Sponsors Link

15 Cara Menghilangkan Jerawat Batu di Atas Bibir Paling Ampuh

Sponsors Link

Jerawat bisa tumbuh di bagian mana saja di wajah tanpa kita bisa memilih. Kadang tumbuhnya di bagian yang paling tidak mengenakkan, yaitu di sekitar atas bibir. Jerawat yang tumbuh di atas bibir akan terasa sakit jika digunakan untuk berbicara atau makan. Apalagi jika yang tumbuh termasuk dalam kategori jerawat parah seperti jerawat batu. Sudah pasti terasa nyeri, berdenyut denyut, dan bentuknya yang besar seperti bisul pasti bikin malu kan.

Sponsors Link

Agar masalah ini tidak berlarut larut, segala cara menghilangkan jerawat batu di atas bibir harus dilakukan. Gunakan bahan bahan yang alami dan aman untuk menghilangkan jerawat di area yang cukup sensitif tersebut. Inilah yang alternatif cara yang bisa dilakukan:

1. Teh Hijau

Teh hijau baik untuk dikonsumsi karena mengandung anti oksidan yang tinggi. Selain bermanfaat untuk kesehatan, teh hijau juga bermanfaat untuk menghilangkan jerawat batu yang ada di atas bibir. Gunakan kantong teh hijau bekas, lalu rendam sebentar di dalam air hangat. Tempelkan kantong the hijau ke jerawat batu selama 15 menit, lalu angkat dan cuci hingga bersih. Untuk pengobatan dari dalam, minum 1 cangkir teh hijau setiap hari. Teh hijau juga ampuh sebagai cara menghilangkan jerawat kecil kecil dalam semalam.

2. Es Batu

Es batu adalah bahan alami yang murah dan bisa dibuat sendiri, namun sangat ampuh sebagai cara menghilangkan jerawat batu di atas bibir. Karena keampuhannya yang sudah terbukti, tidak heran cara menghilangkan jerawat batu dengan es batu sangat populer dan dipercaya. Ambil 1 cube es batu, lalu bungkus dengan kain tipis yang bersih. Kompreskan ke jerawat batu di atas bibir selama 5 menit lalu biarkan sisa air meresap.

3. Lemon

Lemon adalah buah yang kaya akan kandungan vitamin C. Sifat asam dari buah lemon ternyata sangat ampuh untuk menghilangkan jerawat batu dengan cepat. Manfaat lain yang bisa didapatkan dari lemon adalah mencerahkan kulit secara alami, menyamarkan noda hitam, serta menghilangkan bekas jerawat dengan cepat.

Cara memakai lemon untuk jerawat yang benar adalah dengan memeras air lemon lalu mencampurnya dengan air biasa. Aduk hingga rata, lalu celupkan kapas bersih. Tempelkan kapas tersebut ke area jerawat batu selama 15 menit sebelum dibilas hingga bersih.

4. Pasta Gigi

Untuk menghilangkan jerawat, pilih pasta gigi putih yang tidak mengandung flouride atau mint. Pasta gigi mengandung triclosan yang berfungsi sebagai anti bakteri. Dengan demikian, manfaat pasta gigi untuk menghilangkan jerawat batu di atas bibir juga sangat besar.

Cara yang bisa dilakukan juga mudah dan sederhana, yaitu ambil pasta gigi secukupnya. Oleskan tipis tipis saja ke jerawat batu. Diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air sampai bersih. Ulangi cara ini sebanyak 2 kali seminggu sampai jerawat hilang.

Sponsors Link

5. Uap Air Panas

Manfaat dari uap air panas adalah membuka pori pori kulit untuk mengeluarkan semua kotoran yang ada di dalamnya. Namun jangan terlalu sering menguap wajah dengan air hangat atau panas karena bisa menyebabkan pori pori semakin melebar sehingga jerawat menjadi lebih mudah tumbuh.

Tuangkan air panas secukupnya ke dalam wadah baskom, tambahkan dengan essential oils atau minyak aromaterapi lainnya. Posisikan wajah sekitar 30 cm di atas baskom, lalu tutup kepala dengan handuk basah. Biarkan uap air mengenai wajah selama 3 menit, lalu angkat kepala. Tunggu hingga kulit wajah terasa dingin, lalu bilas wajah dengan air dingin untuk menutup pori pori kulit.

Cara Menghilangkan Jerawat Batu di Atas Bibir

  1. Kunyit
  2. Kentang
  3. Salep Jerawat
  4. Antibiotik
  5. Lidah Buaya
Sponsors Link

Mencegah dan Mengatasi Jerawat Batu di Atas Bibir

Jerawat batu di atas bibi menjadi masalah kulit yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Inilah cara mencegah dan mengatas jerawat batu di bibir agar tidak kembali lagi.

1. Scrub Bibir

Scrub bibir yang terbuat dari bahan alami bisa membantu mengurangi penumpukan sel kulit mati di bibir. Asal tahu saja ya, bibir yang sehat tidak akan ditumbuhi jerawat dengan mudah. Scrub bibir sebaiknya digunakan seminggu sekali agar tidak mengurangi kelembaban alami kulit bibir.

Buatlah scrub dari bahan alami seperti madu, gula, dan minyak zaitun. Oleskan dengan gerakan memutar lembut selama 3 menit.

2. Mengganti Masker

Buat seseorang yang aktif beraktivitas dengan menggunakan sepeda motor, sudah pasti menggunakan masker untuk melindungi wajah dan hidung dari polusi. Masker yang tidak pernah atau jarang diganti bisa menjadi sarang bakteri yang menyebabkan munculnya jerawat di area bibir.

3. Membersihkan Mulut Setelah Makan

Sisa makanan yang menempel di sekitar bibir bisa menjadi sarang bakteri pemicu munculnya jerawat. Lakukan kebiasaan membersihkan mulut setelah makan untuk mengurangi kotoran yang ada di wajah. Meski tidak ada sisa makanan menempel, tetap bersihkan mulut dengan tisu setelah makan.

4. Kurangi Penggunaan Lipstik

Penggunaan lipstik bisa berakibat buruk untuk bibir dan area di sekitarnya. Meski lipstik membuat penampilan semakin sempurna, bahan kimia yang ada di dalam lipstik ternyata sangat tidak baik dampaknya. Jika tidak perlu, sebaiknya ganti lipstik dengan lip balm yang kandungannya lebih ringan.

5. Hindari Pasta Gigi Mengandung Flouride

Jerawat yang muncul di area bibir juga bisa dipicu oleh zat kimia dalam pasta gigi. Zat flouride yang berfungsi untuk memutihkan gigi ternyata tidak baik untuk kulit bibir. Kerasnya bahan kimia ini bisa memicu munculnya jerawat di sekitar bibir, termasuk di atas bibir.

Mudah bukan melakukan cara menghilangkan jerawat batu di atas bibir? Kalau jerawat sudah hilang, jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan kulit di bagian mana saja di seluruh wajah. Meski bagian atas bibir terlihat sepele, namun jika sudah ditumbuhi.

ads
, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan