Sponsors Link

10 Cara Menghilangkan Flek Hitam Bekas Jerawat dengan Air Beras

Sponsors Link

Anda pasti sudah tahu kan kalau beras sangat bermanfaat untuk kecantikan kulit wajah? Banyak wanita menggunakan perawatan dengan menggunakan beras seperti bedak dingin, masker beras, hingga sabun beras. Khasiat beras untuk kecantikan memang sudah tersohor sejak dulu kala. Tapi tahukan Anda kalau air beras juga punya khasiat yang sama besarnya dengan beras itu sendiri? Sama dengan beras, air beras juga bisa memudarkan bekas jerawat. Banyak cara menghilangkan flek hitam bekas jerawata dengan air beras.

Sponsors Link

Air beras sebagai pembersih alami kulit mengnadung banyak nutrisi yang baik seperti vitamin B1, C, dan E serta mineral yang mampu mengecilkan pori-pori kulit, mengencangkan, mencerahkan dan sekaligus melembutkan kulit.

Baca juga:

Berikut cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat dengan air beras:

1. Air beras untuk mencuci muka

Ketika Anda akan memasak nasi, jangan buang air rendaman beras yang pertama. Air yang pertama ini mengandung banyak vitamin dan mineral bawaan yang sangat bermanfaat untuk kulit. Anda bisa menggunakannya dengan cara yang sederhana, yakni dengan langsung mencuci muka dengan air tersebut. Cara ini sangat baik digunakan di pagi dan malam hari. Caranya pisahkan air rendaman beras dari berasnya ke dalam wadah, lalu siramkan ke seluruh wajah. Jangan keringkan dengan tisu atau handuk, biarkan air kering dengan sendirinya. Anda mungkin akan merasa sedikit gatal, tapi itu tanda bahwa air beras mulai meresap pada kulit.

2. Mengompres kulit dengan air beras

Selain menggunakan beras sebagai air pengganti untuk mencuci muka, Anda juga bisa menggunakan air beras ini sebagai masker dengan cara “mengompresnya”. Caranya, ambil air rendaman beras yang sudah disiapkan. Siapkan juga 3 sapai 4 buah kapas bersih. Celupkan kapas ke dalam air beras, lalu tempelkan ke seluruh permukaan wajah hingga merata. Diamkan selama 30 menit, lalu angkat kapas. Tidak perlu dibilias, biarkan air beras kering dan meresap dalam kulit.

Baca juga:

3. Air beras dibekukan menjadi es batu

Ini adalah salah satu cara terbaik mengawetkan air beras. Jika Anda merasa sayang karena banyak air beras yang terbuang saat mencuci muka dengan air beras, awetkan saja menjadi es batu. Dengan demikian tidak ada air beras yang terbuang dan Anda bisa memaksimalkan manfaatnya. Tuang air cucian beras ke dalam cetakan es batu lalu biarkan membeku. Setelah itu gunakan es batu pada wajah setiap pagi dan malam hari.

4. Tambahkan air beras dengan bubuk bengkoang

Sama seperti beras, bubuk bengkoang sangat ampuh menghilangkan flek hitam bekas jerawat. Mencampur bubuk bengkoang dengan air beras akan menggandakan manfaatnya. Caranya, ganti air biasa atau air mawar yang Anda gunakan sebagai campuran bengkoang dengan air beras, lalu gunakan masker bengkoang 3 kali seminggu untuk hasil terbaik.

Sponsors Link

Baca juga:

5. Tambahkan madu dan baby oil untuk kulit lembut seperti bayi

Anda ingin kulit yang tidak hanya bersih tanpa noda tetapi juga lembut seperti kulit bayi? Tambahkan 1 sdm madu dan 5 tetes baby oil ke dalam air beras. Anda bisa memilih cara-cara di atas, yakni langsung menggunakannya sebagai air pencuci muka, mengompresnya dengan kapas, atau dibuat menjadi es batu. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air biasa.

6. Air beras dan sari lemon untuk wajah bersih dan cerah alami

Menghilangkan flek hitam bekas jerawat saja tidak akan memuaskan para wanita. Selain kulit yang bersih tanpa noda, Anda pasti juga ingin kulit yang cerah bercahaya. Caranya mudah. Tambahkan saja jus lemon ke dalam air beras Anda. Gunakan sesuai dengan cara yang Anda inginkan (mencuci muka, menggunakan kapas, atau es batu), diamkan selama 20 menit lalu bilas dengan air bersih.

Baca juga:

ads

7. Air beras dan putih telur untuk wajah bersih bebas minyak.

Putih telur adalah solusi paling ampuh untuk mengatasi kilap berlebih di wajah akibat minyak. Wajah berminyak adalah sarang bagi jerawat. Nggak heran kan kalau jerawat sering muncul di wajah yang berminyak. Campuran air beras dan putih telur akan membuat wajah bersih tanpa flek hitam bekas jerawat serta mengurangi kelebihan minyaknya. Putih telur juga bisa mengecilkan pori-pori kulit lho!

8. Air beras dan bubuk kunyit untuk melawan jerawat

Kunyit tidak hanya ampuh untuk melawan jerawat, tetapi juga bisa meredakan kemerahan pada kulit berjerawatn karena sifat anti inflamasinya. Campur bubuk kunyit dengan air beras lalu gunakan sebagai masker. Gunakan masker kunyit dan air beras secara rutin untuk mendapatkan kulit yang bersih bebas flek hitam.

Baca juga:

9. Air beras dan tomat untuk kulit sehat

Buah tomat kaya akan antoksidan yang mampu membuat kulit tetap sehat dan bebas jerawat. Lakukan perawatan dengan tomat dan air beras, agar kulit Anda tidak hanya bersih tanpa flek bekas jerawat, tetapi juga terhindar dari jerawat yang kembali lagi.

10. Air beras dan oatmeal untuk mengangkat sel kulit mati

Proses menghilangkan flek hitam bekas jerawat akan lebih cepat jika kulit mati dapat terangkat. Oatmeal sebagai zat eksfolian alami mampu mengangkat sel kulit mati dengan cepat. Kombinasi air beras dan oatmeal akan memberi manfaat ganda dan mempercepat hilangnya flek hitam bekas jerawat dari kulit Anda.

Baca juga:

Cara Membuat Air Beras yang Kaya Nutrisi

Air beras tidak hanya dihasilkan dari air cucian sebelum Anda memasak nasi. Anda juga bisa membuat air beras khusus yang kaya akan nutrisi. Berikut cara membuatnya:

  • Siapkan beras secangkir penuh, cuci sebentar agar debu dan kotoran hilang dari beras lalu buang airnya.
  • Masukkan beras ke dalam wadah yang lebih besar, tambahkan air bersih yang segar.
  • Aduk beras dengan tangan yang bersih. Diamkan beras selama 30 menit agar nutrisi dalam beras larut ke dalam air.
  • Pisahkan beras dengan airnya, dan air beras pun siap untuk digunakan.

Baca juga:

Sponsors Link

Manfaat Lain Air Beras untuk Wajah

Selain mampu menghilangkan flek hitam bekas jerawat, air beras mempunyai serangkain manfaat lain untuk wajah. Diantaranya adalah:

  • Jerawat menjadi cepat kering
  • Mengatasi komedo yang menumpuk
  • Mengencangkan kulit wajah sehingga tampak awet muda
  • Menyamarkan kerutan dan keriput di wajah
  • Melembutkan kulit wajah
  • Mengontrol kelebihan minyak pada wajah
  • Mencerahkan wajah secara alami
  • Antioksidan yang melindungi kulit dari radikal bebas dan polusi
  • Mengecilkan pori-pori wajah sehingga mencegah kotoran masuk ke kulit wajah

Itulah cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat dengan air beras. Lakukan perawatan alami ini secara rutin untuk memperoleh hasil yang maksimal. Wajah bersih bebas noda jerawat bukan lagi impian!

Baca juga:

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Wednesday 09th, August 2017 / 05:10 Oleh :
Kategori : Pencegahan