Sponsors Link

14 Cara Menghilangkan Bintik Hitam Bekas Jerawat Yang Ampuh

Sponsors Link

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang walaupun tidak menyakitkan, tapi akan terasa sangat mengganggu kita, terutama karena jerawat ini akan mempengaruhi penampilan kita secara keseluruhan. Hal ini dapat menjadi semakin buruk ketika jerawat anda meradang dan mengalami infeksi yang dapat menimbulkan bintik hitam bekas jerawat di kulit anda yang sangat sulit dihilangkan. Anda ingin mengetahui bagaimana cara menghilangkan bintik hitam bekas jerawat anda? Inilah cara-cara yang dapat anda lakukan untuk menghilangkan bintik hitam bekas jerawat baik secara herbal maupun dengan pengobatan.

Sponsors Link

Dengan Metode Herbal

  1. Dengan Masker Putih Telur

Cara menghilangkan jerawat dengan masker kulit telur merupakan cara ampuh yang pertama untuk memberantas bintik hitam bekas jerawat. Putih telur terkenal akan proteinnya yang dapat menutrisi kulit anda sehingga akan membuat kulit anda selalu kencang dan mengecilkan pori-pori  kulit anda.

Selain mengecilkan pori-pori, masker putih telur juga akan berguna untuk mereduksi minyak pada kulit yang biasanya menjadi pemicu timbulnya jerawat ketika minyak ini menyumbat pori-pori kulit. Karena hal tersebutlah lah, masker putih telur akan sangat bermanfaat untuk mencegah jerawat dan melawan bintik hitam bekas jerawat.

Cara Penggunaannya?

  • Pertama, anda harus memastikan bahwa kulit anda telah anda cuci dengan bersih, setelah itu keringkan dengan handuk.
  • Pecahkan telur, kemudian pisahkan bagian kuningnya dengan bagian putihnya. Gunakan hanya pada bagian putih telurnya saja.
  • Oleskan secara tipis-tipis putih telur tersebut ke bintik hitam bekas jerawat anda, dan biarkan masker ini semalaman meresap di bintik hitam bekas jerawat tersebut.
  • Pagi harinya, bilas dengan air yang tidak panas dan tidak juga dingin, kemudian keringkan segera dengan handuk.

Baca Juga : Manfaat Putih Telur untuk Wajah Berjerawat dan Cara Membuat Masker Putih Telur dan Manfaatnya

  1. Dengan Masker Madu

Cara herbal yang kedua adalah dengan memanfaatkan masker madu. Cara menghilangkan jerawat dengan madu pada saat ini menjadi sangat populer karena memang  madu sangat dikenal luas sebagai obat herbal yang ampuh dalam menangani bintik hitam bekas jerawat dikarenakan sifat anti-bakterinya. Maka, tak diragukan lagi bahwa madu dapat membunuh bakteri penyebab jerawat sekaligus mencegah infeksi dan peradangan jerawat pada kulit yang akan menyebabkan bintik hitam bekas jerawat.

Selain itu, madu juga dapat berperan sebagai antiseptik karena madu mengandung hidrogen peroksida, senyawa yang dapat mempercepat proses penyembuhan kulit dari berbagai macam luka termasuk bintik hitam bekas jerawat.

Cara penggunaannya?

  • Pertama, anda hasru mencuci kulit anda hingga bersih, kemudian keringkan dengan handuk.
  • Oleskan madu murni secara tipis-tipis ke bagian kulit yang terdapat bintik hitam bekas jerawat, dan biarkan masker madu ini meresap di kulit anda semalaman
  • Pada pagi harinya, cuci wajah anda dengan air yang tidak panas dan tidak juga dingin, dan keringkan dengan handuk.

Baca Juga: Cara Membuat Masker Madu

ads
  1. Dengan Lemon

Manfaat lemon untuk bekas jerawat memang tidak diragukan lagi. Buah lemon memiliki khasiat yang sangat ampuh dalam mempercepat proses penyembuhan bintik hitam bekas jerawat karena lemon sangat dikenal sebagai bleaching agent dan memiliki sifat exfoliating. Lemon disebut demikian karena buah ini dapat memicu pengelupasan sel-sel kulit mati dan segera menggantikannya dengan sel-sel kulit baru. Ketika sel-sel kulit baru terbentuk, maka dijamin bahwa bintik hitam bekas jerawat anda akan semakin samar-samar terlihat.

Cara penggunaannya?

  • Sebaiknya lemon ini anda pergunakan sebagai jus dengan penambahan sedikit air karena menggunakan perasan lemon secara langsung akan membuat kulit anda terasa perih.
  • Dengan cotton bud, oleskan jus lemon yang anda buat secara tipis-tipis ke area kulit anda yang terkena bintik hitam bekas jerawat.
  • Biarkan jus lemon tersebut meresap di kulit anda kurang lebih 5 menit lamanya, kemudian segera cuci kulit anda dengan air yang tidak panas dan tidak juga dingin. Jangan lupa aplikasikan jus lemon ini setiap hari ya.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Jerawat dengan Lemon dan Madu dan Manfaat Lemon untuk Wajah Berjerawat

  1. Dengan Es Batu

Tahukah anda bahwa sesuatu yang simpel seperti es batu ternyata memiliki efek yang luar biasa untuk menyembuhkan bintik hitam bekas jerawat anda? Ya, es batu memiliki efek yang luar biasa untuk kulit anda karena es batu ini memiliki sifat anti-inflamasi, yang tentu saja berguna untuk mencegah peradangan dan infeksi jerawat, yang dapat berujung pada munculnya bintik hitam bekas jerawat saat jerawat tersebut menghilang dari kulit anda. Sifat anti-inflamasi pada es batu tentu saja juga sangat berguna untuk menyamarkan bintik hitam bekas jerawat anda.

Cara Penggunaannya?

  • Bungkus beberapa kubik es batu dengan pakaian basah anda yang masih bersih, jangan yang kotor karena itu justru akan memperparah kondisi kulit anda karena baju kotor mengandung berbagai macam bakteri.
  • Oleskan pakaian basah anda yang berisi beberapa kubik es batu tadi ke area kulit anda yang terdapat bintik hitam bekas jerawat. Lakukan hal tersebut selama 10-15 menit.
  • Lakukan aktivitas ini setiap hari untuk hasil yang maksimal.
  1. Dengan Baking Soda

Cara menghilangkan jerawat dengan soda kue juga telah jamak dilakukan saat ini. Sama seperti lemon, baking soda ternyata memiliki sifat exfoliating, yang berarti bahwa baking soda ini akan memicu pengelupasan sel-sel kulit mati dan juga memicu pertumbuhan sel-sel kulit baru. Pengelupasan sel-sel kulit mati ini tentu saja akan sangat berguna untuk menyamarkan bintik hitam bekas jerawat secara perlahan hingga akhirnya bintik hitam bekas jerawat ini dapat hilang seluruhnya dari wajah anda.

Cara Penggunaannya?

  • Pertama, anda perlu mencampukan satu sendok teh baking soda kedalam dua sendok teh air. Kemudian aduk hingga merata sehingga baking soda benar-benar berbentuk cairan.
  • Oleskan campuran ini ke area kulit anda yang terdapat bintik hitam penyebab jerawat. Memijat secara lembut dengan gerakan melingkar merupakan cara yang paling baik dalam mengoleskan baking soda ini. Diamkan selama kurang lebih 2 menit.
  • Setelah 2 menit, cuci kulit anda menggunakan air yang tidak panas dan tidak juga dingin dan kemudian keringkan segera dengan handuk.
  • Untuk hasil yang maksimal, gunakan baking soda ini setiap hari satu kali saja.
  1. Dengan Lidah Buaya

Lidah buaya juga dapat dijadikan sebagai bahan herbal yang sangat ampuh untuk memberantas bintik hitam bekas jerawat. Manfaat lidah buaya untuk jerawat juga telah dikenal luas di masyarakat. Gel yang dihasilkan oleh lidah buaya telah dikenal luas dapat melembabkan kulit anda, sehingga tidak heran bahwa ekstrak lidah buaya banyak ditemukan di produk-produk kecantikan masa kini.

Selain itu, gel lidah buaya mengandung sifat-sifat yang sangat komplit dalam membasmi segala hal tentang jerawat. Lidah buaya memiliki sifat anti-inflamasi, anti-bakteri, dan koagulasi. Sifat koagulasi ini merupakan pertanda bahwa lidah buaya dapat mempercepat penyembuhan bekas luka, termasuk bintik hitam bekas jerawat yang sangat mengganggu penampilan anda.

Cara penggunaannya?

  • Petik langsung satu tanaman lidah buaya. Kemudian potong lidah buaya tersebut hingga anda melihat gumpalan gel keluar dari tanaman lidah buaya tersebut.
  • Oleskan langsung gel lidah buaya tersebut ke area kulit anda yang terdapat bintik hitam bekas jerawat dan kemudian biarkan saja hingga mengering, tidak perlu dicuci dengan air.
  • Untuk hasil maksimal, gunakan gel lidah buaya ini sehari sekali secara rutin.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Jerawat dengan Lidah Buaya dan Cara Menghilangkan Komedo dengan Lidah Buaya

  1. Dengan Minyak Zaitun

Salah satu cara herbal lainnya untuk memberantas bintik hitam penyebab jerawat adalah dengan menggunakan minyak zaitun. Lalu, mengapa minyak zaitun sebegitu berguna dalam memberantas bintik hitam penyebab jerawat? Ada banyak kebaikan bagi kulit anda yang ditawarkan oleh minyak zaitun ini.

Pertama, minyak zaitun mengandung polifenol yang melembabkan kulit dan mencegah efek penuaan dini pada kulit. Kedua, minyak zaitun dapat menyeimbangkan jumlah minyak pada kulit, sehingga kulit anda tidak akan terlalu kering dan juga tidak terlalu berminyak. Yang ketiga, minyak zaitun juga memiliki sifat exfoliates, yang dapat mengangkat kotoran dari pori-pori dan menyamarkan bintik hitam bekas jerawat dengan pembentukan sel kulit baru.

Cara penggunaannya?

  • Oleskan beberapa tetes minyak zaitun ke telunjuk tangan anda, kemudian oleskan dan pijat dengan gerak melingkar secara lembut dan tipis-tipis ke area kulit anda yang terdapat bintik hitam bekas jerawat sebelum anda tidur malam.
  • Biarkan minyak zaitun menyerap kedalam kulit anda semalaman. Pada pagi harinya, segera cuci kulit anda dengan air yang tidak panas dan tidak juga dingin, dan setelah itu keringkan dengan handuk.
  • Lakukan pengolesan minyak zaitun ini setap hari sebelum tidur demi hasil yang maksimal.
  1. Dengan Timun

Manfaat timun bagi jerawat juga tak perlu diragukan lagi. Timun akan sangat bermanfaat untuk menghilangkan bintik hitam bekas jerawat anda. Timun memiliki beberapa manfaat yang sangat luar biasa untuk kulit anda. Timun mengandung 90% air yang jika diaplikasikan ke kulit anda, akan dapat melembabkan kulit anda secara cepat. Selain itu, timun ini dijuluki sebagai natural cleanser karena kemampuannya untuk menyingkirkan kotoran dan sel-sel kulit mati dari kulit anda. Untuk mengatasi bintik hitam bekas jerawat sendiri, timun memiliki sifat astringent yang dapat menyembuhkan jerawat sekaligus menyamarkan bintik hitam bekas jerawat itu sendiri.

Cara penggunaannya?

  • Potong mentimun menadi beberapa lapisan yang tipis.
  • Kemudian, tempelkan irisan-irisan mentimun tersebut ke area kulit anda yang terdapat bintik hitam bekas jerawat. Diamkan selama 15 hingga 20 menit.
  • Setelah itu, singkirkan irisan mentimun tersebut dari kulit anda, dan cuci kulit anda dengan air hangat, kemudian langsung diikuti dengan air dingin. Lakukan secara rutin setiap hari untuk hasil yang maksimal.

Baca Juga: Langkah cara Membuat Masker Timun dengan Mudah

Sponsors Link

  1. Dengan Minyak Kelapa

Minyak kelapa merupakan sumber herbal lainnya yang sangat bermanfaat untuk menyingkirkan bintik hitam bekas jerawat yang menghiasi kulit anda. Minyak kelapa mengandung banyak nutrisi yang dapat meningkatkan kesehatan kulit anda serta dapat menstimulus produksi kolagen. Manfaat kolagen untuk jerawat memang telah dikenal luas dikalangan para ahli medis karena kolagen merupakan sebuah protein yang akan menjaga kelembutan kulit anda dan menyamarkan bintik hitam bekas jerawat.

Selain itu, minyak kelapa mengandung asam laurat, asam kaprat, asam kaprilat, Vitamin E, dan Vitamin K yang telah dikenal luas dapat memicu perkembangan sel-sel kulit baru yang lagi-lagi dapat meyamarkan bintik hitam bekas jerawat anda.

Cara penggunaannya?

  • Tuangkan beberapa tetes minyak kelapa ke telunjuk tangan anda. Kemudian, oleskan minyak kelapa di telunjuk anda tersebut ke area kulit yang terdapat bintik hitam bekas jerawat. Pijat dengan lembut dengan gerak melingkar.
  • Biarkan selama 10 menit, atau anda bisa juga membiarkannya semalaman penuh.
  • Setelah 10 menit atau pada pagi hari, cuci kulit anda dengan air panas terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan dengan air dingin. Keringkan dengan handuk dan lakukan hal ini setiap hari secara rutin.
  1. Dengan Minyak Vitamin E

Cara herbal lainnya untuk menangani bintik hitam bekas jerawat adalah dengan menggunakan minyak Vitamin E. Banyak faktor pula yang membuat minyak Vitamin E ini sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit anda. Namanya saja Vitamin E, maka tidak heran jika minyak ini mengandung banyak antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Selain itu, minyak Vitamin E ini akan memacu proses pembentukan sel-sel kulit baru pada kulit dan meregenerasi jaringan kulit anda sehingga hasilnya, bintik hitam bekas jerawat anda akan semakin tersamarkan.

Cara penggunaannya?

  • Pertama, anda harus mencuci kulit anda hingga bersih, kemudian keringkan dengan handuk bersih.
  • Oleskan minyak ini pada area kulit yang terdapat bintik hitam bekas jerawat ini dengan menggunakan telunjuk anda.
  • Anda bisa menggunakan minyak Vitamin E ini 2 hingga 3 kali sehari dan gunakan secara rutin untuk hasil yang maksimal.

Dengan Pengobatan

  1. Dengan Krim Kortison

Menggunakan krim kortison ini merupakan salah satu langkah yang digunakan oleh banyak orang demi proses penghilangan bintik hitam bekas jerawat secara cepat. Krim kortison memang memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mencegah peradangan pada kulit dan infeksi pada jerawat yang dapat menimbulkan bekas jerawat, dan juga krim ini dapat memicu proses penyembuhan bintik hitam bekas jerawat. Namun yang perlu anda perhatikan adalah biasanya krim atau antiotik memiliki efek samping yang cukup mengganggu. Krim kortison ini merupakan cream obat penghilang bekas jerawat yang ada di apotik sehingga anda dapat membelinya sewaktu-waktu.

  1. Dengan Asam Salisilat

Jika diperhatikan, anda akan banyak menemukan berbagai produk-produk perawatan yang dijual di pasaran dengan kandungan asam salisilat. Hal ini cukup dimaklumi karena asam salisilat yang terdapat pada krim penghilang jerawat memiliki sifat exfoliate yang akan mengangkat sel-sel kulit mati bekas jerawat ke permukaan kulit, dan menggantinya dengan sel kulit baru yang akan membuat bintik hitam bekas jerawat anda akan menghilang.

  1. Dengan Laser

Jika anda memiliki uang lebih dan begitu frustasi karena berbagai metode pengobatan secara herbal kurang cocok untuk anda dan bintik hitam bekas jerawat masih setia menghiasi kulit anda setelah beberapa bulan lamanya, maka ini merupakan cara yang paling ampuh untuk menyingkirkannya. Metode laser ini akan mengangkat sel kulit mati secara cepat dan juga memicu pertumbuhan kolagen secara cepat, sehingga sel kulit baru cepat terbentuk dan menghilangkan bintik hitam bekas jerawat anda.

  1. Dengan Peeling

Teknik peeling ini mungkin bisa anda coba pula jika pengobatan dengan menggunakan berbagai krim tidak membuahkan hasil yang memuaskan. Peeling pada kulit, umumnya wajah ini akan merangsang pertumbuhan lapisan kulit yang paling atas dan mengganti sel-sel kulit mati dengan sel kulit yang baru, sehingga bintik hitam bekas jerawat anda pun akan hilang seiring berjalannya waktu.Namun, anda perlu memperhatikan bahaya chemical peeling untuk wajah jerawat.

Nah, sekarang anda sudah tahu segala bentuk pengobatan untuk menghilangkan bintik hitam bekas jerawat, baik dengan metode herbal ataupun dengan metode pengobatan. Untuk meminimalisir efek samping pada kulit anda, alangkah lebih baik jika anda selalu mempertimbangkan untuk menghilangkan bintik hitam bekas jerawat anda dengan bahan herbal. Jangan lupa untuk selalu mengaplikasikan cara hidup sehat agar terhindar dari jerawat serta mencegah timbulnya bintik hitam bekas jerawat pada kulit anda.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Wednesday 04th, May 2016 / 08:15 Oleh :
Kategori : Pengobatan