Sponsors Link

Inilah Cara Menghilangkan Jerawat dengan Cuka Apel Paling Aman dan Benar

Sponsors Link

Menghilangkan jerawat dapat dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari penggunaan bahan yang alami atau dengan memanfaatkan teknologi kecantikan yang canggih. Menggunakan teknologi kecantikan seperti laser, peeling, atau dermabrasi dapat memberikan hasil yang cepat, namun membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Selain itu perawatan yang cepat menggunakan bahan bahan kimia yang bisa berbahaya dampaknya untuk kulit.

Sponsors Link

Oleh sebab itu menghilangkan jerawat dengan menggunakan bahan alami seperti cuka apel atau apple cider vinegar. Bahan alami yang satu ini menjadi sangat terkenal karena manfaat cuka apel untuk jerawat yang sangat besar. Cuka apel mampu menghilangkan dan membuat jerawat kering dengan cepat.

Berikut ini tips menghilangkan jerawat alami dengan menggunakan cuka apel:

  1. Sebagai Masker

Cara pertama adalah dengan menggunakan cuka apel sebagai masker. Karena cuka apel memiliki kandungan asam yang tinggi, bahan alami ini mampu mengeringkan jerawat secara maksimal. Cara membuat masker untuk kulit berminyak dan berjerawat dari cuka apel:

  • Ambil 1-2 sendok makan campuran cuka apel, lalu oleskan secara merata ke seluruh wajah tipis tipis saja.
  • Bila perlu, hindari bagian kulit yang tidak berjerawat.
  • Tunggu selama kurang lebih 15 menit hingga kering, lalu bilas wajah dengan air sampai bersih.
  • Lakukan setiap malam, 2 kali seminggu.
  1. Pencuci Wajah

Meski sudah menggunakan sabun muka untuk kulit berjerawat, terkadang kandungan yang ada di dalamnya tidak cocok dengan kulit Anda dan justru menimbulkan lebih banyak jerawat. Cuka apel bisa digunakan sebagai pengganti untuk mencuci muka. Campurkan cuka apel dengan air hangat, sesuai dengan jenis kulit. Lalu celupkan handuk bersih ke dalam cairan cuka apel, usapkan ke wajah hingga merata. Setelah itu bilas lagi dengan air dingin hingga bersih.

-https://wajahjerawat.com/sabun-muka-untuk-kulit-berjerawat

  1. Toner atau Make Up Remover

Campuran air cuka apel dapat digunakan sebagai toner atau pembersih make up. Cuka apel mampu menutup pori pori dan meminimalisir pertumbuhan jerawat.

  1. Diminum Setiap Hari

Cara menghilangkan jerawat dengan cuka apel bisa dilakukan dari dalam, yaitu dengan meminum air seduhan cuka apel. Minum segelas air yang telah dicampuri dengan 1 sendok makan cuka apel, lalu minum setiap pagi secara rutin. Inilah cara perawatan wajah berjerawat secara alami yang bisa membuang semua racun di dalam tubuh, termasuk yang ada di dalam jerawat.

Cara Membuat Air Campuran Cuka Apel

Cuka apel tidak boleh langsung digunakan ke kulit tanpa dicampuri dengan air. Kandungan di dalam cuka apel sangat keras sehingga bisa berbahaya bagi tubuh jika tidak diberi campuran lain. Ini dia cara membuat air campuran cuka apel sesuai dengan jenis kulit.

  • Kulit Berminyak. Untuk kulit berminyak, campurkan air putih dan cuka apel dengan perbandingan 1:1.
  • Kulit Kering. Untuk kulit berminyak, campurkan air putih dan cuka apel dengan perbandingan 2:1.
  • Kulit Sensitif. Sementara untuk sensitif, campurannya harus lebih encer lagi, yaitu antara air dan cuka apel 4:1.

Efek Samping Cuka Apel untuk Kulit

Meski sangat ampuh untuk jerawat, ada beberapa efek samping cuka apel yang harus dipertimbangkan:

  • Iritasi kulit.
  • Kulit terasa panas seperti terbakar
  • Alergi pada kulit

Itulah berbagai macam cara menghilangkan jerawat cuka apel. Memilih bahan alami sebagai perawatan kulit berjerawat memang baik karena minim kandungan kimia. Namun sebelum memutuskan bahan alami apa yang tepat untuk merawat kulit, sebaiknya cari tahu secara lebih mendalam tentang efek samping yang mungkin terjadi setelah penggunaan.

ads
, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan
Search
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.