Sponsors Link

15 Cara Menghilangkan Jerawat Bisul dengan Cepat dan Pencegahannya

Sponsors Link

Jerawat bisul adalah jenis jerawat yang sudah tergolong parah. Jerawat ini sudah meradang hingga berisi darah atau nanah. Benjolannya lebih besar dari jerawat biasa dan menimbulkan rasa nyeri. Bagian tengah jerawat ini memiliki mata dan kulit di sekitar area jerawat memerah dan terasa panas.

Sponsors Link

Jerawat bisul berbeda dengan bisul yang terjadi karena infeksi kulit atau penyakit tertentu. Jerawat bisul terjadi karena jerawat batu yang tidak ditangani dengan baik sehingga mengalami infeksi. Bakteri dan kuman yang ada di jerawat menyebar dan semakin banyak sehingga menimbulkan darah kotor dan nanah pada jerawat. Jerawat yang ada pada kondisi ini berarti sudah sangat parah dan meradang.

Jerawat lebih rawan muncul pada kulit yang berminyak. Kulit berminyak ditandai dengan tingginya produksi sebum, yaitu minyak yang dihasilkan oleh sel kulit. Sebum yang mengumpul kemudian menyumbat pori dan folikel tempat tumbuhnya rambut. Setelah tercampur dengan debu dan kotoran yang menempel di wajah akan menumbuhkan bakteri yang menyebabkan jerawat. Perlu diketahui faktor penyebab jerawat bisul yang berbahaya ini:

  • Kulit yang tidak bersih. Wanita atau pria yang memiliki kulit berminyak pasti rentan berjerawat. Oleh karena itu kebersihan kulit harus dijaga dengan baik. Setelah selesai beraktivitas, bersihkan wajah dengan susu pembersih dan cuci dengan sabun muka.
  • Penggunaan kosmetik. Kosmetik mengandung banyak bahan kimia yang sering menimbulkan alergi pada kulit. Tidak heran jika kosmetik menjadi salah satu penyebab utama munculnya jerawat. Segera bersihkan kosmetik setelah penggunaan dan jangan biarkan kosmetik menempel di kulit hingga semalaman. Usahakan tidak menggunakan kosmetik apapun jika sedang berada di dalam rumah.
  • Sering memencet jerawat. Kebiasaan buruk ini dilakukan hampir oleh setiap wanita. Jerawat memang menimbulkan rasa gatal, tetapi sebaiknya jangan dipencet. Memencet jerawat sama saja dengan memindahkan bakteri yang ada di jari ke jerawat, sehingga membuat kondisi jerawat semakin parah saja.
  • Suka begadang.  Hobi yang satu ini memang tidak sehat untuk badan dan kulit. Begadang membuat kulit tidak bisa beregenerasi di malam hari. Regenerasi hanya bisa dilakukan dalam keadaan tertidur. Sebaiknya hindari begadang penyebab jerawat.

Cara Menghilangkan Jerawat Bisul dengan Cepat

Cara menghilangkan jerawat bisul memang tidak bisa sembarangan. Jika tidak ditangani dengan cepat justru akan membuat jerawat semakin parah dan menimbulkan infeksi kulit. Bagaimana cara menghilangkan jerawat bisul dengan cepat? Berikut ulasannya:

1. Obat antibiotik

Jerawat bisul ditumbuhi oleh banyak bakteri yang terus bertambah setiap harinya. Menggunakan krim apapun akan sia-sia jika bakteri yang menyebabkan jerawat tidak dihilangkan. Obat antibiotik sangat diperlukan oleh penderita jerawat bisul karena mampu membunuh semua bakteri yang ada di dalam jerawat. Selain itu obat antibiotik juga akan mencegah bakteri muncul dan kembali lagi. Membunuh bakteri pada jerawat akan menghentikan peradangan pada jerawat dan mempercepat proses penyembuhan jerawat. Obat antibiotik ada berbagai macam jenis, kandungan dan indikasi. Jangan menggunakan obat ini tanpa resep dari dokter meskipun dapat dibeli dengan bebas di apotek.

Sponsors Link

2. Salep atau obat jerawat

Jerawat bisul biasanya berisi nanah yang matang. Obat jerawat nanah di apotek bisa menghilangkan jerawat bisul dengan cepat. Salep untuk jerawat bisul berdosis tinggi, sesuai dengan tingkat keradangan yang memang sudah parah. Kandungan yang ada di dalamnya adalah senyawa nicotinamide yang bervariasi mulai dari 4% sampai 10%. Senyawa benzoil peroksida biasanya juga ada di dalam salep jerawat bisul. Fungsi kedua senyawa tersebut adalah membunuh bakteri penyebab jerawat dan menghentikan peradangannya. Jerawat akan cepat mengempis, kering, dan hilang. Gunakan salep jerawat hanya atas resep dan anjuran dokter.

3. Suntik steroid

Metode kedokteran yang satu ini dijamin bisa menghilangkan jerawat bisul dengan seketika. Teknik ini dilakukan dengan cara menyuntikkan cairan steroid, yakni sejenis cairan kimia yang bersifat anti inflamasi dan anti peradangan, pada jerawat. Prosedur ini memang dilakukan khusus pada jerawat yang sudah sangat parah saja. Ketika cairan mulai masuk ke dalam jerawat akan terasa sakit dan nyeri. Setelah melakukan suntik steroid, pasien biasanya akan diberi obat minum atau salep untuk mencegah jerawat meninggalkan bekas. Sebelum melakukan suntik steroid, ada baiknya memahami efek samping suntik jerawat batu.

ads

4. Chemical peeling

Chemical peeling adalah sebuah metode yang dilakukan dengan tujuan mengelupas kulit mati dengan menggunakan zat kimia. Metode ini bisa menghilangkan jerawat bisul dengan cepat karena jerawat terangkat saat peeling kimia dilakukan. Namun chemical peeling memiliki efek samping tersendiri seperti meninggalkan bekas luka ringan. Namun jangan khawatir karena bekas luka ini akan dapat diatasi dengan krim yang diberikan dokter untuk perawatan pasca peeling. Efek samping lain yang mungkin terjadi adalah penipisan kulit, kerutan pada kulit, bintik-bintik hitam, bahkan kanker kulit. Lakukan prosedur ini hanya di bawah pengawasan dokter yang ahli.

5. Laser

Satu lagi teknologi mutakhir di bidang kecantikan adalah laser. Cara kerja metode ini adalah menggunakan sinar laser untuk menghancurkan lapisan kulit yang paling luar atau lapisan epidermis. Sinar laser akan menghancurkan sel jerawat secara langsung dan membunuh bakteri yang tumbuh di dalamnya. Laser biasanya dilakukan hingga 2 atau 3 kali tindakan hingga jerawat benar-benar bersih tanpa bekas. Sebelum melakukan laser untuk menghilangkan jerawat bisul dengan cepat ada baiknya memahami efek samping laser wajah jerawat yang perlu diketahui.

Pencegahan Jerawat Bisul

Agar jerawat bisul tidak tumbuh di wajah, kebiasaan penyebab jerawat harus dihindari. Lakukan cara pencegahan dengan melakukan gaya hidup sehat agar kesehatan kulit juga ikut terjaga. Berikut adalah cara mencegah munculnya jerawat bisul di wajah.

  1. Membersihkan wajah secara teratur, terutama setelah selesai beraktivitas di luar ruangan.
  2. Membersihkan make up dengan segera, jangan membiarkan make up menempel di kulit terlalu lama.
  3. Selalu gunakan sunblock sebelum keluar rumah untuk menghindari paparan sinar ultra violet.
  4. Gunakan produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit.
  5. Hindari makan makanan berminyak, terutama jika memiliki kulit berminyak. Makanan berminyak akan meningkatkan produksi minyak di wajah dan meningkatkan kemungkinan tumbuhnya jerawat.
  6. Minum air putih yang cukup untuk memastikan kulit selalu lembab dan terhidrasi. Dengan demikian kulit tidak akan kekurangan asupan mineral dari air.
  7. Perbanyak konsumsi buah dan sayur yang kaya akan kandungan vitamin. Vitamin akan menyehatkan kulit dan membuatnya terhindar dari jerawat.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Monday 16th, October 2017 / 13:44 Oleh :
Kategori : Pengobatan