Sponsors Link

11 Cara Menghilangkan Bruntusan di Kening dengan Bahan 100% Alami

Sponsors Link

Segala sesuatu tentang jerawat memang meresahkan. Tetapi bukan hanya jerawat saja masalah kulit yang perlu diperhatikan. Selain jerawat, ada komedo yang juga meresahkan dan bisa menjadi jerawat. Ada juga bruntusan yang juga membuat kulit menjadi tidak mulus. Bruntusan mirip dengan jerawat pasir yang juga bisa tumbuh di wajah. Hanya saja, jerawat pasir biasa berisi cairan atau nanah, sementara bruntusan tidak memiliki isi. Ini dia cara menghilangkan bruntusan di kening yang perlu Anda ketahui:

Sponsors Link

1. Minyak Zaitun

Anda tidak hanya bisa merasakan manfaat minyak zaitun untuk jerawat, tetapi juga untuk menghilangkan bruntusan. Minyak zaitun alami bisa melembabkan dan menghaluskan kulit wajah dengan baik. Minyak ini kaya kandungan anti oksidan dan vitamin E.

Cara menghilangkan bruntusan di kening dengan minyak zaitun sangat mudah. Ambil minyak zaitun secukupnya, bisa juga ditambahkan dengan sedikit bubuk kunyit. Oleskan ke bruntusan yang ada di kening, diamkan selama 15 menit sebelum dicuci bersih.

2. Lidah Buaya

Cara menghilangkan komedo dengan lidah buaya memang sudah banyak dilakukan. Kandungan di dalam lidah buaya yang baik untuk tubuh antara lain adalah emoliem, anti bakteri, anti inflamasi, dan anti jamur yang semuanya baik untuk merawat kulit berjerawat, komedo, dan bruntusan.

Cara menghilangkan bruntusan dengan komedo juga sangat mudah. Siapkan lidah buaya segar yang dikupas kulitnya. Oleskan gel lidah buaya secara merata ke daerah bruntusan di kening. Biarkan selama semalaman, baru bilas dengan air hingga bersih. Lakukan cara ini sampai bruntusan benar benar hilang.

3. Minyak Bunga Chamomile

Minyak bunga chamomile juga baik untuk menghilangkan bruntusan di kening. Minyak ini memiliki kandungan anti jamur, anti bakteri, dan anti virus yang bisa menjadi obat mujarab bagi bruntusan. Gunakan minyak esensial bunga chamomile, beberapa tetes yang dicampur dengan sedikit air putih. Celupkan kapas bersih lalu kompreskan ke daerah bruntusan. Anda juga bisa menggunakan minyak bunga chamomile dengan langsung mengoleskannya ke bruntusan di kening.

4. Cuka Sari Apel

Dapat digunakan sebagai cara menghilangkan jerawat pasir di jidat, cuka sari apel juga bisa digunakan untuk menghilangkan bruntusan secara alami.  Cuka apel bisa menghilangkan rasa gatal dan membunuh bakteri jahat pada kulit.

Campurkan 1 sdm cuka sari apel dengan 1 sdm air. Setelah tercampur rata, celupkan kapas bersih dan diamkan selama 1 menit. Kompreskan cuka sari apel ke bruntusan, diamkan selama 15 menit sebelum dibilas dengan air hingga bersih.

5. Oatmeal

Melakukan perawatan wajah berjerawat secara alami tidak boleh meninggalkan oatmeal. Bahan yang satu ini memang baik untuk mengatasi berbagai masalah kulit, meredakan iritasi dan peradangan. Cara menghilangkan bruntusan dengan oatmeal sangat mudah.

Haluskan 1 sdm oatmeal dengan blender. Campur oatmeal dengan madu dan air hingga membentuk pasta masker yang kental. Oleskan masker ke bruntusan di kening dan sisanya dioleskan ke seluruh wajah hingga merata. Diamkan selama 15 menit sebelum dibilas dengan air hingga bersih.

Sponsors Link

6. Ketumbar

Belum banyak yang tahu jika ketumbar bisa digunakan untuk menghilangkan bruntusan dengan sangat ampuh. Bumbu dapur yang satu ini punya banyak sifat alami antara lain anti iritasi, anti inflamasi, dan antiseptik. Selain untuk menghilangkan bruntusan, ketumbar juga baik digunakan untuk mengatasi gatal dan ruam kemerahan.

Cara menghilangkan bruntusan dengan ketumbar yaitu dengan mengambil ketumbar secukupnya, lalu dihaluskan hingga membentuk pasta. Oleskan ketumbar tipis tipis saja ke bruntusan kemudian diamkan selama 30 menit sebelum dibilas hingga bersih.

7. Minyak Bunga Calendula

Minyak esensial dari bunga calendula punya segudang manfaat untuk kulit. Selain baik untuk mengatasi bruntusan, minyak ini juga baik untuk mengatasi berbagai masalah karena memiliki sifat anti inflamasi, antivirus, anti bakteri dan anti jamur.

Gunakan minyak calendula organik jika kulit wajah Anda sensitif. Ambil sedikit saja minyak esensial calendula lalu oleskan ke bruntusan di kening setiap malam hari. Diamkan selama semalaman, lalu bilas dengan air keesokan harinya.

Sponsors Link

8. Daun Neem

Satu lagi bahan alami yang belum familiar, namun punya banyak manfaat untuk menghilangkan bruntusan di kulit Anda. Daun Neem memiliki sifat alami sebagai anti inflamasi, anti jamur, anti bakteri, dan analgesik yang baik untuk mengobati berbagai masalah kulit. Bahan ini juga baik untuk meremajakan kulit wajah dan mengeluarkan semua racun yang ada di kulit karena tinggi akan kandungan anti oksidan.

Rebus segenggam daun Neem yang sudah dicuci bersih dengan 100 ml air hingga mendidih. Biarkan sampai air hanya tersisa 1/3 saja lalu rendam kapas bersih ke dalamnya selama 1 menit. Kompreskan kapas tersebut ke kening yang bruntusan selama 30 menit.

9. Baking Soda

Anda pasti pernah mendengar cara menghilangkan komedo dengan baking soda yang sudah terkenal ampuh. Tidak hanya komedo saja, baking soda juga bisa digunakan untuk menghilangkan bruntusan. Baking soda sangat baik untuk mengikis sel kulit mati dan menjadi eksfoliator alami untuk kulit wajah.

Siapkan baking soda secukupnya, lalu campur dengan air hingga membentuk pasta kental. Oleskan ke bruntusan yang ada di kening sambil dipijat dengan gerakan memutar. Diamkan selama 20 menit sebelum dibilas hingga bersih.

10. Putih Telur

Putih telur adalah salah satu bahan alami yang sudah terkenal manfaatnya untuk merawat kecantikan kulit wajah. Protein yang ada pada putih telur mampu mengecilkan pori pori kulit wajah secara efektif dan membuat wajah selalu tampak kencang serta awet muda. Putih telur juga bisa menghilangkan bruntusan secara alami dalam waktu yang singkat.

Cara membuat masker putih telur juga bisa dicampur dengan jus lemon dan madu. Kocok putih telur bersama kedua bahan lain hingga kaku dan mengembang. Oleskan ke area yang bruntusan dan ke seluruh wajah jika masih tersisa. Diamkan selama 20 menit sampai wajah terasa ketat, lalu bilas dengan air hingga bersih.

11. Minyak Cengkeh

Minyak yang terbuat dari bahan alami memang memiliki banyak manfaat untuk kulit lebih dari yang bisa dibayangkan. Minyak cengkeh dapat ditemukan dengan mudah di toko obat atau toko bahan kecantikan.

Oleskan minyak cengkeh ke kening yang bruntusan tipis tipis saja setiap malam. Diamkan selama semalaman, lalu bilas dengan air hingga bersih keesokan harinya.

Itulah cara menghilangkan bruntusan di kening dengan cara yang alami. Satu hal yang harus diingat, dibutuhkan kesabaran jika Anda ingin menghilangkan masalah kulit yang alami. Hasil perawatan dengan bahan alami membutuhkan waktu yang sedikit lama, tetapi aman dan tanpa efek samping yang berbahaya.

ads
, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan