Sponsors Link

10 Cara Menghilangkan Jerawat dengan Air Hangat dan Es Batu

Sponsors Link

Munculnya segala sesuatu tentang jerawat memang meresahkan siapa saja. Bagaimana tidak, dampak psikologis akibat jerawat cukup besar bagi seseorang. Misalnya adalah stress karena jerawat tidak kunjung hilang serta kehilangan kepercayaan diri karena merasa penampilannya kurang sempurna. Setiap orang baik pria maupun wanita pasti akan melakukan yang terbaik untuk menghilangkan jerawat secara permanen di wajahnya.

Sponsors Link

Dengan kecanggihan teknologi medis dan kecantikan saat ini, menghilangkan jerawat dengan sekejap mata tentu bukan lagi impian. Namun terkadang efek samping yang ditimbulkan memang tidak begitu menyenangkan. Misalnya saja, bahan kimia yang digunakan bisa membuat kulit memerah dan iritasi.

Tidak heran banyak orang memilih menggunakan metode alami untuk menghilangkan jerawat. Salah satunya adalah dengan air. Ya, air bisa digunakan sebagai senjata yang ampuh untuk menghilangkan jerawat, baik itu sebagai air hangat atau dijadikan es batu. Bagaimana sih caranya? Ini dia.

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Air Hangat

1. Kompres air hangat

Cara yang pertama adalah dengan mengompreskan air hangat ke wajah Anda dengan menggunakan waslap halus yang bersih. Anda bisa menambahkan beberapa sendok madu ke dalam air hangat, lalu aduk hingga merata. Anda pasti sudah tidak asing dengan manfaat madu untuk jerawat bukan?

Madu memiliki sifat anti bakteri yang efektif membunuh bakteri pada jerawat dan mencegah bakteri berkembang biak di dalam jerawat. Ditambah dengan air hangat yang mampu membersihkan kulit hingga pori-pori yang terdalam.

2. Air hangat dan garam

Salah satu manfaat garam untuk jerawat membunuh bakteri pada jerawat dan menyeimbangkan pH alami kulit dengan kandungan asam yang ada di dalamnya. Air garam juga tinggi akan kandungan belerang yang membuatnya bisa mengeluarkan semua racun di dalam kulit.

Cara membuat air hangat dan garam untuk menghilangkan jerawat:

  • Siapkan 1 sendok makan air hangat dan 1 sendok makan garam.
  • Campurkan kedua bahan di dalam wadah, lalu aduk hingga rata.
  • Tidak lama pasti akan terbentuk campuran pasta garam yang kental.
  • Oleskan pada jerawat, biarkan meresap selama 15 menit.
  • Bilas wajah dengan air hingga bersih.

3. Uap

Salah satu cara menghilangkan jerawat ala Korea yang ampuh dan patut dicoba adalah menguap wajah dengan air hangat. Uap air hangat akan membuka pori-pori secara efektif dan membersihkan pori-pori wajah agar tidak tersumbat. Uap air juga akan melunakkan jerawat dan membuatnya cepat hilang. Tambahkan beberapa tetes air mawar agar Anda mendapatkan manfaatnya juga.

Cara menguap wajah sangat mudah, yaitu dengan menuangkan air hangat ke sebuah baskom lalu posisikan wajah Anda 30 cm di atasnya, kemudian tutup kepala dengan handuk basah. Diamkan selama 3 menit, lalu angkat wajah. Biarkan rasa panas menghilang dari wajah, lalu bilas dengan air hingga bersih.

Sponsors Link

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Es Batu

Selain air yang dididihkan hingga hangat, air yang dibekukan menjadi es juga mempunyai manfaat yang sama besarnya. Cara menghilangkan bekas jerawat dengan es batu sudah banyak dipraktikkan oleh para wanita. Bagaimana kita bisa menghilangkan jerawat dengan menggunakan es batu? Yuk simak caranya!

1. Mengompreskan es batu

Cara pertama dan sangat sederhana adalah dengan mengompreskan es batu ke jerawat di wajah. Es batu yang beku akan membekukan kulit pada jerawat sekaligus menghentikan pertumbuhan bakteri yang bersarang di dalamnya. Caranya sangat mudah:

  • Ambil 1 cube es batu dari lemari es.
  • Bungkus es batu tersebut dengan kapas atau kain tipis yang bersih. Jangan pernah menempelkan es batu di wajah tanpa dilapisi apapun karena akan merusak pembuluh darah kapiler di wajah.
  • Kompreskan di wajah Anda selama 3 menit, lalu lepaskan jika Anda sudah tidak tahan dengan dinginnya.
  • Lakukan cara ini hingga jerawat bersih dan menghilang.

2. Es batu dan lemon

Agar Anda bisa merasakan manfaat lemon untuk jerawat, bikin saja es batu dari perasan air lemon. Lemon akan membantu mempercepat penyembuhan jerawat karena kandungan asamnya yang tinggi. Eits, tapi jangan salah. Kandungan asam yang tinggi justru tidak baik buat kulit Anda jika tidak dinetralkan sedikit dengan air biasa. Oleh karena itu, campurkan air putih ke dalam air lemon dengan perbandingan 1:1. Kemudian bekukan di dalam kulkas hingga menjadi es batu, dan ulangi langkah pertama untuk melakukannya.

3. Es batu dan teh hijau

Di antara semua jenis teh yang ada di dunia, teh hijau memiliki kandungan anti oksidan yang paling tinggi. Manfaat anti oksidan tentu jangan ditanyakan lagi. Kulit yang sehat membutuhkan banyak zat anti oksidan untuk mengeluarkan racun di dalamnya. Selain bisa menjaga dan meningkatkan kesehatan kulit, teh hijau bisa menangkal efek buruk radikal bebas karena debu menyebabkan jerawat yang cukup parah di wajah dan jerawat bisa muncul akibat penyebab jerawat berdasarkan faktor internal dan eksternal.

Sponsors Link

4. Es batu dan mentimun

Kalau manfaat mentimun untuk jerawat Anda pasti sudah banyak tahu. Sayuran yang satu ini adalah astringent alami untuk kulit berminyak dan berjerawat. Selain bisa meremajakan kulit dan mengecilkan pori-pori wajah secara alami, mentimun juga membuat wajah tampak lebih segar dan awet muda. Maka dari itu banyak produk kecantikan yang menggunakan timun sebagai bahan utamanya.

Cara membuat es batu dari mentimun cukup mudah. Tinggal menyiapkan mentimun segar yang telah dikupas kulitnya, lalu dihaluskan dengan blender. Setelah itu tuang ke cetakan es batu dan tunggu hingga membeku.

5. Es batu dan madu

Jika Anda ingin kulit sehat, mulus, dan bercahaya seperti Cleopatra, campurkan saja beberapa sendok madu ke dalam air yang akan dibikin menjadi es batu. Untuk 100 ml air, campurkan 3 sendok makan madu murni. Aduk hingga madu tercampur dengan rata, lalu tuangkan ke dalam cetakan es batu. Tunggu hingga mendidih, lalu kompreskan ke wajah Anda secara rutin sampai jerawat mengempis.

6. Es batu dan jeruk nipis

Sama dengan air lemon, manfaat jeruk nipis untuk jerawat juga tidak kalah besarnya. Sama-sama kaya akan kandungan vitamin C, jeruk nipis juga efektif untuk membunuh bakteri di dalam jerawat dan mencerahkan kulit secara alami. Campurkan saja air jeruk nipis dan air putih dengan perbandingan yang sama, lalu masukkan ke dalam kulkas hingga membeku.

7. Es batu dan lidah buaya

Salah satu manfaat lidah buaya untuk jerawat adalah mencegah terjadinya inflamasi, peradangan, dan iritasi pada jerawat. Jika ketiga hal itu terjadi, maka yang ada kondisi kulit berjerawat justru semakin parah dan jerawat semakin sulit untuk disembuhkan.

Ambil gel lidah buaya secukupnya, lalu haluskan dengan blender. Tuang ke dalam cetakan es batu dan bekukan sebelum digunakan untuk menghilangkan jerawat.

Itu dia cara menghilangkan jerawat dengan air hangat dan es batu super amouh dan aman. Memilih perawatan alami adalah cara yang tepat karena selain bebas bahan kimia, biaya yang diperlukan juga tidak banyak.

ads
, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan
Search
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.