Sponsors Link

9 Cara Menghilangkan Jerawat Batu dengan Bawang Putih Paling Ampuh

Sponsors Link

Jerawat batu adalah salah satu jenis jerawat yang sangat mengganggu. Selain membuat penampilan menjadi tidak sempurna, jerawat batu juga menyebabkan nyeri meskipun tidak disentuh. Banyak hal yang bisa menyebabkan munculnya jerawat batu, terutama pori-pori yang tersumbat dan akhirnya meradang menjadi jerawat.

Sponsors Link

Baca juga:

Jerawat batu muncul di wajah Anda disebabkan oleh beberapa faktor. Berikut di antara faktor-faktor yang menjadi penyebab munculnya jerawat batu:

  • Genetik atau keturunan. Jerawat batu bisa muncul karena adanya faktor gen bawaan. Coba perhatikan kulit wajah keluarga Anda. Jika rata-rata keluarga Anda berjerawat, maka bisa jadi jerawat Anda muncul karena faktor keturunan.
  • Kulit wajah berminyak. Dibandingkan dengan kulit kering, tipe kulit wajah yang berminyak memang lebih rentan untuk ditumbuhi jerawat. Minyak pada wajah membuat produksi sebum meningkat dan menyumbat pori. Penyumbatan ini kemudian meradang dan muncul sebagai jerawat.
  • Stress atau depresi. Kondisi psikologis juga bisa memicu munculnya jerawat batu pada wajah. Ketika Anda dalam keadaan stress, kondisi hormon di dalam tubuh menjadi tidak seimbang dan membuat jerawat tumbuh dengan subur.
  • Penggunaan kosmetik. Anda yang punya kulit sensitif terhadap bahan kimia terutama harus berhati-hati. Kandungan di dalam kosmetik yang tidak cocok dengan kulit Anda bisa berkembang menjadi jerawat. Kosmetik juga bisa menyumbat pori-pori kulit Anda.
  • Mengkonsumsi pil KB. Jika Anda sudah menikah, maka berhati-hatilah dalam memilih jenis pil KB. Salah mengkonsumsi pil KB justru akan membuat keadaan kulit menjadi semakin parah.

Cara Menghilangkan Jerawat Batu dengan Bawang Putih

Bawang putih menjadi senjata ampuh untuk menghilangkan jerawat karena memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Antioksidan inilah yang akan bekerja sebagai bahan aktif yang akan menghilangkan jerawat batu membandel. Anti bakteri dalam bawang putih dapat mencegah jerawat untuk muncul lagi.

Baca juga:

Bagaimana cara menghilangkan jerawat batu dengan bawang putih? Berikut tips untuk Anda.

1. Menempelkan irisan bawang putih ke area jerawat batu

Cara yang pertama ini sangat mudah untuk dilakukan. Ambil satu siung bawang putih segar dari dapur Anda. Iris menjadi dua bagian, lalu oleskan bagian dalam irisan ke area yang ditumbuhi jerawat batu. Gosokkan hingga merata, lalu diamkan selama 5 menit sebelum dibilas dengan air bersih.

Sponsors Link

Baca juga:

2. Bawang putih sebagai masker

Untuk memaksimalkan penyerapan dan membuat manfaatnya semakin terlihat, tumbuk bawang putih hingga halus. Tempelkan bawang putih yang sudah dihaluskan ke jerawat batu di wajah Anda. Biarkan bawang putih meresap ke dalam kulit selama 3 menit. Setelah itu bilas dengan air hingga bersih, hati-hati jangan sampai mengenai mata Anda.

Baca juga:

ads

3. Bawang putih dan cuka apel

Cuka apel memiliki sudah terbukti ampuh untuk menghilangkan jerawat batu. Kombinasikan bahan ini dengan bawang putih agar khasiatnya semakin terasa. Haluskan 2 siung bawang putih (tergantung banyaknya jerawat Anda), lalu tambahkan dengan beberapa tetes cuka apel. Oleskan secara merata pada area yang terkena jerawat batu. Lakukan proses ini dua kali seminggu hingga jerawat sembuh.

Baca juga:

4. Bawang putih dan yogurt

Yogurt mengandung anti bakteri yang sangat baik untuk kulit berjerawat. Dengan menambahkan yogurt, kulit bekas ditinggalkan jerawat tidak akan bertekstur seperti parut. Tumbuk 2 siung bawang putih, sesuaikan jumlahnya dengan jerawat batu yang ada di wajah Anda. Campurkan dengan 1 sendok teh yogurt, lalu oleskan sebagai masker pada area yang berjerawat batu.

Baca juga:

5. Bawang putih dan madu

Sama seperti yogurt, madu mampu melawan bakteri penyebab jerawat sekaligus menghaluskan kulit. Caranya mudah saja, campurkan tumbukan halus bawang putih dengan madu secukupnya lalu dioleskan pada permukaan jerawat batu.

6. Bawang putih dan minyak zaitun

Minyak zaitun sudah terkenal dengan kandungannya yang mampu menutrisi kulit agar senantiasa sehat dan lembab. Campurkan 1 sendok teh minyak zaitun dengan 2 siung bawang putih yang telah dihaluskan. Diamkan selama 10 menit pada area jerawat batu sebelum dibilas hingga bersih.

Baca juga:

7. Bawang putih dan lidah buaya

Lidah buaya punya segudang manfaat buat kulit wajah Anda. Selain bisa menghilangkan jerawat batu dan menyembuhkannya, lidah buaya juga sangat ampuh dalam melawan komedo. Anda akan memperoleh hasil yang maksimal dari perawatan ini. Campurkan gel lidah buaya lalu oleskan secara merata sebagai masker pada area kulit yang terkena jerawat batu.

8. Bawang putih dan putih telur

Masker putih telur sudah sangat terkenal khasiatnya untuk menghilangkan jerawat batu. Manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dari putih telur adalah kulit yang terasa kencang, pori-pori kulit mengecil, dan keriput di wajah dapat tersamarkan.

Haluskan 2 siung bawang putih lalu campurkan dengan putih telur. Kocok terus hingga mengembang, lalu aplikasikan sebagai masker pada jerawat batu Anda.

Baca juga:

Sponsors Link

9. Bawang putih dan tomat

Kandungan vitamin C yang sangat tinggi pada tomat mampu menghilangkan jerawat batu dengan sempurna. Tumbuk 1/2 bagian tomat segar dengan 2 siung bawang putih, aduk hingga campurannya merata. Oleskan pada bagian wajah Anda yang ditumbuhi oleh jerawat batu. Diamkan selama 5 menit, lalu bilas dengan air bersih.

Efek Samping Menghilangkan Jerawat Batu dengan Bawang Putih

  • Membuat jerawat menjadi gatal. Mengoleskan bawang putih pada jerawat akan membuat jerawat menjadi sangat gatal. Kondisi ini tentu membuat Anda menjadi sangat tidak nyaman. Jangan menggaruk jerawat Anda karena bisa membuat jerawat batu meradang.
  • Terasa panas di kulit. Kulit Anda akan terasa sangat panas setelah diolesi dengan bawang putih. Rasa panas ini membuat kulit menjadi lebih gatal dari sebelumnya.
  • Memicu munculnya flek hitam. Bawang putih sejatinya memang untuk dikonsumsi, bukan untuk penggunaan luar. Oleh sebab itu, tentu akan muncul beberapa efek samping yang tidak diinginkan. Salah satunya adalah bawang putih bisa meninggalkan bekas noda hitam pada jerawat Anda.
  • Menyebabkan iritasi kulit. Selain terasa panas dan gatal, bawang putih juga menyebabkan kulit terasa perih dan menjadi iritasi.
  • Menyebabkan inflamasi. Bawang putih bisa menimbulkan inflamasi pada kulit. Kulit akan terasa sangat panas dan meradang.
  • Jerawat menjadi melepuh. Rasa panas yang ditimbulkan oleh bawang putih akan menaikkan suhu pada area kulit yang berjerawat. Setelah kulit memanas, makan jerawat batu akan melepuh.

Itulah berbagai cara yang bisa Anda lakukan dengan mudah dengan bahan-bahan yang alami dan ekonomis untuk menghilangkan jerawat batu. Sebelum Anda mulai melakukannya, jangan lupa pertimbangkan juga efek samping yang mungkin muncul. Perawatan alami sekalipun bukan berarti bebas efek samping lho. Selamat mencoba.

Baca juga:

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Friday 15th, September 2017 / 09:00 Oleh :
Kategori : Pengobatan