Sponsors Link

9 Cara Menghilangkan Bengkak Jerawat dalam Semalam, Wajib Coba!

Sponsors Link

Menghilangkan bengkak jerawat memang tidak dapat sembarang, karena kondisi tersebut menandakan bahwa jerawat sedang mengalami peradangan atau bahkan juga sedang terinfeksi oleh bakteri atau kuman propioacnes bacterium. Terlebih lagi adanya bahaya jerawat bengkak sehingga dalam mengatasi atau menghilangkan nya perlu perhatian dan cara yang aman serta benar. Jika anda salah atau ceroboh dalam menghilangkan bengkak jerawat tersebut, maka dapat menyebabkan luka pada kulit anda, sehingga bekas jerawat atau juga bopeng bekas jerawat tidak dapat dihindari lagi. Belum lagi, jerawat bengkak sangat berpotensi pecah dan mengeluarkan nanah, sehingga dapat memicu timbulnya jerawat lebih banyak lagi jika menyebar ke bagian kulit lainnya. Oleh sebab itu, berikut ini ada beberapa cara menghilangkan bengkak jerawat dalam semalam yang wajib anda simak.

Sponsors Link
  1. Rajin Mencuci Wajah

Salah satu cara yang paling efektif dalam mengatasi segala sesuatu tentang jerawat termasuk bengkak jerawat adalah dengan selalu menjaga kebersihan wajah dengan rajin mencuci wajah. Setidaknya, anda harus mencuci wajah 2 kali dalam sehari, yaitu pagi hari dan malam hari sebelum tidur. Dalam mencuci wajah, anda dapat menggunakan sabun wajah yang mengandung antibakteri dan sesuai dengan sifat serta kondisi kulit wajah anda. Dengan mencuci muka maka kotoran yang menempel pada wajah dapat dihilangkan secara rutin. Namun perlu diingat, bahwa jangan juga terlalu sering mencuci wajah karena dapat mengurangi kelembaban kulit, sehingga bengkak jerawat justru tak kunjung sembuh. Gunakan air dingin dibandingkan menggunakan air hangat dalam mencuci wajah anda.

  1. Es Batu

Es batu memang biasa digunakan pula untuk mengompres luka atau bengkak, sehingga dapat pula digunakan untuk menghilangkan bengkak jerawat.

  • Siapkan es batu dalam bentuk balok-balok kecil.
  • Bungkus es batu dalam kain bersih dan lembut.
  • Usapkan bungkusan es batu tersebut pada bengkak jerawat selama beberapa menit hingga seluruh es batu mencair.

Perlu diingat untuk tidak menekan es batu pada bengkak jerawat terlalu kuat, karena dapat berpotensi jerawat pecah. Ketika jerawat pecah akan menyebabkan luka dan jerawat akan semakin parah.

  1. Air Beras

Air beras juga ternyata dapat membantu menghilangkan bengkak jerawat dalam semalam, anda hanya perlu menggunakan air beras sebagai masker wajah. Berikut caranya.

  • Cuci beras dengan air secukupnya, dan sisi kan air beras tersebut.
  • Masukan air bekas cucian beras tersebut kedalam kulkas, dan diamkan selama 5 hingga 24 jam sampai terbentuk lapisan tebal di dasar air beras tersebut.
  • Jika lapisan tebal sudah terbentuk, maka buang air beras.
  • Gunakan lapisan tebal tersebut sebagai masker pada wajah anda secara merata atau hanya pada bengkak jerawat saja.
  • Tunggu hingga 15 menit, kemudian bilas wajah hingga bersih.
  1. Obat Tetes Mata

Anda pasti asing mendengar cara yang satu ini, tetapi kandungan tetrahydrozoline hydrochloride didalam obat tetes mata ternyata dapat membantu menghilangkan kemerahan pada bengkak jerawat anda. Sehingga juga dapat membantu bengkak jerawat hilang dengan efektif.

  • Siapkan obat tetes mata dan kapas.
  • Tetaskan obat tetes mata pada kapas secukupnya.
  • Masukkan kapas tersebut ke dalam freeze selama semalaman, dan tempel kan pada bengkak jerawat pada keesokan harinya.
  • Tunggu selama beberapa menit agar kandungan obat tetes meresap pada bengkak jerawat.
  1. Kayu Manis dan Madu

Manfaat madu untuk jerawat juga dapat digabungkan dengan kayu manis untuk menghilangkan bengkak jerawat. Dimana kayu manis mengandung anti mikrobakteri yang dapat membantu membunuh bakteri penyebab jerawat.

  • Masukkan 2 sendok makan bubuk kayu manis, dan campur kan dengan 1 sendok teh madu kedalam wadah.
  • Aduk hingga tercampur rata, dan oleskan pada bengkak jerawat di wajah anda.
  • Diamkan kurang lebih selama 15 menit, dan bilas wajah hingga bersih.
  1. Minyak Zaitun

Untuk menghilangkan bengkak jerawat dalam semalam, anda dapat mengoleskan minyak zaitun secara langsung pada bengkak jerawat di wajah anda secara merata. Lakukan setidaknya 3 kali dalam sehari, yaitu pagi siang dan malam. Dimana manfaat minyak zaitun untuk jerawat juga tidak perlu diragukan lagi.

  1. Bawang Putih

Manfaat bawang putih untuk jerawat meradang dapat membantu membunuh berbagai macam bakteri penyebab jerawat, sehingga juga efektif untuk menghilangkan bengkak jerawat dalam semalam. Dalam menggunakan bawang putih untuk bengkak jerawat, anda hanya perlu menyiapkan bawang putih yang telah dikupas dan dicuci bersih. Kemudian potong menjadi dua bagian dan tempel kan pada bengkak jerawat di wajah anda selama beberapa menit.

  1. Putih Telur

Anda juga dapat menggunakan putih telur untuk menghilangkan bengkak jerawat semalam, yaitu dengan cara mengoleskan putih telur yang benar-benar terpisah atau tidak tercampur kuning telur sedikitpun pada bengkak jerawat di wajah anda. Diamkan hingga sedikit mengering dan bilas wajah hingga bersih. Lakukan setidaknya 3 kali sehari untuk hasil lebih maksimal.

  1. Menggunakan Obat Jerawat

Untuk menghilangkan bengkak jerawat dalam semalam, anda juga dapat menggunakan obat jerawat, baik obat jerawat alami maupun obat jerawat kimia. Gunakan obat jerawat yang mengandung benzoil peroksida yang dapat mencegah terjadinya penyumbatan pori-pori kulit. Akan tetapi, anda juga perlu berhati-hati dalam penggunaan obat jerawat, karena jika anda salah menggunakan obat jerawat yang tidak cocok dengan kulit wajah anda atau dengan dosis yang tidak benar, maka dapat memperparah jerawat dan menyebabkan iritasi. Oleh sebab itu, dalam penggunaan obat jerawat disarankan dengan menggunakan resep dokter.

Itulah beberapa cara menghilangkan bengkak jerawat dalam semalam, semoga bermanfaat.

ads
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan
Search
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.