Sponsors Link

8 Cara Menghilangkan Jerawat Batu di Hidung Dengan Cepat dan Alami

Sponsors Link

Jerawat batu disebut juga dengan cystic acne. Jerawat ini memiliki ukuran yang besar dan juga dalam jumlah yang banyak. Berwarna merah dan meradang sehingga wajah penderita terlihat seperti bengkak karena jerawat ini. Jenis jerawat ini paling menjadi momok yang menakutkan karena bentuknya tersebut. Apalagi jika jerawat batu di hidung anda. Hidung memang merupakan salah satu bagian pada wajah yang sering berminyak sehingga tumbuhnya jerawat batu di hidung bisa saja terjadi. Jerawat batu yang tumbuh di hidung tentu akan menyebabkan penderita mengalami sejenis krisis percaya diri. Jerawat memang sangat mempengaruhi rasa percaya diri di depan banyak orang. Namun satu hal yang perlu diperhatikan adalah menghindari untuk memencet jerawat . Karena saat anda memencet jerawat kemungkinan terkena infeksi menjadi lebih tinggi dari sebelumnya. Di sisi lain memencet juga menimbulkan bopeng pada wajah. Ini justru bersifat permanen yang akan membuat anda juga kurang percaya diri.

Sponsors Link

Ada beberapa cara menghilangkan jerawat batu di hidung secara alami ataupun menggunakan obat seperti cream. Ini semua tergantung dari pilihan anda sendiri. Dan pastikan bahwa yang anda pakai memang membantu untuk menghilangkan jerawat batu. Kali ini akan diulas cara menghilangkan jerawat batu dengan menggunakan bahan yang alami berikut ini jabarannya :

1. Mahkota dewa

Bagi anda yang kurang familiar dengan tanaman ini tentu baru sekali mendengar namanya. Mahkota dewa sudah lama dipercaya mampu mengobati jerawat batu. Caranya adalah sebagai berikut :

  • Ambil daun mahkota dewa beserta dengan umbinya kemudian cuci hingga bersih.
  • Setelah di cuci kupas kulit dari umbi mahkota dewa.
  • Kedua bahan tadi di haluskan bisa dengan menggunakan blender ataupun dengan di haluskan secara manual.
  • Sesudah itu tempelkan pada jerawat batu yang ada di hidung anda.
  • Diamkanlah selama lima belas menit baru kemudian di bilas dengan air yang bersih.

Pemakaian masker mahkota dewa ini dapat dilakukan setiap hari sampai jerawat batu di bagian hidung anda mengempis dan meninggalkan bekasnya. Jika sudah tinggal bekas untuk menghilangkannya cukup dengan pemakaian sebanyak dua kali dalam seminggu.

Baca juga :

2. Daun sedaguri

Daun sedaguri ini dapat anda campurkan dengan mahkota dewa dengan cara di rebus terlebih dahulu. Setelah di rebus dalam kondisi yang masih panas uapkan bagian hidung yang ditumbuhi jerawat batu disekitarnya. Hati – hati agar air yang hangat dari ramuan tadi tidak sampai mengenai wajah anda. Lakukan cara ini setiap hari agar jerawat batu pada wajah segera sembuh.

Baca juga :

3. Mengkudu

Buah mengkudu juga baik untuk membantu menghilangkan jerawat batu dari dalam. Ini karena buah ini di konsumsi sebagai minuman yang mampu untuk membersihkan darah kotor. Tidak sedikit jerawat yang juga di sebabkan karena darh kotor pada tubuh. Cara untuk membuat minuman dari mengkudu ini adalah sebagai berikut :

  • Ambil buah mengkudu yang masak kemudian cuci dengan air yang bersih.
  • Masukkan air ke dalam panci dan juga mengkudu ke dalamnya dan panaskan di atas kompor.
  • Tunggu hingga mendidih setelah mendidih baru kemudian di saring untuk diminum airnya.

Minum rebusan dari buah mengkudu sebanyak dua kali dalam seminggu selama dua minggu saja untuk membantu membersihkan darah kotor.

Sponsors Link

4. Daun pepaya

Sama seperti buah mengkudu daun pepaya juga berguna untuk memebrsihkan darah kotor dalam tubuh. Caranya ambil daun pepaya yang berangkai yaitu daun pepaya yang memiliki bunga karena jika bukan daun pepaya yang berangkai maka tidak ada manfaatnya untuk mebersihkan darah kotor. Cuci bersih daun pepaya yang sudah tua yang sudah tua tersebut kemudian di peras dengan menggunakan air. Saring dan kemudian airnya dapat diminum setelah makan. (Baca juga : Manfaat pepaya untuk wajah berjerawat)

5. Bawang putih

salah satu bahan dapur ini berguna untuk mengobati jerawat batu pada hidung karena bawang putih mengandung zat anti bakteri yang baik untuk membunuh bakteri penyebab jerawat. Caranya adalah sebagai berikut :

  • Ambil satu siung bawang putih yang ukurannya kecil. Kemudian kupas kulitnya. Sebelumnya pastikan anda sudah membersihkan bagian wajah yang akan ditempeli masker terlebih dahulu. Uapi juga dengan air panas untuk membuka pori – pori pada wajah.
  • Cuci bersih baru kemudian di tumbuk hingga halus.
  • Oleskan pada jerawat batu yang tumbuh dihidung

Tunggu hingga 15 menit baru kemudian dibersihkan. Terakhir bilas dengan air dingin untuk menutupi pori – pori pada wajah. Lakukan pemakaian ini sebanyak satu kali sehari untuk mengobati jerawatnya.

Baca juga :

6. Lidah buaya

Tanaman yang juga berfungsi sebagai penghias ini sudah banyak dikenal sebagai salah satu bahan dasar kosmetik. Lidah buaya mengandung anti bakteri dan anti peradangan yang baik untuk kulit. Selain itu kandungan gel di dalam lidah buaya berguna sebagai pelembap alami bagi kulit. Cara untuk memanfaatkan lidah buaya sebagai masker untuk mengobati jerawat pasir adalah :

  • Ambil tanaman lidah buaya yang memiliki ukuran batang yang besar. Ini karena semakin besar batangnya maka kandungan gel dalam lidah buaya semakin banyak.
  • Kupas terlebih dahulu kulitnya. Dan perhatikan juga untuk membersihkan getah lidah buaya terlebih dahulu. Lidah getah buaya berwarna kuning.
  • Setelah kulitnya di kupas anda akan langsung bertemu dengan isinya dan gel yang meyelimuti isi dari lidah buaya.
  • Oleskan gel tersebut pada bagian jerawat batu dan biarkan selama 30 menit.
  • Baru kemudian di bilas dengan menggunakan air yang bersih.

Pemakaian masker lidah buaya ini cocok untuk kulit normal karena untuk kulit sensitif kadang dapat menimbulkan reaksi seperti gatal – gatal pada kulit.

Artikel terkait :

Sponsors Link

7. Kentang

Satu lagi cara untuk menghilangkan jerawat batu secara alami adalah dengan menggunakan kentang. Kentang mengandung vitamin c yang baik untuk memberikan kesehatan pada kulit juga berfungsi untuk mengobati jerawat batu di hidung. Cara untuk membuat masker dari kentang adalah :

  • Kupas kuli kentang terlebih dahulu kemudian baru di cuci dengan air yang mengalir.
  • Kentang kemudian di blender hingga halus.
  • Sebelum diaplikasikan pada wajah bersihkan wajah terlebih dahulu dengan air yang bersih baru kemudian uapi dengan air panas untuk membantu membuka pori – pori wajah agar hasil nutrisi dari kentang meresap secara sempurna pada kulit.
  • Oleskan masker kentang tadi pada bagian jerawat batu.
  • Diamkan selama 15 mneit baru kemudian di bilas dengan air yang bersih.

Untuk langkah terkahir dapat di bilas dengan air yang dingin untuk membantu mengecilkan pori – pori wajah kembali.

8. Madu

Bahan alami berikutnya yang mampu menghilangkan jerawat batu pada hidung adalah madu. Cairan alami dari lebah ini kaya akan vitamin dan antioksian yang baik untuk kulit. Sehingga tidak hanya mengobati jerawat natu namun juga mencegah penuaan dini pada kulit akibat serangan dari radikal bebas. Adapun cara untuk menggunakan madu sebagai masker cukup mudah. Tinggal oleskan saja madu pada jerawat batu dan tunggu hingga 15 menit. Setelah itu bilas wajah dengan air yang bersih.

Untuk memilih madu yang asli dengan madu yang sudah banyak mengalami proses percampuran harus anda teliti terlebih dahulu. Madu asli tidak permah di kerumuni oleh semut saat cairannya tinggal diatas meja. Selain itu madu asli juga tidak akan membeku jika dimasukkan ke dalam lemari es. Sedangkan madu yang sudah banyak campuran gula di dalamnya akan mengalami pembekuan jika disimpan di dalam lemari es dalam kurun waktu yang sama saja dengan madu asli.

Baca juga :

Itulah beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk membantu cara menghilangkan jerawat batu di hidung yang paling mudah dilakukan.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Thursday 03rd, November 2016 / 04:42 Oleh :
Kategori : Pengobatan