Sponsors Link

Cara Menghilangkan Jerawat Akibat Hormon Secara Alami

Sponsors Link

Masalah yang sangat menganggu sekali bagi penampilan kulit adalah masalah jerawat. Pada umumnya jerawat mulai tumbuh diwajah saat memasuki masa pubertas. Pada masa ini hormon di dalam tubuh akan mengalami perubahan dari masa kanak – kanak menuju masa remaja. Perubahan hormon ini merupakan suatu hal yang wajar dan hampir setiap orang pernah mengalaminya. Jerawat karena faktor hormon ini bisa ditandai dengan ciri – ciri sebagai berikut :

Sponsors Link

1.Pada usia pubertas

Usia pubertas baik pada anak laki – laki dan wanita hampir sama. Dan perubahan hormon didalam tubuh dapat menyebabkan timbulnya jerawat pada kulit wajah. Usia pubertas berlansung pada umur 14 hingga 17 tahun. Pada usia tersebut jerawat yang tumbuh tidak perlu difikirkan karena biasanya akan hilang dengan sendirinya.

Baca juga :

2. Saat stres

Dalam kondisi tubuh yang tidak stabil cenderung juga dapat menimbulkan stres. Efek samping bagi kulit akibat stres ini adalah meningkatnya produksi sel kelenjar minyak di dalam tubuh sehingga kulit wajah menjadi lebih berminyak. Faktanya kulit yang berlebihan memproduksi minyak dapat menimbulkan jerawat pada wajah. Ini akibat dari tersumbatnya pori – pori pada wajah.

Baca juga :

3. Jumlahnya lebih banyak

Ciri – ciri dari jerawat karena hormon selanjutnya adalah jumlah jerawa sangat banyak sekali seperti jerawat pasir. Jika sudah seperti ini diharapkan Anda segera mengobatinya agar tidak bertambah menjadi banyak. (Baca juga : Obat jerawat korea)

4. Datang bulan

Jerawat yang berhubunga dengan hormon berikutnya ditandai dengan masa datang bulan. Pada masa ini jerawat cenderung muncul karena meningkatnya hormon esterogen didalam tubuh. Dan perlahan jerawat akan menghilang saat masa datang bulan telah lewat.

Baca juga :

Itulah beberapa tanda jerawat berdasarkan hormon.

Masker Alami Penghilang Jerawat

Cara untuk menghilangkan jerawat akibat hormon bisa menggunakan bahan – bahan alami. Alasan menggunakan bahan – bahan alami sebagai obat penghilang jerawat adalah karena lebih aman bagi kulit secara keseluruhannya. Jika Anda tertarik ingin mencoba menggunakan bahan alami untuk menghilangkan jerawat akibat hormon antara lain adalah sebagai berikut :

1.Pepaya

Pepaya mengandung senyawa bernama papain yang baik untuk mengatasi jerawat sekaligus mencerahkan kulit wajah. Pepaya sebagai bahan alami untuk menghilangkan jerawat ini juga mudah untuk didapatkan. Adapun cara untuk membuat masker dari daging buah pepaya adalah sebagai berikut :

  • Pilih buah pepaya yang sudah masak dan segar, kemudian kupas kulitnya dan pisahkan dari biji pepaya.
  • Lumatkan daging buah pepaya tadi dan balurkan keseluruh wajah dan diamkan selama 30 menit.
  • Baru kemudian bilas wajah dengan menggunakan air yang bersih.

Itulah tata cara dalam membuat makser dari buah pepaya.

Baca juga :

Sponsors Link

2. Tomat

Tomat merupakan buah yang kaya akan kandungan licopene.Licopene dibutuhkan oleh kulit untuk menjaga keelastisannya. Kandungan ini jugalah yang menutrisi kulit dari dalam saat dijadikan sebagai masker untuk menghilangkan jerawat akibat hormon. Berikut ini langkah – langkah untuk membuat masker dari tomat :

  • Pilihlah buah tomat yang segar kemudian cuci hingga bersih.
  • Setelahnya haluskan daging buah tomat dengan blender baru kemudian dioleskan ke seluruh kulit wajah.
  • Diamkan selama 30 menit hingga masker dari buah tomat benar – benar mengering. Baru setelahnya dapat dibilas hingga bersih dari wajah.

Langkah membuat masker dari tomat ini dapat dipraktekkan sendiri di rumah Anda.

Baca juga :

3. Lidah buaya

Tanaman lidah buaya banyak di budidayakan karena manfaatnya yang baik untuk bidang kesehatan dan kecantikan. Untuk kulit sendiri lidah buaya sudah di percaya sebagai salah satu bahan dasar kosmetik karena kandungan gel dari lidah buaya. Kandungan gel lidah buaya dapat membunuh bakteri penyebab jerawat, anti peradangan dan melembapkan kulit secara alami. Cara untuk mendapatkan gel dari lidah buaya yaitu :

  • Pilih batang lidah buaya yang besar agar kandungan gel di dalamnya juga semakin banyak.
  • Kupas kulitnya dan bilas dengan air yang bersih.
  • Sesudah itu baru oleskan gel dari lidah buaya pada semua wajah khususnya yang berjerawat.
  • Tunggu selama 30 menit baru kemudian di bilas hingga bersih.

Gel dari lidah buaya ini memiliki warna yang bening. Sementara untuk getahnya memiliki warna kuning jangan sampai getah dari lidah buaya mengenai kulit karen dapat menyebabkan gatal – gatal pada kulit.

Baca juga :

ads

4. Jeruk nipis

Jeruk nipis masih satu jenis dengan lemon dan jeruk. Hanya saja jeruk nipis juga bisa digunakan sebagai bahan alami untuk menghilangkan jerawat akibat hormon. Adapun cara untuk membuat masker dari jeruk nipis ini yaitu tinggal belah menjadi dua bagian buah jeruk nipis. Setelah itu peras airnya dan oleskan pada wajah. Diamkan selama 15 menit baru kemudian di bilas kembali wajah hingga bersih.

Baca juga :

5. Bengkuang

Tanaman asli dari tropis ini memiliki sifat mendinginkan kulit wajah dan memutihkannya. Selain itu bengkuang juga dapat membantu menghilangkan jerawat beserta memudarkan bekasnya. Jika anda ingin menggunakan bengkuang sebagai masker untuk menghilangkan jerawat caranya adalah sebagai berikut :

  • Kupas kulit dari bengkuang kemudian bilas hingga bersih.
  • Setelah itu blender dagingnya untuk dihaluskan baru tempelkan pada wajah.
  • Tunggu hingga 30 menit sampai nutrisi dari bengkuang diserap sempurna oleh kulit wajah.
  • Baru kemudian di bilas dengan air yang bersih.

Penggunaan masker bengkuang ini dapat digunakan sebanyak dua kali sehari untuk mengobati jerawat.

( Baca juga : Obat jerawat tradisional yang mujarab, Manfaat Lemon Untuk Jerawat)

6. Pucuk jambu biji

Selanjutnya bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat adalah dengan menggunakan pucukjambu biji. Yang mana pucuk jambu biji diambil lansung dari batangnya kemudian pisahkan tulang daun dari daunnya.Daun pucuk tersebut dihaluskan dengan cara tradisional dan tempelkan pada kulit wajah yang berjerawat. Selanjutnya pemakaian masker dari pucuk jambu biji ini bisaa saat akan tidur hingga pagi menjelang.

7. Mentimun

Mentimun kaya akan kandungan air sehingga mentimun banyak dijadikan sebagai sayur untuk makan nasi. Namun selain itu mentimun juga dapat dijadikan masker alami untuk menghilangkan jerawat pada kulit wajah. Cara untuk membuat masker dari buah mentimun adalah sebagai berikut :

  • Pilih mentimun yang masih segar kemudian kupas kulitnya.
  • Setelah kulit mentimun di kupas lalu haluskan daging dari mentimun.
  • Oleskan pada wajah daging mentimun yang sudah halus menyerupai pasta.
  • Diamkan pada wajah selama 30 menit.

Setelah 30 menit berselang baru kemudian di bilas dengan menggunakan air yang bersih.

Baca juga :

8. Sadah dan lemon

Selanjutnya bahan alami yang dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat adalah sadah dan lemon yang dipadukan. Adapun langkah – langkah untuk membuat perpaduan bahan alami ini antara lain :

  • Buah lemon di belah menjadi dua bagian dan panaskan diatas dama api hingga air didalam lemon terlihat mendidih.
  • Setelah mendidih tuangkan pada piring dan tambahkan sadah. Aduk hinga merata baru oleskan pada wajah Anda.
  • Tunggu hingga 30 menit baru kemudian di bilas dengan menggunakan air yang bersih.

Untuk menggunakan bahan alami ini sebaiknya saat di oleskan pada wajah tidak terlalu tebal. Ini karena sadah memiliki sifat mengeraskan jadi saat menempel dikulit wajah masker ini akan mengering dengan sangat. Dan saat anda ingin membilas wajah dengan air yang bersih masker ini akan sulit untuk dihilangkan dari wajah jika masker terlalu tebal.

Baca juga :

Itulah bahan – bahan alami yang dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat karena hormon didalam kulit wajah.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Oleh :
Kategori : Pencegahan