Sponsors Link

15 Cara Menghilangkan Jerawat Batu di Kelopak Mata Langsung Sembuh

Sponsors Link

Segala sesuatu tentang jerawat merupakan tema pembicaraan yang begitu menarik. Sebab pembicaraan dapat sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia dari segala umur dan jenis kelamin. Pria atau wanita, tua maupun muda. Jerawat akibat bakteri penyebab jerawat ini dapat menyebabkan dampak psikologis akibat jerawat salah satunya adalah menyebabkan munculnya rasa minder seseorang. Jerawat bermula dari benjolan kecil akibat menyumbatnya pori-pori kulit yang disebakan oleh pengakumulasian kandungan minyak berlebih dengan bakteri penyebab jerawat, noda dan polusi di lingkungan luar. Tanpa penangan yang tepat, benjolan yang tadinya kecil ini dapar bertransformasi menjadi jerawat yang meradang atau biasa disebut jerawat batu.

Sponsors Link

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas cara menghilangkan jerawat batu di kelopak mata. Perhatikan dan simak dengan seksama ya

Ciri-Ciri Jerawat Batu di Kelopak Mata

  • Timbulnya benjolan besar
  • Sering mengeluarkan air mata tanpa sebab
  • Timbulnya warna merah di sekitar daerah mata
  • Tak hanya berwarna merah, kelopak mata menjadi sedikit bengkak
  • Munculnya rasa nyeri saat kita menekan atau menutup mata

Penyebab Munculnya Jerawat Batu di Kelopak Mata

  1. Tidak peduli dengan kebersihan

Segala jenis jerawat apapun, kurang pedulinya kita terhadap kebersihan menjadi faktor yang sangat mempengaruhi. Tak hanya jerawat batu, jerawat biasa, jerawat bertambah banyak dan segala jenis jerawat lainnaya juga dapat disebakan dari kurangnya menjaga kebersihan. Mungkin pada awalnya, jerawat muncur dalam bentuk yang sangat kecil, akan tetapi penanganan yang tidak tepat akan membentuk jerawat batu dan meradang. Oleh karena itu, jaga selalu kebersihan anggota tubunhmu terlebih area wajah sekitar kelopak mata.

  1. Faktor genetik

Genetik adalah ilmiah dimana penyebab jerawat batu di kelopak mata ini murni dari bawaan lahir yang ada dalam tubuhnya. Jika orang tua kita memilik kelnjar minyak berlebih, maka kemungkinan sekali hal itu dapat diturunkan kepada anaknya sehingga timbul jerawat batu.

  1. Pertumbuhan kulit yang tidak normal

Seharusnya sel-sel kulit mati harus mengalami regenerasi peremajaan kulit. Apabila terdapat pertumbuhan kulit yang tidak normal, maka kulit akan sulit beregenarasi sehingga terjadi penumpukan sel kulit mati yang menyebabkan peradangan dan jerawat batu.

  1. Tangan yang kotor

Pada saat mata terasa gatal, secara otomatis kita akan menggosok dan mengusapnya menggunakan tangan. Tak bisa dibayangkan bukan, apabila kamu mengusap tangan menggunakan tangan kotor, bakteri penyebab jerawat akan menyebarkan virusnya melalui tangan kotormu. Oleh karena itu perhatiakan selalu kebersihan kedua tanganmu ya,

  1. Penggunaan make up sekitar mata

Walaupun make up adalah salah satu faktor penting tetapi penggunaannya tetap harus diperhatikan. Penggunaan make up seperti eye liner dan maskara bisa memicu timbulnya jerawat batu. Tak hanya itu, make up yang berlebihan juga menjadi faktornya. Setelah menggunakan make up, jangan lupa hilangkan make up mu hingga benar-benar bersih.

Sponsors Link

  1. Lensa kontak

Lensa kontak yang seyogyanya membantu menolong penderita gangguan mata. Benda ini juga dapat menyebkan jerawat batu di kelopak mata. Menariknya lensa kontak disebabkan karena warnanya yang beragam, akan tetapi tetap perhatikan penggunaanya kurangi menggunakan lensa kontak.

  1. Berada di ruangan ber-ac

Dengan berada di ruangan ber-ac tentunya akan membuat kesejukan tersendiri bagi yang mengalaminya. Tetapi jangan senang dulu, karena berada di runagan ber-ac akan menyebabkan jerawat batu di kelopak mata. Jika memang terasa sakit, cepat minum obat dan cari suasanan baru di luar ruangan.

  1. Mata kering

Mata yang kering adalah mata yang kekurangan kelembapan serta  terasa perih dan merah. Agar mata tak kering dan tetap terjaga kelemabapannya, kamu bisa menangis sebentar. Mata yang kering selain membuat wajahmu kusam juga dapat meicu jerawat batu.

ads

Cara Menghilangkan Jerawat Batu di Kelopak Mata

  1. Pakai produk pembersih

Usahakan untuk selalu menggunakan produk pembersih wajah yang mengandung PH seimbang. Hal ini akan mensterilkan area wajah dari banyaknya kotoran dan debu yang terpapar dari lingkungan luar. Tetapi saat menggunakannya, jangan sekali-kali menggosok area mata karena dapat menyebakan iritasi dan memicu munculnya jerawat batu. Setelah memastikan bahwa noda dan debu terangkat, segera bilas dengan air bersih.

  1. Memperbanyak kandungan Zinc

Seperti kita ketahui, bahwa zinc adalah zat mineral penting yang dapat sedikit mengatasi masalah jerawat. Oleh karena itu, tingkatkan asupan mineral zinc ini dengan rutin menggunakan beragam produk kecantikan seperti make up, sabun permbersih dan sebagainya yang banyak mengandung mineral zinc ini.

  1. Terapi laser

Menurut kalangan para wanita, terapi laser adalah salah satu metode pengobatan yang terbukti ampuh untuk menghilangkan jerawat. Kemudahan dalam terapi ini, kita dapat melakukannya di salon atau dokter kulit tentunya dengan berbagai panduan dan cara yang lebih tepat. Pilihan kedua, bisa kita lakukan di rumah asalkan kita memiliki semua alat yang dibutuhkan pada saat terapi dimana alat tersebut konon dijual anatara 3-4 juta tanpa ada pengawasan dari ahlinya.

  1. Air hangat

Cara menghilangkan jerawat batu di kelopak mata berikutnya adalah menggunakan air hangat. Air hangat sangat dipercaya untuk membuat jerawat menjadi kempes serta menjadi penghalang berkembanganya bakteri penyebab jerawat sehingga kerawat batu yang ada di kelompak mata dapat segera sembuh. Cara menghilangkan jerawat batu di kelopak mata adalah :

  • Bersihkan wajah lalu keringkan
  • Siapkan air hangat ke dalam piring’
  • Rendam kapas ke dalam air hangat tersebut
  • Usapkan kapas yang telah di rendam tadi ke kelopak mata yang berjerawat
  • Ulangi hingga sekitar 5 kali selama 2-3 kali sehari
  1. Konsumsi obat pereda sakit

Jerawat batu di kelopak mata sangat menggangu penglihatan kita karena akan terasa sakit apabila kita menyentuhnya. Sakit ini terjadi akibat peradangan jerawat. Kamu bisa mengkonsumsi obat pereda sakit jerawat untuk meminimalisir rasa sakitnya. Tetapi hal yangharus kamu perhatikan adalah tetap konsultasikan dengan dokter agar tidak menimbulkan efek samping yang tidak baik.

  1. Kentang

Kentang juga dipercaya sebagai obat jerawat alami yang dapat menghilangkan jerawat batu di kelopak mata. Cara menghilangkan jerawat batu di kelopak mata adalah :

  • Bersihkan lalu kupas kentang
  • Iris kentang tipis
  • Tekan ke bagian kelopak mata
  • Atau kamu bisa membuat masker kentang
  • Usapkan ke kelopak mata yang berjerawat
  • Tunggu 30 menit
  • Bilas dengan air bersih
  1. Bawang putih

Sifat antiseptik yang terkandung dalam bawang putih dipercaya dapat mengeringkan jerawat batu di kelopak mata serta dapat mencegah berkembangnya bakteri penyebab jerawat sampai ke area lapisan kulit paling dalam. Cara menghilangkan jerawat batu dengan bawang putih di kelopak mata adalah :

  • Haluskan bawang putih
  • Oleskan ke kelopak mata
  • Biarkan hingga kering dan meresap ke kulit
  • Bilas dengan air dingin
  1. Tomat

Manfaat tomat untuk menghilangkan jerawat karenan mengandungan vitamin E, selain itu berfungsi juga untuk mencerahkan kulit, menghilangkan flek hitam dan menghilangkan peradangan jerawat batu. Cara menghilangkan jerawat batu di kelopak mata adalah :

Sponsors Link

  • Belah tomat segar menjadi dua bagian
  • Gosok perlahan di area kelopak mata
  • Diamakan selama 30 menit
  • Bilas dengan air hangat
  1. Putih telur dan madu

Manfaat putih telur untuk wajah berjerawat sangat ampuh karena mengandung protein yang dapat berfungsi untuk menghilangkan penyumbatan pori-pori wajah sedangakan manfaat masker madu untuk menghilangkan jerawat terbukti sangat ampuh. Paduan putih telur dan madu selain dapat secara ampuh menghilangkan jerawat batu di kelopak mata juga dapat mebuat kulit terasa kencang dan awet muda. Cara menghilangkan jerawat batu di kelopak mata adalah :

  • Pisahkan putih telur dan kuning telur
  • Campurkan putih telur ditambah dengan 3 sendok makan madu alami
  • Oleskan ke bagian kelopak mata yang berjerawat
  • Diamkan sebentar
  • Bilas dengan air hangat
  1.  Jeruk nipis, kunyit, dan madu

Manfaat madu untuk kulit berjerawat adalah sebagai antibiotik, anti-inflamasi dan antibakterial yang sangat manjur dalam menghilangkan jerawat batu di kelopak mata. Sedangkan cara mengatasi jerawat dengan jeruk nipis paling ampuh juga terpercaya karena kandungan anti radang oleh jeruk nipis dan manfaat kunyit untuk jerawat dapat mengatasi nyeri yang dihasilkan oleh jerawat batu. Cara menghilangkan jerawat batu di kelopak mata adalah :

  • Setelah dicuci, haluskan kunyit dengan blender, parut atau cara lain
  • Campur kunyit dengan madu dan persan jeruk nipis
  • Oleskan pada kelopaak mata yang berjerawat
  • Tunggu 30 menit
  • Bilas dengan air bersih

Demikian cara menghilangkan jerawat batu di kelopak mata yang mudah sekali untuk diaplikasikan. Selalu hindari kebiasaan buruk penyebab jerawat, memperhatikan cara mencuci wajah yang benar untuk kulit berjerawat  dan melakukan perawatan wajah berjerawat dan berminyak secara alami agar kamu  terbebas dari masalah jerawat apapun yang dapat hinggap. Konsumsi makanan pencegah jerawat seperti sayuran anti jerawat secara rutin. Semoga bermanfaat.

ads
, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan
Search
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.