Sponsors Link

11 Cara Menghilangkan Jerawat Batu Agar Tidak Muncul Lagi

Sponsors Link

Jenis jerawat memang sangat beragam, salah satu yang paling menjengkelkan adalah jerawat batu. Jerawat batu merupakan salah satu jenis jerawat yang paling terlihat dibanding jenis jerawat lainnya, karena jerawat batu memiliki ukuran yang besar serta biasanya akan menimbulkan warna kemerahan disekitar jerawat. Oleh sebab itu, banyak orang yang mencari cara menghilangkan jerawat batu agar tidak muncul lagi. Bagi anda yang sedang mengalami masalah jerawat batu, berikut ini ada beberapa cara menghilangkan jerawat batu agar tidak muncul lagi, beberapa diantaranya adalah:

Sponsors Link
  1. Es Batu

Cara menghilangkan jerawat batu agar tidak muncul lagi yang pertama adalah dengan menggunakan es batu. Es batu dapat membantu mengurangi peradangan serta inflamasi pada jerawat batu. Anda hanya perlu menggunakan es batu untuk mengompres jerawat batu secara perlahan-lahan, seperti cara berikut:

  • Siapkan beberapa balok es batu dan kain tipis bersih.
  • Bungkus es batu pada kain secukupnya.
  • Tempelkan bungkusan es batu pada jerawat batu anda secara hati-hati selama kurang lebih 10 menit.
  • Lakukan setidaknya 2 kali dalam sehari untuk hasil yang maksimal.
  1. Teh Hijau

Salah satu manfaat teh hijau untuk jerawat batu adalah dapat mengurangi peradangan yang disebabkan oleh jerawat batu karena kaya akan antioksidan didalamnya.

  • Seduh teh hijau selama kurang lebih 4 menit.
  • Dinginkan dan celupkan kapas kedalam teh.
  • Tempelkan kapas pada jerawat batu dan tunggu hingga mengering.
  • Setelah kering bilas wajah dengan hingga bersih dan keringkan dengan menepuk-nepuk dengan handuk bersih.
  1. Lidah Buaya

Manfaat lidah buaya untuk jerawat batu juga tidak perlu diragukan lagi, karena lidah buaya mengandung asam salisilat yang diketahui ampuh dalam mengatasi masalah jerawat.

  • Siapkan lidah buaya yang telah di cuci bersih.
  • Belah menjadi dua bagian.
  • Ambil gel lidah buaya didalamnya menggunakan sendok.
  • Oleskan gel lidah buaya tersebut pada jerawat batu anda.
  1. Lemon

Lemon juga dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat batu, salah satu manfaat lemon untuk jerawat adalah kandungan asam sitrat didalamnya yang dapat berfungsi sebagai disinfektan. Kandungan tersebut juga dapat membantu mengeringkan jerawat batu di wajah anda.

  • Siapkan air perasan lemon secukupnya dan juga kapas.
  • Masukkan kapas pada air perasan lemon tersebut.
  • Tempelkan kapas pada jerawat batu anda selama kurang lebih 15 menit, agar kandungan dapat meresap dengan baik.
  • Bilas wajah anda dengan air hangat, dan keringkan.
  1. Oatmeal

Anda pasti pernah mendengar bahwa oatmeal ternyata juga dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat. Campuran oatmeal dengan air dapat membantu mengikis kulit mati serta dapat membantu membersihkan pori-pori kulit. Campuran ini juga dapat menyeimbangkan pH kulit.

  • Campurkan oatmeal dengan air putih secukupnya hingga tercampur merata.
  • Gosokkan secara perlahan-lahan pada jerawat batu anda dengan gerakan memutar, perlu diingat jangan sampai jerawat pecah.

Selain cara-cara diatas, ada beberapa cara yang wajib anda lakukan juga untuk menghilangkan jerawat batu agar tidak muncul lagi. Beberapa cara menghilangkan jerawat batu agar tidak muncul lagi tersebut seperti:

  1. Rutin Membersihkan Wajah

Cara menghilangkan jerawat batu agar tidak muncul lagi yang selanjutnya adalah anda harus rutin membersihkan wajah. Anda perlu membersihkan wajah minimal dua kali sehari, yaitu sebelum beraktivitas dan sebelum tidur. Dalam membersihkan wajah hindari produk yang dapat membuat kulit anda kering serta hindari penggunaan scrub. Anda juga dapat mempelajari bagaimana cara mencuci muka yang benar untuk menghilangkan jerawat.

  1. Jangan Memencet Jerawat

Kebiasaan yang satu ini yang perlu anda hindari, yaitu memencet jerawat apalagi jerawat batu. Jerawat batu biasanya merupakan jerawat yang sedang meradang, sehingga bahaya jika di pencet dan pecah secara terpaksa. Ketika jerawat pecah secara terpaksa dapat menyebabkan infeksi hingga menimbulkan lebih banyak jerawat lagi. Itulah kenapa jerawat tidak boleh dipencet.

  1. Terapkan Pola Hidup Sehat

Dalam menghilangkan jerawat batu anda juga perlu menerapkan pola hidup sehat agar jerawat tidak muncul lagi. Hindari makanan yang mengandung kadar minyak dan lemak tinggi, serta hindari makanan pedas. Gantilah dengan lebih banyak makan sayur-sayuran dan buah-buahan. Selain itu, anda juga perlu rutin berolahraga.

  1. Hindari stress

Selain menerapkan pola hidup sehat, anda juga perlu menghindari stress. Hal ini karena stress dapat mempengaruhi hormon penyebab jerawat menjadi tidak stabil, sehingga jerawat batu sulit untuk dihilangkan dan dapat meningkatkan kemungkinan jerawat muncul lebih banyak lagi.

  1. Rutin Minum Air Putih

Rutin minum air putih juga dapat membantu anda menghilangkan jerawat batu agar tidak muncul lagi. Hal ini karena dengan meminum air putih secara rutin dapat menyebabkan kulit menjadi lebih lembab, serta dapat membantu mengeluarkan racun pada kulit.

  1. Gunakan Tabir Surya

Cara menghilangkan jerawat batu agar tidak muncul lagi yang terakhir adalah dengan menggunakan tabir surya setiap hari. Dengan menggunakan tabir surya anda dapat mencegah paparan sinar matahari langsung pada kulit berjerawat batu anda.

Demikian ulasan mengenai cara menghilangkan jerawat batu agar tidak muncul lagi, semoga informasi diatas dapat bermanfaat.

ads
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.