Sponsors Link

5 Cara Menghilangkan Jerawat Batu di Jidat Secara Alami dan Medis

Sponsors Link

Munculnya segala sesuatu tentang jerawat memang meresahkan. Tidak ada seorang pun yang ingin wajahnya ditumbuhi jerawat di area manapun. Hal ini karena salah satu dampak psikologis akibat jerawat adalah menurunnya rasa percaya diri. Jerawat yang tumbuh di wajah membuat penampilan semakin tidak oke karena wajah tampak tidak mulus.

Sponsors Link

Mengapa jerawat bisa tumbuh di wajah? Ada berbagai penyebab jerawat jerawat berdasarkan faktor internal dan eksternal yang bisa menjawabnya. Begitu pula dengan jenis jerawat yang bisa tumbuh. Jerawat ada yang tidak parah, namun ada juga yang parah. Salah satu jenis jerawat yang parah adalah jerawat batu. Jerawat batu bisa tumbuh di daerah mana saja di wajah, termasuk di jidat.

Karena termasuk salah satu jenis jerawat yang parah, jerawat batu di jidat termasuk sulit untuk disembuhkan. Sebelum membahas lebih jauh tentang bagaimana cara menghilangkan jerawat batu di jidat, yuk kita bahas sedikit tentang jerawat batu dan penyebabnya.

Jerawat batu

Jerawat batu disebut juga dengan jerawat nodul dalam istilah medis. Jerawat ini biasanya tumbuh di kulit yang berminyak, atau karena faktor genetik. Ukuran jerawat batu ini besar, berwarna merah, dan biasanya berisi darah atau nanah di dalamnya.

Penyebab jerawat batu di jidat

Jerawat batu bisa tumbuh di jidat disebabkan oleh beberapa hal. Karena jerawat ini tergolong parah dan sulit disembuhkan, maka ketahui dulu apa penyebab munculnya jerawat batu di jidat seperti berikut:

  • Minyak berlebih di wajah. Jerawat batu bukanlah jerawat yang bisa dengan mudah tumbuh di kulit siapa saja. Jerawat ini tumbuh pada kulit yang sangat berminyak. Kelebihan minyak di wajah akan menyumbat pori-pori kulit. Jika minyak ini bersatu dengan debu dan kotoran yang menempel, maka tumbuhlah jerawat batu yang meradang. Lakukan cara mencegah jerawat pada kulit berminyak sekarang juga.
  • Malas membersihkan wajah. Wajah yang kotor adalah wajah yang palig berpeluang untuk ditumbuhi jerawat. Asal mula jerawat adalah adanya debu dan kotoran yang menyumbat folikel rambut pada wajah. Penyumbatan ini lama kelamaan akan meradang dan menyebabkan jerawat. Salah satu kebiasaan penyebab jerawat yang sangat sering dilakukan adalah malas membersihkan wajah setelah selesai beraktivitas.
  • Gaya rambut atau rambut yang kotor. Wanita yang punya gaya rambut berponi sangat mungkin ditumbuhi jerawat batu di jidatnya. Poni yang menggantung hingga ke dahi akan memindahkan kotoran dari rambut ke kulit wajah. Tidak hanya poni, rambut yang kotor dan kulit kepala yang berminyak juga bisa menyebabkan tumbuhnya jerawat batu di jidat.
  • Hormon yang tidak seimbang. Hormon yang tidak seimbang bisa menyebabkan munculnya jerawat batu di jidat. Kondisi dimana hormon tidak seimbang terjadi saat seseorang sedang stress atau begadang. Begadang penyebab jerawat menyebabkan pola hidup tidak sehat dan hormon menjadi tidak seimbang.

Cara menghilangkan jerawat di jidat secara alami

1. Lidah buaya

Tanaman lidah buaya adalah salah satu bahan alami yang bisa menghilangkan jerawat batu. Berikut manfaat lidah buaya untuk jerawat:

  • Lidah buaya memiliki sifat anti inflamasi yang akan meredakan peradangan dan kemerahan akibat jerawat batu.
  • Lidah buaya mengandung anti bakteri alami yang akan membunuh bakteri penyebab jerawat dan bakteri yang ada di dalam jerawat.

Cara menghilangkan jerawat batu di jidat dengan lidah buaya:

  • Siapkan lidah buaya segar, ambil gel-nya saja.
  • Oleskan gel lidah buaya ke jerawat batu yang ada di dahi hingga gel habis, lalu diamkan hingga gel mengering.
  • Cuci jerawat dengan air bersih dan keringkan dengan tisu atau handuk.
  • Lakukan perawatan ini secara rutin hingga jerawat hilang.

2. Lemon

Lemon adalah salah satu bahan alami yang sangat ampuh untuk menyembuhkan jerawat. Berikut manfaat lemon untuk jerawat dan manfaat lemon untuk bekas jerawat yang perlu Anda ketahui:

  • Lemon kaya akan vitamin C dan asam sitrat. Kedua zat ini mampu membunuh berbagai macam bakteri penyebab jerawat dan mencegahnya untuk berkembang biak.
  • Lemon mampu mengangkat sel-sel kulit mati, termasuk yang menyebabkan jerawat dan memudarkan bekas jerawat secara alami.

Cara menghilangkan jerawat batu di jidat dengan lemon:

  • Ambil 1 buah lemon segar, lalu ambil airnya saja.
  • Campurkan air lemon dengan air bersih dengan komposisi 1:1.
  • Celupkan kapas ke dalam campuran air tersbut, lalu kompreskan ke jerawat batu di jidat hingga air meresap.
  • Biarkan jidat sampai kering, lalu bilas jerawat dengan air hingga bersih.
  • Lakukan perawatan ini setiap hari hingga jerawat batu hilang.
Sponsors Link

3. Uap

Menguap wajah adalah salah satu cara menghilangkan jerawat ala korea yang terkenal. Uap mampu membuka pori-pori wajah sehingga akan membersihkan wajah secara maksimal. Inilah manfaat uap untuk jerawat:

  • Uap akan membuka pori-pori kulit wajah sehingga akan mengeluarkan semua debu, kotoran, polusi, dan bakteri penyebab jerawat yang menyumbat pori.
  • Uap akan menekan produksi minyak dan sebum pada wajah sehingga mencegah terjadinya kelebihan minyak pada wajah yang bisa menyebabkan jerawat.

Cara menghilangkan jerawat batu di jidat dengan uap:

  • Rebus air sebanyak 500 ml.
  • Angkat dari kompor, kemudian dekatkan wajah Anda dengan jarak 30 cm dari bibir panci.
  • Biarkan uap mengenai wajah Anda selama kurang lebih 3 menit.
  • Lakukan metode ini 2 kali seminggu agar jerawat batu di jidat cepat hilang.

Cara menghilangkan jerawat batu di jidat secara medis

ads

1. Mengonsumsi antibiotik

Jika Anda memiliki jerawat batu di jidat yang sangat sulit untuk dihilangkan, maka coba cara yang satu ini. Menghilangkan jerawat batu dengan antibiotik akan memberikan hasil yang cepat dan instan.

Antibiotik memiliki fungsi utama untuk membunuh bakteri. Dengan mengonsumsi obat antibiotik, bakteri penyebab jerawat dan bakteri yang ada pada jerawat dapat dibunuh dengan cepat. Jerawat batu biasanya berisi darah atau nanah di bagian tengahnya, sehingga dari luar tampak berwarna putih atau kekuningan. Darah atau nanah pada jerawat ini adalah sumber bakteri.

Mengonsumsi antibiotik memang akan mengempiskan dan menghilangkan jerawat batu dalam hitungan hari. Namun jangan sembarangan membeli obat antibiotik tanpa resep atau rekomendasi dari dokter.

2. Obat Isotretinoin

Jika Anda sudah mencoba mengonsumsi obat antibiotik namun jerawat batu tidak kunjung hilang, minum obat isotretinoin untuk menghilangkan jerawat dengan lebih ampuh. Obat isotretinoin sudah banyak digunakan sebagai obat penghilang jerawat batu di Amerika. Isotretinoin adalah salah satu obat jerawat meradang yang sangat ampuh. Namun obat ini lebih kuat dari antibiotik sehingga menyebabkan efek samping yang lebih parah lagi.

Cara kerja isotretinoin adalah dengan menekan produksi sebum atau minyak wajah semaksimal mungkin sehingga mencegah munculnya jerawat dan mencegah peradangan pada jerawat.

Jangan mengonsumsi obat ini sembarangan tanpa resep resmi dari dokter. Isotretinoin bisa menimbulkan efek samping yang mungkin tidak Anda duga dan bisa membuat kondisi kulit Anda menjadi lebih parah lagi.

Itulah berbagai cara menghilangkan jerawat batu di jidat dengan cara alami dan medis yang bisa Anda lakukan. Jika wajah Anda berjerawat, bersabarlah untuk menghilangkannya. Jangan terburu-buru memencet jerawat karena akan semakin memperparah kondisi jerawat. Lakukan cara menghilangkan kebiasaan memencet jerawat sekarang juga.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan