Sponsors Link

8 Cara Menghilangkan Jerawat Bruntusan Secara Alami Paling Ampuh

Sponsors Link

Ada berbagai jenis jerawat, mulai dari jerawat batu, jerawat meradang, jerawat merah, hingga jerawat bruntusan. Segala sesuatu tentang jerawat memang mengganggu kenyamanan dalam melakukan kegiatan sehari-hari, terutama memberikan dampak psikologis akibat jerawat. Untuk mengatasi jerawat, akan lebih baik bila anda mengetahui penyebab jerawat terlebih dahulu.

Sponsors Link

Jerawat bruntusan dapat menyerang siapa saja, dari orang dewasa hingga anak-anak. Ada berbagai faktor yang memicu timbulnya jerawat bruntusan, seperti keringat, alergi, gigitan serangga, cuaca, polusi udara, serta efek samping dari penggunaan obat. Kegiatan sehari-hari membuat kita terpapar udara, sehingga debu menyebabkan jerawat.

Berbagai cara dapat anda lakukan untuk menghilangkan jerawat bruntusan, mulai dari penggunaan obat kimia hingga bahan alami. Berhati-hatilah dan perhatikan ciri-ciri obat jerawat berbahaya saat anda akan membeli obat di apotik. Disarankan agar anda sebaiknya menggunakan bahan alami. Penasaran bagaimana cara menghilangkan jerawat tanpa bekas? Simaklah artikel berikut ini!

Cara Menghilangkan Jerawat Bruntusan

Jerawat bruntusan biasanya tidak terjadi di satu titik seperti jerawat pada umumnya, melainkan terlihat pada area kulit yang cukup luas, sehingga keberadaannya akan terlihat jelas. Apabila muncul jerawat bruntusan, maka sebagai hal pertama yang anda lakukan, anda dapat mengompres dengan air dingin pada area kulit wajah yang mengalami jerawat bruntusan. Hal ini akan menghilangkan rasa gatal yang muncul. Selanjutnya anda perlu melakukan berbagai perawatan lebih lanjut.

Berikut ini ialah cara-cara yang mudah untuk anda lakukan sehari-hari, serta alami sehingga aman untuk anda gunakan sehari-hari dalam menghilangkan jerawat bruntusan:

1. Masker Oatmeal

Oatmeal merupakan salah satu menu sarapan sehari-hari yang memiliki serat tinggi sehingga baik untuk dikonsumsi karena membuat anda merasa kenyang. Siapa sangka bahwa oatmeal dapat digunakan sebagai cara untuk menghilangkan jerawat bruntusan. Manfaat oatmeal untuk jerawat ialah:

  • Mengandung antioksidan untuk mencegah iritasi pada kulit wajah
  • Melembutkan kulit wajah
  • Mendinginkan kulit wajah

Cara penggunaan masker oatmeal ialah dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Siapkan oatmeal secukupnya, kemudian campurkan dengan air hingga tekstur seperti bubur.
  • Oleskan campuran oatmeal pada kulit wajah, terutama area wajah yang terdapat jerawat bruntusan.
  • Diamkan selama kurang lebih 30 menit, lalu bilas dengan air bersih

Oatmeal merupakan salah satu masker alami untuk wajah berjerawat. Selain oatmeal, anda juga dapat mencoba cara membuat masker madu dan cara membuat masker tomat untuk wajah berjerawat.

Sponsors Link

2. Minyak Cengkeh

Bahan alami selanjutnya yang dapat anda gunakan ialah minyak cengkeh. Minyak cengkeh memiliki kandungan senyawa aktif eugenol yang dapat menghilangkan gatal dan menstabilkan kulit. Cara penggunaannya ialah sebagai berikut:

  • Siapkan minyak cengkeh, lalu campurkan dengan sedikit air.
  • Oleskan ramuan hasil campuran ke kulit wajah anda, terutama area yang mengalami jerawat bruntusan.
  • Diamkan selama beberapa saat, kemudian bersihkan wajah dengan menggunakan handuk hangat.

Selain minyak cengkeh, anda juga dapat mencoba cara menghilangkan jerawat dengan minyak zaitun.

3. Lemon dan Lidah Buaya

Anda pasti tidak asing dengan bahan alami ini, yakni lemon dan lidah buaya. Manfaat lemon untuk wajah berjerawat ialah dengan kandungan vitamin C yang tinggi, bersifat antiseptik, dan berfungsi sebagai anti peradangan sehingga dapat mengatasi infeksi akibat jerawat. Lidah buaya merupakan salah satu tanaman yang mengandung gel dengan kandungan vitamin E yang tinggi. Manfaat lidah buaya untuk jerawat ialah mengatasi iritasi, menstabilkan kulit, dan menghilangkan rasa gatal.

Cara menghilangkan jerawat dengan lemon dan lidah buaya ialah sebagai berikut:

  • Siapkan lemon dan daun lidah buaya.
  • Peraslah buah lemon hingga mendapatkan ekstraknya. Sementara itu, potong daun lidah buaya dan ambil gel yang ada di dalamnya.
  • Campurkan ekstrak lemon dan gel lidah buaya, kemudian siap dipakai.
  • Oleskan campuran tersebut pada kulit wajah, terutama area yang berjerawat bruntusan.
  • Diamkan hingga mengering, kemudian bilaslah dengan air bersih.

4. Baking Soda

Baking soda atau soda kue merupakan salah satu bahan yang juga dapat digunakan untuk cara menghilangkan jerawat bruntusan. Baking soda berperan sebagai penetralisir asam alami yang dapat mengatasi iritasi dan peradangan pada kulit akibat jerawat. Cara menghilangkan jerawat dan bekasnya dengan soda kue ialah sebagai berikut:

  • Siapkan air dan baking soda.
  • Buatlah campuran hingga merata membentuk pasta, kemudian oleskan pada kulit wajah, terutama area yang mengalami jerawat bruntusan.
  • Diamkan selama beberapa saat hingga mengering, kemudian bilas wajah dengan air hangat.

Jika anda hendak menggunakan baking soda, maka anda perlu memperhatikan bahaya baking soda untuk jerawat.

5. Hindari Penggunaan Kosmetik

Proses menghilangkan jerawat bruntusan memerlukan kondisi kulit wajah yang mendukung. Oleh sebab itu, sebaiknya anda menghindari penggunaan kosmetik untuk sementara waktu hingga jerawat bruntusan menghilang. Kosmetik dapat menutup pori-pori kulit wajah sehingga menghambat aliran udara di kulit.

Jika anda memang harus menggunakan kosmetik, maka jangan gunakan terlalu tebal dan anda perlu memperhatikan daftar kosmetik untuk wajah berjerawat sehingga aman untuk digunakan sehari-hari.

Sponsors Link

6. Cara Mencuci Wajah

Hal selanjutnya yang penting untuk anda perhatikan ialah cara mencuci wajah saat kulit wajah anda sedang berjerawat. Cara mencuci wajah yang tepat akan membantu proses menghilangkan jerawat di wajah. Beberapa hal ini perlu anda perhatikan:

  • Cucilah wajah anda secara teratur agar wajah tidak berminyak dan kotoran terangkat.
  • Jangan menggosok wajah anda, melainkan usaplah wajah saat proses bilas. Perhatikan cara mencuci wajah yang benar untuk kulit berjerawat.
  • Gunakan sabun muka yang aman dan sesuai untuk kulit wajah berjerawat. Jika perlu pakailah pembersih wajah alami dan cara menggunakannya juga diperhatikan.

7. Konsumsi Sayuran

Kulit wajah yang berjerawat bruntusan dapat diatasi dari dalam tubuh. Salah satu caranya ialah dengan mengkonsumsi makanan sehat, yakni sayur-sayuran yang akan membantu menghilangkan jerawat bruntusan. Sayuran mengandung banyak vitamin yang diperlukan dalam proses pemulihan kulit wajah. Saat memasak sayuran, usahakan agar vitamin yang terkandung di dalamnya tidak hilang sia-sia. Perhatikan juga cara menghilangkan jerawat dengan sayuran.

8. Susu

Jerawat bruntusan juga dapat diatasi dengan menggunakan susu. Susu dapat anda gunakan sebagai serum untuk menggantikan pelembab wajah sehari-hari. Serum wajah jerawat biasanya berupa bahan kimia. Dengan menggunakan susu, maka lebih aman dan alami. Usahakan agar susu yang digunakan bukanlah susu yang sudah dimodifikasi dengan penambahan gula, perasa, dan lainnya. Susu murni lebih baik karena kandungan zat di dalamnya diperlukan untuk menghilangkan kulit wajah bruntusan.

Nah, setelah membaca artikel di atas, anda mengetahui berbagai cara yang dapat anda lakukan untuk cara menghilangkan jerawat bruntusan agar kulit wajah kembali halus, bersih, dan cerah. Kuncinya ialah jangan panik, sebab jerawat selalu dapat diatasi dan cegahlah kemunculan jerawat.

Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah pengetahuan anda, pilihlah dengan bijak cara yang akan anda gunakan!

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 02nd, August 2016 / 04:50 Oleh :
Kategori : Pengobatan