Sponsors Link

7 Cara Menghilangkan Jerawat Alergi yang Tepat dan Aman

Sponsors Link

Tidak ada seorangpun yang ingin wajahnya ditumbuhi oleh jerawat. Karena itu baik pria maupun wanita melakukan berbagai cara mencegah timbulnya jerawat dengan berbagai cara, mulai dari rajin menjaga kebersihan wajah, rajin mencuci muka, dan melakukan banyak cara merawat wajah agar terhindar dari jerawat dan komedo.

Sponsors Link

Tetapi banyak faktor lain yang di luar dugaan kita yang menyebabkan jerawat tumbuh. Seperti  adanya penyebab jerawat berdasarkan faktor internal dan eksternal. Jika faktor internal dapat dicegah dengan melakukan perawatan kulit agar tetap sehat, maka yang sulit dihindari adalah faktor eksternal yang terkadang suit kita duga. Yang termasuk faktor eksternal adalah kebiasaan penyebab jerawat yang secara tidak sadar sering Anda lakukan, termasuk begadang penyebab jerawat. Tidak hanya itu saja, faktor lain seperti debu, kotoran, dan sinar matahari saat kita berada di luar ruangan juga akan memicu munculnya jerawat pada wajah.

Ada satu lagi faktor penyebab jerawat yang belum banyak diketahui, yaitu jerawat karena alergi. Ciri ciri jerawat karena alergi memang berbeda dengan ciri ciri jerawat karena masalah kesehatan kulit. Cara menghilangkan jerawat alergi juga berbeda dengan cara menghilangkan jerawat seperti biasanya.

Namun sebelum membahasnya, yuk kita ketahui dulu jenis-jenis alergi yang mungkin menyebabkan munculnya jerawat.

Jenis Alergi Penyebab Jerawat

  • Makanan. Makanan yang kita konsumsi sehari-hari bisa menjadi sumber utama munculnya jerawat karena alergi. Banyak kandungan yang ada di dalam makanan yang tidak cocok untuk kulit. Makanan yang sering menyebabkan alergi antara lain makanan laut, susu sapi, dan kacang-kacangan. Hindari pula makanan penyebab jerawat di wajah muncul terus, dan sebagai gantinya perbanyak buah penghilang jerawat yang alami dan ampuh.
  • Obat-Obatan. Jika Anda sedang menjalani pengobatan tertentu atau meminum obat tertentu, wajah Anda akan berjerawat. Ini adalah salah satu hasil dari reaksi kimia yang muncul saat obat masuk ke dalam tubuh. Tubuh tidak dapat merespon obat dengan baik, dan sebagai akibatnya muncullah alergi. Jenis obat yang bisa menyebabkan alergi misalnya adalah penisilin dan pil KB.
  • Kosmetik. Kasus ini sangat umum terjadi pada wanita. Pemakaian kosmetik tertentu menyebabkan jerawat muncul di wajah karena ada kandungan dari kosmetik tersebut yang tidak cocok dengan kulit Anda. Salah satu ciri jerawat karena kosmetik adalah kemunculannya yang sangat cepat hanya dalam semalam saja. Hindari penggunaan segala jenis kosmetik jika wajah sedang ditumbuhi banyak jerawat.

Cara Menghilangkan Jerawat Alergi

Berikut ini cara menghilangkan jerawat alergi yang tepat dan aman:

Sponsors Link

1. Obat antibiotik

Salah satu cara tepat menghilangkan jerawat alergi adalah dengan mengonsumsi obat antibiotik. Obat ini secara efektif akan membunuh bakteri penyebab alergi dan meredakan alergi di dalam tubuh. Jika bakteri alergi sudah tidak ada, maka jerawat akan sembuh dengan cepat. Terlebih lagi saat jerawat sudah sangat parah, antiobiotik adalah obat jerawat meradang yang sangat tepat.

Konsumsi obat-obatan antibiotik ini hanya atas resep dokter. Sembarangan mengonsumsi obat antibiotik bisa jadi malah akan membuat jerawat tumbuh semakin banyak.

2. Perawatan dengan bahan alami

Apabila kulit Anda adalah jenis kulit sensitif yang mudah memerah, sebaiknya gunakan saja perawatan dengan bahan alami. Salah satu manfaat lidah buaya untuk jerawat dan manfaat madu untuk jerawat adalah mampu menenangkan kulit yang sensitif dan mencegah terjadinya peradangan.

Gunakan masker dengan bahan alami secara teratur. Selain lidah buaya dan madu, Anda bisa menggunakan kentang, tomat, atau mentimun yang dihaluskan kemudian dijadikan sebagai masker. Jangan memencet jerawat karena akan meninggalkan bekas yang susah hilang. Namun jika sudah terlanjur, ada banyak cara menghilangkan bekas jerawat membandel yang aman untuk kulit sensitif.

3. Konsumsi obat alergi

Setiap orang yang memiliki alergi pasti memiliki obat tertentu untuk meredakan alerginya. Obat alergi ini berbeda dengan antibiotik. Antibiotik hanya membantu membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat saja, tetapi obat alergi memiliki fungsi untuk meredakan alergi pada tubuh hingga tuntas.

Obat alergi pada setiap orang tentu berbeda, tergantung pada jenis alergi apa yang dimiliki. Obat alergi makanan laut tentu berbeda dengan alergi telur atau alergi ayam.

Sponsors Link

4. Menggunakan krim iritasi

Jika Anda melakukan perawatan pada dokter kulit, maka Anda pasti akan diberikan krim iritasi. Salah satu fungsi iritasi adalah meredakan kemerahan dan peradangan pada kulit yang disebabkan oleh alergi. Tapi ingat, hanya gunakan krim alergi yang diresepkan oleh dokter. Jangan sembarangan membeli krim alergi yang dijual di apotek.

Penggunaan krim iritasi ini tergolong aman dan tidak akan menimbulkan efek yang lebih buruk bagi jerawat. Jerawat akan sembuh dengan lebih cepat karena krim iritasi bekerja langsung pada jerawat.

5. Mengonsumsi vitamin

Konsumsi vitamin sebenarnya sangat disarankan meskipun kulit Anda tidak berjerawat. Dua jenis vitamin yang sangat baik untuk kulit adalah vitamin C dan vitamin E. Manfaat vitamin C untuk kulit berjerawat adalah mampu mencegah bakteri pada jerawat berkembang biak dan membuat kondisi jerawat semakin parah. Sementara vitamin E bermanfaat untuk mempercepat regenerasi pada kulit sehingga jerawat karena alergi dapat sembuh lebih cepat.

Vitamin E dan vitamin C kini sudah banyak dijual dapat bentuk kapsul atau minuman sehingga Anda lebih mudah mengonsumsinya. Konsumsi vitamin C dan vitamin E secara teratur hingga kondisi kulit semakin membaik.

6. Hindari penggunaan kosmetik berlebihan

Menggunakan kosmetik adalah salah satu cara yang dilakukan oleh wanita agar penampilannya semakin sempurna. Tetapi kandungan bahan kimia yang ada pada kosmetik bisa menyebabkan munculnya reaksi alergi pada kulit, yaitu munculnya jerawat karena alergi.

Jika jerawat sudah muncul pada kulit, hindari menggunakan kosmetik yang berlebihan. Bila perlu, minimalkan penggunaan kosmetik pada kulit Anda agar keadaan kulit tidak semakin parah dan mengkhawatirkan. Kosmetik bisa menutup pori-pori kulit dan memunculkan jerawat baru yang lebih parah lagi.

Sponsors Link

7. Kompres air hangat

Air hangat sangat efektif untuk membunuh bakteri penyebab jerawat alergi pada kulit dan membersihkan pori-pori kulit secara keseluruhan. Jangan lupa untuk mencuci wajah dengan air dingin setelah mengompres agar pori-pori kulit tertutup.

Itulah berbagai cara menghilangkan jerawat alergi yang tepat dan aman. Jika kulit Anda berjerawat karena alergi tertentu, langkah pertama yang harus dilakukan adalah berkonsultasi dengan dokter mengenai kondisi kulit Anda. Jauhi semua penyebab alergi pada kulit Anda agar tidak sampai tumbuh jerawat. Selamat menjaga kesehatan kulit Anda ya!

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Oleh :
Kategori : Pencegahan