Sponsors Link

7 Cara Menghilangkan Jerawat Akibat Salah Kosmetik

Sponsors Link

Tidak semua kosmetik bisa digunakan untuk setiap orang, termasuk salah penggunaan kosmetik yang tidak cocok akan menyebabkan kerusakan pada kulit. Beberapa dampak yang terjadi karena kesalahan kosmetik diantaranya adalah jerawat sebagai bentuk respon terhadap alergi atau iritasi.

Sponsors Link

Definisi kosmetik sendiri merupakan suatu bahan yang digunakan untuk bagian luar tubuh manusia guna memelihara tubuh dan tidak termasuk golongan obat. Kosmetik digolongkan kedalam 13 golongan yang masuk kedalam PerMenKes RI No. 445/MenKes/1998 tentang kosmetik yaitu sebagai berikut.

cara menghilangkan jerawat akibat salah kosmetik

  • Untuk mandi
  • Untuk bayi
  • Untuk make-up mata
  • Untuk make-up (bukan mata)
  • Untuk wangi-wangian
  • Untuk rambut
  • Untuk pewarna rambut
  • Untuk kebersihan mulut
  • Untuk kebersihan badan
  • Untuk cukur
  • Untuk perawat kulit
  • Untuk kuku
  • Untuk sunscreen

Beberapa hal yang dapat membuat hasil pemakaian kosmetik berbeda pada setiap kulit adalah sebagai berikut :

  • Perbedaan warna kulit, hal ini dapat menghasilkan efek yang berbeda untuk perbedaan setiap warna kulit.
  • Bahan baku kosmetik yang dipakai, bahan kosmetik yang berkualitas rendah dapat mengakibatkan iritasi dan alergi pada kulit yang mengenakan kosmetik tersebut
  • Lingkungan dan Iklim, pada lingkungan termasuk iklim pada suatu negara dengan negara lainnya akan berbeda dalam menentukan jenis kosmetik apa yang baik agar dapat dipakai di daerah tersebut

Reaksi Kulit Terhadap Kosmetik yang Tidak Cocok

ads
Untuk kulit tertentu akan mengalami alergi jika menggunakan kosmetik dari bahan-bahan kimia. Selain alergi dapat mengalami iritasi. Hal ini dapat disebabkan oleh kesalahan dalam pemakaiannya. Alergi merupakan suatu reaksi dari kulit yang muncul setelah kulit menggunakan suatu kosmetik yang sifatnya menjadi alergenik setelah dipakai selama beberapa kali atau bertahun-tahun setelah pemakaian. Iritasi sendiri merupakan reaksi yang muncul pada saat pertama penggunaan kosmetik karena hal ini dapat disebabkan dalam bahannya, pada salah satu atau lebih mengandung bahan yang sifatnya iritan.

Jerawat yang diakibatkan kesalahan kosmetik

Salah satu penyebab jerawat diantaranya pemakaian pelembab kulit yang mengandung minyak dan lengket pada kulit. Selain itu penyumbatan juga dapat terjadi secara fisik karena bahan-bahan yang berminyak dan lengket terkandung di dalam kosmetik tersebut seperti dari alas bedak dan krim wajah. Krim wajah yang dapat menyebabkan jerawat disebabkan oleh zat pewarna, zat pewangi dan pengawet yang merupakan bahan tambahan dalam kosmetik tersebut.

Pengobatan Jerawat dengan Obat Tipikal

Cara menghilangkan jerawat akibat salah kosmetik, tergantung pada berat ringannya jerawat yang dialami. Tujuan pengobatan sendiri adalah untuk mengurangi atau menghilangkan mencegah jaringan parut. Kemudian untuk membersihkan kulit bisa dengan sabun, scrub wajah, toner, atau masker sehingga dapat mengeringkan kulit. Obat penghilang jerawat topikal yang diaplikasikan pada kulit, sering digunakan untuk mengobati jerawat dengan kesulitan yang berbeda.

Beberapa obat topikal yang digunakan diantaranya sebagai berikut :

Benzoil peroksidaBenzoil peroksida yang tersedia dengan resep dokter. Hal ini biasanya digunakan sekali atau dua kali sehari dapat bekerja terhadap jerawat pustula. Karena dapat menyebabkan iritasi jika digunakan di sekitar mata dan mulut maka harus berhati-hati. Jika digunakan secara berlebihan Benzoil peroksida dapat menyebabkan kemerahan.

Asam salisilatBahan ini efektif dalam mengobati lesi jerawat yang non-inflamasi. Asam salisilat membantu kondisi yang abnormal pada sel-sel kulit dan pori-pori untuk mengurangi dan mencegah lesi. Bahan ini tidak menyebabkan produksi minyak dan bakteri. Cara menghilangkan jerawat akibat salah kosmetik dengan asam salisilat harus digunakan terus menerus. Asam salisilat dapat didapatkan dalam bentuk lotion jerawat dan krim. Terlalu banyak juga dapat menyebabkan iritasi.
RetinoidMerupakan turunan dari vitamin A dan telah menjadi andalan dalam cara menghilangkan jerawat secara cepat selama 25 tahun. Bahan ini bekerja efektif terhadap setiap jenis komedo dan mengurangi papula dan jerawat tidak meradang. Bahan ini digunakan sekali per hari pada waktu tidur, jika terlalu sering digunakan maka dapat mengakibatkan kulit sangat kering. Selain itu retinoid dapat membuat kulit lebih sensitif terhadap matahari maka perlu menggunakan tabir surya dianjurkan.
Antibiotik topikal yang dibuat dalam larutan, gel, atau bentuk krim. Bahan ini dapat membantu mengurangi jumlah bakteri pada permukaan kulit sehingga mencegah dan mengatasi jerawat meradang dan pembentukan jerawat baru. Bahan ini diaplikasikan pada kulit dua kali sehari.

Asam azelaicAsam azelaic digunakan untuk mengobati jerawat ringan sampai sedang. Hal ini diyakini bahwa asam azelaic dapat membersihkan jerawat dengan mengurangi populasi bakteri. Selain itu dapat mengurangi abnormalitas pada sel-sel kulit dan mengurangi peradangan. Efek samping yang terjadi adalah kulit kering

Penggunaan obat-obatan topikal adalah untuk mengurangi iritasi kulit, hal ini dapat menyebabkan kulit kering, Oleskan 20 menit setelah mencuci muka dan aplikasikan setiap hari selama 2 minggu pertama. Terapkan obat untuk semua area wajah yang rawan jerawat. Tidak apa-apa untuk menerapkan beberapa obat-obatan topikal pada waktu yang sama.

Pengobatan Jerawat untuk Dikonsumsi

Obat sistemik diminum untuk mengontrol jerawat dari tingkat sedang sampai parah misalnya untuk jerawat batu. Obat yang diresepkan oleh dokter termasuk kedalam sebagai berikut :

AntibiotikAntibiotik digunakan untuk jerawat ringan sampai sedang dan sedang hingga berat. Obat ini bekerja untuk mengurangi bakteri sehingga mengurangi peradangan antibiotic yang digunakan diantaranya Tetrasiklin, doxycycline, eritromisin dan minocycline yang umum digunakan antibiotik. Tetrasiklin tidak boleh dikonsumsi setelah minum susu, produk susu, atau antasida karena produk ini menurunkan penyerapan.

Setidaknya untuk cara menghilangkan jerawat akibat salah kosmetik, konsumsi obat adalah satu jam sebelum atau dua jam setelah makan. Tetrasiklin, doxycycline, minocycline dan juga dapat menyebabkan sensitivitas matahari, dianjurkan agar memakai tabir surya dan menghindari overexposure ke matahari.

Accutaneisotretinoin adalah obat oral ampuh yang digunakan untuk jerawat. Obat ini bekerja untuk mengurangi inflamasi serta pembentukan penyebab komedo. Karena beberapa efek samping yang serius, Accutane biasanya diresepkan dan dipantau oleh dokter kulit.

Sponsors Link

Pengobatan Jerawat dengan Madu dan Jeruk Nipis

Jika kosmetik yang digunakan tidak cocok dan memunculkan jerawat, maka dapat menggunakan masker madu yang ditambahkan dengan air jeruk nipis untuk mengatasinya. Dua bahan ini campur dan kemudian dioleskan pada wajah dan diamkan selama kurang lebih 15 menit lalu bilas dengan air. Pencampuran bahan tersebut sangat baik untuk dilakukan ketika jerawat yang baru muncul.

Madu merupakan bahan yang mengnadung zat anti oksidan tinggi, sangat baik untuk menangkal radikal bebas dan membantu melekatkan cairan jeruk nipis pada wajah agar mudah diaplikasikan. Kemudian vitamin C dari air perasan jeruk nipis bermanfaat dalam membentuk jaringan sel baru yang telah rusak oleh jerawat.

Jenis Jerawat yang Banyak Menyerang

Jerawat terjadi saat pori-pori kulit disumbat oleh minyak. Biasanya jerawat dialami oleh remaja, lebih dari 85% mengalami setidaknya bentuk ringan dari kondisi ini. Paling sering terjadi pada wajah, dada, punggung, bahu, dan leher. Jerawat dibedakan dengan beberapa jenis, berikut ini diantaranya :

KomedoKomedo berwarna hitam (blackheads)Komedo hitam atau disebut komedo terbuka muncul pada wajah yang muncul pada pori-pori pada bagian kulit wajah yang tak dilapisi oleh epitel. Lokasi komedo ada disekitar hidung.komedo ini relatif lebih mudah untuk ditangani.
Komedo berwarna putih (whiteheads)Komedo putih disebut komedo tertutup, yang nampak menonjol kecil-kecil pada bagian kulit wajah yang dilapisi epitel kulit dan terletak dibawahnya. Lokasi komedo dapat terjadi di lingkaran bawah mata atau sekitarnya.komedo ini lebih sulit untuk ditangani dibandingkan komedo hitam.
Papula dan pustulaPapulaMerupakan istilah untuk menjelaskan komedo tertutup yang pecah. Papula sulit untuk disentuh karena rasa nyeri yang dialami. Papula yang berkumpul atau berkelompok akan membuat kulit seperti amplas atau kasar.
PustulaMerupakan istilah suatu bentuk padat kemudian bentuk ini mengalami perlunakan di areal puncak, yang mana bentukkan ini pecah dan mengeluarkan nanah. Pustula mirip dengan Papula, namun warna agak kekuningan disebabkan nanah tersebut. Atau dalam kondisi lain seperti melepuh.
Nodul dan KistaNodulseperti bentuk kapsul dibawah kulit, tekanan untuk mengeluarkan jerawat dengan sekuat tenaga dapat menyebabkan luka dan trauma pada kulit.
Kistamengandung nanah dan lunak dan nampak lebih besar. Lebih baik untuk tidak memecah sendiri jerawat ini, sebab akan menyebabkan perdangan hingga demam. Selain itu perlu waktu yang lebih lama untuk menyembuhkan.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan