghitam dengan menggunakan baking soda

  • Pertama, siapkan 2 sendok teh baking soda dan 1 sendok teh air, kemudian campur kedua bahan tersebut menjadi satu, sehingga teksturnya menjadi seperti pasta yang layak untuk dijadikan masker.
  • Setelah itu, oleskan pasta baking soda tersebut ke area kulit anda yang terdapat bekas jerawat menghitam.
  • Kemudian tunggu hingga masker baking soda mengering di kulit anda selama kurang lebih 10 menit.
  • Setelah itu, segera keringkan kulit anda dengan menggunakan air bersih dan keringkan dengan segera.
  • Untuk hasil yang maksimal, anda dapat menggunakan masker baking soda ini paling tidak 3 kali dalam seminggu secara rutin.

Baca Juga: Manfaat Kopi Untuk Wajah Berjerawat

7. Gunakan Obat Retinoid

Selain dengan menggunakan bahan herbal, maka menghilangkan bekas jerawat menghitam dengan menggunakan pengobatan juga dapat menjadi alternatif. Salah satu obat yang cukup bermanfaat untuk mengobati bekas jerawat menghitam adalah dengan menggunakan obat retinoid topikal yang biasanya tersedia dalam bentuk cream obat penghilang bekas jerawat yang ada di apotik.

Nah, bagaimanakah obat retinoid topikal akan menghilangkan bekas jerawat menghitam di kulit anda? Obat retinoid topikal akan mengurangi produksi sebum pada kelenjar minya di kulit anda. Nah, semenjak produksi minyak berlebih merupakan salah satu faktor mengapa bekas jerawat dapat menghitam, maka obat retinoid topikal ini akan sangat bermanfaat untuk digunakan bagi anda yang memiliki tipe kulit wajah yang berminyak.

Baca Juga: Obat Jerawat Batu Yang Ada di Apotik

8. Gunakan Asam Salisilat

Selain dengan menggunakan obat topikal retinoid, cara yang juga ampuh untuk menyamarkan bekas jerawat menghitam di kulit anda adalah dengan menggunakan produk pembersih kulit wajah yang memiliki kandungan asam salisilat. Nah, mengapa harus menggunakan asam salisilat untuk menghilangkan bekas jerawat di kulit anda? Berikutini beberapa manfaat asam salisilat untuk kulit anda.

  • Asam salisilat memiliki kandungan anti-inflamasi yang akan sangat bermanfaat untuk mencegah peradangan jerawat akibat debu menyebabkan jerawat, kotoran, maupun bakteri yang dapat menimbulkan bekas jerawat berwarna hitam di kemudian hari.
  • Asam salisilat dapat mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk pada kulit wajah anda. Dengan terangkatnya sel-sel kulit mati, maka anda akan terhindar dari komedo dan bekas jerawat menghitam akan perlahan memudar. Maka tak heran bukan jika asam salisilat sering digunakan sebagai cara menghilangkan bintik hitam bekas jerawat?

Baca Juga: Manfaat Obat Jerawat Cindala dan Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Caladine

Sponsors Link

 9. Chemical Peeling

Jika anda merasa tidak sabar untuk menghilangkan bekas jerawat melalui metode alami dan juga dengan metode pengobatan, maka anda dapat melakukan perawatan medis seperti chemical peeling sebagai cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat di kulit anda. Dengan melakukan chemical peeling, maka dengan menggunakan bahan kimia tertentu lapisan kulit atas anda akan dirusak dengan tujuan agar proses regenerasi sel-sel kulit baru dapat berlangsung dengan segera dan lebih cepat.

Namun, anda harus memperhatikan bahwa setelah melakukan chemical peeling, anda harus menghindari berbagai macam hal dibawah ini untuk menghindari bahaya chemical peeling untuk wajah berjerawat  seperti iritasi pada kulit anda.

  • Jangan terkena paparan sinar matahari secara langsudng dalam waktu yang lama.
  • Jangan menggosok atau menggaruk wajah anda apalagi dengan menggunakan tangan anda.
  • Untuk sementara jangan menggunakan produk kosmetik terlebih dahulu, walaupun anda ingin bepergian.

10. Teknologi Laser

Cara paling mutakhir sekaligus cara paling ampuh untuk menghilangkan bekas jerawat yang sudah terlanjur menghitam dari kulit anda adalah dengan menggunakan teknologi laser. Nah, daya vakum yang terdapat pada teknologi laser ini akan menyedot segala kotoran, komedo, maupun sel-sel kulit mati yang akan menghilangkan bekas jerawat yang menghitam secara seketika. Selain itu, sinar laser dalam teknologi laser juga akan membunuh berbagai kuman dan bakteri yang dapat menimbulkan peradangan jerawat di kemudian hari. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa jika anda berniat untuk melakukan penghilangan bekas jerawat menghitam di kulit anda dengan menggunakan metode laser, anda harus bersiap-siap merogoh kantong dalam-dalam.

Baca Juga: Efek Samping Laser Wajah jerawat Yang Perlu Diketahui

Tips Mencegah Timbulnya Bekas Jerawat Menghitam

Setelah anda mengetahui berbagai macam cara menghilangkan bekas jerawat menghitam di kulit anda, maka hal yang selanjutnya perlu anda ketahui adalah bagaimana cara mencegah timbulnya bekas jerawat menghitam. Anda tentu mengetahui bukan bahwa ada pepatah ‘mencegah lebih baik daripada mengobati’? Nah, berikut ini merupakan beberapa tis mencegah timbulnya bekas jerawat menghitam.

  • Gunakan Tabir Surya. Salah satu hal yang harus anda lakukan untuk mencegah timbulnya bekas jerawat menghitam adalah dengan menggunakan tabir surya. Hal utama penyebab timbulnya bekas jerawat menghitam adalah karena paparan sinar matahari yang berlebihan, sehingga akan menimbulkan hiperpigmentasi pada kulit anda. Oleh karena itu, untuk melindungi kulit anda dari paparan sinar matahari sekaligus sebagai cara mencegah jerawat tumbuh lagi, jangan lupa gunakan tabir surya,
  • Gunakan Topi Saat Keluar Ruangan. Salah satu cara selain menggunakan tabir surya utnuk mencegah timbulnya bekas jerawat hitam di kulit anda adalah dengan menggunakan topi. Dengan menggunakan topi, maka kulit wajah yang berjerawat akan aman dari bahaya paparan sinar matahari yang dapat membuat timbulnya bekas jerawat berwarna hitam.
  • Gunakan Masker Saat Bepergian. Saat anda bepergian ke luar ruangan, maka tidak ada salahnya jika anda menggunakan masker. Salah satu faktor yang menyebabkan bekas jerawat menghitam adalah karena menumpuknya debu dan kotoran pada jerawat anda yang masih aktif sehingga dapat menjadi penyebab jerawat meradang yang memicu timbulnya bekas jerawat menghitam. Nah, oleh karena itu, lindungi bagian wajah anda dari kotoran dan debu dengan menggunakan masker.
  • Gunakan Kosmetik yang Sesuai. Salah satu penyebab mengapa bekas jerawat berwarna hitam dapat muncul adalah karena pemakaian kosmetik yang tidak sesuai. Nah, pemakaian kosmetik yang tidak sesuai saat anda memiliki jerawat di kulit akan berpotensi membuat jerawat meradang karena jerawat tida memiliki ruang untuk bernapas, sehingga akhirnya, bekas jerawat anda akan menghitam. Oleh karena itu, saat anda memiliki jerawat, gunakan bedak yang cocok untuk kulit berjerawat dan foundation untuk kulit berjerawat sehingga anda terhindar dari peradangan jerawat.
  • Konsumsi Makanan Yang Tepat. Jika anda selalu mengkonsumsi makanan penyebab jerawat di wajah muncul terus seperti makanan berminyak, pedas, dan bersantan, maka tidak heran jika terdapat bekas jerawat menghitam. Oleh karena itu, lebih baik anda mengkonsumsi makanan penghilang jerawat seperti sayuran dan buah-buahan.

Baca Juga Artikel Tentang Jerawat Lainnya:

Nah, sekarang anda sudah mengetahui berbagai hal mengenai solusi menghilangkan bekas jerawat menghitam di kulit anda beserta tips-tips untuk mencegah timbulnya jerawat menghitam. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda semua.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Thursday 14th, July 2016 / 18:02 Oleh :
Kategori : Pengobatan