Sponsors Link

Inilah 9 Cara Menghilangkan Bintik Merah di Wajah Seperti Jerawat, Wajib Coba

Sponsors Link

Bintik merah di wajah seperti jerawat sangat menganggu penampilan kita baik itu pria maupun wanita. Selain itu, bintik merah tersebut juga memberikan dampak psikologis akibat jerawat. Untuk itu, perlu adanya cara untuk menghilangkannya. Apa saja cara-cara yang bisa digunakan. Berikut adalah cara-cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bintik merah di wajah sepeti jerawat, diantaranya adalah :

Sponsors Link

1. Mengonsumsi aspirin

Aspirin bukan hanya berfungsi sebagai obat sakit kepala, tetapi juga memilik kandungan anti-radang sehingga turunan asma salisilat ini memiliki efek penghentian peradangan. Aspirin dapat dikonsumsi sebelum tidur.

2. Menggunakan minyak tea tree

Ketika muncul bintik-bintik merah di wajah, oleskanlah tea tree oil ke bagian kulit yang mengalami peradangan. Anda bisa menggunakan kapas atau cotton bud. Jika kulit Anda sensitif, tea tree oil bisa dicampur dengan sedikit air sebelum dioleskan ke kulit yang meradang.

3. Mengoleskan krim hidrokortison

Krim yang mengandung hidrokortison juga dipercaya dapat menghilangkan bintik merah. Krim steroid topical ini juga digunakan untuk menghilangkan ruam popok dan gigitan serangga. Selain itu, juga bisa dipakai untuk mengurangi pembengkakan dan kemerahan.

4. Dikompres dengan air hangat atau air dingin

Anda juga bisa mengompres bintik merah dengan air hangat untuk menghilangkan kotoran di wajah yang menyebabkan bintik tersebut. sedangkan, mengompres dengan air dingin dapat meredakan rasa nyeri, mengurangi pembengkakan dan mengurangi kemerahan pada bintik di wajah.

5. Membuat masker tomat

Bintik merah juga dapat disembuhkan dengan masker tomat. Caranya mudah yakni cukup  dengan menghancurkan tomat lalu gunakan bagian dalam tomat sebagai masker wajah. Diamkan selama satu jam kemudian cuci muka hingga bersih. Selain itu, tomat juga bisa Anda campurkan menggunakan alpukat.

Vitamin yang ada di dalam buah alpukat mampu memberikan nutrisi pada kulit sehingga wajah tetap sehat dan lembut. Caranya cukup dengan mencampur tomat dengan alpukat hingga menjadi pasta. Lalu oleskan ke wajah dan diamkan selama 15-20 menit. Setelah itu bilas menggunakan air bersih.

6. Rajin membersihkan wajah

Adanya bintik pada wajah bisa disebabkan karena kurangnya Anda dalam menjaga kebersihan. Dengan demikian, Anda sangat dianjurkan untuk rajin membersihkan wajah menggunakan produk yang cocok dengan kulit Anda. Atau bisa juga menggunakan produk pembersih wajah yang mengandung asam glycolic atau salicylic untuk mengurangi resiko jerawat di wajah.

7. Mengatasi noda bintik

Apabila membersihkan wajah saja tidak cukup, Anda juga perlu mengatasi noda jerawat pada wajah. Gunakan produk yang mengandung asam salisilat atau benzoyl peroxide sebab dapat membunuh bakteri penyebab jerawat sehingga bintik akan segera sembuh.

Sponsors Link

8. Melakukan eksfoliasi wajah

Melakukan eksfoliasi bisa dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan alami ringan misalnya scrub gula merah dengan minyak zaitun. Caranya mudah, cukup dengan membersihkan wajah lalu mengoleskan scrub dan gosok secara perlahan pada bintik di area wajah. Biarkan selama 20 sampai 30 menit dan bilas menggunakan air dingin. Eksfoliasi ini bisa berguna untuk mengangkat sel-sel kulit mati.

9. Menyemprotkan air mawar

Air mawar yang mengandung zat anti-radang dapat Anda gunakan untuk mengobati bintik merah di wajah. Caranya cukup dengan menyemprotkan air mawar sebanyak 2 sampai 3 kali sehari hingga bintik-bintik merah di wajah dapat berkurang dan menghilang.

Demikian cara menghilangkan bintik merah di wajah seperti jerawat dan semoga bermanfaat.

ads
Oleh :
Kategori : Pencegahan
Search
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.