Sponsors Link

Cara Menghilangkan Jerawat Batu di Hidung Secara Alami

Sponsors Link

Jerawat adalah salah satu faktor yang menganggu dalam penampilan seseorang. Terlebih lagi apabila jerawat tersebut berwarna kemerahan dan menyebabkan gatal yang umumnya dikenal dengan istilah jerawat batu. Istilah lain dari jerawat batu adalah millium. Jerawat batu dapat muncul di area kulit mana saju, termasuk hidung. Timbulnya jerawat batu di area hidung, merupakan hal yang sangat menganggu penampilan seseorang. Hidung merupakan area yang terlihat jelas dan tidak dapat ditutupi dalam penampilan. Munculnya jerawat batu dapat diawali dengan munculnya bintik merah dan perih pada daerah sekitar bintik tersebut apabila disentuh. Tentu hal ini tidak hanya menganggu penampilan namun memberikan efek samping lain bagi penderita jerawat tersebut. Jerawat batu dapat menyerang siapa saja baik pria maupun wanita.

Sponsors Link

Penyebab jerawat batu salah satunya adalah produksi kelenjar minyak yang berlebih sehingga menyebabkan tersumbatnya pori – pori di hidung. Penyumbatan pori – pori kulit mengakibatkan bakteri penyebab jerawat atau biasa dikenal dengan istilah Propionobacterium acnes berkembang dengan cepat. Bakteri tersebut mengeluarkan zat yang dapat mengakibatkan kulit menjadi iritasi hingga menimbulkan efek kemerahan dan pembengkakkan pada kulit. Penyebab munculnya jerawat batu dapat diakibatkan beberapa faktor, antara lain :

  1. Faktor Jenis Kulit
  2. Faktor Hormon
  3. Faktor Pola Hidup
  4. Faktor Keturunan
  5. Faktor Penggunaan Make-Up
  6. Faktor Stress
  7. Faktor Kebersihan
  8. Faktor Alergi

Jerawat batu yang muncul di hidung harus segera dihilangkan agar penampilan kembali menjadi cantik maupun tampan.Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan jerawat batu. Apabila kondisi jerawat sudah parah atau sangat menganggu penampilan, maka disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit. Namun jika kondisi jerawat masih tergolong ringan hanya muncul satu atau beberapa bintik maka dapat dilakukan dengan cara alami menggunakan bahan yang tersedia di rumah. Cara mengatasi jerawat batu secara tradisional dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, seperti dibawah ini

  • Air Jeruk Lemon

Kandungan vitamin C yang ada pada jeruk lemon sangat baik untuk mengurangi produksi minya berlebih di wajah. Produksi minyak yang berkurang di wajah dapat mengurangi pertumbuhan jerawat lain di wajah dan mengobati jerawat. Metode pengobatan ini dapat dilakukan dengan memeras air jeruk lemon. Air tersebut dioleskan pada wajah yang berjerawat. Walaupun air perasan jeruk ini menimbulkan efek perih pada jerawat namun cukup ampuh untuk membasmi jerawat.

  • Bawang Putih

Bawang putih tidak hanya berguna untuk bumbu dapur dalam pembuatan masakan. Namun dapat digunakan dalam metode pengobatan jerawat karena mengandung zat sulfur sebagai antiseptik. Cara menghilangkan jerawat dengan bawang putih dalam 1 malam dapat dilakukan dengan menghaluskan bawang putih dengan cara ditumbuk kemudian tempelkan kepada wajah yang sedang berjerawat. Diamkan olesan bawang putih tumbuk tersebut pada wajah hingga semalam kemudian bilas menggunakan sabun muka.

  • Uap Air Panas

Uap air panas efektif untuk membuka pori – pori kulit yang tersumbat sehingga mengeluarkan kotoran dari wajah yang berjerawat. Metode ini dapat diterapkan dengan cara panaskan air pada panci hingga mendidih. Dekatkan wajah dengan mulut panci namun tetap perhatikan jaraknya selama kurang lebih 20-30 menit.

Beberapa cara diatas merupakan cara menghilangkan jerawat batu secara alami di hidung dalam 1 hari yang dapat ditangani dari rumah. Setelah jerawat batu sembuh terapkan cara menghilangkan bekas jerawat batu yang menghitam secara alami. Selain bahan yang mudah didapat, cara pengolahan obatnya pun relatif mudah untuk dicoba.

ads
,
Oleh :
Kategori : Pengobatan