Sponsors Link

9 Cara Menghilangkan Jerawat Beras secara Alami

Sponsors Link

Jerawat beras merupakan salah satu jenis jerawat yang muncul akibat peradangan pada kulit wajah. Bagian wajah yang ditumbuhi jerawat beras ini biasanya paling sering dipipi. Salah satu ciri dari jerawat beras ini adalah didalan jerawat terdapat butiran seperti nasi dan butiran ini ditemukan saat Anda melakukan pemencetan pada jerawat. Namun ada baiknya jangan pernah memencet jerawat karena akan membuat kulit infeksi dan meninggalkan bekas bopeng pada wajah. Memang keberadaan jerawat bagi semua orang sangatlah menganggu sekali. Namun untuk mencegah timbulnya jerawat pada wajah Anda dapat memperhatikan beberapa penyebab timbulnya jerawat pada kulit wajah. Berikut ini ulasannya untuk Anda :

Sponsors Link
  • Minyak pada wajah merupakan faktor inti timbulnya jerawat. Minyak diwajah diperlukan untuk menjaga kelembapan pada wajah. Namun produksi minyak yang berlebihan pada kulit wajah bisa memunculkan jerawat meradang. Oleh sebab itu hendaknya menghindari makanan dan produk wajah yang dapat meningkatkan produksi kelenjar minyak didalam tubuh.
  • Perubahan hormon manusia seiring pertambahan umur juga bisa menjadi penyebabnya. Hormon didalam tubuh akan mengalami perubahan dan mengakibatkan kelenjar minyak menjadi aktif. Biasanya perubahan hormon yang menimbulkan jerawat pada usia remaja.
  • Makanan siap saji yang sering dikonsumsi juga menjadi indikasi dari munculnya jerawat pada kulit wajah. Jadi untuk Anda yang sering mengemil ada baiknya mengganti dengan buah – buahan dengan kadar gula yang rendah.

Beberapa penyebab jerawat ini bisa menjadi acuan bagi beberapa orang untuk mendapatkan kulit yang sehat dan mulus bebas dari jerawat. Untuk mengobati jerawat beras sendiri juga memerlukan ketelatenan. Ada banyak cara untuk mengobati jerawat beras baik itu secara alami atau dengan obat – obatan. Sekarang kita akan membahas mengenai cara untuk menghilangkan jerawat beras dari kulit wajah secara alami. Tentunya dengan menggunakan bahan – bahan yang alami juga. Berikut ini bahan alami yang dapat digunakan diantaranya adalah :

1.Tomat

Buah yang kaya akan vitamin c didalamnya ini baik untuk mencegah dan mengobati jerawat beras. Selain kandungan vitamin c buah tomat juga kaya akan kandungan licopene yang membantu menjaga keelastisan kulit pada wajah. Untuk membuat masker dari buah tomat ini cukup dengan menghaluskan buah tomat kemudian tempelkan pada kulit wajah secara merata. Biarkan hingga kering dan masker dari tomat meresap secara sempurna baru kemudian dibilas dengan air yang bersih. Gunakan masker tomat ini sebanyak satu kali sehari untuk mengobati jerawat.

Artikel terkait :

2. Lidah buaya

Lidah buaya memiliki kandungan gel didalam batangnya. Gel dari lidah buaya mengandung zat anti peradangan dan anti bakteri. Sehingga menggunakan gel dari lidah buaya pada jerawat nasi mampu mencegah jerawat meradang serta membunuh bakteri penyebab jerawat. Kandungan gel didalam batang lidah buaya ini didapat dengan memotong batangnya dan mengupas kulit dari lidah buaya tersebut. Lalu oleskan gelnya pada bagian yang berjerawat. Tunggu hingga 30 menit hingga gel dari lidah buaya ini meresap secara sempurna. Pemakaian gel lidah buaya sebaiknya pada malam hari karena gel ini menimbulkan rasa pahit jika anda makan kue setelah memasang masker ini.

Artikel terkait :

ads

3. Putih telur

Kandungan yang terdapat pada putih telur adalah protein hewani. Putih telur baik untuk mengatasi jerawat beras dan membantu mengencangkan kulit pada wajah Anda. Pemakaian masker putih telur ini secara rutin juga mampu menyamarkan bekas jerawat beras. Untuk pemakaian masker ini bisa mengoleskan secara langsung masker putih telur pada jerawat secara merata.

Artikel terkait :

4. Bengkuang

Selanjutnya buah yang berwarna putih ini juga bermanfaat untuk menghilangkan jerawat beras. Selain itu pemakaian masker bengkuang juga berfungsi untuk mendinginkan kulit wajah, memutihkan dan menyamarkan noda hitam pada wajah.  Untuk mendapatkan sari dari bengkuang ini berikut ini caranya :

  • Kupas satu buah bengkuang kemudian diparut dan diremas hingga mengeluarkan sarinya.
  • Jangan lupa untuk menambahkan sedikit air dan pisahkan air dari ampasnya.
  • Diamkan air dari bengkuang tersebut selama satu jam dan biarkan sari dari bengkuang mengendap didasarnya.
  • Setelah itu buang airnya dan ambil sari bengkuang. Bulatkan untuk dibuatkan bedak kering.
  • Lalu jemur pada siang harinya.

Untuk dipakai kembali ambil sekitar dua atau tiga butir dan tambahkan dengan air. Lalu aduk hingga merata dan oleskan pada wajah. Biarkan selama 15 menit baru bilas wajah dengan menggunakan air yang bersih.

( Baca juga : Obat jerawat tradisional yang mujarab, Manfaat Lemon Untuk Jerawat)

5. Pepaya

Selanjutnya cara menghilangkan jerawat beras menggunakan bahan alami lainnya adalah buah pepaya. Buah pepaya mengandung senyawa bernama papain yang baik untuk mengatasi jerawat beras. Cara untuk membuat masker dari pepaya ini adalah menghaluskan daging dari buah pepaya dan tempelkan pada wajah secara keseluruhan selama 30 menit. Baru kemudian dibilas dengan menggunakan air yang bersih.

Artikel terkait :

6. Mentimun

Buah mentimun ini kaya akan kandungan air didalamnya sehingga baik untuk mengatasi jerawat. Selain menghilangkan jerawat nasik masker mentimun juga membantu menghilangkna noda bekas jerawat nasi. Cara untuk membuat masker timun sendiri bisa dilakukan dirumah dengan cara :

  • Buah timun dikupas kulitnya secara keseluruhan kemudian dibilas hingga bersih.
  • Selanjutnya buah mentimun tersebut diparut hingga halus dan kemudian dibalurkan pada wajah menyeluruh.
  • Diamkan selama 30 menit baru kemudian dibilas dengan air yang bersih.

Untuk pemakaian yang maksimal ada baiknya menguapi terlebih dahulu wajah dengan uap air panas yang bertujuan untuk membuka pori – pori pada wajah Anda agar manfaat masker teresap secara sempurna. Dan untuk langkah terakhir oleskan es batu untuk menutupi pori – pori pada wajah.

Artikel terkait :

7. Lemon

Lemon memiliki kandungan asam yang baik untuk mengurangi jerawat beras pada wajah. Namun pengaplikasian lemon sebagai masker ini haru hati – hati. Karena pada bagian kulit yang terluka akan menimbulkan reaksi pedih pada kulit wajah sesaat saja. Adapun cara baik untuk menggunakan masker dari lemon ini adalah dengan memeras buah lemon terlebih dahulu. Kemudian airnya ditempelkan pada jerawat beras. Lakukan sebanyak satu kali sehari. Dan saat jerawat mulai menghilang cukup pakai masker lemon ini pada wajah sebanyak dua kali dalam seminggu.

Artikel terkait :

8. Madu

Madu merupakan cairan alami yang dihasilkan oleh lebah dari sari – sari bunga yang sedang bermekaran. Madu sudah lama diketahui memiliki manfaat dibidang kesehatan. Selain itu pembuktian terbaru mengatakan madu dapat juga digunakan untuk menghilangkan jerawat termasuk jerawat beras. Untuk menggunakan bahan alami ini cukup oleskan madu pada siang dan malam hari secara merata pada bagian yang berjerawat. Tunggu hingga 30 menit sampai madu benar – benar kering pada kulit wajah. Baru kemudian dibilas dengan menggunakan air yang bersih.

Artikel terkait :

9. Daun jambu biji

Daun jambu biji untuk bagian pucuknya juga berfungsi untuk mengatasi jerawat nasi. Caranya ambil pucuk dari daun jambu kemudian di bersihkan secara keseluruhan. Daun pucuknya kemudian dihaluskan sesudah itu ditempelkan pada bagian kulit yang berjerawat. Diamkan selama 30 menit hingga mengering pada wajah. Baru kemudian dibilas dengan air yang bersih. Biasanya penggunaan masker dari daun jambu ini tidak habis semuanya ditempelkan pada wajah. Jadi lebih dari masker daun jambu biji ini dapat disimpan dalam kulkas untuk digunakan pada besoknya. Ada baiknya penggunaan masker pucuk daun jambu biji ini sebanyak satu kali sehari untuk menghilangkan jerawat beras.

Itulah beberapa bahan – bahan alami disekitar kita yang dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat beras. Selamat mencoba.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan, Penyebab