Sponsors Link

Inilah 7 Cara Menghilangkan Jerawat Buta dengan Alami

Sponsors Link

Jerawat buta (blind pimple) adalah jerawat yang berada di bawah permukaan kulit tanpa memiliki ujung kepala atau whiteheads seperti jerawat lainnya. Jerawat ini berwarna pucat, namun permukaanya bengkak dan akan terasa sakit saat dipegang.

Sponsors Link

Penyebab dari jerawat buta adalah kombinasi dari minyak, bakteri penyebab jerawat dan berbagai kotoran yang terdapat di dalam pori-pori. Apabila jerawat tersebut mengalami peradangan, maka akan menjadi berwarna merah. Lalu bagaimana cara menghilangkannya? Berikut ulasannya!

  • Kompres dengan handuk hangat

Mengompres jerawat dengan handuk hangat bisa Anda lakukan untuk meminimalisir rasa sakit. Selain itu, hal ini bisa membantu membuka pori-pori agar komedo mudah keluar. Caranya cukup mudah, yakni dengan merendam handuk ke air hangat, peras sampai seluruh air menetes. Lalu, tempelkan handuk tersebut ke area wajah memiliki jerawat buta. Diamkan selama 5 sampai 15 menit. Pastikan bahwa wajah sudah dalam keadaan bersih dan lakukan hal ini sebanyak 3 sampai 4 kali sehari.

  • Gunakan obat anti jerawat

Sebelumnya, pastikan wajah Anda sudah dibasuh dengan air hangat. Oleskan obat jerawat lalu pijat dengan lembut. Biasanya obat tersebut mengandung beberapa senyawa yang dapat membantu penyembuhan jerawat terutama asam salisilat yang mampu membuka pori-pori dengan membuang lapisan sel kulit mati pada permukaan kulit.

  • Memakai tea tree oil

Tea tree oil mengandung sifat anti bakteri sebagai pengobatan yang efektif bagi jerawat buta yang ringan maupun sedang. Tea tree oil bisa Anda oleskan ke wajah sebanyak 2 kali sehari selama 12 minggu. Anda bisa mencampurkan tea tree oil dengan minyak kelapa, minyak jojoba atau minyak zaitun, lalu oleskan ke bagian yang memiliki jerawat buta.

  • Memanfaatkan aloe vera

Aloe vera mengandung sifat antibakteri untuk mencegah kemerahan, peradangan dan pembengkakan pada area yang berjerawat. Selain itu, aloe vera juga membantu mengganti sel-sel yang rusak akibat adanya jerawat tersebut. Cara menghilangkan jerawat buta dengan aloe vera adalah dengan memotong lidah buaya kemudin ambil gelnya. Setelah itu, oleskan ke area yang memiliki jerawat buta dan diamkan selama 20 menit. Basuh dengan air hangat dan ulangi pengobatan tersebut hingga memperoleh hasil maksimal.

  • Memakai garam Epsom

Selain aloe vera, garam Epsom juga bisa Anda pakai untuk mengurangi peradangan dan rasa sakit akibat jerawat buta. Caranya cukup mudah, yakni dengan mencampurkan 1 sendok teh garam Epsom dalam 1 setengah cangkir air panas hingga garam tersebut larut. Biarkan campuran tersebut dingin hingga mencapai suhu kamar. Setelah itu, oleskan menggunakan kapas dan biarkan mengering. Cuci wajah, lalu ulangi 2 sampai 3 kali sehari.

  •  Mengoleskan cuka sari apel

Cuka sari apel memiliki sifat tonik yang berfungsi mengatur sirkulasi darah dan sifat antiseptik untuk mencegah pertumbuhan bakteri sehingga kulit tidak menjadi infeksi. Cara menghilangkan jerawat buta dengan cuka sari apel cukup mudah, yakni dengan merendam kapas ke dalam cuka sari apel selama beberapa saat kemudian oleskan ke daerah yang memiliki jerawat buta. Sebelum mengoleskan, pastikan bahwa wajah sudah dalam keadaan bersih. Biarkan selama beberapa menit lalu bilas dengan air bersih.

  • Memakai madu

Madu adalah bahan yang mengandung antiseptik dan antimikroba yang bertanggung jawab untuk melawan bakteri pada jerawat terutama jerawat buta. Selain itu, madu juga berguna sebagai pembersih yang lembut dan aman. Cara menghilangkan jerawat buta menggunakan madu yakni dengan mencelupkan bola kapas ke dalam madu murni, lalu oleskan ke area kulit yang terkena jerawat buta. Biarkan selama 15 sampai 20 menit, kemudian bersihkan dengan air hangat.

Semoga bermanfaat.

ads
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan
Search
Tips Kecantikan Untuk Wanita

Punya Komedo yang membandel?? Ternyata bawang putih sangat berkhasiat loh untuk menghilangkannya. Dicoba yuk!