Sponsors Link

6 Cara Menghilangkan Jerawat dengan Daun Sirih (No. 1 Paling Mudah Dibuat)

Sponsors Link

Jerawat merupakan sebuah penyakit yang tanpa bisa dipungkiri akan menyerang kulit seseorang di segala lapisan usia. Memang benar bahwa jerawat tidak menyakitkan, namun dampak psikologis akibat jerawat-lah yang tidak bisa disepelekan karena jerawat ini tentunya akan menurunkan tingkat kepercayaan diri seseorang dan dapat menimbulkan stress bahkan depresi. Ada banyak penyebab timbulnya jerawat di wajah, penyebab jerawat di hidung, hingga penyebab jerawat di punggung dan perlu penanganan khusus untuk mencegah dan mengobati jerawat ini.

Ada banyak cara untuk mencegah jerawat, mulai dari menggunakan masker alami hingga menggunakan cream obat penghilang bekas jerawat yang ada di apotik. Dari sekian banyak bahan alami, daun sirih merupakan salah satu bahan alami yang sangat ampuh untuk mengobati dan mencegah jerawat timbul di kulit anda. Penasaran bagaimana cara menghilangkan jerawat dengan daun sirih? Berikut ini ulasannya untuk anda.

Manfaat Daun Sirih Untuk Jerawat

Sebelum anda mengetahui berbagai macam cara menggunakan daun sirih untuk menghilangkan jerawat, maka pertama-tama anda perlu untuk mengetahui berbagai macam manfaat daun sirih untuk menghilangkan jerawat. Nah, dibawah ini anda akan menemukan berbagai jenis manfaat daun sirih untuk jerawat batu dan jerawat-jerawat lainnya.

  • Daun sirih kaya akan kandungan antioksidan yang membuat daun sirih ini dapat menangkal radikal bebas dan juga dapat menghambat pertumbuhan serta peradangan dari bakteri penyebab jerawat.
  • Daun sirih juga memiliki sifat anti-bakteri, dimana hal ini membuat daun sirih sangat ampuh untuk membunuh bakteri penyebab jerawat dan sangat bermanfaat sebagai cara menghindari jerawat dari kulit anda.
  • Daun sirih memiliki kandungan senyawa bernama Chevicol, dimana senyawa ini dapat secara ampuh menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat sehingga bakteri ini tidak dapat mengiritasi kulit anda.
  • Daun sirih juga akan berperan sebagai agen eugenol, dimana hal ini membuat daun sirih memiliki sifat anti-jamur. Sifat anti-jamur yang dimiliki oleh daun sirih ini akan sangat berguna untuk menghambat pertumbuhan sel-sel yang dapat menimbulkan jerawat parah di kulit anda.
  • Daun sirih juga akan berperan sebagai antiseptik alami yang akan membasmi berbagai macam bakteri yang akan menyebabkan jerawat dan flek hitam di wajah anda. Bahkan, menurut suatu penelitian, kandungan antiseptik pada daun sirih ini memiliki tingkat keefektifan 5 kali lebih tinggi jika dibandingkan dengan fenol biasa. Maka tak heran bukan jika daun sirih disebut sebagai salah satu bahan herbal yang sangat ampuh untuk berperan sebagai cara mencegah flek hitam wajah secara alami?

Berbagai Macam Cara Menghilangkan Jerawat dengan Daun Sirih

Setelah anda mengetahui berbagai macam manfaat dari daun sirih untuk mengobati jerawat, maka sekarang saatnya anda mengetahui berbagai macam cara meneghilangkan jerawat dengan menggunakan daun sirih. Berikut ini berbagai cara menghilangkan jerawat dengan daun sirih :

1. Dengan Menumbuk Daun Sirih

Cara pertama yang paling umum digunakan untuk menghilangkan jerawat dengan menggunakan daun sirih adalah dengan cara menumbuknya. Cara ini sangat praktis dan tidak memakan waktu lama, dan juga dapat menghilangkan jerawat maupun bekasnya secara cepat. Biasanya, tumbukan daun sirih ini digunakan sebagai masker alami untuk wajah berjerawat.

Bagaimana cara mempersiapkan ramuan daun sirih dengan cara ditumbuk?

  • Pertama-tama, anda perlu untuk mempersiapkan 10 helai daun sirih, ditambah dengan 1 gelas air hangat, dan juga sedikit garam halus.
  • Setelah bahan-bahan diatas terkumpul, maka anda bisa langsung menumbuk 10 helai daun sirih tersebut hingga daun sirih tersebut menjadi halus.
  • Setelah tumbukan daun sirih dirasa halus, maka tumbukan tersebut bisa dituangkan ke air hangat. Tunggu hingga air berubah menjadi hijau.
  • Setelah air berubah menjadi hijau, maka anda dapat menyaring air tersebut, dan kemudian campur dengan sedikit garam halus. Aduk campuran tersebut hingga merata.
  • Kemudian aplikasikan ramuan tersebut ke area kulit anda yang terkena jerawat, tunggu hingga sekitar 1 jam. Setelah 1 jam, segera cuci kulit anda dengan menggunakan air bersih.
  • Untuk hasil yang maksimal, gunakan campuran ini sekali setiap hari.
ads

2. Dengan Merebus Daun Sirih

Cara kedua sekaligus merupakan cara yang cukup digemari dalam memanfaatkan daun sirih adalah dengan cara merebus daun sirih. Ada sedikit perbedaan mengenai cara pembuatan daun sirih ini jika dibandingkan dengan cara menumbuk daun sirih di poin pertama, namun tentu saja khasiat dan manfaat yang akan anda dapatkan dari daun sirih untuk kulit berjerawat anda tetaplah sama.

Bagaimana cara mempersiapkan ramuan daun sirih dengan cara direbus?

  • Pertama-tama, anda perlu untuk menyiapkan 3 helai daun sirih, dan juga 2 gelas air. Nah, jika bahan-bahan telah terkumpul, anda dapat memulai langkah selanjutnya.
  • Tuangkan 2 gelas air tadi ke dalam panci, kemudian panaskan hingga air tersebut mendidih. Setelah air tersebut mendidih, maka anda dapat memasukkan 3 helai daun sirih tadi ke dalam air mendidih tersebut.
  • Kemudian, anda tinggal menunggu saja hingga campuran ini menyatu dan air mendidih tersebut semakin menyusut menjadi tiga seperempatnya saja. Setelah itu, anda dapat mematikan kompor.
  • Setelah itu, diamkan ramuan ini hingga tidak panas lagi. Setelah suhu campuran tersebut menurun, maka anda bisa mulai mengoleskan ramuan tersebut ke area kulit anda yang terkena jerawat.
  • Biarkan campuran tersebut meresap di kulit anda kira-kira 1 jam lamanya. Setelah itu anda dapat mencuci kulit anda dengan air yang bersih. Untuk amannya, anda dapat mengaplikasikan cara mencuci wajah yang benar untuk kulit berjerawat.
  • Untuk hasil yang maksimal, anda dapat menggunakan ramuan ini sekali setiap hari secara rutin.

3. Dengan Mencampur Daun Sirih dengan Kunyit

Cara ketiga yang ternyata juga sangat ampuh untuk menghilangkan jerawat dengan menggunakan daun sirih adalah dengan mencampurnya dengan kunyit. Manfaat kunyit untuk jerawat memang sudah tak diragukan lagi mengingat kunyit mengandung berbagai mineral dan vitamin yang dibutuhkan kulit anda untuk tetap sehat dan cerah secara alami. Selain itu, kunyit memiliki zat astringent yang sangat bermanfaat untuk mengusir segala debu menyebabkan jerawat, kotoran, polusi, dan bakteri yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat dan juga membuat jerawat semakin meradang.

Bagaimana cara membuat ramuan daun sirih dan kunyit untuk menghilangkan jerawat?

  • Pertama-tama, anda perlu menyiapkan kira-kira 12 helai daun sirih dan juga 1 buah kunyit, serta 4 gelas air.
  • Setelah bahan-bahan diatas telah anda siapkan, maka taruh 12 helai daun sirih dan juga kunyit ke dalam panci, kemudian campurkan 4 gelas air ke dalam panci tersebut.
  • Setelah itu, segera nyalakan kompor dan panaskan campuran tersebut hingga airnya mendidih. Kemudian, anda tinggal menunggu saja hingga airnya menyusut hingga kira-kira tinggal tersisa 2 gelas saja.
  • Setelah itu, segera matikan kompor, dan tunggu hingga campuran ini menjadi tidak terlalu panas. Setelah dirasa suhunya berubah dari panas menjadi hangat, maka anda dapat meminum ramuan ini. Ramuan ini niscaya akan membuat jerawat anda akan semakin cepat mengempis dan menghilang dari kulit anda.
  • Untuk hasil yang maksimal, konsumsi ramuan ini 2 gelas per hari, pada pagi hari dan juga malam sebelum tidur sehingga ramuan ini dapat mengobati masalah jerawat anda dari dalam.

Baca Juga: Manfaat Asam Jawa bagi Wajah Jerawat dan Manfaat Tape untuk Menghilangkan Jerawat

4. Dengan Memanfaatkan Daun Sirih Sebagai Jus

Cara keempat yang juga sangat ampuh untuk memanfaatkan daun sirih untuk menghilangkan jerawat dengan daun sirih adalah dengan menjadikan daun sirih sebagai jus. Bagi anda yang tidak ingin menggunakan daun sirih sebagai masker, atau tidak dapat menahan rasa pahit daun sirih, maka memanfaatkan daun sirih ini sebagai jus bisa dijadikan solusi.

Bagaimana cara membuat jus daun sirih untuk menghilangkan jerawat?

  • Pertama-tama, anda perlu untuk mempersiapkan 2 hingga 3 helai daun sirih saja. Jika sudah, maka anda dapat menaruh 3 helai daun sirih tersebut ke dalam panci. Kemudian, tuangkan air ke dalam panci tersebut, namun jangan terlalu banyak.
  • Setelah itu, panaskan campuran tersebut hingga air mendidih dan menyusut hingga menjadi setengahnya saja. Kemudian hal yang perlu anda lakukan adalah mengambil ampas atau ekstrak dari daun sirih tersebut dengan menggunakan saringan.
  • Setelah itu, siapkan blender, dan tuangkan ekstrak daun sirih tersebut bersamaan dengan air yang tidak hangat dan juga tidak dingin. Tambahkan madu ataupun gula jika anda tidak mampu menahan rasa pahit dari daun sirih. Kemudian blender campuran tersebut hingga benar-benar menyatu.
  • Setelah itu, anda dapat langsung mengkonsumsi campuran ini sampai habis. Nah, untuk memperoleh hasil yang maksimal, anda dapat mengkonsumsi jus yang menyehatkan ini sekali dalam sehari secara rutin. Niscaya jerawat anda akan cepat mengempis dari kulit wajah anda dan jerawat pun akan hilang tanpa meninggalkan bekas di kulit anda.

Baca Juga: Buah Penghilang Jerawat yang Alami dan Ampuh dan Makanan Penghilang Jerawat

5. Dengan Mencampur Daun Sirih dengan Madu

Cara kelima yang juga sangat layak untuk anda coba dalam memanfatkan daun sirih untuk menghilangkan jerawat adalah dengan mencampur daun sirih dengan madu. Cara menghilangkan jerawat dengan madu sudah tidak diragukan lagi karena memang madu merupakan salah satu bahan herbal yang luar biasa manfaatnya untuk menangani jerawat.

Manfaat masker madu untuk jerawat ada sangat banyak. Madu dapat mengangkat kotoran maupun debu yang terperangkap di pori-pori kulit sekaligus dapat melembabkan kulit kita, sehingga kulit kita akan terhindar dari kemungkinan peradangan jerawat. Selain itu, mencampur daun sirih dengan madu merupakan suatu alternatif bagi anda yang tidak kuasa menahan rasa pahit dari daun sirih.

Bagaimana cara membuat campuran daun sirih dan madu untuk menghilangkan jerawat?

  • Pertama-tama, anda perlu untuk menyiapkan sekitar 3 hingga 5 helai daun sirih beserta air kira-kira 4 gelas. Setelah itu, masukkan daun sirih tersebut ke dalam sebuah panci, kemudian tuangkan juga air tersebut ke dalam panci.
  • Kemudian, panaskan campuran tersebut dan tunggu hingga air mendidih dan juga tunggu hingga airnya menyusut hingga ¼ bagian. Setelah itu, segera matikan kompor anda, dan ambil air hasil rebusan daun sirih tersebut.
  • Setelah itu, anda dapat menunggu hingga suhu dari air rebusan daun sirih tersebut menurun, kemudian setelah temperaturnya menurun, anda dapat mencampurkannya dengan 2 sendok teh madu, kemudian aduk hingga rata dan anda dapat segera mengkonsumsi campuran tersebut.
  • Untuk hasil yang maksimal, anda disarankan untuk mengkonsumsi campuran daun sirih dan madu ini sekali setiap hari secara rutin. Campuran ini juga sangat bermanfaat bagi anda yang ingin mengobati dan mencegah penyakit kanker.

Baca Juga: Cara Membuat Masker Madu dan Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Madu

Sponsors Link

6. Dengan Mencampur Daun Sirih dengan Minyak Kelapa

Cara keenam yang ternyata juga sangat layak untuk anda coba dalam memanfaatkan daun sirih untuk menghilangkan jerawat adalah dengan mencampurnya dengan minyak kelapa. Sama seperti manfaat minyak ular untuk jerawat maupun manfaat minyak biawak untuk jerawat, ternyata minyak kelapa juga memiliki khasiat yang sangat ampuh untuk menghilangkan jerawat membandel di kulit anda.

Minyak kelapa memiliki kandungan yang bermanfaat untuk jerawat anda, dimana minyak ini akan menghentikan proses oksidasi dan mempercepat proses penyembuhan jerawat. Selain itu, minyak kelapa juga merupakan pelembab kulit alami yang melindungi anda dari bahaya infeksi jerawat dan peradangan jerawat. Selain itu, minyak kelapa juga dapat mencerahkan kulit anda secara alami sehingga bekas jerawat semakin tersamarkan.

Bagaimana cara membuat campuran daun sirih dan minyak kelapa untuk menghilangkan jerawat?

  • Pertama-tama, anda perlu menyiapkan 4 helai daun sirih serta minyak kelapa. Nah, jika anda sudah menyiapkan kedua bahan diatas, maka anda dapat membuat campuran ini.
  • Anda tinggal memasukkan helaian daun sirih tersebut ke dalam sebuah panci, kemudian tuangkan air kira-kira 4 gelas ke dalam panci tersebut.
  • Setelah itu, rebus campuran tersebut hingga air mendidih dan airnya menyusut hingga ¼ bagian. Nah, setelah itu segera matikan kompor anda, dan diamkan sejenak hingga rebusan daun sirih tersebut berubah suhu dari panas menjadi hangat.
  • Setelah rebusan daun sirih menjadi hangat, tambahkan beberapat tetes minyak kelapa, namun jangan terlalu banyak. 1 sendok teh minyak kelapa sudah cukup. Setelah itu, anda dapat mengkonsumsi campuran tersebut secara langsung.
  • Untuk hasil yang maksimal, anda dapat mengkonsumsi campuran ini sehari sekali secara rutin. Campuran daun sirih dan minyak kelapa ini ternyata juga sangat ampuh untuk mengurangi produksi ASI yang berlebihan.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Jerawat dengan Minyak Zaitun

Manfaat Lain Daun Sirih Untuk Kesehatan

Selain dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat, tentu daun sirih memiliki manfaat untuk mengobati penyakit lainnya. Nah, berikut ini akan dijelaskan mengenai berbagai manfaat yang ditawarkan oleh daun sirih untuk tubuh anda.

  • Melancarkan buang air kecil. Manfaat pertama dari daun sirih adalah melancarkan buang air kecil. Daun sirih ini memiliki sifat diuretik sehingga dapat melancarkan buang air kecil anda. Anda tinggal mengkonsumsi air rebusan daun sirih dengan cara pembuatan seperti yang telah dijelaskan diatas.
  • Mengobati Penyakit Mimisan. Mungkin sebagian besar dari anda telah mengetahui bahwa daun sirih sangat bermanfaat untuk mengobati penyakit mimisan. Cara menggunakan daun sirih untuk mengobati mimisan adalah dengan mengambil 1 helai daun sirih, kemudian gulung sambil ditekan sehingga keluar minyaknya. Nah, setelah itu anda tinggal menyumbatkan daun ini ke hidung hingga darah berhenti keluar.
  • Mengobati Gatal-Gatal. Salah satu manfaat daun sirih yang sudah dikenal secara umum adalah daun sirih ini mampu mengobati gatal-gatal. Untuk mengobati gatal-gatal, anda dapat mengkonsumsi rebusan daun sirih seperti yang telah dijelaskan di atas. (Baca Juga: Penyebab Jerawat Gatal dan Cara Mengatasinya)
  • Mengobati Luka Bakar. Manfaat daun sirih lainnya adalah dapat mengobai luka bakar, semisal luka yang disebabkan karena anda terkena knalpot motor. Cara menggunakan daun sirih untuk mengobati luka bakar adalah dengan mengambil beberapa helai daun sirih, kemudian anda remas-remas daun sirih tersebut, campurkan dengan madu, dan tempelkan daun tersebut ke bagian kulit anda yang terdapat luka bakar.
  • Mengobati Diare. Daun sirih ternyata juga sangat ampuh untuk mengobati penyakit diare anda. Cara menggunakannya adalah dengan menumbuk 6 helai daun sirih, 6 biji lada, dan 1 sendok makan minyak kelapa, kemudian oleskan tumbukan campuran tersebut ke perut anda. Untuk menghindari diare dan juga jerawat di kemudian hari, anda perlu mengapliaksikan cara hidup sehat agar terhindar dari jerawat

Baca Juga Artikel Tentang Jerawat Lainnya:

Nah, sekarang anda sudah mengetahui segala hal yang perlu anda ketahui perihal daun sirih, mulai dari manfaatnya, hingga cara membuat dan mengolah daun sirih ini agar bermanfaat bagi anda yang mengalami masalah jerawat. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda semua.

ads
, , , ,
Oleh :
Kategori : Herbal
Search
Tips Kecantikan Untuk Wanita

Punya Komedo yang membandel?? Ternyata bawang putih sangat berkhasiat loh untuk menghilangkannya. Dicoba yuk!