Sponsors Link

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Ampas Teh Paling Ampuh

Sponsors Link

Anda pernah melewati masa muda dengan jerawat yang tumbuh pada kulit wajah ? Jika iya maka bisa dipastikan anda telah mencoba berbagai cara untuk menghilangkan jerawat. Mulai dari menggunakan cream penghilang jerawat yang banyak dijual di toko – toko. Dan bisa juga menggunakan cream yang diracik sendiri oleh dokter kulit namun tentu dengan biaya yang mahal. Belum lagi penggunaan cream juga memerlukan rutin pengecekan yang juga mengeluarkan biaya yang cukup besar. Dan beberapa cream juga tidak cocok untuk beearapa jenis orang. Ini disebabkan karena kandungan dalam cream jerawat kadang mengandung bahan yang tidak cocok untuk orang dengan tipe jenis kulit yang sensitif. Kulit yang sensitif memang memerlukan kewaspadaan pemiliknya sebelum mencoba cream jerawat. Cara terbaik untuk mencoba terlebih dahulu apakah cream tersebut cocok dengan kulit wajah anda adalah dengan mengoleskannya terlebih dahulu  pada kulit di bawah lengan. Karena tingkat sensitif kulit bagian bawah lengan tersebut sama dengan tingkat sensitif kulit wajah anda. Jika tidak ada maslaah baru bisa digunakan. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Masker Kunyit , Cara Menghilangkan Jerawat Batu di Dahi)

Sponsors Link

Ada juga yang memilih dengan menggunakan bahan – bahan alami untuk menghilangkan jerawat. Jerawat merupakan masalah kulit yang disebabkan karena produksi kelenjar minyak yang berlebih pada wajah karena faktor hormonal dari dalam tubuh. Beberapa jerawat kadang juga disebabkan oleh bakteri acne yang berkembang biak sehingga kondisi jerawat menjadi bertambah parah. Kadang setelah jerawat hilang yang jadi masalah adalah bekas jerawatnya. Memang dalam menghilangkan jerawat yang paling susah di hilangkan adalah bekas jerawat yang memerlukan waktu lebih dari enam bulan. Ini karena kulit melakukan regenerasi dengan menggantikan kulit lama dengan kulit baru sebanyak satu kali dalam 28 hari. Semakin gelap warna dari bekas jerawat yang ada di kulit maka akan semakin sulit untuk hilang. Agar warna bekas dari jerawat tidak hitam maka anda dilarang untuk memencet jerawat dengan paksa untuk mengeluarkan isi jerawat itu sendiri. Karena hal ini ditakutkan akan menyebabkan infeksi pada kulit karena bisa jadi tangan yang digunakan tidak bersih. Selain itu jerawat yang dipencet dapat meninggalkan bopeng pada wajah anda. Bopeng pada wajah dapat menganggn penampilan karena bopeng pada wajah sangat sulit sekali untuk dihilangkan.

Baca Juga:

Beberapa orang banyak yang memilih menggunakan bahan alami karena biaya yang tidak mahal dan juga tidak mengakibatkan efek samping pada kulit yang akan menyebabkan ketergantungan pada jangka waktu yang lama. Penggunaan bahan alami untuk mengobati jerawat juga banyak terdapat disekitaran sehingga tidak memusingkan jika sudah tidak ada persediaanya dirumah anda. Selain itu manfaat dengan menggunakan bahan alami  bisa dilakukan dan dipraktekkan dirumah sendiri saat ada waktu luang. Contoh bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat adalah ampas teh. Ampas teh memiliki kandungan senyawa berupa : (Baca Juga: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami Dalam Waktu 3 Hari)

ads
  • Air yang berjumlah 8.8 % dari total senyawa yang terkansung pada ampas teh secara keseluruhan.
  • Abu dengan jumlah 2,25 %
  • Protein yang berfungsi untuk meregenerasi sel – sel kulit yang mati dengan kulit yang baru berjumlah 29.36 %
  • Serat dengan kompoisisi 21,19 %, serat yang ada pada ampas teh ini merupakan jenis serat kasar.
  • Kalsium yang baik untuk kesehatan tulang dan gigi
  • Energi untuk membantu metabolisme dalam tubuh bekerja secara optimal. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Bopeng Jerawat Dengan Madu , Cara Menghilangkan Komedo dan Bekas Jerawat)

Kesemua senyawa diatas terkandung pada ampas teh yang berfungsi untuk menghilangkan jerawat secara alami. Adapun Cara Menghilangkan Jerawat dengan Ampas Teh  adalah sebagai berikut :

1.Ampas teh yang sudah dipakai sehari sebelumnya dapat dipilih untuk digunakan sebagai masker penghilang jerawat alami. (Baca Juga: Cara Tradisional Menghilangkan Komedo)

2. Haluskan terlebih dahulu ampas dari teh tersebut menggunakan blender hingga berbentuk pasta.

3. Bersihkan wajah menggunakan pembersih untuk mengeluarkan kotoran yang terkandung pada kulit wajah. Jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal dapat menggunakan uap dari air hangat yang bertujuan untuk membuka pori – pori pada wajah. (Baca Juga: Pembersih Wajah Alami dan Cara Menggunakannya)

4. Oleskan ampas teh yang telah diblender tadi pada wajah secara merata. Jangan digosok pada wajah cara mengoleskannya karena justru akan merusak lapisan kulit pada wajah anda.

5. Biarkan masker dari ampas teh tersebut selama 30 menit. Baru kemudian di bilas dengan menggunakan air yang bersih. (Baca Juga: Cara Membuat Masker Pepaya untuk Jerawat)

Pemakaian masker dari ampas teh ini dapat dilakukan dirumah pada saat sengang. Rutinkan pemakaian untuk mendapatkan hasil yang maksimal

Manfaat Ampas Teh untuk Kecantikan Lainnya

Ternyata manfaat dari ampas teh tidak hanya membantu menghilangkan jerawat dan memudarkan bekas jerawat. Namun juga memiliki manfaat untuk kecantikan lainnya antara lain :

1. Mencerahkan kulit

Manfaat dari ampas teh selanjutnya adalah untuk mencerahkan kulit  wajah. Wajah yang cerah merupakan salah satu dambaan pada kamu wanita. Kulit yang cerah sama sekali tidak tergantung dengan warna dari kulit. Warna kulit yang putih jika tidak cerah akan terlihat pucat dan tidak indah dipandang. Begitu juga dengan warna kulit sawo matang akan terlihat indah jika cerah dipandang oleh mata.

Artikel terkait :

2. Menghilangkan mata panda

Mata panda adalah kondisi sekitaran mata yang berwarna hitam dikelilingnya. Penyebab dari mata padan ini adalah kelelahan pada mata karena aktifitas yang banyak dan juga mata yang kurang di istirahatkan. Oleh sebab itu cara tebaik untuk menghilangkan mata panda adalah sebagai berikut : (Baca Juga: Obat Komedo Hitam)

  • Jangan buang ampas teh yang telah digunakan sehari sebelumnya.
  • Ambil ampas teh tersebut kemudian tempelkan pada sekitan mata sambil anda memejamkan mata.
  • Setelah itu biarkan selama kurang lebih 30 menit.
  • Baru kemudian di buka mata dengan menyingkarkan terlebih dahulu ampas dari teh tersebut.

Pemakaian ampas teh ini bis digunakan sebanyak dua kali dalam seminggu untuk menyamarkan mata panda.

Artikel terkait :

Sponsors Link

3. Mencegah rambut rontok

Ampas teh juga berguna untuk mencegah rambut rontok. Rambuk yang rontok bisa disebabkan karena tubuh yang kekurangan vitamin e. Rambut membutuhkan vitamin e untuk dapat tumbuh subur dan mencegah kerontokan pada rambut. Dalam kondisi yang lanjut kerontokan pada rambut dapat mengakibatkan kebotakan pada rambut. Bagi wanita hal ini tentu lebih menyeramkan dari pada menonton film horor. Karena rambut merupakan mahkota bagi wanita. (Baca juga : Cara menghilangkan jerawat di kepala)

4. Menghilangkan ketombe

Ketombe merupakan masalah pada rambut kepala dengan sisik berwarna putih pada kulit kepala. Ketombe dapat menyebabkan anda hilang rasa percaya diri karena ketombe mudah terlihat dibaju hitam. Sealin itu ketombe juga menyebabkan kulit kepala terasa sangat gatal – gatal yang menyebabkan anda tidak tahan untuk mengarukknya. Coba gunakan bahan alami seperti ampas teh dibagian kepala. Oleskan sambil digosokkan pada bagian kulit kepala. Tunggu hingga beberapa menit sekitar 30 menit dan setelah itu baru kemudian di bilas menggunakan shampo. Menggunakan ampas teh untuk menghilangkan ketombe dapat dilakukan sebanyak dua kali dalam seminggu dan untuk pencegahan dapat dilakukan sebanayak satu kali dalam seminggu. (Baca Juga: Penyebab Jerawat di Kepala )

5. Mengecilkan pori – pori

Pori – pori pada wajah berguna untuk pernafasan pada kulit dan juga pemgeluaran kelenjar minyak yang berguna untuk melembapkan kulit wajah. Pori – pori yang besar membuat kotoran mudah menempel pada kulit dan menyebabkan munculnya berbagai macam masalah kulit. Untuk mengecilkan pori – pori pada wajah bisa menggunakan bahan alami seperti ampas teh yang bisa digunakan dengan cara :(Baca Juga: Manfaat Daun Jambu untuk Jerawat , Macam-Macam Jenis Jerawat dan Cara Mengatasinya)

  • Sediakan ampas teh yang sudah bermalam. Karena ampas teh berbutir kasar ada baiknya untuk diblender terlebih dahulu sebelum digunakan.
  • Basuh wajah terlebih dahulu dengan pembersih wajah baru kemudian diuapkan menggunakan air panas untuk membesarkan ukuran pori – pori pada wajah agar kotoran yang menempel dapat dihilangkan dengan maksimal.
  • Oleskan ampas teh yang sudah halus tersebut pada wajah anda.
  • Diamkan selama 30 menit
  • Bilas wajah dengan air bersih dan terakhir bilas dengan air yang dingin untuk menutup pori – pori pada wajah.

Pemakaian ampas teh ini dapat dilakukan sebanyak dua kali dalam seminggu untuk minimalnya. Dan untuk pencegahan dari berbagai macam masalah kulit dan rambut dapat dipakai satu kali dalam seminggu saja.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan