Sponsors Link

10 Cara Menghilangkan Jerawat Batu di Dahi Dengan Cepat

Sponsors Link

Timbulnya segala sesuatu tentang jerawat di kulit tentu saja merupakan suatu mimpi buruk yang tidak ingin dialami setiap orang. Bagaimana tidak, munculnya jerawat akan menurunkan tingkat kemenarikan kita dan kita akan mengalami dampak psikologis akibat jerawat, yaitu timbulnya rasa tidak percaya diri terhadap penampilan kita. Memang ada banyak penyebab jerawat berdasarkan faktor internal dan eksternal sehingga akan sulit mencegah jerawat.

Sponsors Link

Mungkin kita tidak ambil pusing jika jerawat yang menghiasi kulit adalah jerawat ringan. Namun, bagaimana jika yang timbul adalah jerawat parah seperti jerawat batu dan terletak di dahi? Padahal dahi merupakan salah satu bagian wajah yang sangat terlihat jika kita bertemu dengan orang lain. Jika Anda ingin menghilangkan jerawat batu di dahi, maka lakukan cara-cara yang akan diulas lengkap di artikel ini.

Penyebab Jerawat Batu di Dahi

Sebelum Anda mengetahui berbagai macam cara menghilangkan jerawat batu di dahi, ada baiknya Anda mengetahui berbagai penyebab jerawat batu di dahi. Sebenarnya penyebab jerawat batu di dahi sama dengan penyebab jerawat di wajah pada umumnya, namun tingkat keparahannya saja yang membedakan. Berikut merupakan penyebab jerawat batu di dahi.

  • Minyak Berlebih. Minyak berlebih ini bisa saja diakibatkan oleh gaya hidup yang tidak sehat atau juga memang tipe kulit yang kita memang sudah berminyak. Minyak berlebih akan berpotensi menyumbat pori-pori dan menyebabkan timbulnya jerawat meradang jika berinteraksi dengan debu dan kotoran. Jika anda memiliki tipe kulit berminyak, lakukan perawatan wajah berjerawat dan berminyak secara alami.
  • Jarang Membersihkan Wajah. Jarang membersihkan wajah juga merupakan salah satu penyebab jerawat batu di dahi. Tak bisa dipungkiri jika dalam kehidupan sehari-hari pastilah debu, kotoran, dan bakteri dapat menempel di dahi. Nah, jika tidak dibersihkan secara rutin, maka debu dan kotoran akan berinteraksi dengan sebum dan memunculkan jerawat batu di kulit.
  • Tidak Memperhatikan Kebersihan Rambut. Jerawat di dahi seringkali disebabkan oleh berpindahnya bakteri yang ada di rambut ke dahi karena rambut yang menempel di dahi. Jika rambut tidak rutin dibersihkan, maka tentu saja bakteri rambut akan berpindah ke kulit dahi dan menjadi penyebab jerawat batu.

Setelah Anda mengetahui berbagai macam penyebab utama timbulnya jerawat batu di kulit dahi, maka sekarang saatnya Anda mengetahui berbagai macam cara menghilangkan jerawat batu di dahi. Berikut ulasan lengkapnya untuk Anda.

1. Bawang Putih

Bawang putih merupakan bahan herbal yang telah dikenal secara luas sangat ampuh untuk mengatasi jerawat parah, terutama untuk mengatasi jerawat batu. Nah, Anda dapat menggunakan bawang putih ini untuk mengatasi jerawat batu di dahi. Berikut ulasan manfaat bawang putih untuk jerawat dan cara menghilangkan jerawat dengan bawang putih.

  • Bawang putih memiliki kandungan sulfur bernama thiacremonon yang akan dengan ampuh mengeringkan serta mengempeskan jerawat dengan sangat cepat, sehingga jerawat batu akan cepat menghilang.
  • Bawang putih juga mengandung senyawa allicin yang akan sangat bermanfaat sebagai anti-bakteri dan membunuh bakteri yang menyumbat pori-pori kulit yang biasanya menjadi penyebab jerawat batu.

Cara Mengatasi Jerawat Batu di Dagu dengan Bawang Putih

  • Siapkan 4-5 siung bawnag putih, kemudian tumbuk halus bawang tersebut dan campurkan dengan sedikit air.
  • Oleskan masker bawang putih ke area kulit dahi yang terkena jerawat batu, diamkan selama 20 menit.
  • Setelah itu, cuci kulit dengan air bersih dan keringkan dengan segera.
  • Untuk hasil yang maksimal, gunakan masker bawang putih sehari sekali secara rutin.

Baca Juga: Bahaya Menghilangkan Tahi Lalat dengan Bawang Putih

2. Lidah Buaya

Tanaman herbal ini juga telah dikenal mampu menjadi obat alami untuk mengatasi jerawat yang parah sekalipun, termasuk jerawat batu di dahi. Nah, apakah Anda penasaran dengan manfaat lidah buaya untuk mengatasi jerawat batu? Berikut manfaat lidah buaya untuk jerawat dan cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya.

  • Lidah buaya mengandung gliko-protein yang berperan sebagai agen anti-inflammasi dan akan dengan ampuh mengatasi berbagai pembengkakan maupun efek kemerahan dari jerawat batu sebagai akibat dari peradangan jerawat.
  • Lidah buaya mengandung polisakarida dan gberelin yang merupakan agen anti-bakteri alami, sehingga akan membunuh bakteri penyebab jerawat batu. Hasilnya, jerawat batu akan semakin cepat mengering dan menghilang dari kulit dahi.

Cara Mengatasi Jerawat Batu di Dagu dengan Lidah Buaya

  • Siapkan 1 tanaman lidah buaya, kemudian potong bagian ujungnya hingga Anda melihat adanya gel disana.
  • Oleskan gel pada lidah buaya ke area kulit dahi yang terdapat jerawat batu, kemudian diamkan hingga mengering.
  • Cuci kulit Anda dengan menggunakan air bersih dan keringkan dengan segera.
  • Untuk hasil maksimal, gunakan lidah buaya ini sekali sehari secara rutin.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Komedo dengan Lidah Buaya

3. Jahe

Bahan rempah-rempah tradisional seperti jahe ternyata juga mampu digunakan untuk mengatasi berbagai macam jerawat batu di berbagai macam area wajah, termasuk dahi. Penasaran dengan manfaat jahe untuk jerawat? Berikut ulasannya untuk Anda.

  • Jahe mengandung shogaols, zingibain, dan senyawa-senywa otentik lainnya yang akan berperan sebagai agen anti-inflammasi, serta mengurangi rasa perih yang ditimbulkan oleh jerawat batu.
  • Jahe juga memiliki kemampuan untuk membunuh bakteri yang biasanya menjadi penyebab dari timbulnya jerawat batu. Maka tak heran jika jahe dapat digunakan sebagai cara mengempeskan jerawat dengan cepat.

Cara Mengatasi Jerawat Batu di Dagu dengan Jahe

  • Siapkan 4 buah jahe, kemudian tumbuk halus dagingnya hingga menjadi semacam bubuk, dan tambahkan dengan sedikit air agar cocok menjadi pasta.
  • Oleskan masker jahe tersebut ke area kulit dahi yang terdapat jerawat batu, diamkan selama 15 menit.
  • Cuci kulit dengan menggunakan air bersih dan keringkan dengan segera.
  • Untuk hasil maksimal, gunakan jahe ini sekali sehari secara rutin.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Kunyit

ads

4. Mahkota Dewa

Buah mahkota dewa, terutama yang masih berusia muda, ternyata juga memiliki kemampuan yang luar biasa sebagai cara mengatasi jerawat batu di kulit, termasuk di dahi. Bahkan, di Cina sana, buah mahkota dewa ini sudah dijadikan sebagai bahan baku obat tradisional untuk mengobati berbagai penyakit. Penasaran apa manfaat mahkota dewa untuk jerawat batu? Berikut ulasannya.

  • Mahkota dewa memiliki sifat anti-bakteri, sehingga akan membunuh bakteri penyebab jerawat yang biasanya menjadi faktor utama timbulnya jerawat batu.
  • Mahkota dewa memiliki kandungan flavonoid yang merupakan suatu antioksidan untuk menangkal radikal bebas untuk menangkal radikal hidroksil ataupun peroksil, sehingga dapat mempercepat penyembuhan jerawat batu dan dapat digunakan sebagai cara mencegah jerawat secara alami.

Cara Mengatasi Jerawat Batu di Dagu dengan Mahkota Dewa

  • Pertama, cuci buah mahkota dewa hingga bersih, kemudian parut buah tersebut hingga tipis dan halus.
  • Oleskan buah mahkota dewa yang sudah halus tersebut ke area kulit dahi yang terkena jerawat batu. Diamkan selama 20 menit.
  • Cuci kulit dengan menggunakan air bersih dan keringkan dengan segera.
  • Untuk hasil maksimal, gunakan masker buah mahktoa dewa sehari sekali secara rutin.

Baca Juga: Manfaat Binahong Untuk Jerawat

5. Daun Sirih

Daun dari tanaman tradisional ini memang sudah dikenal secara luas akan manfaat dan khasiatnya dalam mengatasi berbagai macam jerawat batu. Apakah Anda penasaran apa manfaat daun sirih untuk jerawat batu dan bagaimana cara menghilangkan jerawat dengan daun sirih? Berikut ulasan serta cara menghilangkan jerawat batu dengan daun sirih.

  • Daun sirih memiliki kandungan chevicol dan betlephenol yang keduanya merupakan agen anti-bakteri yang luar biasa dan akan membunuh bakteri penyebab jerawat batu dengan cepat, sehingga jerawat batu di dahi akan cepat mengempes.
  • Kandungan minyak atsiri pada daun sirih akan bermanfaat sebagai antiseptik alami yang akan dengan luar biasa menumpas bakteri di kulit kita sehingga jerawat batu akan semakin cepat menghilang.

Cara Mengatasi Jerawat Batu di Dagu dengan Daun Sirih

  • Siapkan 4 hingga 5 helai daun sirih, kemudian masukkan ke dalam panci yang berisi dengan 2 gelas air. Didihkan air tersebut beserta daun sirihnya.
  • Setelah air mendidih dan daun sirih serta air telah bercampur menjadi satu, maka segera matikan kompor dan diamkan sejenak hingga temperaturnya menurun.
  • Jika temperatur sudah menurun, maka selanjutnya Anda dapat membasuh kulit dahi Anda dengan campuran air dan sari dari daun sirih tersebut.
  • Untuk hasil maksimal, gunakan air sari daun sirih ini 2 kali sehari secara rutin sehingga jerawat batu akan cepat menghilang.

Baca Juga: Cara Menghilangkan bekas Jerawat dengan Daun Sirih

6. Metode Uap

Untuk mengatasi segala jenis jerawat di dahi, maka menggunakan metode penguapan merupakan salah satu cara ampuh yang patut Anda coba. Metode ini sangat simpel, dan dapat dilakukan kapanpun, tanpa meninggalkan efek samping apapun bagi kulit dahi Anda. Berikut penjelasan manfaat metode uap untuk jerawat Anda.

  • Metode uap ini akan membuka pori-pori kulit Anda, yang kemudian akan menyingkirkan segala sel-sel kulit mati, debu, kotoran, polutan lain, dan bahkan bakteri penyebab jerawat yang menyumbat pori-pori sehingga jerawat batu akan semakin cepat mengempes. Maka tak heran jika metode uap ini akan bermanfaat sebagai cara mengempeskan jerawat yang meradang dengan cepat.
  • Metode uap juga dapat menekan produksi sebum di kulit Anda, sehingga akan mencegah minyak berlebih yang dapat menyebabkan jerawat semakin meradang. Atas alasan inilah, metode uap merupakan cara mencegah jerawat tumbuh lagi secara alami.

Cara Mengatasi Jerawat Batu di Dagu dengan Metode Uap

  • Siapkan panci yang diisi dengan 4 gelas air, kemudian didihkan air tersebut.
  • Setelah mendidih, dekatkan wajah Anda ke panci sehingga kulit wajah Anda akan terkena uap dari air yang mendidih tersebut.
  • Lakukan langkah diatas beberapa kali dalam sehari, dan Anda juga dapat menggunakan cara ini setiap hari secara rutin.

Baca Juga: Cara Tradisional Menghilangkan Komedo Jerawat

7. Antibiotik

Untuk mengatasi jerawat batu, maka menggunakan obat antibiotik merupakan langkah yang dapat Anda lakukan jika Anda ingin menghilangkannya dalam waktu yang lebih cepat jika dibandingkan dengan cara herbal. Nah, mengapa obat antibiotik dapat mengatasi jerawat batu? Berikut ulasannya untuk Anda.

Mengapa Antibiotik Dapat Mengatasi Jerawat Batu?

Seperti yang sudah diketahui, biasanya ciri-ciri jerawat batu adalah berwarna kuning atau keputih-putihan, dimana di dalamnya terdapat suatu cairan nanah yang berisi bakteri penyebab jerawat. Oleh karena itulah, antibiotik merupakan obat jerawat yang tepat untuk mengatasi jerawat batu karena obat tersebut akan membunuh bakteri penyebab jerawat secara seketika dan hasilnya, jerawat batu pun akan cepat mengempes dan menghilang dari kulit Anda.

Obat antibiotik biasanya akan tersedia dalam bentuk topikal atau oral. Namun jika Anda menderita jerawat batu yang parah, maka disarankan untuk menggunakan obat antibiotik oral. Jangan lupa untuk meminta rekomendasi dari dokter terlebih dahulu agar Anda dapat terhindar dari bahaya antibiotik untuk jerawat.

Baca Juga: Manfaat Obat Jerawat Cindala

8. Isotretinoin

Jika pengobatan dengan menggunakan antibiotik tidak membuahkan hasil yang signifikan, maka banyak ahli medis yang merekomendasikan isotretinoin sebagai obat jerawat yang dapat Anda gunakan untuk mengobati jerawat batu. Apakah manfaat isotretinoin untuk jerawat batu? Berikut ulasannya.

Mengapa Isotretinoin Dapat Mengatasi Jerawat Batu?

Menurut penelitian di Amerika, 85% pasien yang menderita jerawat parah seperti jerawat batu mengalami perkembangan yang signifikan perihal kondisi jerawat mereka setelah menggunakan isotretinoin. Obat jerawat meradang ini memang sifatnya sangat kuat dan dapat menyebabkan efek samping yang lebih banyak dibanding antibiotik, sehingga hanya dianjurkan bagi Anda yang menderita jerawat parah dan sudah mendapat persetujuan dokter.

Isotretinoin akan bekerja dengan cara menekan produksi sebum di kulit, sehingga kulit akan terhindar dari bahaya minyak berlebih yang akan menyebabkan peradangan jerawat dan jerawat batu. Obat ini juga akan menyembuhkan pembengkakan dan efek kemerahan yang biasa terjadi ketika Anda mengalami jerawat parah, termasuk jerawat batu. Maka tak heran isotretinoin dapat digunakan sebagai cara menghilangkan kemerahan pada jerawat secara cepat.

Baca Juga: Manfaat Amoxicillin Untuk Jerawat

Sponsors Link

9. Terapi Sinar Biru

Terapi sinar biru merupakan prosedur medis yang memang dikhususkan untuk mengatasi jerawat parah, termasuk jerawat batu. Bahkan, banyak ahli dermatologi yang menyarankan jika Anda memiliki jerawat yang parah dan berawarna merah, maka sebaiknya melakukan terapi sinar biru ini. Penasaran mengapa terapi sinar biru dapat mengatasi jerawat batu di dahi? Berikut ulasannya.

Mengapa Terapi Sinar Biru Dapat Mengatasi Jerawat Batu?

Seperti yang telah dijelaskan diatas, terapi ini akan sangat bermanfaat untuk mengatasi jerawat batu karena memang terapi ini bekerja dengan menembakkan sinar biru ke kulit yang akan membunuh bakteri penyebab jerawat, yaitu Propanobacterium acnes secara seketika. Nah, bakteri penyebab jerawat memang sangat sensitif terhadap sinar biru dan tentu saja jerawat batu akan cepat mengempes dan menghilang dari kulit. Maka tak heran jika metode ini dapat digunakan sebagai cara mengurangi pembengkakan jerawat secara ampuh.

Yang perlu diingat adalah bahwa Anda tidak direkomendasikan untuk menggunakan terapi ini jika Anda mengkonsumsi obat jerawat oral. Terapi ini hanya boleh digunakan bagi orang yang memang tidak ingin mengobati jerawat dengan obat jerawat oral.

Baca Juga: Obat Penghilang Jerawat di Apotik

10. Laser

Menggunakan metode laser memang merupakan cara yang paling ampuh untuk mengatasi jerawat parah, termasuk jerawat batu di segala tempat di kulit Anda. Nah, menggunakan metode ini memang akan menguras kantong Anda dalam-dalam, namun hasilnya akan langsung terlihat karena jerawat batu di dahi akan langsung lenyap secara seketika.

Mengapa Laser Dapat Mengatasi Jerawat Batu?

Laser memang biasanya digunakan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat berlubang yang tak kunjung hilang di kulit, namun laser ini juga dapat digunakan untuk mengatasi jerawat batu. Metode laser ini akan menembakkan laser yang akan membunuh bakteri penyebab jerawat, membakar kelenjar sebaceous sehingga produksi minyak berlebih dapat ditekan, serta akan memicu produksi kolagen pada kulit yang akan menghaluskan kulit dan mempercepat penyembuhan jerawat.

Baca Juga: Jenis-Jenis Laser Jerawat

Bagi Anda yang ingin mengatasi jerawat batu dengan metode ini, maka jangan khawatir karena jerawat batu tidak akan kembali ke kulit Anda setelah Anda menggunakan metode ini.

Baca Juga:

Tips Pendukung Mengatasi Jerawat Batu di Dahi

Setelah Anda mengetahui berbagai cara mengatasi jerawat batu di dahi baik dengan menggunakan bahan herbal, obat medis, bahkan dengan menggunakan prosedur medis, sekarang saatnya Anda untuk mengetahui berbagai tips atau tindakan pendukung yang akan bermanfaat untuk mengatasi jerawat batu di dahi. Berikut ulasannya untuk Anda.

  • Jangan Memencet Jerawat Batu. Memencet jerawat batu adalah suatu hal yang sangat tidak dianjurkan karena efek akibat jerawat dipencet akan membuat nanah di jerawat batu keluar, dan menginfeksi permukaan kulit di sekitarnya. Hasilnya, Anda akan mengalami bahaya memencet jerawat, yaitu jerawat batu justru akan tumbuh semakin banyak di kulit Anda. Sangat menegerikan bukan?
  • Perhatikan Kebersihan Rambut. Salah satu faktor penyebab jerawat batu di dahi adalah rambut yang tidak diperhatikan kebersihannya. Dalam aktivitas sehari-hari, tentu saja rambut akan menjadi sarang bakteri yang jika mengenai dahi, maka bakteri tersebut akan berpindah ke dahi dan menyebabkan jerawat batu. Oleh karena itu, cuci rambut menggunakan shampoo setiap hari sekali. (Baca: Cara Menghilangkan Jerawat di Kepala)
  • Hindari Rambut Menyentuh Dahi. Bagi Anda yang memiliki rambut panjang, maka Anda harus memastikan bahwa rambut tidak mengenai bagian dahi Anda untuk meminimalkan peradangan jerawat batu. Untuk itu, lebih baik ikat rambut Anda sedemikian rupa sehingga tidak ada rambut yang menempel pada dahi Anda dan hal ini juga akan bermanfaat sebagai cara menghilangkan jerawat kecil-kecil secara alami.
  • Rutin Mencuci Wajah. Jika Anda ingin mempercepat penyembuhan jerawat batu, maka jangan malas mencuci wajah paling tidak 2 kali dalam sehari. Mencuci wajah secara rutin dengan mengaplikasikan cara mencuci wajah yang benar untuk kulit berjerawat akan menyingkirkan debu, kotoran, dan minyak berlebih yang akan berpotensi menyebabkan jerawat batu menjadi meradang kembali.
  • Perhatikan Pola Makan Anda. Jika Anda memiliki jerawat batu, lebih baik Anda mengkonsumsi makanan penghilang jerawat seperti buah-buahan dan sayuran dibandingkan makanan penyebab jerawat di wajah muncul terus seperti makanan berminyak dan makanan pedas yang akan meningkatkan produksi sebum di wajah Anda.

Nah, itulah tadi berbagai cara menghilangkan jerawat batu di dahi beserta berbagai macam tips pendukung yang akan mempercepat proses penyembuhan jerawat batu di kulit Anda. Jangan lupa aplikasikan cara hidup sehat agar terhindar dari jerawat dan semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan