Sponsors Link

15 Cara Menghilangkan Bruntusan di Jidat Secara Alami

Sponsors Link

Bruntusan atau jerawat kecil kecil memang menjadi salah satu hal yang paling meresahkan buat kaum wanita. Bentuknya memang tidak sebesar jerawat batu, namun kemunculannya benar benar tidak diharapkan. Jika dibiarkan, bruntusan bisa menjadi jerawat parah di jidat.

Sponsors Link

Cara Mengatasi

Daftar bahan alami yang bisa membantu mengatasi bruntusan di jidat tanpa efek samping berbahaya antara lain adalah:

1. Lidah Buaya

Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari lidah buaya. Lidah buaya memiliki efek menenangkan dan menyejukkan untuk kulit wajah, serta membantu mengurangi iritasi dan kemerahan pada kulit. Selain itu, lidah buaya sangat ampuh untuk meredakan bruntusan pada kulit wajah. Cara membuat masker lidah buaya untuk menghilangkan jerawat bruntusan sangat mudah.

  • Siapkan lidah buaya segar secukupnya, cuci dengan air hingga bersih.
  • Bersihkan kulit lidah buaya, ambil dagingnya saja.
  • Hancurkan daging lidah buaya sampai mengeluarkan gel.
  • Oleskan gel lidah buaya ke jerawat bruntusan secara merata.
  • Diamkan selama 30 menit agar meresap ke kulit.
  • Bilas wajah dengan air hingga bersih.

2. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel mengandung anti bakteri yang cukup tinggi sehingga sangat baik untuk menghilangkan bruntusan.

  • Campurkan 3 sendok makan cuka sari apel dengan 3 sendok makan air. Bisa kurang atau lebih, namun dengan perbandingan 1:1.
  • Masukkan ke dalam wadah boto.
  • Gunakan toner cuka sari apel ke jerawat bruntusan secara merata.
  • Diamkan sampai meresap sempurna lalu bilas dengan air hingga bersih.

3. Tea Tree Oil

Tea tree oil atau minyak pohon teh adalah bahan alami yang ampuh untuk menghilangkan bruntusan dan jerawat. Kandungan anti bakteri dalam tea tree oil sangat tinggi sehingga mampu membunuh bakteri dan menghilangkan bruntusan. Tea tree oil kini bisa didapatkan dengan mudah di toko kosmetik.

  • Ambil 1 atau 2 tetes tea tree oil ke ujung jari.
  • Oleskan tea tree oil secara merata ke seluruh bruntusan yang ada di wajah.
  • Diamkan sampai meresap sempurna selama semalaman.
  • Bilas dengan air hingga bersih.
Sponsors Link

4. Oatmeal

Oatmeal adalah bahan alami yang bisa mengikis sel kulit mati dengan baik. Oleh sebab itu oatmeal juga sangat baik digunakan sebagai masker untuk menghilangkan bruntusan.

  • Siapkan 1 sendok makan oatmeal, lalu beri sedikit air agar membentuk pasta kental.
  • Oleskan ke bruntusan di wajah, biarkan hingga setengah kering.
  • Pijat halus dengan gerakan memutar sampai oatmeal rontok dari wajah.
  • Bilas dengan air hingga bersih.

5. Baking Soda

  • Siapkan baking soda secukupnya, campur dengan sedikit air hingga membentuk pasta masker kental.
  • Oleskan masker ke jerawat bruntusan secara merata.
  • Diamkan selama 5 menit.
  • Bilas dengan air hingga bersih.
Sponsors Link

Penyebab

Siapa bilang sih munculnya bruntusan erat dengan tipe kulit. Hal hal dan kebiasaan kecil yang selalu diulang juga bisa menjadi penyebab munculnya jerawat bruntusan lho. Ini dia berbagai kebiasaan buruk penyebab bruntusan yang harus dihindari.

1. Hormon Tidak Seimbang

Penyebab hormon tidak seimbang di dalam tubuh dipengaruhi oleh faktor internal di dalam tubuh. Saat wanita sedang menstruasi atau menjelang menopause, hormon di dalam tubuh menjadi tidak seimbang. Demikian pula dengan remaja yang beranjak dewasa serta kondisi psikologis yang tidak sehat seperti stress atau terlalu sering begadang. Hindari berbagai kondisi seperti stress dan hentikan kebiasaan buruk seperti suka begadang.

2. Rambut yang Kotor

Jangan sepelekan masalah kebersihan rambut. Tidak rajin mencuci rambut dan menjaga kebersihan rambut adalah salah satu kebiasaan penyebab jerawat yang berbahaya serta bisa menimbulkan efek lain seperti bruntusan di kulit. Mengapa bisa demikian? Kotoran yang ada di dalam rambut bisa dengan mudah berpindah dan mengenai kulit wajah sehingga menyumbat pori pori kulit wajah. Selain bruntusan, rambut yang kotor bisa menyebabkan munculnya jerawat batu.

3. Minyak Berlebih di Wajah

Kulit yang berminyak memang lebih rentan untuk ditumbuhi jerawat dibandingkan dengan tipe kulit yang lebih kering. Saat produksi minyak di wajah meningkat, potensi munculnya jerawat dan berbagai masalah kulit lain juga ikut meningkat. Gunakan sabun wajah atau krim yang bisa mengontrol kelebihan minyak di wajah agar wajah terhindari dari berbagai macam masalah kulit.

4. Penggunaan Kosmetik

Wanita memang tidak bisa lepas dari kosmetik. Kosmetik adalah bagian dari wanita yang tidak bisa dilepaskan. Namun demikian, penggunaan kosmetik yang berlebihan tidak baik untuk kulit karena bahan kimia yang ada di dalamnya membawa dampak yang sangat buruk. Kurangi penggunaan kosmetik, dan segera bersihkan wajah setelah selesai beraktivitas. Jangan biarkan kosmetik menempel di wajah terlalu lama.

5. Kulit Terpapar Sinar Matahari

Paparan sinar matahari secara langsung ke kulit wajah memberikan dampak yang berbahaya bagi kulit. Paparan sinar matahari membuat kulit tampak kusam, hitam, dan terbakar serta lebih mudah ditumbuhi oleh jerawat. Lindungi kulit dengan menggunakan tabir surya setiap akan keluar rumah.

Cara Mencegah Bruntusan

Inilah cara mencegah bruntusan di wajah yang harus dihindari.

1. Rajin Membersihkan Wajah

Bersihkan wajah langsung setelah selesai beraktivitas, terutama aktivitas di luar ruangan. Penumpukan kotoran di wajah menyebabkan jerawat lebih cepat muncul, disertai dengan masalah kulit lain seperti bruntusan.

2. Mengurangi Penggunaan Topi

Jangan terlalu sering menggunakan topi karena bisa membuat kulit jidat sulit untuk bernapas. Hal ini menyebabkan jerawat bruntusan lebih mudah muncul karena pori pori kulit tersumbat.

3. Keramas Secara Rutin

Jaga kebersihan rambut dengan keramas secara rutin agar tidak ada penumpukan kotoran yang bisa mengenai wajah.

4. Mengganti Sarung Bantal

Ganti sarung bantal yang digunakan untuk tidur agar tidak menjadi sarang bakteri penyebab jerawat dan bruntusan.

5. Cuci Wajah dengan Sabun

Gunakan sabun muka untuk kulit berjerawat agar kebersihan dan kesehatan kulit lebih terjaga.

Itulah berbagai cara menghilangkan bruntusan di jidat secara alami yang bisa dilakukan. Penggunaan bahan alami memang relatif aman dan bebas dari efek samping berbahaya.

ads
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan