Sponsors Link

Mudah Banget, 3 Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya dengan Bawang Merah Wajib Coba

Sponsors Link

Jerawat memang sangat menganggu dampak psikologis akibat jerawat. Apalagi bekas jerawat berupa bintik hitam atau kecoklatan yang membuat penampilan kurang maksimal dan percaya diri menjadi turun. Sebenarnya, banyak obat jerawat yang dijual di pasaran, namun ada banyak cara alami yang bisa kamu lakukan untuk menyembuhkan jerawat dan bekasnya. Apa saja cara alami tersebut? Berikut ulasannya!

Sponsors Link

Selain mengonsumsi makanan penghilang jerawat, kamu bisa memanfaatkan bawang merah. Bawang merah dari dulu memang sangat ampuh mengatasi berbagai masalah, salah satunya mengatas jerawat. Apa saja sebenarnya khasiat bawang merah tersebut?

  • Mengobati jerawat

Daripada mengalami dampak dari bahaya memencet jerawat, kamu bisa menggunakan bawang merah. Bawang merah memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri yang mampu menghilangkan bakteri penyebab jerawat dan menyembuhkan luka bekas jerawat.

  • Mencerahkan wajah

Kandungan vitamin C dalam bawang merah juga beperan penting untuk memuat wajah tetap lembut, sehat, dan berseri.

  • Mengatasi flek hitam dan mencegah penuaan dini

Kandungan antioksidan selain vitamin C, yakni vitamin A dan E sangat ampuh mengatasi flek hitam dan mencegah penuaan dini. Sehingga kulit menjadi tampak lebih sehat dan segar.

Lalu bagaimana cara memanfaatkan bawang merah untuk mengatasi jerawat dna bekasnya, diantaranya adalah:

1. Mengambil sari bawang merah

Kandungan antimicrobial yang terkandung dalam bawang merah dipercaya ampuh mengatasi hormon penyebab jerawat dan bekasnya. Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengambil sari bawang merah. Yakni, cukup dengan memeras sari bawang merah lalu oleskan pada bagian yang terkena jerawat. diamkan selama semalaman lalu keesokan harinya bilas menggunakan air bersih.

2. Campuran bawang merah dan susu

Cara kedua adalah dengan mencampurkan bawang merah dengan susu. Caranya cukup mudah, yakni dengan menyipakan 3 sendok makan susu dan setengah sendok bawang merah yang sudah dihaluskan. Aduk kedua bahan tersebut hingga tercampur rata. Kemudian oleskan secara merata pada bagian yang mengalami jerawat. diamkan selama 10 hingga 15 menit, lalu bilas hingga bersih. Lakukan hal ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Sponsors Link

3. Campuran bawang merah dengan minyak zaitun

Pertama, tentu saja siapkan bawang merah dan minyak zaitun. Lalu haluskan bawang merah dengan cara diparut atau dicincang tipis. Setelah bawang merah tercacah halus, campur dengan minyak zaitun. Campur kedua bahan tersebut hingga benar-benar tercampur rata. Oleskan campuran bawang merah dan minyak zaitun ke bagian wajah yang terinfeksi jerawat. diamkan 10 hingga 15 menit. Kemudian bilas wajah menggunakan air bersih.

Namun, ada hal yang harus tetap diperhatikan selama penggunaan bawang merah, yakni mengenai efek samping akibat penggunaannya. Penggunaan bawang merah untuk mengatasi jerawat akan menimbulkan rasa perih pada kulit. Seperti kita ketahui, kulit berjerawat adalah kulit yang sedang mengalami luka, sehingga penggunaan bawang merah akan terasa sangat perih saat diaplikasikan pada jerawat. Ketika kamu sudah merasa perih yang sudah tidka tertahankan, segera hentikan pemakaian ini. Bilas kulitmu menggunakan air hangat. Setelah dirasa rasa nyerinya cukup mereda, bilas menggunakan air biasa. Bagaimanapun, cara alami tetap saja akan menimbulkan efek samping pada kulit.

Demikian cara menghilangkan jerawat dan bekasnya menggunakan bawang merah dan semoga bermanfaat.

ads
, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan
Search
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.