Sponsors Link

11 Cara Menghilangkan Jerawat Aktif dengan Cepat

Sponsors Link

Setiap wanita pasti mendambakan kulit wajah yang mulus dan bebas jerawat. Namun berbagai faktor bisa menimbulkan jerawat yang tidak diinginkan. Jerawat dapat dibedakan menjadi jerawat aktif dan jerawat pasif. Terdapat banyak cara menghilangkan jerawat aktif dan jerawat pasif.

Sponsors Link

Jerawat memang banyak jenis dan macamnya. Salah satu jerawat yang paling mengganggu adalah jerawat aktif. Jerawat aktif adalah sebutan yang digunakan untuk jerawat yang masih hidup dan berkembang pada permukaan kulit. Jerawat jenis ini bisa meradang dan menimbulkan permasalahan kulit yang lebih parah lagi. Dibandingkan dengan jerawat lainnya, jerawat aktif termasuk yang paling berbahaya dan beresiko bagi kulit. Anda harus mengobati jerawat ini dengan segera agar tidak menjadi semakin parah. Berikut cara menghilangkan jerawat aktif baik secara alami maupun secara medis.

Baca juga:

1. Lemon

Buah lemon yang kaya akan kandungan vitamin C memang dikenal sebagai obat jerawat yang paling ampuh. Lemon bisa menyerap kelebihan minyak pada wajah dan menekan produksi sebum yang bisa menyumbat pori. Penyumbatan pori yang meradang akan tumbuh menjadi jerawat. Anda cukup menyiapkan 1/2 buah lemon. Tekan lembut lalu aplikasikan pada daerah yang berjerawat. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air bersih.

2. Madu

Salah satu bahan alami yang terkenal khasiatnya untuk kulit adalah madu. Madu yang digunakan tentu harus madu alami agar tidak semakin membuat kulit meradang. Caranya mudah. Ambil madu secukupnya, lalu oleskan pada bagia wajah yang berjerawat. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air hangat kuku. Setelah itu bilas lagi dengan air dingin.

Baca juga:

3. Pasta Gigi

Kandungan dalam pasta gigi mampu mempercepat sembuhnya jerawat. Gunakan pasta gigi yang berwarna putih saja. Bagi Anda yang punya kulit sensitif, tidak disarankan menggunakan cara ini karena bisa menyebabkan iritasi. Cara menghilangkannya adalah dengan mengoleskan pasta gigi tipis-tipis pada jerawat. Sebelumnya pastika jerawat telah bersih. Lakukan cara ini sebelum tidur, lalu bilas dengan air hangat keesokan harinya.

4. Tomat

Tomat memiliki kandungan vitamin A dan C yang sangat ampuh untuk melawan jerawat. Tomat juga bisa mencerahkan kulit wajah yang kusam akibat jerawat. Cara menggunakan tomat ini mudah saja, siapkan satu buah tomat yang matang, lalu potong-potong tipis. Letakkan tomat pada area berjerawat. Diamkan selama 15 menit. Lakukan cara ini setiap hari.

Baca juga:

5. Daun Pepaya

Ternyata tidak hanya pepaya saja yang berkhasiat untuk kecantikan kulit. Daun pepaya juga bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat, terlebih jerawat membandel yang susah sembuh. Caranya mudah: ambil 3 lembar daun pepaya. Cuci bersih lalu jemur hingga kering. Tumbuk daun pepaya yang sudah kering sampai menjadi bubuk, lalu campur dengan air hingga membentuk pasta yang kental. Oleskan pada jerawat lalu diamkan sampai 20 menit. Bilas dengan air bersih.

Sponsors Link

6. Lidah Buaya

Bahan yang satu ini memang lebih populer untuk perawatan rambut. Namun tahukah Anda kalau lidah buaya ini sangat bermanfaat untuk membasmi jerawat. Lidah buaya mampu mengurangi kelebihan minyak pada wajah. Caranya iris lidah buaya, sisakan dagingnya saja. Oleskan lendirnya ke jerawat Anda, diamkan selama 30 menit. Lakukan secara rutin hingga jerawat sembuh.

Baca juga:

7. Es Batu

Es batu sangat bermanfaat untuk mengurangi minyak berlebih dan menghilangkan kotoran penyebab jerawat. Dengan demikian es batu bisa menenangkan kulit dan mengurangi peradangan pada kulit. Buat es batu sendiri dari air bersih yang steril. Anda juga bisa menggunakan sparkling water untuk lebih meningkatkan khasiatnya. Bungkus es batu dengan tisu atau kain tipis yang bersih. Oleskan pada jerawat Anda sampai Anda tidak lagi bisa menahan dinginnya. Ulangi perawatan ini secara rutin sampai jerawat mengecil dan kering.

8. Scrub Gula

Gula pasir mengandung asam glikolat yang mampu mengangkat sel kulit mati pada wajah. Selain itu gula juga mampu membunuh bakteri penyebab jerawat sehingga jerawat yang sudah hilang tidak akan kembali lagi.

Cara membuat scrub gula ini sangat mudah dan bahan yang dibutuhkan juga tidak sulit. Siapkan 1 sdm gula pasir dengan air secukupnya. Tambahkan minyak kelapa agar bisa melembutkan kulit. Campur ketiga bahan hingga membentuk pasta kental. Jangan sampai encer karena bisa melarutkan gula. Oleskan scrub pada jerawat sambil dipijat halus dengan gerakan memutar. Diamkan selama 5 menit lalu bilas dengan air hangat. Jangan lupa untuk membilasnya dengan air dingin untuk menutup pori.

Baca juga:

ads

9. Bawang Putih

Bumbu dapur yang satu ini sudah cukup terkenal khasiatnya untuk mengobati jerawat. Kandungan senyawa thiacremonon sulfur dalam bawang putih bisa membantu mengeringkan jerawat, dan senyawa allicin bekerja sebagai antiseptik yang menangkan bakteri penyebab jerawat. Siapkan bawang putih secukupnya, cuci hingga bersih lalu kupas. Haluskan bawang putih, oleskan pada jerawat. Diamkan selama 10 menit lalu bilas wajah hingga bersih.

10. Putih Telur

Putih telur berkhasiat untuk mengecilkan pori pada kulit sehingga mengurangi minyak yang berlebih. Kandungan enzim lysozim mampu menghancurkan sel bakteri penyebab jerawat. Tidak hanya menghilangkan jerawat, putih telur juga bekhasiat untuk menghilangkan komedo yang tumbuh pada hidung.

Caranya mudah, ambil 1 butir telur lalu pisahkan putih dan kuningnya. Kocok putih telur hingga encer, lalu oleskan pada wajah hingga terasa ketat dan kering. Setelah itu bilas dengan air hingga bersih.

Baca juga:

11. Uap

Siapa sangka menghilangkan jerawat bisa ditempuh dengan cara yang sangat mudah dan murah? Uap air hangat mampu membuka pori-pori wajah dan mengeluarkan semua minyak dan kotoran yang ada di dalamnya. Caranya rebus air hangat hingga mendidih. Lalu uapkan wajah Anda dengan jarak 30 cm dari air. Pastikan jerawat Anda terkena uapnya. Lakukan proses ini selama 3 menit saja. Cuci wajah dengan air dingin setelah untuk menutup pori-pori.

Menghilangkan Jerawat Aktif dengan Medis

Teknologi medis di bidang kecantikan kini sudah semakin maju. Bagi Anda yang ingin menghasilkan jerawat dengan cepat dan mendapatkan hasil yang instan, Anda bisa menempuh cara medis. Dibandingkan dengan perawatan alami, perawatan medis memang membutuhkan lebih banyak biaya.

Baca juga:

1. Salep Jerawat

Salep dengan kandungan bahan tertentu sangat ampuh mengempiskan dan mengeringkan jerawat. Beberapa jenis salep bahkan dijual secara bebas di apotek. Namun agar lebih aman, sebaiknya konsultasikan saja kondisi kulit Anda dengan dokter, lalu minta rekomendasi salep yang cocok untuk kulit Anda. Perawatan dengan menggunakan salep biasanya menunjukkan hasil yang lebih cepat dibandingkan dengan perawatan alami.

2. Laser Wajah

Laser menjadi jenis perawatan yang paling populer untuk menghilangkan jerawat. Perawatan cara ini dinilai paling aman dan tidak menimbulkan efek samping. Anda juga tidak akan merasakan sakit sama sekali. Laser yang memiliki tingkat keamanan tertinggi adalah Blue Light Rays. Laser memiliki manfaat merangsang pertumbuhan kolagen dan menumpas habis bakteri pada kulit.

Perawatan ini tentu tidak bisa dilakukan di rumah. Pergilah ke dokter kecantikan yang Anda percaya lalu minta untuk dilakukan prosedur ini pada kulit Anda.

Sponsors Link

3. Tea Tree Oil

Ekstrak minyak pohon teh atau tea tree oil kini banyak digunakan pada produk-produk kecantikan untuk kulit berjerawat. Minyak ini mampu mengusir bakteri penyebab jerawat dan mengurangi peradangan pada jerawat. Anda bisa mendapatkannya di drugstore atau counter resmi skincare yang mengeluarkan produk ini. Oleskan tipis-tipis saja tea tree oil pada jerawat, lalu biarkan hingga kering. Lakukan terus menerus setiap malam sampai jerawat mengempis dan kering.

4. Perawatan Khusus Kulit Berjerawat

Dokter kulit dan klinik kecantikan kini telah menyediakan berbagai pilihan perawatan jerawat yang menyeluruh. Bagi Anda yang menyukai perawatan jenis ini bisa datang ke klinik kecantikan lalu berkonsultasi dengan dokter kulit mengenai kondisi jerawat Anda. Perawatan ini biasanya berkelanjutan meskipun jerawat Anda sudah sembuh.

Itulah cara menghilangkan jerawat aktif yang bisa Anda lakukan, baik secara medis maupun non medis. Selamat mencoba!

Baca juga:

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan