Sponsors Link

10 Cara Menghilangkan Flek Hitam Bekas Jerawat Di Wajah Dengan Cepat

Sponsors Link

Segala sesuatu tentang jerawat memanglah snagat menyebalkan. Terkadang jerawat yang telah mengempis justru akan meninggalkan bekas jerawat yang sangat sulit dihilangkan, apalagi jika bekas jerawat tersebut berwujud flek hitam dimana hal ini tentu saja akan mengakibatkan dampak psikologis akibat jerawat, yaitu kepercayaan diri yang menurun. Namun, pada masa sekarang ini sudah banyak cara untuk menghilangkan flek hitam bekas jerawat. Penasaran bagaimana sajakah caranya? Berikut ini ulasannya untuk anda.

Sponsors Link

Penyebab Timbulnya Flek Hitam Bekas Jerawat

Sebelum anda mengetahui berbagai cara untuk menghilangkan flek hitam bekas jerawat, maka terlebih dahulu anda perlu mengetahui hal-hal apa sajakah yang memicu timbulnya flek hitam bekas jerawat. Berikut ini merupakan faktor pemicu timbulnya flek hitam bekas jerawat.

  • Sinar UV. Sinar UV merupakan faktor utama penyebab timbulnya flek hitam bekas jerawat. Nah, sinar matahari memang sangat berbahaya untuk kulit anda karena akan meningkatkan produksi melanosome pada melanin yang membuat kulit tampak lebih gelap dan timbulah flek hitam bekas jerawat.
  • Polusi. Sama seperti sinar UV, polusi juga akan mempengaruhi produksi melanin yang berlebihan sehingga akhirnya timbulah flek hitam bekas jerawat. Polusi juga merupakan salah satu penyebab komedo di wajah.
  • Penggunaan Kosmetik. Penggunaan kosmetik yang salah juga dapat memicu pertumbuhan flek hitam bekas jerawat. Ketika anda menggunakan kosmetik, terutama kosmetik yang mengandung zat pewarna, parfum, dan bahan-bahan tertentu yang membuat kulit anda rentan terhadap sinar UV, maka pigmentasi akan semakin cepat, yang akanmenimbulkan flek hitam di bekas jerawat anda. Ada baiknya anda menggunakan daftar kosmetik untuk wajah berjerawat.
  • Faktor Genetik. Faktor genetik tentu saja mempengaruhi timbulnya flek hitam bekas jerawat di kulit anda. Bahkan, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa sekitar 20 hingga 70% timbulnya flek hitam bekas jerawat disebabakan oleh faktor genetik.

Nah, sekarang anda telah mengetahui berbagai macam penyebab timbulnya flek hitam bekas jerawat di kulit anda. Sekarang saatnya anda mengetahui berbagai macam cara menghilangan flek hitam bekas jerawat di kulit anda dengan menggunakan cara herbal maupun pengobatan medis. Berikut ini ulasannya:

1. Timun

Ketika anda mendapati flek hitam bekas jerawat di kulit anda, maka langkah yang paling aman adalah menggunakan bahan herbal seperti masker timun ini untuk menghilangkannya. Nah, inilah beberapa manfaat timun bagi jerawat dan langkah cara membuat masker timun dengan mudah

  • Timun memiliki kemampuan yang cukup bagus untuk mennyingkirkan sel kulit mati yang menumpuk di kulit wajah anda, sehingga akan mempercepat proses penghilangan flek hitam bekas jerawat di kulit anda.
  • Timun mampu berperan sebagai pembersih kulit wajah anda dan mengencangkan kulit anda, sehingga akan sangat bermanfaat untuk membersihkan flek hitam di kulit wajah anda.

Cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat dengan menggunakan timun

  • Pertama, anda perlu menyiapkan timun kemudian potong timun tersebut menjadi beberapa irisan.
  • Setelah itu, anda dapat menempelkan irisan timun ke area kulit wajah anda yang terdapat flek hitam bekas jerawat.
  • Diamkan irisan timun tersebut di kulit anda selama kurang lebih 20 menit. Setelah itu angkat dan segera cuci kulit wajah anda dengan menggunakan air bersih.
  • Untuk memperoleh hasil yang maksimal, maka anda dapat menggunakan masker timun ini sehari sekali secara rutin hingga flek hitam memudar.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Daun Sirih

2. Aspirin

Mungkin selama ini anda menggunakan aspirin untuk mengobati penyakit sakit kepala ataupun flu. Namun, tahukah anda ternyata obat aspirin ini juga dapat diaplikasikan secara eksternal? Aspirin ternyata dapat dijadikan masker dan memberikan berbagai macam manfaat untuk mengatasi jerawat di kulit anda. Berikut ini ulasannya.

  • Aspirin memiliki sifat anti-inflamasi yang akan sangat bermanfaat untuk mencegah peradangan oleh bakteri penyebab jerawat dan menghindarkan anda dari bahaya infeksi jerawat
  • Aspirin memiliki kandungan asam salisilat yang bermanfaat untuk menyingkirkan sel kulit mati yang menumpuk di kulit wajah anda, sehingga flek hitam bekas jerawat akan semakin tersamarkan.

Cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat dengan aspirin

  • Pertama, anda tentu saja harus menyiapkan 4 buah tablet aspirin kemudian tumbuk dengan halus hingga teksturnya menyerupai bubuk.
  • Nah, agar dapat digunakan sebagai masker, maka anda harus mencampurkan bubuk aspirin tadi ke dalam sedikit air, atau campurkan dengan madu.
  • Kemudian oleskan campuran antara aspirin dengan air atau madu tadi ke area kulit anda yang terdapat flek hitam bekas jerawat.
  • Diamkan selama 15 menit, kemudian segera cuci kulit wajah anda dengan mengaplikasikan cara mencuci wajah yang benar untuk kulit berjerawat.
  • Anda dapat menggunakan masker aspirin ini paling tidak sebanyak 2 kali dalam seminggu untuk memperoleh hasil yang maksimal.
ads

3. Lidah Buaya

Selain dapat digunakan untuk mempercantik rumah kita, tanaman lidah buaya juga telah dikenal sangat ampuh untuk menghilangkan bekas jerawat di kulit anda, termasuk flek hitam bekas jerawat. Nah, gel dalam lidah buaya memang memiliki peranan besar untuk menghilangkan bekas jerawat di kulit anda. Berikut ini beberapa manfaat lidah buaya untuk jerawat dan cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya:

  • Lidah buaya memiliki kandungan senyawa polisakarida dan giberelin yang akan secara ampuh membunuh bakteri penyebab jerawat dan juga memicu pertumbuhan sel kulit baru.
  • Lidah buaya merupakan astringent alami, yang membuat lidah buaya memiliki kemampuan untuk menyingkirkan sel kulit mati yang menumpuk di kulit anda, sehingga mempercepat proses penyembuhan flek hitam bekas jerawat.

Cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat dengan menggunakan lidah buaya

  • Pertama anda perlu menyiapkan 1 buah tanaman lidah buaya, kemudian anda potong tanaman tersebut sehingga anda dapat melihat adanya gel di dalam lidah buaya tersebut.
  • Oleskan gel dari lidah buaya tersebut ke area kulit anda yang terdapat flek hitam bekas jerawat dengan gerakan memutar dan lembut.
  • Biarkan gel tersebut meresap di kulit anda semalaman, dan pada pagi harinya, anda dapat segera mencuci kulit wajah anda dengan menggunakan air bersih.
  • Untuk hasil yang maksimal, anda dapat menggunakan gel lidah buaya ini setiap malam secara rutin hingga flek hitam memudar.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Komedo dengan Lidah Buaya

4. Bawang Merah

Bawang merah memang selama ini dikenal sebagai bumbu pelengkap masakan yang akan menambah citarasa makanan yang kita masak. Namun, ternyata bawang merah juga bisa menjadi solusi atas berbagai permasalahan jerawat di kulit kita. Berikut ini merupakan berbagai manfaat bawang merah untuk jerawat:

  • Bawang merah memiliki kemampuan untuk memicu produksi kolagen pada kulit kita. Manfaat kolagen untuk jerawat adalah akan menghaluskan kulit dan juga akan mempercepat proses penghilangan flek hitam bekas jerawat.
  • Bawang merah mengandung komponen sulfur yang bersifat anti-inflamasi, yang membuat bawang merah sangat bermanfaat untuk mencegah peradangan jerawat yang ditimbulkan bakteri penyebab jerawat batu.

Cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat dengan menggunakan bawang merah

  • Pertama anda perlu menyiapkan beberapa siung bawang merah, kemudian tumbuk bawang merah hingga teksturnya menjadi halus.
  • Kemudian, anda dapat mengoleskan tumbukan bawang merah tersebut ke area kulit anda yang terdapat flek hitam bekas jerawat.
  • Setelah itu, diamkan bawang merah tersebut di kulit anda selama kurang lebih 10 menit. Kemudian segera cuci dengan menggunakan air bersih.
  • Untuk memperoleh hasil yang maksimal, maka anda dapat menggunakan masker bawang merah ini sehari sekali secara rutin.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Jerawat dengan Bawang Putih dan Manfaat Bawang Putih Untuk Jerawat

5. Madu

Untuk bahan herbal yang satu ini, tentu saja anda sudah familiar bukan? Madu memang memiliki kemampuan yang luar biasa untuk menghilangkan berbagai jenis bekas jerawat, termasuk juga flek hitam bekas jerawat. Berikut ini merupakan beberapa manfaat masker madu untuk jerawat dan cara membuatnya.

  • Madu akan memicu produksi hidrogen peroksida yang akan sangat bermanfaat untuk membunuh berbagai bakteri penyebab jerawat dan juga mempercepat proses penghilangan bekas jerawat.
  • Madu mengandung antioksidan yang akan sangat bermanfaat untuk mencegah peradangan jerawat dan juga akan memperbaiki sel-sel kulit yang rusak, sehingga bekas jerawat menjadi semakin cepat tersamarkan.

Cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat dengan menggunakan madu

  • Pertama, anda tentu saja harus menyiapkan madu murni. Kemudian anda dapat mengoleskan madu murni tersebut ke area kulit anda yang terkena flek hitam bekas jerawat.
  • Kemudian diamkan selama kurang lebih 15 menit, setelah itu anda dapat mencuci kulit wajah anda dengan menggunakan air bersih.
  • Sebagai alternatif dan untuk hasil yang maksimal, anda dapat mengoleskan madu ini pada malam sebelum anda tidur, kemudian diamkan masker madu ini semalaman dan segera cuci bersih pada pagi harinya.
  • Untuk memperoleh hasil yang maksimal, maka anda dapat menggunakan masker madu ini setiap malam hingga flek hitam di kulit anda memudar.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bopeng Jerawat dengan Madu dan Cara Menghilangkan Jerawat dengan Madu

6. Jeruk Nipis

Sama seperti madu, bahan herbal satu ini juga tidak usah diragukan lagi keampuhannya dalam mengatasi berbagai macam masalah jerawat. Ketika anda memiliki masalah flek hitam bekas jerawat, maka jeruk nipis merupakan solusi yang ampuh untuk anda. Berikut ini merupakan beberapa manfaat jeruk nipis untuk jerawat dan cara menghilangkan bekas jerawat dengan jeruk nipis.

  • Jeruk nipis memiliki kandungan Vitamin C yang bagus, dimana hal ini menjadikan jeruk nipis menjadi agen pencerah kulit yang akan menyamarkan flek hitam bekas jerawat dengan cepat.
  • Jeruk nipis dapat memicu produksi kolagen, dimana kolagen ini akan menghaluskna kulit anda dan mempercepat proses penyembuhan flek hitam bekas jerawat di kulit anda.

Cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat dengan menggunakan jeruk nipis

  • Pertama-tama, anda perlu menyiapkan 1 buah jeruk nipis dengan sedikit air bersih. Kemudian campurkan perasan jeruk nipis ke dalam air tersebut. Aduk hingga campuran tersebut merata.
  • Kemudian anda dapat mengoleskan campuran jeruk nipis dan air tersebut ke area kulit anda yang memiliki flek hitam bekas jerawat.
  • Kemudian biarkan jeruk nipis tersebut meresap di kulit anda selama kurang lebih 15 menit, kemudian segera cuci kulit wajah anda dengan menggunakan air bersih.
  • Untuk hasil yang maksimal, anda dapat menggunakan masker jeruk nipis ini sehari sekali hingga flek hitam di kulit anda memudar.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Jerawat dengan Jeruk Nipis

 7. Minyak Kelapa

Selain digunakan sebagai salah satu bahan masakan, minyak kelapa ternyata juga memiliki kemampuan yang sangat bagus untuk mengatasi berbagai masalah di kulit anda, terutama yang berkaitan dengan jerawat. Berikut ini beberapa manfaat minyak kelapa untuk mengatasi masalah jerawat anda.

  • Minyak kelapa mengandung asam kaprat yang akan memicu pertumbuhan sel-sel kulit baru sehingga tidak perlu diragukan lagi bahwa minyak kelapa akan mempercepat proses penyamaran flek hitam bekas jerawat dan dapat digunakan sebagai cara mencegah flek hitam wajah secara alami.
  • Minyak kelapa memicu produksi kolagen pada kulit, sehingga hal ini membuat kulit kita menjadi lebih halus dari sebelumnya, dan flek hitam bekas jerawatpun akan semakin cepat menghilang dari kulit anda.

Cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat dengan menggunakan minyak kelapa

  • Pertama anda tinggal menyiapkan minyak kelapa, kemudian anda dapat mengoleskannya ke area kulit anda yang terdapat flek hitam bekas jerawat dengan menggunakan jari telunjuk anda.
  • Kemudian diamkan minyak kelapa tersebut meresap di kulit anda selama kurang lebih 10 hingga 15 menit.
  • Setelah itu, segera cuci kulit wajah anda dengan menggunakan air bersih dan keringkan dengan segera.
  • Sebagai alternatif, anda dapat mengoleskan minyak kelapa ini pada malam hari, dan mendiamkannya semalaman, baru kemudian pagi harinya anda bersihkan kulit anda dengan menggunakan air bersih.
  • Untuk hasil yang maksimal, maka anda dapat mengoleskan minyak kelapa ini sehari sekali secara rutin.

Baca Juga: Manfaat Minyak Biawak untuk Jerawat dan Manfaat Minyak Ular Untuk Jerawat

Sponsors Link

8. Kentang

Selain seringkali dimanfaatkan sebagai sumber karbohidrat yang sangat baik, ternyata kentang juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk mengatasi berbagai masalah jerawat di kulit anda. Berikut ini beberapa manfaat kentang untuk mengatasi berbagai masalah jerawat anda.

  • Kentang dapat memicu produksi kolagen yang akan menghaluskan kulit anda dan juga dapat mempercepat proses penghilangan flek hitam bekas jerawat di kulit anda dan dapat digunakan sebagai cara menghilangkan noda bekas jerawat dengan bahan alami.
  • Kentang memiliki kandungan Vitamin C dan Vitamin B kompleks yang sangat bermanfaat untuk mencegah peradangan jerawat dan juga mampu menyingkirkan sel kulit mati yang menumpuk, sehingga mempercepat proses penghilangan flek hitam bekas jerawat di kulit anda dan juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat dengan bahan herbal.

Cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat dengan menggunakan kentang

  • Pertama, tentu saja anda harus menyiapkan kentang terlebih dahulu, kemudian kelupas kulitnya dan tumbuk kentang tersebut hingga halus.
  • Kemudian campurkan tumbukan kentang tersebut dengan sedikit air, sehingga teksturnya cocok untuk dijadikan masker.
  • Kemudian anda dapat mengoleskan kentang tersebut ke area kulit anda yang terkena flek hitam bekas jerawat.
  • Biarkan selama kurang lebih 20 menit, kemudian anda dapat mencuci kulit anda dengan menggunakan air bersih.
  • Untuk hasil yang maksimal, anda dapat menggunakan masker kentang ini sekali sehari secara rutin hingga flek hitam di wajah anda memudar.

9. Krim Wajah

Ketika anda mendapati bekas jerawat di kulit wajah anda, maka menggunakan cream obat penghilang bekas jerawat yang ada di apotik merupakan suatu langkah yang patut dicoba. Obat antibotik yang dijual di apotik biasanya memiliki berbagai macam kandungan yang akan mempercepat proses penyamaran bekas jerawat jika dibandingkan dengan menggunakan bahan herbal. Untuk memudarkan bekas jerawat yang menghitam atau flek hitam di kulit wajah, maka ada baiknya anda memilih produk obat antibiotik yang memiliki kandungan Vitamin C yang tinggi. Selain itu, obat antibiotik yang memiliki kandungan asam kojic dan arbutin juga akan sangat ampuh dalam menghilangkan flek hitam bekas jerawat.

Baca Juga: Manfaat Obat Jerawat Cindala dan Manfaat Amoxicilin untuk Jerawat

10. Perawatan Laser dan Filler Injection

Metode perawatan ini merupakan metode perawatan bekas jerawat yang paling mutakhir sekaligus merupakan langkah yang dapat anda lakukan jika anda memang menginginkan agar flek hitam bekas jerawat anda menghilang dari kulit anda dalam waktu yang sangat cepat. Secara umum, teknologi laser ini berfungsi untuk memicu produksi kolagen secara cepat, sehingga kulit anda menjadi halus dan bekas jerawat semakin cepat tersamarkan. Secara umum, ada 2 jenis perawatan laser, yaitu perawatan laser ablatif dan perawatan laser non-ablatif.

  • Perawatan laser ablatif. Perawatan laser ablatif merupakan metode menggunakan laser dengan cara menembakkan laser pada area kulit anda yang terdapat bekas jerawat sehingga permukaan kulit anda menjadi lebih halus.
  • Perawatan laser non-ablatif. Perawatan laser non-ablatif lebih memfokuskan untuk meningkatkan produksi kolagen dan tidak akan mengganggu permukaan kulit anda, sehingga menggunakan perawatan laser non-ablatif ini relatif tidak akan meninggalkan efek samping pada kulit anda.
  • Filler Injection. Filler injection merupakan cara untuk mengisis cekungan yang biasanya terdapat bekas jerawat, sehingga permukaan kulit menjadi lebih halus daripada sebelumnya. Hanya saja suntikan ini biasanya membutuhkan beberapa kali pengulangan.

Baca Juga: Efek Samping Laser Wajah Jerawat yang Perlu Diketahui dan Jenis-Jenis Laser Jerawat dan Efek Sampingnya

Tips Menghindari Timbulnya Flek Hitam Bekas Jerawat

Setelah anda mengetahui berbagai macam cara mencegah timbulnya flek hitam bekas jerawat, maka sekarang saatnya anda juga mengetahui tips yang bermanfaat untuk menghindari timbulnya flek hitam bekas jerawat di kulit anda. Berikut ini tips-tipsnya:

  • Gunakan Sunscreen. Selalu gunakan sunscreen saat anda beraktivitas di luar ruangan, sehingga anda tidak akan timbul flek hitam bekas jerawat yang diakibatkan oleh bahaya sinar UVA dan UVB. Ada baiknya anda menggunakan produk sunscreen yang memiliki SPF paling tidak 30.
  • Pandai-pandailah memilih kosmetik. Jika anda merasa bahwa kulit anda berminyak dan berjerawat, maka anda sebaiknya memilih kosmetik yang cocok untuk kulit berjerawat, misalnya menggunakan foundation untuk kulit berjerawat dan juga bedak yang cocok untuk kulit berjerawat, sehingga nantinya kulit anda akan tetap aman dari bahaya timbulnya flek hitam bekas jerawat.
  • Memilih makanan yang tepat. Tidak bisa dipungkiri bahwa makanan yang anda makan akan mempengaruhi timbulnya flek hitam di kulit anda. Oleh karena itu, ada baiknya anda memilih makanan penghilang jerawat, yaitu makanan yang mengandung antioksidan sehingga mencegah timbulnya flek hitam bekas jerawat.
  • Gunakan masker. Saat anda beraktivitas di luar ruangan, maka ada baiknya jika anda menggunakan masker untuk menangkal polusi yang berpotensi menjadikan kulit anda rentann terhadap flek hitam bekas jerawat serta masker ini akan bermanfaat sebagai cara mencegah komedo di hidung dan wajah secara alami.

Baca Juga Artikel Tentang Jerawat Lainnya:

Nah, sekarang anda sudah mengetahui segala hal tentang cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat. Jangan lupa aplikasikan cara hidup sehat agar terhindar dari jerawat dan semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan